Archive | Sup / Soup RSS feed for this section

Tom Yum Suki ala Hyo Ae

22 Feb

Hmmm uda 2 minggu stay di rumah tapi malah banyak PR yang belum dikerjain neh…
Kue sincia kemarin banyak banget yang belum aku buat postingannya… 😛

Giliran banyak waktu malah ditunda-tunda dan uda numpuk banyak deh PR nya… huuhuh….

Oh ya hari ini aku mau bahas mengenai Tomyum. Biasa aku dan keluarga suka makan di Xo Suki atau di Itasuki, tapi kalau makan disana pasti aku selalu memakan sup tomyum-nya, yang kaldu jarang banget jadi pilihanku, aku lebih suka yang tomyum.

Siang tadi habis belanja di Pasar Muara Karang, langsung aja deh aku buat sup tomyum dengan campuran macam – macam bakso yang aku beli di pasar. Harga baksonya dari 1500 – 2500 an / pcs nya. Jadi aku tidak membeli terlalu banyak, hanya beli secukupnya aja dan aku tambahkan pangsit dan bakso udang + ayam buatan sendiri.

IMG_4363Kuahnya kelihatan merah banget, padahal aslinya ga segitu merah loh

Proses pembuatan tomyum suki ini cukup mudah, karena aku menggunakan bumbu jadi. So, aku hanya tinggal menambahkan beberapa bumbu pelengkapnya aja deh. Mudah banget deh.

IMG_4338Merk bumbu tomyum yang aku pakai adalah yang ini.

Oh ya jika kalian mau menggunakan daging udang atau cumi + ikan fillet atau yang lainnya juga bisa. Tapi kali ini aku lebih suka menggunakan bakso yang aku beli di pasar MK aja deh.

Bumbu yang diperlukan :

* Bumbu Tomyum siap pakai, aku pakai 2 sdm

* 2 siung serai. Aku belah 2 atau boleh juga di geprek

* 1 ruas jari lengkuas, geprek atau belah 2

* 1 pcs tomat besar atau 2 pcs yang kecil

* Daun jeruk 2 lembar, robek-robek.

* Bawang putih 4 pcs, iris

* 6 pcs bawang merah, iris

* Daun salam 2 lembar

* Gula 2- 2,5 sdt

* Garam 1/4 –  1/2 sdt

* Magie kaldu blok (optional)

* Air untuk kuah

* Jika kurang asam bisa ditambahkan air perasan jeruk nipis / lemon.

IMG_4329Aku masak sup ini selama 30 menit sampai aroma bumbu terasa wanginya.

Cara Membuat :

1. Rebus air dan masukan bumbu pelengkap ( bawang putih, bawang merah, serai, lengkuas, dll). Biarkan mendidih dan diamkan sampai aroma bumbu keluar. Aku diamkan selama 10 menitan.

2. Tambahkan bumbu jadi tomyum, gula, garam, magie kaldu blok.

3. Masak kembali bumbu selama 10 – 15 menit dengan api kecil saja supaya aroma sup keluar.

4. Cicipi apakah rasa sup sudah sesuai dengan selera.

5. Rebus bakso-bakso di air mendidih dan tiriskan. Kalau bisa bakso di rebus terpisah, baru dicelup pada sup tomyum supaya rasa rebusan baksonya tidak merusak rasa sup tomyum yang sudah dibuat. Kalau aku sih bakso dan kuah aku pisahkan, saat mau dimakan baru aku masukan bakso ke dalam sup yang sudah dibuat. Ambil sup tomyum seperlunya , lalu didihkan dan setelah mendidih baru masukan baksonya. Karena bakso sudah di rebus terlebih dahulu, jadi setelah sup tomyum mendidih masukan bakso dan diamkan sebentar, lalu siap disajikan deh.

Masak seperlunya saja dan baksonya tidak akan menjadi bengkak karena kelamaan direndam. Aku menggunakan crab stick dan pangsit, jadi aku pisah supaya gak hancur karena kelamaan direndam atau berulang kali di hangatkan. Makan sup tomyum gini enaknya selagi panas / hangat.

IMG_4334Aneka macam bakso udang, ikan, ayam, kepiting.

Rasa sup tomyum ini cenderung lebih ke asam, tapi jika yang suka manis bisa menambahkan lebih banyak gulanya. Bumbu tomyum jadi ini rasanya sudah cukup asam, jadi aku tidak perlu menambahkan perasan air jeruk lagi.  Tapi bagi yang suka asam bisa tambahkan air perasan jeruk ke dalam supnya.

IMG_4351Kalau sup tomyum yang ini aku tambahkan cabai bubuk supaya lebih pedas, tapi sayang rasa pedasnya sama sekali gak berasa. Harusnya tambah potongan cabe rawit aja 🙂
IMG_4340Aku merebus bakso dan kuah tomyum seperlunya saja dan sisanya bisa disimpan di kulkas dan dimasak kembali saat akan dimakan. Dengan begitu bisa menjaga rasa sup supaya tetap nikmat dan enak.
IMG_4361Sup tomyum yang di mangkuk kecil ini lebih sedikit bening aslinya, tapi efek fotonya malah jadi merah. Aku buat 2 versi sup tomyum hari ini, Yang menggunakan cabe bubuk dan yang tidak. hehehe tapi ternyata yang tidak pake cabe bubuk lebih enak supnya.

