Archive | Sayuran RSS feed for this section

Fresh salad with Sunkist Dressing

23 Apr

Buat pecinta salad atau buat yang lagi berdiet ria… salad merupakan pilihan yang tepat banget. Resep kali ini tidak menggunakan mayonaise dan telur, jadinya pasti sehat banget deh. Untuk resep salad ini aku intip dari resepnya JTT tapi tidak percis percis banget seperti dengan resep Jtt, dan setelah di praktekan rasanya maknyus juga dan aku suka juga mengkonsumsi salad dengan dressing sunkist ini. Sudah beberapa kali aku membuat salad ini dan untuk ke depan juga aku akan sering membuat salad ini hehehe… Thank’s to JTT aku bisa mencicipi salad yang super fresh ini.

Walau salad ini hanya tergolong sayuran, tapi untuk membuat salad ini cukup membutuhkan budget juga secara sunkist kan mahal hehehe… Ditambah dengan paprika merah dan kuning serta brokoli. Yang murah hanya tomat, seledri dan timunnya saja. Tapi untuk kesehatan tentunya harga untuk membuat salad ini jauh lebih murah dibandingkan dengan mengkonsumsi salad dengan mayonaise atau thousand island.

Fresh salad with Sunkist Dressing

 

Untitled-1

 

Bahan :

* 1  jeruk sunkist besar, potong dan buang kulitnya (ambil pulpy nya saja). Kadang aku pakai 2 sunkist dan tinggal menyesuaikan manis asam asinnya saja nantinya. Dengan 2 sunkist ukuran sedang maka dressing akan menjadi lebih encer.

* Daun selada, cuci bersih dan potong.

* Paprika merah, potong korek api

* Paprika kuning, potong korek api

* Timun, iris tipis

* Tomat, iris tipis

* 1/2 Brokoli, rebus sebentar.

* Jeruk Nipis 1 pcs kecil

* Garam

* Gula

 

CARA MEMBUAT  DRESSING:

1. Siapkan blender dan kupas jeruk sunkist sampai bersih, sisakan pulpy nya saja dan masukan dalam blender.

2. Tambahkan perasan jeruk nipis, jika tidak suka asam jangan taruh semua..

3. Masukan 50 cc olive oil yang bisa untuk dimiinum. Aku pakai EVOO (extra Virgin Olive Oil) bertoli.

4. Masukan gula pasir (sesuaikan dengan selera manis masing-masing)

5. Beri 1/4 – 1/2 sdt garam ( sesuai selera).

6. Beri sedikit merica bubuk

7. Geprek 1 bawang putih,

–> Blender semua bahan diatas. Setelah itu cicipi apakah rasa manis, asam dan asin sudah cukup. Jika 1 jeruk nipis masih belum cukup asam, bisa ditambahkan 1/2 – 1 sdt rice vinegar. Tapi cicipi dulu apakah dressing yang dibuat sudah sesuai dengan selera. Jika sudah pas rasanya simpan dressing ke dalam kulkas.

Finishing :

1. Siapkan piring dan beri irisan selada, paprika merah dan kuning, brokoli, timun dan tomat, lalu siram dengan dressing yang sudah dibuat. Sajikan dingin juga nikmat.

xf

 

Rasa salad ini adalah manis asam dan asin. Aku lebih suka salad ini disajikan dalam keadaan dingin. Jika ingin ada rasa sedikit sensasi pedas, bisa ditambahkan sedikit cabai bubuk pada salad. Silahkan dicoba ya,.. seger banget salad nya…

HAVE A BLESSED DAY
GOD BLESS YOU
AJA AJA FIGHTING !!

