Archive | Sate RSS feed for this section

Sate ala Mama

20 Nov

Hmm…. membuat postingan tentang masakan sebenarnya gak pas tanpa disertai dengan resepnya, tapi kali ini postingan singkat ini aku tidak akan membahas mengenai resep, aku hanya akan membahas mengenai sate yang biasa Mama ku suka buatkan sewaktu kami masih kecil. Mama tidak terlalu sering memasak sate ini karena beliau mungkin malas membuatnya karena sedikit ribet prosesnya dan harus dimarinasi, padahal sate ini favorit kami di rumah loh.

Sekarang sih setiap kepingin makan sate ini aku sudah bisa membuatnya sendiri dengan rasa yang cukup sama dengan yang Mama buat. Maaf ya karena resep dari Mama jadinya aku tidak share hehehe… siapa tau nanti someday aku bisa pakai resep ini buat usaha hehehe….

Hmmm ngomongin sate aku jadi kepengen makan satenya… hmmm….

Untitled-1

Advertisements

SATE Ayam bumbu Salsa

16 Jun

Sate ayam bumbu salsa… nama yang unik ya. Satenya hanya dimasak dengan rendaman bumbu BBQ dan dicampur dengan mirin. Kemudian ditambahkan dengan saus nanas, bombay, daun mint dan lain-lain. Detailnya seperti berikut ya

Bahan yang diperlukan :

* 2 Dada ayam fillet / 2 Paha ayam Fillet (potong memanjang)
* 50 Ml saus BBQ
* 50 ML mirin
* Tusuk Sate

Rendam ayam yang telah dipotong ke dalam campuran saus BBQ dan mirin. Diamkan minimal selama 30 menit sampai termarinasi dengan sempurna.

Tusuk ayam bentuk lika liku seperti contoh digambar. Lalu panggang ayam di pan panas sambil sesekali ayam diangkat dan dicelupkan kembali ke bumbu spaghety dan dipanggang kembali. Masak sampai ayam matang sempurna.

Buat bumbu SALSA :

* 50 Gr nanas segar
* 25 Gr tomat
* 50 Gr bombay
* 50 Gr paprika hijau
* 5 Gr daun mint
* 1 Sdm cuka apel
* 1 Sdm Madu
* 1/2 sdt merica bubuk
* 1/2 Sdt Garam
* 4 Sdm Mayonaise

Blender semua bahan diatas, tidak perlu terlalu lama di blender. ( Saus yang kubuat terlalu lama di blender, jadinya keenceran banget deh hiiikz).

Tuang saus salsa ke dalam wadah yang cantik, dan sajikan sate dengan saus salsa. Santap selagi fresh bahan-bahannya. Agar saus salsa awet lebih baik disimpan ke dalam kulkas dan dikeluarkan saat akan dimakan.

SELAMAT MENCOBA

안녕

Ganjang Dak Gochi (Skewered Chicken)

5 Jun

안녕하세요 친구들…….

Kali ini aku mau share resep tentang sate tusuk ala Korea yang dikenal dengan Ganjang Dak Gochi. Berikut ini merupakan gambar Ganjang Dak Gochi yang aku beli seharga 2.000 won.

Kalau sate yang kubuat tampilannya tidak mirip dengan foto, daging yang kupotong terlalu kecil sehingga saat dimasak menciut deh dagingnya jadi kecil sekali hehehe…. berikut aku mau share resep masakan Ganjang dak Gochi.

Bahan – bahan utama yang diperlukan :

* Daging ayam fillet
* Daun bawang (ambil bagian putihnya saja)
* Cabe hijau besar (Jika tidak ada bisa menggunakan cabe mereah besar)
* Bawang putih
* 1 ruas jari jahe

1. Potong ayam bentuk kotak-kotak (ukuran sedang ya dikira-kira, soalnya setelah matang daging jadi lebih kecil).
Marinasi ayam dengan 1 sdt mirin , 2 pinch garam dan 2 pinch lada hitam. Diamkan minimal 10 menit.

2. Buat bumbu kuah (saus) : campurkan 2/3 cup air dengan 1/4 cup kecap asin (aku menggunakan kecap asin Korea), 2 Sdm mirin,
1,5  Sdt gula, 2 bawang putih utuh, 1 ruas jari jahe, 1/2 Sdt lada hitam, 1 pinch hot pepper flakes.

3. Masak kuah sampai mendidih dan didihkan selama 5 menit.

4. Tusuk ayam -> daun bawang -> ayam -> cabe hijau -> ayam -> bawang putih (urutan bisa dibuat sesuai selera).
(bisa juga menggunakan cabe merah besar jika tidak ada cabe hijau)
Jangan pada bingung ya lihat gambar satenya kok cabenya hijau pas mateng jadi merah hehhe… Resep ini sudah dua kali kucoba jadinya ada perpaduan foto masakan pertama dan kedua.

5. Matangkan ayam di pan anti lengket. Masak tiap sisi selama 1 menit sampai daging berubah warna.

5. Siramkan kuah / saus yang telah dibuat ke dalam pan dan diamkan sampai kering. Kemudian balik sate dan siramkan kembali sisa
saus. Masak sampai kuah habis dan meresap dimasakan.

6. Berikut sate siap disantap selagi hangat. (Maaf ya chingudeul kalau foto aga berantakan, maklum ini masakan perdana aku, jadi
kuah sempat kutinggal sampe gosong sedikit, ya syukur masakanku masih bisa disantap)… hehhee

Oh ya Chingudeul sedikit info saja. Bagi yang tidak memiliki pan anti lengket dengan ukuran besar, maka aku menggunakan trik memasak daging dan teman-temannya dulu, kemudian barulah ditusuk ke tusuk sate. Cara ini sih lebih mudah, namun bahan baru dapat ditusuk ke sate setelah dingin dan daging setelah matang juga lebih gampang terbelah saat ditusuk. (Jadi ada + dan – sih). Jika menggunakan tusuk sate, kita jadi hanya bisa memasak beberapa tusuk saja dan kemudian harus mengulangnya kembali.