Archive | Seafood (Udang, Cumi, Ikan) RSS feed for this section

Udang Goreng Mayonaise

26 Jan

안녕하세요 chingudeul…

Pada hari kamis kemarin aku membeli udang dan ingin mengolahnya menjadi jemput jemput udang (gorengan udang dengan menggunakan roti). Tapi sayangnya rotinya malah sudah habis sebelum dimasak, jadi ya sudah aku coba-coba cari resep lain untuk mengolah udang. Nah saat sedang mencoba mencari resep, aku teringat dengan udang goreng mayonaise, akhirnya aku coba mencari resepnya. Kebetulan di tablodinova.com juga men-share resep udang goreng mayonaise.. dan hasilnya… maknyus….

Udang goreng mayonaise ini enaknya dimakan selagi baru di goreng dan masih renyah saat digigit. Setelah didiamkan lama kelamaan tepungnya akan menjadi lembek. Ya namanya juga gorengan biasanya memang begitu, setelah dingin maka garingnya akan hilang. Tapi saat sudah tidak garing juga masih enak sih untuk dimakan, tapi tidak seenak saat baru di goreng. Yang penting adalah proses meracik mayonaisenya berhasil deh hehehe….

Wah sayang kok foto mayonaisenya seperti kocokan putih telur ya? hehehe skil foto memfoto-ku masih belum jago neh… jadinya jelek deh foto dan warna kadang ga sesuai sama aslinya.

 IMG_4058

Berikut resep udang mayonaise yang aku buat berdasarkan resep dari tabloid nova, namun aku ubah sedikit sesuai selera dan bahan yang ada. Oh ya untuk resep mayonaisenya aku ganti dengan takaran sendok saja.

Bahan:
* 500 gr udang (buang kulit dan bersihkan, sisakan ekornya). Kalau aku sih dibersihkan total udangnya sama pembantu di rumah, jadinya ya tidak ada ekornya lagi deh hehehe….

* 2 sdt air jeruk nipis untuk merendam udang

* 1 sdt garam (jika memakai tepung yang sudah ada rasa tidak perlu tambahkan garam)

* 1 putih telur (aku pakai 1 telur utuh)

* 200 gr tepung kanji (Aku pakai tepung kobe yang depannya ada gambar udang goreng dan bungkus warna putih)

* 50 gr wijen sangrai untuk taburan minyak goreng (Aku skip karena lagi ga ada bahannya)

IMG_4054

Bahan Saus Mayo, aduk rata semua bahan:
* 150 gr mayones (aku pakai 3 sdm mayonaise)
* 2 sdt air jeruk nipis ( aku pakai kira-kira sih, skitar 1 sdm lebih sedikitttt)
* 4 sdm susu kental manis (aku pakai 1,5 sdm susu bendera kental).

–> Diicip-icip aja apakah kurang asam atau kurang manis. Jika kurang manis tambah susu kental dan jika kurang asam tambah jeruknya. Tapi mayonaisenya sendiri sudah ada rasa sedikit asam, jadi jangan terlalu banyak juga pakai jeruknya ya.

IMG_4047Untung aku sempat memfoto mayonaise yang aku buat, kalau ga nanti dikirain putih telur kocok deh… Asli mayonaisenya enak loh, rasanya mirip seperti yang dijual di resto… menurutku loh heheheh 🙂

Cara Membuat:
1. Rendam udang dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit. (aku hanya merendam dengan jeruk nipis saja)
2. Celupkan udang ke telur lalu gulingkan di tepung kobe. Jika mau tepung lebih tebal, proses ini bisa diulang 2x.
3. Panaskan wajan dan goreng udang sampai kecoklatan dan matang, angkat dan tiriskan.
4. Tuang saus mayonaise keatas udang atau bisa juga taruh saus mayonaise di mangkuk kecil. Jadi saat dimakan tinggal di cocol saja sausnya. Terserah sih kalian lebih suka yang mana.