 

 

 

Advertisements

Gulai Daun Singkong Ala Mama

28 Mar

Gulai daun singkong merupakan menu favorit saya, tapi ya dikarenakan dimasak menggunakan santan jadinya saya ga bisa sering memasak gulai daun singkong deh. Dulu sebelum nikah si Mama suka memasak gulai daun singkong dan kalau sudah makan gulai daun singkong aku bisa lupa diri kadang hehehe… Gulai daun singkong buatan Mama soalnya enak dan pas aku masak gulai daun singkong versi Mama di rumah, pembantu di rumah pas nyicip kuahnya malah bilang kok ini enak sih, biasa dia suka masak gulai daun singkong juga tapi rasanya berbeda dengan gulai daun singkong ala Mama. Perbedaan pada gulai daun singkong ala Mama dan ala pembantu di rumah masak adalah penggunaan ebi dan terasi. Suamiku ga suka dengan ebi jadinya kalau masak ya jarang pakai ebi, kalaupun pakai ebi pastinya dia ga akan makan. Tapi kali ini dia bilang oke walau ada bau ebi-nya.

GULAI DAUN SINGKONG

Gulai daun singkong   Bahan :

* 4 ikat daun singkong (ambil yang muda dan daunya masih lembut).

Bumbu Halus : 

* Bawang merah 7-8 pcs yang aga sedang.

* Cabai keriting & rawit sesuai dengan selera pedas.Kalau aku sih aku tambah dengan cabai kering.

* Kunyit 1 ruas

* 1 serai ambil putihnya saja

* Terasi 1 sdt full

* Ebi 1-2 sdm, cuci bersih. (karena suami ga sk ebi, kemarin aku hanya pakai 1 sdm saja).

 

Tambahan :

* Lengkuas 1 ruas, geprek

* 1 serai di geprek (optional). aku suka wangi serai jadi aku tambahkan 1 lagi.

* Santan setengah kental secukupnya.

* Garam

* Gula

* Mecin

 

CARA MEMBUAT :

1. Rebus daun singkong sampai agak lembut (beri garam + sedikit air abu (optional), angkat dan cuci dengan air dingin. Peras dan buang air sisa rebusan daun singkong, lalu potong- potong daun singkong yang telah di peras.

2. Tumis bumbu halus, lengkuas dan serai sampai wangi.

3. Masukan air santan. Aduk-aduk supaya santan tidak pecah.

4. Jika sudah mendidih, beri garam, gula dan mecin, cicipi rasanya apakah sudah pas asin dan manisnya.

5. Masukan daun singkong yang telah di potong-potong.

6. Masak sampai daun singkong menjadi lembek sesuai selera.

7. Angkat dan sajikan. Nikmat….

Nah mudah kan membuat gulai daun singkong? ga seribet yang dibayangkan ternyata dan hasilnya juga maknyus… So buat yang ingin mencoba memasak gulai daun singkong di rumah, silahkan mencoba resep ala Mama-ku.

 

HAPPY COOKING

GOD BLESS YOU

AJA AJA FIGHTING !!

 

Mushroom katsu

26 Mar

 

 

Terkadang aku bingung juga membuatkan bekal makan siang buat suami. Makanan yang diutamakan adalah yang cepat dimasak dan ga terlalu ribet prosesnya dikarenakan aku hanya memiliki waktu satu jam saja untuk menyelesaikan bekal buat si Hubby.

Kemarin ini aku kepingin membuat chicken katsu don buat si Hubby, eh tapinya ayamnya masih keras membeku didalam lemari es. Saat kutengok isi kulkas eh ternyata ada si jamur tiram putih yang kalau di goreng akan memberikan rasa yang mirip dengan daging, so tanpa ragu aku mencoba membuat katsu dengan versi vegetarian.

Untuk resepnya sama dengan chicken katsu don yang pernah aku share sebelumnya, yang beda hanya penggunaan ayam diganti dengan jamur. Selain rasanya enak, tentunya akan lebih jauh hemat juga.

