Archive | Pork RSS feed for this section

Babi Goreng Lada Garam

21 Jun

BabiGoreng

maap ya ini versi non halal ( tp daging bs di ganti ya dgn ayam ya.. resep ini pnah ak share di cookpad mache kitchen dan br x ini share ke blog aku..

BABI GORENG LADA GARAM

 

BAHAN

Daging b2 (ak pakai kira2 skitar 350 – 400 gr)
secukupnya Bawang putih (3 – 4 siung)
iris cabe,
garam
lada
1 sdm minyak wijen
secukupnya saus tiram (aku pakai skitar 1 sdm)
gula (aku pakai 1 sdt)
jeruk nipis secukupnnya
sagu
terigu
3 sdm margarine

 

CARA MEMBUAT

  1. Potong daging, marinasi dengan bawang putih, lada, garam, gula, minyak wijen, saus tiram, jeruk nipis dan sedikit micin. Aduk sampai rata dan marinasi selama 2 – 3 jam. Mau semalaman juga boleh. Aku pakai daging bagian samchan, tapi bagian kulitnya aga keras ya jadinya, pas bagian dagingnya enak, empuk. ak.ada kslahan teknis, ak sdh kburu msk sagu 1 sdm pas marinasi n pas baca resep tnyata salah, sagu n trigu msk blakangan.. so jgn di iktin ya

    Babi Goreng Lada Garam langkah memasak 1 foto
  2. Siapkan piring, beri campuran terigu dan sagu. Banyakan terigu ya dari sagunya. Perbandingan yg aku pakai 4-5 sdm terigu, 1 sdm sagu. Kira2 begitu.. balur daging dengan campuran tepungnya

    Babi Goreng Lada Garam langkah memasak 2 foto
  3. Goreng daging di minyak panas sampai matang dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan dulu

    Babi Goreng Lada Garam langkah memasak 3 fotoBabi Goreng Lada Garam langkah memasak 3 foto
  4. Panaskan margarine, tumis bawang putih dan cabe iris, beri garam secukupnya dan sedikit micin lagi bila mau. Tumis sampai wangi dan kecoklatan. Masukan daging babi gorengnya dan daun bawang. Aduk dan beri lada dan masak sampai semua tercampur rata. Daging siap di sajikan,, masaknya cukup sampai ada rasa asin ya dan gurih dan garing dari daging. siap disajikan deh…

     

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

Rendang Daging Babi

23 May

Rendang B2

Rendang non halal… ternyata kalo pakai daging B ga akan bs di bkn sampai hitam spt daging S 😬
jadinya habis kelar poto, jdnya di masak n ksh air sdkt lagi n masak lg biar kuahnya ga tll kering 😋
ini ak masaknya agak banyakan .. msh ad sisa lg 1 mangkuk slain di foto ini

 

Rendang Daging B2

resep adaptasi dr @xanderskitchen ( rendang sapi)
made by @mache_kitchen

Bahan
1.2 kg daging b2
1 kelapa parut ambl santannya
1/3 kelapa parut untuk di masak bareng bumbu
100 ml santan kara / santan instant lainnya
5- 6 lbr daun salam
10 lembar daun kari, ini aku suka aromanya makanya ak pakein n kbtlan ada pohonnya

Bumbu halus
bawanf merah aga banyak ( 30 pcs)
bawang putih 10 pcs
kemiri 4 pcs
lengkuas
serai 2 batang besar di geprek
kunyit 1 pcs besar
ketumbar bubuk 1.5 – 2 sdt
1 sdt lada
seruas jahe
1 sdt jinten
5 pcs cengkeh

Cara Membuat
1. potong daging dan gebuk2 dgn pemukul daging

2. Blender bumbu halus dan tumis bumbu halus, daun salam, serai sampai wangi agak lamaan, masukan 1/² gelas santan kental dan kelapa parut masak lagi sampai santan aga kering, lalu masukan semua air santan, didihkan