Ini adalah masakan udang mayonaise perdana buatanku dan aku sih cukup senang dengan hasilnya ehhehe… selain mudah dan cepat, proses memasaknya ga makan waktu lama dan hasilnya maknyoss….. Aku tadi cukup makan banyak udang mayo ini walau mulut lagi sariwan besar dan susah makan. Tapi karena rasanya yang nikmat, aku jadi lupa deh sama sariawannya hahaha….

IMG_4061

Buat yang lagi mau buru-buru dan ga tau mau masak apa, ayo coba aja bikin udang mayonaise ini. Keluarga pasti akan menyukainya. Sajikan selagi panas dengan nasi + sambal mayo atau saus botol, keduanya nikmat, tergantung selera masing masing aja ya… 🙂

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

Advertisements

Cumi Panggang + Saus Kecap

24 Jan

안녕하세요 chingudeul…

Semenjak menikah 2 tahunan yang lalu, aku jarangggggg banget makan cumi. Lagi pula Mama mertua ga doyan makan cumi karena dia gak suka dengan bentuknya yang aneh. Tapi salah satu seafood kesukaanku sebenarnya adalah cumi ini. Dulu waktu kecil dari Bangka suka dikirimkan cumi panggang yang rasanya ueaaaannnnnaaaaaak banget. Cuma sayangnya sudah lama banget ga pernah dapat kiriman cumi panggang kering yang dari Bangka itu.

Untuk memuaskan hasrat kepingin makan cumi panggang, eh ketemu resep cumi panggang di blognya justtryandtaste and membuat aku jadi penasaran juga pengen bikin. Alhasil setelah dipelajari, bahan-bahannya gampang didapat dan proses pembuatannya ga terlalu ribet, so aku langsung coba buat aja deh… Yuk kita lihat prosesnya..

   IMG_4037

Bahan Yang Digunakan :

* 5 ekor cumi, bersihkan, buang kulit dan potong pinggirnya, tapi jangan sampai putus. (aku simpan 2 di kulkas sisanya untuk besok)

Bahan Bumbu rendaman cumi :

* 1 ruas kunyit, tumbuk halus atau 1/2 sdt kunyit bubuk

* 5 bawang putih, haluskan. Kalau aku sih dicincang, tapi jika bisa di tumbuk/ blender lebih bagus lagi.

* 1 sdt ketumbar bubuk

* 1 ruas jari jahe, parut.

* 5 sdm kecap manis

* 1 sdt saus tiram

* 1/2 sdt garam

* 1/2 jeruk nipis, peras airnya.

Cara Membuat :

1. Campur rata semua bahan bumbu, lumuri cumi dengan bumbu rendaman. Simpan di kulkas selama 30 – 60 menit supaya bumbu meresap. Aku tutup dengan plastic wrap supaya bau cumi tidak memenuhi kulkas, atau jika ada box bisa simpan dalam box saja selama waktu marinated.

IMG_4030

2. Keluarkan cumi dari kulkas setelah 30 atau 60 menit.

3. Siapkan pan anti lengket, oles dengan mentega/ blueband. Panaskan pan tersebut.

4. Panggang dengan api sedang sampai cumi kecoklatan dan sedikit terbakar. Aku siram sedikit bumbu sesekali.

IMG_4032

5. Setelah matang, balik dan bakar kembali sisi satunya kembali.

6. Hidangkan dengan sambal kecap.

IMG_4035Gambar diatas adalah cumi panggang yang langsung aku panggang setelah dimarinasi selama 1 jam di kulkas.
IMG_4067Gambar diatas ini adalah cumi yang aku simpan di kulkas selama 2 hari dengan direndam saus yang sudah aku buat.

Oh ya aku mencoba menyimpan sisa cumi yang sudah dimarinasi ke dalam kulkas selama 2 hari. Aku hanya iseng saja ingin melihat perbandingan cumi yang dimarinasi selama 1 jam dan selama 2 hari apakah bedanya. Tentunya yang dimarinasi pasti bumbunya akan lebih meresap.