Resepnya silahkan lihat ke link dibawah ya :

https://shinhyoaeippeo.wordpress.com/2012/01/11/chicken-katsu-don/

mushroom katsu

Mushroom katsu tanpa telur. Dari segi bentuk dan rasa cukup mirip dengan ayam, sampe-sampe si Hubby pun pas pulang bilang kalau dia suka dengan masakan ini dan rasanya mirip dengan ayam, heheh senang deh.

mushroom katsu2

 

Versi kedua adalah mushroom katsu don, yang membedakan adalah hanya adanya tambahan telur saja. Enaknya mushroom katsu ini dimakan selagi hangat. Walau sudah tidak garing lagi karena sudah dimasak dengan menggunakan campuran kecap, mirin, dashi, gula dan air, dll tapi rasa kenyal pada jamur ini yang membuatnya mirip dengan tekstur daging.

So buat yang lagi kehabisan ide memasak, silahkan mencoba membuat mushroom katsu atau mushroom katsudon ini deh,….

HAPPY COOKING
GOD BLESS YOU
AJA AJA FIGHTING !!

 

Lontong Sayur

7 Jan

Dapat menikmati lontong sayur dengan kuah santan yang nikmat merupakan sebuah kepuasan tersendiri, tapi sayangnya makanan ini mengandung banyak kolestrol dan juga banyak minyak yang dihasilkan dari santan. Tapi kalau sudah makan lontong sayur dengan kepedasan yang super dan ditambah dengan semur daging dan sambal tauco, wah mantap deh, apalagi kalau ada kerupuk merahnya… ihhh asoy geboy…

Untuk lontong biasanya kami membelinya di pasar Muara Karang, namun setelah bisa membuat sendiri, so lebih baik memasak sendiri aja, selain lebih hemat, makannya pun lebih puas karena ga usa di irit-irit makannya hahaha. Harga lontong di pasar muara karang per pcs nya bisa mencapai 30.000 dengan ukuran besar banget.  Biasa kami membeli 2 pcs untuk makan sekeluarga, tapi nanti ke depan tidak akan membeli lagi deh lontongnya, lebih baik bikin sendiri aja deh.

5

LONTONG

Membuat lontong ini cara-caranya aku pelajari dari asisten / pembantu di rumah kami.

Bahan : 

* Daun pisang, jika keras biasa di kukus dulu sebentar

* Lidi potong kecil dan runcingkan ujungnya

* Beras, di cuci bersih

* Gilingan kayu bulat (untuk membuat lontong sama besar).

1

CARA MEMBUAT :

1. Bersihkan daun pisang dan jika daun keras, kukus dulu daunnya sampai daun menjadi layu dan lebih elastis untuk di bentuk.

2. Lilitkan daun pisang pada gilingan kayu (seperti gambar di kanan atas).
Lipat ujung-ujungnya dan sematkan lidi supaya daun pisang tidak terbuka.

3. Keluarkan gilingan kayu dari daun pisang (gambar kiri bawah).
Isi daun pisang yang sudah dilipat bawahnya dengan beras yang sudah di cuci bersih. Isi setengah lebih sedikit, jangan sampai
full karena jika beras matang nantinya akan mengembang.

4. Lipat kembali bagian atas daun pisang yang sudah diisi beras. Memang agak susah membuatnya apalagi jika daunnya keras. Jangan sampai daun pecah atau robek karena nasi akan keluar dan menjadi berantakan.

5. Siapkan panci besar dan susun lontong yang akan di rebus nantinya. Isi air pada panci sampai seluruh lontong terendam air. Masak lontong sampai matang. Pematangan membutuhkan proses yang agak lama. Kemarin aku merebusnya hampir selama 2 jam dan jangan lupa cek apakah air sudah mengering dan tambahkan air jika lontong belum matang.

2Setelah matang dan siap untuk di santap.
Rasa lontong ini pas banget. Tidak terlalu keras atau terlalu lembek. Sesuai keinginan.

Setelah selesai membuat lontongnya, sekarang saatnya kita membuat sayur untuk menemani lontong. Kalau mertua aku menyebutnya sayur lodeh, tapi aku bingung mau sebut apa, aku taunya lontong sayur 🙂
Oh ya aku membuat semur dan sambal tauco untuk menemani makan lontong sayur yang aku buat.

LONTONG SAYUR

Untuk resep dari lontong sayur ini, resepnya aku adaptasi dari mertua dan dipadukan dengan resep Mbak Endang Jtt.

