Archive | Telur RSS feed for this section

Chawan Mushi

9 Oct

Yah hahaha virus malas lagi bergejolak neh jadinya belakangan uda jarang bereksperimen di dapur hihih… belakangan memang aku lebih banyak waktu yang dihabiskan di kamar buat bikin scrapbook (mumpung lagi banyak bahan and juga lagi banyak ide jadinya di jalanin aja deh hihiihihi).

Nah karena beberapa hari ini lagi mentok dengan kreasi scrapbook-nya jadinya aku mulai membuat sesuatu masakan lagi aja deh yang belum pernah aku post and berikut hasilnya… Resep kali ini dijamin super duper mudah dan cepat deh… and yang pastinya rasanya haocek deh….

CHAWAN MUSHI

Resep asli dari Japanese Cooking 101

Untitled-1

Bahan :

* Dashi stock 480

* Telur utuh 3 pcs

* Shitake mushroom 1 – 2 pcs

* Daging ayam secukupnya (sedikit aja dan potong potong).

* Udang secukupnya (aku ga pake udang kali ini)

* Sake 1 sdt

* Mirin 1 sdt (karena ga ada mirin aku ganti dengan angciu)

* Soy sauce 2 sdt (aku pake kikkoman)

* 1/2 sdt garam

* Daun bawang iris (untuk penghias)

CARA MEMBUAT :

1. Siapkan 2 mangkuk kecil. Dalam 1 mangkuk campur ayam dengan 1/2 sdt kecap asin dan 1/2 sdt sake. Dan dalam mangkok yang lain lagi beri udang dan 1/2 sdt kecap asin dan 1/2 sdt sake. Aduk rata dan diamkan beberapa menit.

2. Dalam mangkuk yang aga besar kocok telur sampai kuning dan putihnya menyatu sempurna.

3. Masukan air kaldu dashi, garam 1/2 sdt, kecap asin 1 sdt dan mirin 1 sdt. Aduk rata dan saring adonan (atau bisa juga di skip karena telur sudah menyatu sempurna dengan air kaldu dashi).

4. Taruh udang, jamur shitake yang sudah siap pakai (sudah di rendam)  dan ayam dalam mangkuk. Kalau aku bisa buat jadi 2 – 3 mangkuk sedang dengan isi tidak full. Isinya tidak perlu terlalu banyak.  Siram dengan air kaldu dashi dan telur yang sudah dibuat. isi 3/4 mangkuk saja. Oh ya untuk isian daging mungkin bisa diganti, tidak harus dengan daging ayam.

5. Tutup mangkuk dengan alumunium foil dan kukus selama 10 – 15 menit.

6. Buka alumunium foil dan sajikan chawan mushi dengan beri daun bawang diatasnya.

Rasa dari chawan mushi ini enak, cocok disajikan dengan nasi atau mau dimakan begitu saja juga oke kok… Yang pasti rasanya cukup mirip dengan yang dijual di resto resto makanan Jepun getoo deh heheheh…..

So buat yang hobby makan masakan Jepang, buruan bikin Chawan Mushi ini… simple and delicious….

Selamat mencoba

Aja Aja Fighting
Have a blessed days
God Bless You… 

Advertisements

Rolade Ayam

3 Apr

Aku kepikiran membuat rolade ayam ini ketika teringat kalau Kakak iparku suka membuat rolade. Aku sering makan rolade, tapi ga pernah tau kalau yang dimaksud dengan rolade adalah yang telur gulung diiisi daging hehehe…

Di rumah, kami sering membuat daging cincang untuk di goreng saja atau dibungkus kulit tahu. Nah kali ini, daging cincangnya aku bungkus dengan telur dadar saja supaya jadi rolade.

Untuk telur dadarnya aku menggunakan happy pan, supaya telurnya berbentuk segi empat. So pastinya akan lebih mudah untuk membungkusnya. Aku ingin menghasilkan telur dadar yang tipis saja, tapi ternyata susah juga ya, untuk 1 gulung rolade minimal aku butuh 1 telur dan dengan 270 gram daging giling aku mendapatkan 5 gulung rolade, ya pastinya pakai 5 telur untuk membungkusnya.

Makan rolade ini pastinya akan lebih enak jika di goreng tepung hehehe… tapi ya masa tiap hari harus makan gorengan. Jadi walau aku tertarik untuk membuat versi goreng tepung, aku kembali lagi ke resep yang asli aja deh. Next time baru aku coba buat goreng tepung, untuk saat ini karena kemarin-kemarin kami sekeluarga sudah kebanyakan makan gorengan, so kali ini harus mulai jaga lagi deh.