Cumi yang dimarinasi setelah 1 jam dan dipanggang menghasilkan daging yang empuk dan enak. Bumbunya cukup meresap. DAn cumi yang dimarinasi selama 2 hari wangi bumbu terasa banget dan rasanya cuminya lebih terasa bumbunya, tapi sayang dagingnya terasa jadi agak sedikit lembek jadinya. Biasa kan kalau makan cumi ada sedikit kenyal-kenyal, tapi karena direndam kelamaan jadinya tingkat kekenyalannya berkurang deh. Untuk rasa sih masih tetap enak, jadi terserah kalian mau mengolah dengan cara yang mana.

Cumi panggangYang kiri adalah yang 1 jam di marinasi dan yang kanan adalah yang 2 hari dimarinasi. Dari warnanya juga sudah kelihatan bedanya hehehe… Tapi aku lebih suka cumi yang dimarinasi 1 jam sih hheheheh…

IMG_4066

Oh ya untuk resep sambal kecapnya, berikut aku share ya.

Bahan saus :

Campur rata semua bahan dibawah ini. Untuk penggunaan bawang merah dan cabai bisa ditambahkan atau dikurang sesuai selera.

*5 sdm kecap manis

* 3 bawang merah iris halus

* 5 pcs cabe rawit iris

* 50 ml air matang

* air jeruk nipis secukupnya.

sambal

Sajikan cumi yang baru dipanggang dengan sepiring nasi, beri sambal kecap… wuiih mantap deh… *tasty…..*

Aku masih menyisakan 2 potong cumi dalam kulkas supaya bisa dibawa untuk bekal makan siang besok ke kantor. Lagipula orang di rumah pada takut makan cumi, jadinya mereka ga berani makan banyak-banyak. Jadinya kalau masak makanan yang mengandung kolestrol tinggi di rumah porsinya  harus dibuat sedikit saja. Aku juga kalau ga ingat sama kolestrol, aku bisa makan dan makan terus hehehe….

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

Cumi tumis hitam

15 Dec

안녕하세요 chingudeul…

Setelah beberapa minggu tidak membuat postingan, akhirnya minggu ini aku bisa membuat postingan tentang masakan “cumi tumis Hitam”. Jujur aja, sebelumnya aku ga mengenal masakan ini, tapi karena suatu hari temanku memasaknya dan menawarkannya padaku, setelah kucoba ternyata enak juga rasanya. Lalu, aku mencoba mencari resepnya dan membuat masakan tersebut. Dan jadilah masakan cumi hitam ala saya..
Kali ini masakan yang kubuat sedikit banyak porsinya, soalnya besok aku mau membawa hasil masakanku ini untuk diberikan kepada Mama dan Papa-ku. Baru pertama kali mencoba tapi nekat bikin banyak. Harusnya sih buat resep 500gr saja sudah cukup.

cth4

Bahan yang digunakan :

cth1

1 kg gram cumi (Sudah buang kulit dan dibersihkan)
Sedikit garam
3 buah jeruk nipis + lemon untuk merendam cumi (aku pakai lemon karena hanya punya 1 jeruk nipis)

Bumbu :

Minyak goreng untuk menumis bumbu
6 butir bawang putih, di iris
12-15 butir bawang merah, di iris
2 cm jahe, di geprek
2 cm lengkuas, di geprek
2 batang serai, di geprek
3 lembar daun jeruk, sobek sobek daunnya
3 lembar salam
Cabe hijau secukupnya, di iris
1.5 sdt garam
1 Sdt gula pasir
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica bubuk
Air sekitar 150 ml

cth2

Cara membuat:
1. Cuci bersih cumi dan buang kulitnya. Jaga agar kantung tinta jangan sampai pecah karena tinta ini nantinya yang akan digunakan untuk membuat cumi menjadi hitam. Tiriskan cumi yang sudah dibersihkan.