Bahan :

* 1/2 ekor ayam, potong kecil – kecil

* 15 untai kacang panjang

* 2 labu siam, potong memanjang

* 1250 cc – 1500 cc santan  encer (sisa dari memeras santan kental dari 2 pcs kelapa)

* 400 -500 cc santan kental (aku pakai 2 kelapa, tapi tidak semua santan kentalnya aku gunakan. Aku hanya menggunakan 400 – 500 cc santan kentalnya dan sebagian aku simpan santan kentalnya dan disimpan dikulkas untuk di bekukan dan saat akan digunakan baru dikeluarkan).

* 10 Tahu goreng (yang segitiga). Belah 2 tahunya.

* 1 batang petai (optional).

Bumbu Halus :

* 8-10 Bawang Merah

* 5 bawang putih

* 10 cabai merah keriting

* 6 – 8 pcs cabai kering. Cabai kering menghasilkan warna merah yang bagus pada kuah santan.

* 10 rawit merah (jika tidak suka pedas, kurangi penggunaan cabai).

* Kemiri 5 pcs, sangrai terlebih dahulu.

* Minyak untuk menumis.

Bumbu lainnya :

* 5 lembar daun salam

* 3 lembar daun jeruk

* 2 ruas lengkuas, geprek

* Rawit merah utuh secukupnya

* 2 batang serai, geprek

* 2 – 3 sdt garam (Sesuaikan dengan selera asin masing-masing).

* 2 – 2.5 sdm gula merah, sisir  (sesuaikan dengan selera manis masing2).

* 1 – 2 sdt gula pasir (sesuaikan dengan selera manis masing2).

* 1 maggie kaldu blok atau kaldu bubuk atau mecin.

CARA MEMBUAT :

1. Cuci labu dengan garam untuk menghilangkan getahnya. Potong labu bentuk korek api besar dan sedikit lebih tebal. Asinkan 15 – 30 menit dengan garam dan cuci bersih.

2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, lengkuas, serai sampai harum.

3. Masukan potongan ayam, aduk sampai ayam berubah warna.

4. Beri santan cair dan masak sampai ayam empuk.

5. Masukan tahu goreng yang sudah dibelah 2.

6. Masukan kacang panjang dan masak sampai kacang panjang agak layu.

7. Masukan labu siam & petai. Penggunaan petai hanya untuk menambah aroma di masakan. Jika tidak suka petai silahkan skip bahan ini. Aku memang bukan penggemar petai, tapi aku cukup menyukai sedikit aroma petai pada masakan tertentu.

8. Tuang santan kental. dan masak sampai santan mengeluarkan minyak.

9. Beri garam, gula, dan kaldu bubuk. Cicipi apakah rasa asin, manisnya sudah pas. Cek juga apakah sayur sudah pas teksturnya. Kacang panjang harus agak lembek dan sudah tidak garing lagi dan labu juga sudah layu. Jika rasa kuah terlalu manis atau asin, tambahkan air dan masak kembali sampai mendidih. Untuk penggunaan air, aku agak susah menyebutkan takarannya, karena tiap kali memasak takaran airnya tidak pasti. Trick-nya jika keasinan atau kemanisan ya aku hanya menambahkan air dan memasaknya kembali dan mencicipinya terus menerus sampai menemukan rasa yang pas.

10. Angkat dan sajikan dengan lontong. Tabur bawang goreng jika suka dan beri kerupuk merah.  Cuma kemarin berhubung stok kerupuk merah tidak ada jadi aku ga pakai deh.

6

Semur daging sapi dan tahu + telur rebus adalah teman yang cocok untuk menemani makan lontong sayur. Jika tidak mau terlalu bersantan, maka kuah santan bisa dipadukan dengan kuah semur, rasanya enak loh. Dan selain dengan semur perpaduan lontong sayur dan sambal tauco juga merupakan pilihan yang tepat deh. Oh ya di sambal taoco aku tambahkan udang dan tahu lagi, mantap deh. Hasil dari memasak lontong sayur ini menghasilkan porsi untuk dimakan dalam 2 hari hahaha karena aku masaknya cukup banyak.

