Archive | Sushi RSS feed for this section

My Sushi Creation

26 Mar

Hmm… kepengen makan sushi ala sushi tei tapi bisa kenyang dan puas tanpa harus menguras kocek yang dalam hahhaa… bisa aja sih buat homemade sushi yang bisa dimakan sampe puas, tapi jangan harap bisa mendapatkan rasa yang percis dengan sushi tei wkakaka…. kl da percis mah bisa buka resto sendiri pastinya.

Ya walau ga sama percis rasanya, tapi yang penting kan masih enak untuk dimakan. Oh ya kalau ke Sushi Tei yang pasti ga akan ketinggalan dengan dragon roll nya, tapi ya berhubung dengan harganya yang mahal jadi kali ini aku mencoba membuat kreasi sushi sendiri. Sushi nya bukan ala sushi tei ya… tapi ala…. kadarnya heheheh 😛

 

CYMERA_20140205_170146

Ga heran harga sushi itu mahal ya,.. ternyata proses pembuatannya susah juga apalagi pas bagian menghias, huaaa…. super ribet buat amatiran sepertiku. Lihat deh dragon roll nya kenapa jadi mirip ulat bulu gitu ya? sampe-sampe pas aku posting foto dragon roll ini ke facebook-ku eh malah sama temanku disamakan sama ulat bulu yang warna orange dan hitam… Huaa teganya hahah…

CYMERA_20140205_170830

Nah dragon roll satu ini malah sedikit mirip barong sai dan ga jelas gitu hahaha…. tolong dimaklumin ya karena kreasinya masih alakadarnya…..

CYMERA_20140205_172252

 

Yang ini tadinya mau dibuat jadi mirip ikan gitu, eh tapi sama pembantu di rumah malah di kasih totol-totol jadinya makin ga jelas ikannya deh hahaha

CYMERA_20140205_171210

Untungnya walau sushi ini berantakan dan tidak sedap dipandang, tapinya ternyata habis juga sushinya. Aku pikir pastinya akan bersisa karena buatnya kebanyakan, eh pas tau sushi nya habis aku senang juga deh jadinya.

Oh ya untuk cocolannya aku tidak menggunakan kecap kikkoman, tapi aku malah menggunakan saus teriyaki dan hasilnya malah jadi lebih enak untuk dimakan hehehe…. Tinggal kasih cabe bubuk dan wasabi, jadi deh.

 

HAPPY COOKING
GOD BLESS YOU
AJA AJA FIGHTING !!

Advertisements

KIMBAB

12 Jan

안녕하세요 chingudeul…

Pelajaran memasak hari ini adalah membuat Kimbab. 김밥 (Gimbap/Kimbap) adalah salah satu makanan khas Korea yang jika dilihat memang mirip dengan sushi, namun perbedaannya adalah pada proses pengolahan nasinya. Jika sushi menggunakan rice vinegar, mirin, dashi, dll, nah kalo kimbab ini sieh lebih mudah pembuatannya. Arti dari kimbab adalah Kim : rumput laut dan bab : nasi, jadi kalau digabungkan mungkin kurang lebih artinya nasi yang dibungkus rumput laut (nori) hehehe…. sepertinya sih begitu ya hehhee 😛

Kb2

Awal mula aku memutuskan membuat kimbab adalah karena pas lagi membereskan lemari, kebetulan melihat ada nori nganggur dan daripada nantinya keburu expire karena ga dipake, aku putuskan untuk membuat kimbab. Sebenarnya aku sendiri belum pernah mencicipi rasa asli dari kimbab ini dan pas jalan jalan ke Korea kemarin juga kami tidak mencicipi kimbab ini.

Hari ini aku membuat dua gulung Kimbab. Mari kita bahas dibawah ini prosesnya.

Untuk bahan nasi :

Campurkan 1 mangkuk kecil nasi panas dengan 1/4 – 1/2 sdt garam, 1,5 sdt minyak wijen, 1 sdt olive oil, wijen yang sudah di sangrai. Aduk rata semua bahan, cicipi apakah rasa asinnya sudah sesuai dengan yang diinginkan.
Jika mau ditambah sedikit cuka juga boleh. Cukup 1/4 – 1/2 sdt saja.

Oh ya tadi aku menghabiskan 2 mangkuk nasi kecil untuk membuat 2 kimbab. Jadi untuk setiap 1 kimbab aku ulang kembali proses pencampuran nasi dan bahan-bahannya.