2. Lumuri cumi dengan perasan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 1- – 15 menit. Setelah itu tiriskan air rendaman cumi agar jeruknya tidak terlalu banyak untuk memasak.

3. Panaskan minyak , lalu tumis bawang merah +  putih, jahe, lengkuas, serai, daun salam dan daun jeruk sampai hingga wangi.

4. Masukan cabe dan tumis sebentar lagi.

5. Masukkan cumi dan masak sampai cumi mengerut.

6. Masukan air, garam, kaldu bubuk, merica dan gula. Cicipi apakah rasa sudah sesuai dengan selera. Masak cumi sampai kuah berkurang dan sedikit kering dan mengental.

7. Angkat dan sajikan.

Jadi sudah cumi tumis hitam buatanku… Hm…. kalau dilihat sih emang agak sedikit mengerikan… 😛
Tapi jika sudah dicoba rasanya tidak seburuk penampilannya loh.. Aroma jeruk dan rasa asam, asin dan sedikit manis membuat masakan cumi ini sedap banget untuk disajikan dengan nasi. Yaaa karena cumi merupakan salah satu seafood kesukaanku, makanya mau di goreng, di masak asam manis, atau diolah dengan cara lain tetep aja suka. Kalau ga ingat kolestrol, pastinya aku bakalan sering masak cumi di rumah.. hehehe

Cth3

Have a blessed day
Aja aja fighting
God bless you

Mpek Mpek alottttt

7 Nov

Ini ada kali pertamanya aku mencoba membuat mpek-mpek. Padahal aku sering banget melihat Mama ku membuat mpek-mpek dan aku hanya membantu menaruh tepung dan air, tapi ga sangka ternyata kurang air bisa menyebabkan mpek-mpek jadi alott… Hmm… sayang banget ini mpek-mpek jadinya kebuang sia sia deh sisanya.

Setelah direbus sih alotnya ga pake banget, tapi setelah digoreng dan dibiarkan sampai malam, mpek-mpek nya jadi semakin alot dan bikin gigi mertua putus ngunyahnya… *lebay.com* hehehhe….

Kalau liat bentuknya sih kelihatan normal mpek-mpek buatanku hehehe… Ya sbnarnya kalau ga digoreng rasanya lumayan juga kok, ga  alot banget, masih bisa dimakan. Cuma abis digoreng kenapa malah jadi alottt ya? Hmm…. no idea…

Untuk kuahnya sih warnanya agak pucat. Tapi karena fotonya dibawah cahaya remang-remang jadinya agak gelap warna kuahnya, padahal aslinya coklat muda. Hmmm… masih perlu banyak belajar dari si Mama negh…

Tapi nanti untuk proses pembuatan kedua kalinya, aku yakin pasti mpek-mpek buatanku akan berhasil dibuat dengan baik. Amin.
Gagal pertama kali, tapi kedua kali nanti harus berhasilllll !!! Aja aja….

Aja aja fighting

Siomay

30 Jul

안녕하세요….. Chingudeul….

Pelajaran dapur amatir hari ini adalah siomay . Siomay merupakan salah satu makanan favoritnya saya atau jajanan yang cukup sering saya beli. Dikarenakan rasa penasaran, so saya mencoba membuat siomay deh (Siomay nya menggunakan daging ikan dan daging babi.. hehe…)

Saya menggunakan lebih banyak daging ikan tenggiri dibandingkan daging babi, lalu ditambahkan sedikit parutan labu siam supaya dagingnya lebih empuk (itu kata Mama saya).