Untuk resep tahu taoco pernah aku share disini ya, silahkan dibuka link nya.
https://shinhyoaeippeo.wordpress.com/?s=tahu+taoco&submit=Search

Untuk semur dagingnya nanti menyusul ya resepnya. Semoga info ini bermanfaat ya…

HAPPY COOKING
GOD BLESS YOU
AJA AJA FIGHTING !!!

Jamur Tiram Cah Belacan

28 Nov

Jamur Tiram, jamur ini lezat banget buat disajikan dengan berbagai cara dan resep. Jamur tiram merupakan salah satu favorit jamur kesukaan saya dibanding jamur lainnya.

Oh ya jamur tiram putih ini ternyata memiliki banyak khasiat yang bagus banget buat tubuh, salah satunya adalah untuk menurunkan kolestrol, sebagai zat anti oksidan, meningkatkan sistem imun, mengobati diabetes dan juga baik bagi liver (hati) dan kandungan seratnya yang tinggi sangat bagus untuk pencernaan. Untuk detail lengkapnya bisa dibaca melalui link di bawah ini ya :
http://www.anneahira.com/khasiat-jamur-tiram-putih.htm

Oh ya untuk resep cah jamur tiram ini sangat super duperrrrr mudah. Mama-ku suka memasak jamur tiram dengan cara ini dan aku juga pernah memakan jamur cah belacan ini salah satu resto yang menjual masakan khas Sunda. Resep ini juga bisa digunakan untuk memasak kangkung atau pare. Biasa kalau memasak pare harus ditambahkan sedikit udang supaya lebih enak.

JAMUR TIRAM CAH BELACAN

jangan delete dl

Bahan :

* 250 – 300 Gr jamur tiram

* Cabe rawit dan keriting (sesuaikan dengan selera pedas masing-masing). Kalau aku sih doyan banget pedes dan aku pakai 6 rawit merah dan 6 cabe keriting

* 2 siung bawang putih besar

* 1 sdt- 1,5 sdt terasi (aku pakai terasi Bangka).

* Garam secukupnya (disesuaikan dengan keasinan terasi).

* Mecin sejumput

* Minyak untuk menumis

* 1/2 cangkir air

CARA MEMASAK :

1. Cuci jamur tiram sampai bersih dan potong-potong (robek). Peras sampai airnya bekas cucian keluar.

2. Tumbuk cabai dan bawang putih setengah halus, masukan terasi dan tumbuk kembali sebentar sampai rata.

3. Tumis bumbu yang sudah di tumbuk dengan sedikit minyak.

4. Setelah wangi masukan jamur tiram dan aduk rata. Masak sebentar.

5. Masukan air. Biasanya aku taruh air di wadah bekas ulekan dan aku aduk sampai bumbu bumbu dibekas ulekan menyatu dengan air dan aku gunakan airnya untuk kuah jamur tiramnya.

6. Beri garam dan mecin secukupnya.

7. Cicipi apakah rasa asinnya sudah pas.

8. Angkat dan sajikan.

Masakan cah jamur tiram ini memang sangat sederhana dan murah meriah. Tapi jangan pernah meremehkan jamur yang murmer ini, walaupun murmer tapi jamur ini enak buat disajikan dengan nasi. Aku suka dengan tekstur kenyal pada jamur ini. Saya paling suka versi gorengnya. Biasanya saya menggoreng jamur tiram ini menggunakan tepung kobe dan disajikan dengan sambal botolan, rasanya enak apalagi pas masih hangat dan garing,… makan satu pasti akan keterusan dan susah berhenti. Selain jamur tiram putih, saya juga suka menggunakan jamur enoki untuk di goreng. Cuma kalau buat saya sih juaranya tetap jamur tiram, tapi kalau si Hubby lebih suka jamur enoki.

Have a blessed day
God bless you