Untuk membuat rasa sup tomyum ini mirip seperti yang di resto-resto, aku mencoba membuat saus untuk cocolan bakso-baksonya. Tapi jangan harap rasanya bisa mirip yang di resto punya ya hehehe,… karena jujur aku ga tau resepnya dan belum sempat googling, alhasil aku pake aja resep dari Mama waktu membuat saus tauco untuk mpek-mpek. Rasanya ada sedikiiiiiit mirip dengan saus di hanamasa heheheh 😛

IMG_4366Saus taoco ala saya

Untuk membuat saus taoco ini aku menggunakan bahan :

Cara membuat saus ini, blender saja semua bahan.

* 2 sdm tauco, dicuci dengan air bersih supaya gak terlalu asin

* 2 pcs bawang putih

* 5 – 7 pcs cabe merah keriting

* 2 pcs cabe rawit jika mau pedas.

* Gula 2 sdt. (Jika lebih ingin manis bisa tambahkan lagi gulanya).

* Cuka sedikit saja.

Nah jadi sudah deh sup tomyum suki ala dapur Hyo Ae. Ya walau rasanya belum semantap di Xo suki atau Itasuki, tapi sup buatan rumah pastinya lebih sehat karena kita tahu persis bahan yang digunakan dan pastinya lebih bersih dan rasanya juga oke kok.

Cara makannya bisa dicocol dengan saus taoco yang sudah dibuat. Rasa saus tauco yang kubuat lebih cenderung ke manis untuk menutupi rasa kuah tomyum yang asam. Semoga suka ya dengan resep ini….

IMG_4361

Enjoy….. 🙂

Happy cooking 🙂
aja aja fighting
God bless you

Advertisements

Zuppa Soup nyam nyam

7 Aug

안녕하세요….. Chingudeul….

Sebenarnya sudah lama banget kepingin bikin zuppa soup sendiri, tapi belum kesampean and ke pending selama beberapa bulan belakangan ini. Zuppa suop merupakan salah satu makanan favoritnya si Hubby, jadinya pengen juga bikin si doi happy dengan masakan istri tercinta (uhuuuuy……). Awalnya sih karena ga dapat resep untuk bikin kulitnya, makanya sempet kepending deh zuppa soup-nya, tapi setelah browsing and ketemu resepnya malah males ya bikin kulitnya hehehe… and akhirnya suatu hari, pas lagi lihat-lihat isi kulkas, aku nemu kulit pastry siap pakai, ahaaa….. alhasil aku akhirnya jadi juga bikin zuppa soup dengan modal kulit pastry yang ada (punya Papa mertua) hehe…. *Pa, kupinjam dulu ya kulit pastry nya…” 😛

Setelah browsing dan cari -cari resep dan di modifikasi, alhasil inilah jadinya.

Bahan yang dibutuhkan:

* Kulit puff pastry siap pakai, potong sesuai dengan ukuran mangkuk / cangkir yang digunakan.

* 200 gram ayam, di fillet dan potong kecil -kecil.
* 1/2 – 3/4 buah bawang bombay ukuran sedang  Potong kotak kecil -kecil.
* 2  buah sosis ayam, potong kecil-kecil.
* 50 gram jamur kancing kaleng, potong kecil-kecil. aku pake merk Marcissus.
* wortel 1/2 pcs (aku parut dan cincang kecil-kecil)
* 2 siung bawang putih, cincang halus.

* 1 liter air
* 130 – 150 ml susu evaporated (bisa dilihat digambar atas contoh susunya, atau bisa pakai merk lain)
* 1 –  1. 1/2 sdt garam (disesuaikan dengan selera lebih suka manis atau asin)
* 1 sdt kaldu ayam bubuk
* Merica bubuk secukupnya
* 1 sdt gula pasir (disesuaikan dengan selera lebih suka manis atau asin)
* Blue band secukupnya untuk menumis ( 2 – 3 sdm)
* 3. 1/2 – 4 sdm terigu

Tambahan : Kuning telur, kocok untuk bahan olesan (saya kelupaan mengoles kuning telur….. walaaaahhhh)

CARA MEMBUAT : 

1. Siapkan penggorengan dan panaskan blue band sampai cair dan masukan bawang bombay dan bawang putih cincang. Tumis sampai harum dan layu bombaynya.

2. Kecilkan api kompor sedikit dan masukan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk rata sampai terigu tercampur rata.

3. Tuang air 1/4 nya dulu dan aduk-aduk sampai tidak ada gumpalan terigu. Pelan – pelan masukan sisa air sampai habis.

4. Buat api menjadi sedang, masukan ayam, jamur, sosis dan wortel. Masak sampai mendidih dan kental (jangan terlalu kental).

5. Tambahkan garam, gula, penyedap rasa, merica bubuk. Didihkan sampai bahan- bahan matang.

6. Tambahkan susu evaporated. Aduk-aduk terus sampai kuah sup mendidih. Cicipi rasanya, apakah sudah sesuai dengan selera. Jika sudah pas, matikan api kompor.

7. Selagi hangat, masukan sup kedalam gelas / mangkuk zup (sekitar 3/4 tinggi gelas/mangkuk, jangan kelewat penuh).

8. Basahi pinggir gelas / mangkuk dengan air sedikit. Beri kulit puff diatas mangkuk/gelas dan oles dengan kuning telur atasnya. (aku kelupaan mengoles kuning telurnya,,…. huhuhuhu……)

9. Panggang di oven suhu sekitar 200 celcius sampai kulit puff matang, mengembang, garing dan menjadi kecoklatan.

10. Zuppa soup siap disajikan.

11. Sisa sup bisa dijadikan hidangan dimeja makan deh…. hehehe….

Mudah kan membuat zuppa soup? chingudeul tertarik untuk mencobanya? Selain enak, sup ini juga sehat karena mengandung susu rendah lemak… ummm nyam nyam……
Happy cooking…..

안녕
Have a blessed day everyone…… God love you !!!