ROLADE AYAM

IMG_4866

Bahan yang digunakan :

Telur Dadar :

Resep untuk 1 telur : tambahkan sejumput kaldu bubuk, garam dan merica. Aku pakai kira-kira saja supaya rasa telurnya ga hambar.

Isian untuk daging :

* 27o gr daging ayam fillet, cincang halus. Daging bisa juga menggunakan daging sapi giling jika suka.

* 1 pcs telur ayam

* 1/2 bombay besar, cincang

* 1/2 pcs wortel atau 1 buah yang kecil. Parut dan cincang.

* 1 – 1.5 sdm sagu tani

* Sejumput garam dan sedikit kecap asin

* 1 – 2 sdm sesame oil.

* Kaldu bubuk.

* 1/4 sdt ketumbar bubuk

IMG_4854

CARA MEMBUAT :

1. Kocok telur dengan bumbu lainnya, dadar. Sisihkan.

2. Campur daging cincang dengan bahan isian daging yang lain. Aduk rata. Jika bisa di cicip dulu apakah rasanya sudah pas asinnya.

IMG_4858Untuk 1 loyang telur dadar ini, aku belah menjadi 2 telurnya.

3. Taruh daging yang sudah dicampur bumbu diatas telur, ratakan. Sisakan sekitar 2.5 – 3 cm diujung atas dan bawah supaya telur bisa digulung. Oh ya untuk 1 loyang happy pan tersebut, aku bagi menjadi 2 telurnya supaya tidak susah menggulungnya.

IMG_4861

4. Bungkus rolade dengan alumunium foil rapat-rapat dan setelah itu kukus selama 15 – 20 menit. Jika mau lebih lama juga boleh supaya dagingnya lebih matang. Tapi 20 menit saja sudah cukup kok, dagingnya pasti matang.

IMG_4863

5. Dinginkan rolade sebelum dibuka, karena saat panas, telur dadarnya akan sangat menempel di alumunium foilnya. Hati-hati ya saat membuka alumunium foilnya supaya permukaan telurnya ga hancur.

6. Potong – potong rolade dan sajikan dengan sausnya atau bisa juga dengan saus sambal.

SAUS untuk Rolade.

Bahan :

* 1 sdm Margarine untuk menumis.

* 1/2 bombay sedang, iris panjang atau cincang kasar.

* 250 – 300 cc air

* Sagu sedikit , larutkan dengan sedikit air.

* 2 siung bawang putih, cincang

* Merica bubuk

* 1 sdt kecap inggris

* Kecap manis, sekitar 1 – 1,5 sdm

* Kecap asin 1 – 2 sdt.

* Kaldu bubuk

* Sejumput garam

* Gula 1 sdt

IMG_4845

CARA MEMBUAT :

1. Tumis bawang bombay dengan mentega, biarkan sampai sedikit layu, masukan bawang putih dan tumis kembali sampai wangi dan sedikit kecoklatan.

2. Masukan sisa bumbu lainnya, oh ya untuk penggunaan kecap asin, manis, gula garam harap disesuaikan dengan rasa masing-masing ya. Intinya sih diicip dulu sebelum menambahkan bahan lainnya, soalnya selera manis dan asin tiap orang kan tidak sama dan sewaktu memasak aku juga ga terlalu ingat detailnya berapa banyak bumbu yang aku masukan, jadi pas menuliskan blog ini aku pakai andalan memory pas masak tadi.

3. Setelah rasanya pas, masukan larutan tepung sagu. Didihkan sebentar dan angkat.

4. Sajikan saus dengan rolade ayam.

IMG_4871

Jika ingin menyajikan rolade dengan cara lain, bisa juga rolade-nya di goreng dengan 1 – 2 sdm minyak yang sudah dipanaskan dalam pan anti lengket. Nah goreng sisi atas dan bawah rolade sampai agak kecoklatan. Tadi pagi aku melakukan cara tersebut untuk menghangatkan rolade yang sudah disimpan di kulkas semalaman. Nah rolade nya tadi pagi aku sajikan dengan spaghetti buat bekal si Hubby ke kantor hari ini.

Happy Cooking 
Aja Aja Fighting..
God Bless You…

Telur putih kukus wortel + green onion

14 Feb

Wah bingung mau kasih judul apa buat masakan ini. Dikarenakan banyaknya sisa telur putih waktu membuat kue buat sincia, akhirnya ya aku coba-coba aja deh nambahin sayuran yang ada di kulkas buat dicampur di telur putih ini supaya bisa menghasilkan warna yang cantik dan menambah rasa telur putih ini biar ga flat.

Hasil membongkar kulkas kali ini aku cuma menemukan wortel, daun bawang kecil dan cabe keriting. Alhasil ya aku masukan aja bahan yang ada di kulkas untuk mempercantik penampilan dari telur putih ini. Harusnya sih ditambah bombay supaya makin enak dan juga supaya ada manis-manis dan wangi juga.