Berikut bahan – Bahan yang saya gunakan dalam pembuatan siomay ini :

* Daging ikan tenggiri dan babi sekitar 500 gr → digiling halus. (jumlah daging ikan lebih banyak daripada babi).
* Bawang Merah 5 – 6 pcs → dihaluskan
* Bawang putih 3 – 4 pcs (sesuai selera) → dihaluskan
* Merica bubuk secukupnya
* Kaldu bubuk secukupnya / penyedap rasa 
* Kecap asin angsa 1 sdm 
* 1 Sdm minyak goreng
* Sagu (200 – 225 gr). tergantung tingkat kekenyalan yang diinginkan.
* Garam 1 – 1.5 Sdt (tergantung selera)
* 2 Sdm gula pasir
* 1 – 2 butir telur (jika mau di skip juga boleh, bisa diganti dengan air)

CARA MEMBUAT SIOMAY :

1. Campurkan daging ikan dan babi yang telah di giling, lalu tambahkan bawang merah dan putih yang telah dihaluskan. Aduk rata.

2. Masukan parutan labu siam.

3. Beri merica, garam, gula, kecap asin, kaldu bubuk, dan minyak goreng. Aduk rata.

4. Masukan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk.

5. Beri tepung sagu dan aduk kembali.

6. Bentuk siomay. Bentuk dengan menggunakan kulit pangsit atau bentuk simple saja dengan menggunakan sendok. Siap dikukus.

Untuk siomay tahu : Belah tahu menjadi 8 bagian. (pertama belah menjadi 4 bagian, lalu setelah menjadi 4 bagian ,belah 2 tahunya bentuk segitiga). Potong bagian tengah tahu supaya ada sedikit rongga untuk diisikan adonan daging.

Setelah siomay dibentuk. Panaskan dandang untuk mengukus dan beri olesan minyak supaya tidak lengket. Masukan siomay setelah air  untuk mengukus telah mendidihKukus siomay sampai matang / selama 25 – 30 menit.

Nb : Siomay setelah dingin akan mengeras dan harus sering dihangatkan agar teksturnya tetap lembut. So, akan lebih baik jika siomay  ditaruh dalam dandang dan saat ingin dimakan baru dipanaskan kembali.

SAUS KACANG :

Siomay tidak akan lengkap jika tidak menggunakan saus kacang. Berikut cara membuat saus kacangnya.

Bahan yang diperlukan :

* Kacang tanah 400 Gr → di sangrai sampai matang dan dihaluskan / di blender.
* Cabe merah keriting 8 pcs → dihaluskan
* 2 Cabe Rawit → dihaluskan
* Bawang putih 5 pcs → dihaluskan
* 1 Pcs bawang merah → dihaluskan
* Gula 2 – 3 sdm makan (Sesuai selera)
* Garam secukupnya, saya pakai skitar 3/4 sdm.
*
kaldu bubuk secukupnya
* air 800 ml
* Minyak untuk menumis

Pelengkap :
* Kecap manis, jeruk limo dan bawang goreng.

CARA MEMBUAT SAUS KACANG :

1. Haluskan kacang tanah dengan di tumbuk atau di blender. (Jangan lupa membuang kulitnya sebelum dihaluskan).

2. Haluskan cabe, bawang di wadah terpisah.

3. Tumis bumbu yang telah di haluskan sampai wangi (tidak termasuk kacang).

4. Jika sudah wangi masukan air dan masukan kacang yang sudah halus. Aduk rata.

5. Beri gula, garam dan penyedap rasa. Aduk.

6. Masak saus kacang sampai mendidih dan diamkan sampai kuah mengental dan mengeluarkan minyak dari kacang. (kuah kacang akan meletup-letup, so selagi saus dimasak, harus terus diaduk-aduk).

7. Setelah saus kacang mencapai kekentalan yang diinginkan, angkat dan siap disajikan. Jika saus terlalu lama dimasak dan terlalu kental, berikan sedikit air lagi dan beri garam, gula sesuai dengan selera manis / asin yang diinginkan. 

8. Jika suka saus boleh diberi 1/2 sdt cuka atau air perasan jeruk nipis atau lemon.

Berikut ini hasil siomay yang telah kubuat. Dapatnya banyak juga ya,…

Demikianlah pelajaran dari dapur amatir Hyo Ae kali ini. Jika chingudeul memiliki tips atau saran boleh di share ke saya…

안녕