Archive | Seafood (Udang, Cumi, Ikan) RSS feed for this section

Nasi Bakar Avatar

17 Jul

NBAvatar

Ga apa2 ya ada penampakan foto produk, karena aku lagi iseng2 coba giveaway nya Kara dan aku pakai santan kara deh buat bkn nasi uduknya dan dipadukan dengan bunga telang biar lebih cantik hasilnya.. wish me luck ya…

Nasi Bakar Avatar
by @mache_kitchen

Bahan
2 cup beras
1 sachet santan kara 65 ml
daun kari 15 lbr
2 serai geprek, ukuran sdg
lengkuas 4 cm geprek
garam secukupnya
kaldu jamur 1/² sdt
air bunga telang secukupnya

–> masak smua bahan diatas dgn menggunakan rice cooker smp matang.

Isian
3 ekor cumi besar, bersihkan dgn jeruk nipis dan garam.

bawang merah 5 pcs besar iris
baput 3 iris
cabe merah secukupnya
cabe hijau secukupnya
cabe rawit utuh secukupnya
lengkuas 5 cm iris
daun kari secukupnya

 

CARA MEMBUAT

Tumis bumbu iris smp wangi. Masukan cumi yg sdh di potong

Tumis smp cumi matang dan bumbui garam , sdkt saja gula, kecap asin sdkt, lada, kaldu jamur.

Masak smp cumi matang. Tdk perlu ksh air krn cumi otomatis akan mengeluarkan air. Masak smp air cumi mengering. Tes rasa apakah asinnya sdh pas.

Finishing
cuci bersih daun pisang dan bakar sbnt diatas kompor smp lemes.

Beri nasi avatar di atas daun pisang, lalu beri isian cumi pedasnya dan lipat ujung daun pisang, sematkan tusuk gigi

bakar nasi bakarnya di pan smp daun pisang berubah warna dan mengeluarkan aroma khas daun pisang..yummy..

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

Mie kuah tom yam

25 Jun

Mietomyam

ini lunch Mache tadi siang.. seger banget, puas makannya krn Mache memang pecinta masakan berkuah, pedas dan seger  .. biasanya kl km lg shabu2an di rumah, aku yg dipercayakan bt bkn tom yam sup nya, kluarga ak suka sih..

 

 

Mie Kuah Tom Yam LKK

resep by @mache_kitchen
Bahan
bakso
udang
cumi, potong
ceker / tulang ayam

bumbu halus
cabe besar 3 pcs
bawang merah 4 pcs
bawang putih 2 pcs
1 serai putihnya

Bumbu iris
2 bawang merah
1 bawang putih
1 serai putihnya
lengkua
.
.
tambahan : daun kari 8 lembar, daun jeruk 5 lembar kecil

Bahan saus :
tom yam paste
kaldu jamur
kecap ikan
kecap asin premium LKK
saus tiram LKK
minyak wijen
garam
gula
air jeruk limo

Cara membuat
blender bumbu halus dgn minyak sayur + minyak wijen.
tumis bumbu halus, masukan lengkuas, daun jeruk. tumis smp wangi

rebus ceker ayam dan masukan bumbu tumis, masak smp ceker ayam lembek kulitnya

Masukan bumbu iris n ak tambah cabe bubuk jg, bumbui dgn bahan saus, aku takaran pakai kira2 n icip2 berkali2 smp dapat rasa yg sesuai taste kami.
masukan cumi dan udang, bakso, sayuran n jamur jg blh, rebus smp bahan matang.

Rebus mie n tiriskan. ( pakai mie yg khusus unt mie kuah, jgn mie atom, krn mie atom unt di goreng). enak pk mie cap 3 ayam kuning.

finishing :
Masukan mie ke mangkok, beri kuah n isiannya. Isiannya bebas ya, boleh tambah sayuran, bakso2an, daging iris, jamur, sesuaikan selera.