IMG_4139

Untuk membuat telur putih ini resepnya masih sama dengan yang sebelumnya. Yang beda hanya isiannya saja. 

Bahan yang diperlukan :

* Telur putih

* Garam secukupnya

* Mecin / kaldu bubuk secukupnya

* Lada seujung jari. Aku tambahkan supaya agak wangi.

* Wortel (Parut dan cincang kecil-kecil)

* Daun bawang kecil

* Sedikit gula, seujung jari saja untuk memberikan sedikit rasa manis

Cara Membuat

1. Kocok telur putih dan masukan wortel cincang, cabe keriting cincang dan daun bawang cincang. Aku pakai baby daun bawang yang kecil kecil loh.

IMG_4133Wortel dan cabe yang aku masukan dalam telur putihnya malah jatuh ke bawah dan yang kelihatan hanya daun bawangnya saja.
IMG_4134Kalau diaduk baru kelihatan deh wortelnya.

2. Tambahkan garam dan mecin pada telur dan kocok rata. Tambahkan lada dan kocok kembali.

3. Kukus telur putih selama 10 – 15 menit sampai matang. Sesuaikan dengan panas kompor masing-masing.

Pada proses pengukusan ini supaya wortel dan cabenya bisa terlihat, aku pakai trick mengaduk adonan putih telur ini saat 1/2 matang. Jadi saat adonan masih 1/2 matang, aku aduk-aduk sampai wortel dan daun bawangnya bisa muncul ke atas. Setelah itu baru dilanjutkan mengukus sampai semua bahan matang.

IMG_4137

4. Angkat dan sajikan dengan saus kecap dan cabe rawit.

IMG_4140Lihat, cantik kan warna telur putih kukusnya.

Senang juga setelah mencoba resep iseng-iseng ini, akhirnya aku ga perlu membuang sisa putih telur lagi. Bosan deh dengan telur putih dadar yang biasa aku buat. Aku lebih menyukai telur putih kukus ini dan selain itu penyajian dengan dikukus jauh lebih sehat dan tidak perlu menggunakan minyak, so telur putih kukus + sayuran ini akan menjadi pilihanku saat ada stock putih telur

Telur putih kukus ini enaknya dimakan dengan sambal kecap asin + cabe rawit. Usahakan telur putihnya jangan terlalu asin jika ingin dimakan dengan sambal kecap asinnya. Atau jika mau kecapnya ga terlalu asin, bisa ditambahkan sedikit air matang pada kecapnya.

Untuk kecap cabe rawit ini aku buat dengan menggunakan :

IMG_4101

* Kecap asin (aku pakai cap angsa)

* Potongan cabe rawit secukupnya

* Bawang putih di cincang halus ( 1- 2 pcs tergantung banyaknya kecap)

* Jeruk limo, atau jeruk lemon secukupnya.

* Gula 1/2 – 1 sdt (tergantung selera suka mau lebih manis atau asam)

Yang terpenting adalah rasanya jadi rasa dari kecap ini tidak terlalu asin, sedikit asam dan manis + pedas tentunya.

Selamat mencoba ya resepnya… semoga bermanfaat ya resep simple kali ini.

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

Telur Putih Kukus

5 Feb

안녕하세요 chingudeul…

Pada hari sabtu kemarin, aku menginap di Pondok Gede, di rumah Mamaku. Menjelang sincia ini, pastinya si Mama bakalan sibuk membuat kue untuk disuguhkan ke tamu-tamu yang nantinya akan berkunjung ke rumah. Nah kebetulan setiap hari Sabtu aku tidak bekerja (ya lusa nanti akan menjadi hari pertamaku jobless karena aku sudah melayangkan surat resign untuk memulai program hamil. Smoga saja semua pengorbanan ini bisa membuahkan hasil yang baik.. amin….

 IMG_4098

Oh ya alasan aku menginap di Pondok Gede kemarin juga dikarenakan si Hubby lagi ke Puncak bersama teman kantornya, jadi beliau menyuruhku menginap dan menemani Mama di rumah. Senangnya bisa pulang ke rumah dan menghabiskan waktu bersama Papa dan Mama lagi…. Love them so much…

Oh ya dari hasil membuat nastar tersebut masih tersisa telur putih yang tidak tau mau diapakan. Biasanya kalau di rumah mertua sih telur putih di kukus. Nah tadinya telur tersebut mau di dadar, tapi aku teringat dengan telur putih kukus ini. Akhirnya aku memutuskan membuat telur putih kukus saja. Proses dan bahan yang diperlukan sangatttttt lah simple saja, tapi rasanya oke juga loh…

Yukkk kita bahas cara membuatnya

Bahan yang diperlukan :

* Telur putih 4 buah

* Garam 1/3 –  1/2 sdt

* Mecin 1/4 sdt

* Lada seujung jari. Aku tambahkan supaya agak wangi.