Bahan Isi :

* Wortel belah memanjang menjadi 4 bagian, kalau aku sih kubuang tengahnya. Wortel ditumis sebentar.
* Timun belah memanjang menjadi 8 bagian dan buang bijinya
* Dadar telur dan potong memanjang
* Crab Stick dibelah 2. Aku tumis sebentar crab stick dengan sedikit mentega.
* Bayam yang direbus sebentar dengan diberi garam
* Nori untuk membungkus
* Mayonaise jika suka

Untuk bahan isian bisa dikreasikan dengan bahan yang lainnya sesuai selera. Untuk gambar berikut ini kuisi dengan wortel, timun, crab stick dan telur dadar. Setelah itu baru mulai digulung kimbabnya.

Kb1

Proses menggulung kimbab ini lebih sedikit rumit dibanding membungkus sushi (menurutku loh). Mungkin dikarenakan kimbab ini nasinya dicampur minyak jadinya lebih licin dan nasi agak susah menempel / menggumpal. Ya itu sih pengalamanku, mungkin memang aku yang kurang berpengalaman hehehe 😛

Kb3

Untuk kimbab kedua aku memberi tambahan bayam yang sudah kurebus sebentar (air rebusan aku beri 1/2 sdt garam) dan selain itu aku juga menambahkan mayonaise untuk menambah rasa kimbab ini. Dan aku lebih suka rasa kimbab kedua ini.

kb4

Proses pembuatannya tidak rumit sama sekali. Untuk rasa seperti makan nasi dicampur berbagai isian dan sedikit asin dan wangi aroma wijen. Menurutku rasanya lumayan enak, tapi jika dibanding sushi, aku lebih suka sushi sieh. Hmm.. aku kepingin banget nyoba rasa asli kimbab ini seperti apa, apakah sama dengan yang kubuat? pastinya kalau di restoran rasanya lebih enak dong hehehe, kalo sama nanti yang di restoran ga laku deh…

Oh ya supaya rasanya makin enak, ditambahkan mayonaise bisa menambah rasa. Aku dalam minggu ini sudah tiga kali membuat kimbab. Aku jadi jatuh cinta dengan kimbab. Walau tidak seenak sushi, tapi perpaduan rasanya cukup enak menurutku. Aku suka sekali dengan aroma minyak wijen, saat dimasukan ke mulut, campuran crab stick, mayonaise, telur dan wortel yang hanya ditumis sebentar membuat rasa kimbab ini semakin nikmat. Saat ini aku suka sekali membuat kimbab dikarenakan prosesnya yang mudah dan rasanya yang cukup nikmat.

Minyak wijen yang kugunakan adalah yang gambar pagoda ya. Jika menggunakan merk lain, aromanya agak menyengat. Jadinya pilihanku adalah minyak wijen yang ada gambar pagoda itu. Untuk membuat pa cam kee juga aku menggunakan merk itu.

kb5

Cantik juga kan kimbab buatanku? Tadi siang aku buat kimbab ini untuk makan siang dan malamnya kami menghadiri pesta pernikahan teman dan pas pulang masih ada sisa 4 potong kimbab, lalu daripada nanti ribet harus disimpan ke kulkas lagi, so aku habiskan saja deh walau kenyang banget…. superb kenyang. hehehe…. 🙂

Oh ya nanti aku akan coba lagi membuat kreasi kimbab lainnya… nanti akan aku update kembali setelah aku membuat kimbab versi lain. Soalnya setelah selesai membuat kimbab diatas, aku baru menemukan resep lain yang menggunakan cuka pada campuran nasinya, so next time akan aku update kembali, tapi kapan waktunya? hanya Tuhan yang tau hahahah…. 😛

Tambahan (update pada 17 January 2013).

Hari ini aku membuat kimbab lagi deh untuk bekal makan siang. Proses pembuatannya ga sampe 1 jam, yang bikin lama cuma masak nasinya. Tapi selama nasi di masak. kita bisa siapkan bahan dan setelah itu mandi, make up simple and saat nasi matang tinggal di bungkus kimbab nya and di potong deh… simple dan enak buat bekal makan siang.

kimbab

Selamat mencoba
Aja aja fighting
God bless you

Sushi

29 Feb

SUSHI

Ini sushi perdana buatan saya. walau rasanya ga seenak di sushi tei, tapi yang penting bisa kenyang…

bikin sushi rada rada susah, susahnya bikin nasinya supaya bisa enak dan pulen. walau saya pakai beras Jepang, tapi tetep aja masih gagal heheheheh, kalo ada yang berhasil bikin sushi, boleh dong bagi resepnya….

Setelah di potong, ini hasilnya…..

Bahan-bahan yang digunakan:

* Beras Jepang
* Mirin
* Rice Vinegar
* Nori untuk membungkus
* Bambu untuk menggulung sushi

Isi Sushi :
* Timun
* Wortel
* Alpukat
* Telur
* Crab Stick
* Udang