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

CUMI BAKAR

23 Jun

105948600_729926461076145_1383692774700665543_n(1)

sblmya ak sdh pernah share resep ini, tp x ini ak bkn lagi hehe…

uda lama banget ga makan cumi di rumah, org rmh ga ada yg suka cumi, cm Mache n embak yg suka makan cumi.. karena kangen makan cumi ya uda dh cuminya di bkn cumi bakar pan aja deh… baru bli hari sabtu lalu n pagi ini br smpat di masak… Cumi Bakar Pan

made by @mache_kitchen

Bahan
5 ekor cumi, cuci bersih n balur jeruk nipis

Bumbu.marinasi
1 ruas kunyit kecil
5 baput
1 sdt ketumbar bubuk
1 ruas jahe
5 sdm kecap manis
1 sdt saus tiram
1/² sdt garam
air jeruk nipis secukupnya

cara membuat
cuci cumi yg sdh di balur.jeruk nipis

ulek bumbu2 unt marinasi smp halus, campurkan kecap manis dan air jeruknya. aduk rata lalu balur ke cumi. aduk smp cumi terbalur bumbu dgn sempurna.

marinasi selama 30 mnt

Bakar cumi di pan smp matang, bakar kedua sisinya. cumi akan mengeluarkan air saat di bakar. airnya ak buang n lalu bakar cumi smp kecoklatan n sesekali di balur bumbu.
sajikan cumi dengan sambalnya : bawang merah n cabe rawit di iris, lalu.remas2 dgn sdkt saja garam, beri kecap manis n perasan jeruk nipis secukupnya

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

SAMBAL CUMI ASIN PETE

7 Apr

91964291_241504663900301_3154049610998961565_n(1)

Lauk satu ini bisa bikin makan jadi lahap dan mau nambah 😁😊
selera Mache ya kalau lauknya pakai cabe dan pete pula… Ini sih kedoyanan, lauk lain pun lewat lah kl buat Mache..
Makan begini ga bisa sering2, selain karena kolestrol, ya asinnya (cumi asin) dan kemungkinan besar cuminya mengandung formalin juga .. Kalau untuk petenya sih sehat lah ya hehehe

 

SAMBAL CUMI ASIN PETE
resep ala masakan kami di rumah dari dulu

Bahan
* cumi asin bersihkan dan potong (buang putih2 seperti plastik, tinta terserah mau buang atau tidak)
* pete secukupnya
* cabe kriting / rawit iris
* cabe hijau iris
* 8 bawang merah iris
* 4 bawang putih, setengahny bawang merah
* lengkuas
* 3 daun jeruk
* 3 daun salam
* kecap asin angsa
* garam
* gula
* mecin
* lada
* sedikit air jeruk limo kecil (skip)
* air setengah gelas

Cara Membuat

1. Tumis bamer dan baput sampai wangi. Masukan cabe iris, daun salam dan daun jeruk, lengkuas. Tumis smp agak kecoklatan.

2. Masukan cumi asin potong, oseng2 sampai bumbu merata membaluri cumi. Beri sedikit kecap asin angsa ( kecap asin yang warnanya ga terlalu hitam). bila kecap asinnya merk lain warnanya agak gelap, sebaiknya ganti garam saja spy warna masakannya tetap cantik, masukan juga gula, mecin, lada. aduk rata.

3. Beri setengah gelas air dan masak sampai airnya habis. cicipi apakah rasanya sudah pas. Kebetulan cumi yang aku beli ga terlalu asin, jd aku bisa tambahkan garam dan kecap asin.. sesuaikan ya penggunaan garam dan kecapnya dengan tingkat keasinan cuminya.

4. Masukan pete setelah air agak kering dan masak pete sesuai dengan tingkat kematangan yang di inginkan.

5. bila air kering, beri kucuran jeruk limo ukuran kecil. Aduk2 lagi sampai merata dan sajikan bersama nasi hangat..

 

HAPPY COOKING
GOD BLESS YOU

Udang Goreng Mayonaise

26 Jan

안녕하세요 chingudeul…

Pada hari kamis kemarin aku membeli udang dan ingin mengolahnya menjadi jemput jemput udang (gorengan udang dengan menggunakan roti). Tapi sayangnya rotinya malah sudah habis sebelum dimasak, jadi ya sudah aku coba-coba cari resep lain untuk mengolah udang. Nah saat sedang mencoba mencari resep, aku teringat dengan udang goreng mayonaise, akhirnya aku coba mencari resepnya. Kebetulan di tablodinova.com juga men-share resep udang goreng mayonaise.. dan hasilnya… maknyus….