Cara Membuat

1. Kocok telur putih sebentar sampai agak encer dan sedikit berbusa. Tujuannya sih supaya telur putih jadi lebih cair dan tidak terlalu seperti lendir. (Ini adalah caraku sendiri loh hehehe….. mungkin dengan begitu telurnya bisa lebih lembut, menurutkuuu hehhe).

 IMG_4088

2. Tambahkan garam dan mecin pada telur dan kocok rata.

3. Kukus telur putih selama 10 – 15 menit sampai matang. Sesuaikan dengan panas kompor masing-masing.

4. Angkat dan sajikan dengan saus kecap dan cabe rawit.

IMG_4101

Untuk kecap cabe rawit ini aku buat dengan menggunakan :

* Kecap asin (aku pakai cap angsa)

* Potongan cabe rawit secukupnya

* Bawang putih di cicang halus ( 1- 2 pcs tergantung banyaknya kecap)

* Jeruk limo, atau jeruk lemon secukupnya.

* Gula 1/2 – 1 sdt (tergantung selera suka mau lebih manis atau asam)

Yang terpenting adalah rasanya jadi rasa dari kecap ini tidak terlalu asin, sedikit asam dan manis + pedas tentunya.

IMG_4097Wah totol-totolannya seperti kotor, tapi ini bukan kotor loh, melainkan lada yang di kukus bareng telur, butirannya muncul keatas.

Proses yang simple banget kan untuk membuat telur putih kukus, tapi hasilnya oke juga loh…  Telur putihnya ini tidak terlalu lembek karena aku gak menggunakan tambahan air pada telur putihnya. Saat disendokan sih permukaannya agak keras seperti jelly, tapi saat dikunyah rasanya cukup lembut. Rasa dari telur putih kukus ini mirip dengan telur putih rebus, tapi dikarenakan ada tambahan garam, mecin, lada jadinya rasa telur ini sedikit asin dan wangi lada.

IMG_4098

Sebenarnya ini adalah pertama kalinya aku membuat telur putih kukus, ternyata dari iseng dan coba-coba aja bisa menghasilkan rasa yang oke juga untuk menemani makan siang sabtu lalu. Jika ingin hasil yang lebih lembut, bisa ditambahkan sedikit air pada telur putihnya.

Nanti aku mau coba membuat telur putih kukus ini dengan menggunakan garam yang lebih banyak, lalu dicacah telur putihnya dan dimasukan dalam bubur putih, hehehe ini baru ide saja loh. Nanti jika ternyata rasanya oke, baru deh akan aku share kembali.

Semoga resep simple ini bisa membantu teman-teman semua untuk bisa memanfaatkan putih telur dengan baik. Walau mungkin kelihatannya resep ini sudah sangat biasa, tapi buatku yang baru belajar masak setelah menikah, masakan ini masih belum begitu asing di keluargaku. 😛 so aku lumayan senang saat Mama-ku ternyata menyukai olahan putih telur ini hihiihh….

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

Telur Ceplok Balado

20 Oct

Telur ceplok balado tentunya masakan yang sangat banyak ditemui di warteg warteg atau rumah makan yang sederhana. Buat makan siang biasanya aku suka pesan telur ceplok balado. Aku lebih suka yang ceplok dibandingkan yang bulat hehehe….

Proses memasak telur balado ini juga mudah kok, hanya banyak menggunakan bumbu. Tapi caranya cukup simple.

Bahan yang kugunakan :

* 4 pcs telur, di ceplok dulu

* 10 Pcs bawang merah

* 1 pcs bawang putih

* 10 pcs cabe merah keriting

* 1 pcs tomat ukuran sedang

Semua bahan diatas aku blender dan tambahkan sedikit minyak agar tidak susah di blender-nya. Anyway bahan diatas yang di blender tidak termasuk telur ya.. kalau telurnya ikut di blender apa jadinya coba? hahahaha

Cara Membuat:

1.Ceplok telur 1 demi 1. Lalu angkat

2. Tumis bahan yang sudah dihaluskan sampai wangi.

3. Tambahkan gula, garam, penyedap dan sedikit air pada bumbu.

4. Masak sampai wangi, kemudian masukan telur ceplok. Aduk rata sampai bumbu tercampur rata.

5. Masak kembali sebentar dan kemudian angkat dan sajikan.

6. Siap disajikan

Happy Cooking
Aja aja fighting
God love you…