Udang goreng mayonaise ini enaknya dimakan selagi baru di goreng dan masih renyah saat digigit. Setelah didiamkan lama kelamaan tepungnya akan menjadi lembek. Ya namanya juga gorengan biasanya memang begitu, setelah dingin maka garingnya akan hilang. Tapi saat sudah tidak garing juga masih enak sih untuk dimakan, tapi tidak seenak saat baru di goreng. Yang penting adalah proses meracik mayonaisenya berhasil deh hehehe….

Wah sayang kok foto mayonaisenya seperti kocokan putih telur ya? hehehe skil foto memfoto-ku masih belum jago neh… jadinya jelek deh foto dan warna kadang ga sesuai sama aslinya.

 IMG_4058

Berikut resep udang mayonaise yang aku buat berdasarkan resep dari tabloid nova, namun aku ubah sedikit sesuai selera dan bahan yang ada. Oh ya untuk resep mayonaisenya aku ganti dengan takaran sendok saja.

Bahan:
* 500 gr udang (buang kulit dan bersihkan, sisakan ekornya). Kalau aku sih dibersihkan total udangnya sama pembantu di rumah, jadinya ya tidak ada ekornya lagi deh hehehe….

* 2 sdt air jeruk nipis untuk merendam udang

* 1 sdt garam (jika memakai tepung yang sudah ada rasa tidak perlu tambahkan garam)

* 1 putih telur (aku pakai 1 telur utuh)

* 200 gr tepung kanji (Aku pakai tepung kobe yang depannya ada gambar udang goreng dan bungkus warna putih)

* 50 gr wijen sangrai untuk taburan minyak goreng (Aku skip karena lagi ga ada bahannya)

IMG_4054

Bahan Saus Mayo, aduk rata semua bahan:
* 150 gr mayones (aku pakai 3 sdm mayonaise)
* 2 sdt air jeruk nipis ( aku pakai kira-kira sih, skitar 1 sdm lebih sedikitttt)
* 4 sdm susu kental manis (aku pakai 1,5 sdm susu bendera kental).

–> Diicip-icip aja apakah kurang asam atau kurang manis. Jika kurang manis tambah susu kental dan jika kurang asam tambah jeruknya. Tapi mayonaisenya sendiri sudah ada rasa sedikit asam, jadi jangan terlalu banyak juga pakai jeruknya ya.

IMG_4047Untung aku sempat memfoto mayonaise yang aku buat, kalau ga nanti dikirain putih telur kocok deh… Asli mayonaisenya enak loh, rasanya mirip seperti yang dijual di resto… menurutku loh heheheh 🙂

Cara Membuat:
1. Rendam udang dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit. (aku hanya merendam dengan jeruk nipis saja)
2. Celupkan udang ke telur lalu gulingkan di tepung kobe. Jika mau tepung lebih tebal, proses ini bisa diulang 2x.
3. Panaskan wajan dan goreng udang sampai kecoklatan dan matang, angkat dan tiriskan.
4. Tuang saus mayonaise keatas udang atau bisa juga taruh saus mayonaise di mangkuk kecil. Jadi saat dimakan tinggal di cocol saja sausnya. Terserah sih kalian lebih suka yang mana.

Ini adalah masakan udang mayonaise perdana buatanku dan aku sih cukup senang dengan hasilnya ehhehe… selain mudah dan cepat, proses memasaknya ga makan waktu lama dan hasilnya maknyoss….. Aku tadi cukup makan banyak udang mayo ini walau mulut lagi sariwan besar dan susah makan. Tapi karena rasanya yang nikmat, aku jadi lupa deh sama sariawannya hahaha….

IMG_4061

Buat yang lagi mau buru-buru dan ga tau mau masak apa, ayo coba aja bikin udang mayonaise ini. Keluarga pasti akan menyukainya. Sajikan selagi panas dengan nasi + sambal mayo atau saus botol, keduanya nikmat, tergantung selera masing masing aja ya… 🙂

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you