3. Masukan daging dan masak sampai daging menjadi lembut, bumbui garam, gula, micin.

4. Masak dengan api kecil sampai kuah agak mengering.

5. Rendang boleh di masak sampai kering, atau sedikit agak basah, sesuaikan dgn selera masing2. Pertama ak masak aga kering, tp jd ga ada kuah buat di cmpr ke nasi jd ga seruh, akhrnya ak masak lagi tambahkan air n sesuaikan garam gulanya sdkt saja

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

Soto Daging Babi

13 May

Sotob2

Ada stok lobak tapi ga tau mau di masak apa, kebetulan ada teman yang rekomendasikan soto Bandung yang pakai lobak, berhubung aku ada stok daging B2 ya sudah kita bkn pake daging samchan saja deh, eh ternyata enak juga rasanya. Gurih, seger dan dari lobak ada rasa pahit2 sdkt jadi enak deh, kalo yang suka makan lobak pasti suka dengan resep ini deh.. Saya awalnya ga suka lobak, tapi sekarang jadi suka juga deh… Waktu nginep ke tempat Mama, aku pun pernah masakin soto ini dan ternyata Mama & Papa juga suka …
Resep dari berbagai sumber dan di modif ala2 saya

SOTO DAGING BABI


BAHAN :

  1. 300-500 gr daging babi (ak pakai samchan)
  2. 1 pcs lobak putih
  3. jahe 1 ruas di geprek
  4. lengkuas 3 cm di geprek
  5. serai 1 pcs besar di geprek
  6. 3 lembar daun salam
  7. 1-2 lembar daun jeruk besar
  8. 1 pcs jeruk limo, peras
  9. iris daun bawang
  10. iris seledri
  11. 1 sdm kecap ikan / kecap Asin angsa
  12. 1-2 sdt kecap manis
  13. garam, gula, mecin, lada
  14. bumbu iris :
  15. 5-6 bawang merah besar iris
  16. 3 bawang putih besar iris
  17. CARA MEMBUAT : 

    Potong daging dan rebus 7 – 10 mnt saja dan cuci bersih. tiriskan

  18. Tumis bawang merah dan bawang putih, jahe, serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk sampai wangi dan matang. Beri air.

    Masukan daging babi dan masak sampai daging lembut. beri garam, gula sdkt, kecap ikan, lada, mecin. beri kecap manis supaya warna kuah aga gelap. cicipi rasany apakah sudah pas dan masukan 1 jeruk limo peras.

    Soto Babi langkah memasak 2 foto
  19. Bila daging sdh cukup empuk, masukan lobak dan masak sampai lobak matang dan aga lembek. Bila rasa sudah pas, daging dan lobak sudah cocok empuknya, maka soto babi siap di sajikan.

    Soto Babi langkah memasak 3 foto
  20. Sajikan soto babi dengan emping goreng, irisan daun bawang dan seledri dan sambal rawit (rawit merah dan bawang putih di rebus, beri garam, gula mecin dan di haluskan). saat akan di santap, kuah supnya bisa di tambahkan kecap manis dan perasan jeruk bila suka dan taburan bawang goreng dan empingny jangan lupa..

    Soto Babi langkah memasak 4 fotoSoto Babi langkah memasak 4 fotoSoto Babi langkah memasak 4 foto
  21. Santap selagi panas !!! suegerrrr

     

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

Bak Kwa Homemade

8 May

BakwaeditBak kwa ala ….kadarnya saja yah …#nonhalal yah…
foto di postingan ini sdh bagus hasilnya, ud bs di makan.. eh tp krn penasaran dgn warna bagian bawah yg blm memuaskan akhirnya Mache panggang balik lagi 10 menit di bagian bawahnya n pakai temperatur tgg n krn lupa ya di tinggalin gt aja n abis itu hasil jd alot ini bak kwa nya😭😭 bsk2 kudu puter otak spy ini bak kwa ga kebuang sia2… huhu… Ini kali kedua aku bkn bak kwa pakai resep dr cookpad Imeii dan kmrn aku bikin setengah saja dari resep ini.. Untuk rasa dr bak kwa ini jangan di harap mirip dengan yang asli dr Sing sana ya, pastinya ga sama tapi masih enak kok, cm enaknya ga seperti yg bak kwa terkenal itu loh ya.. thx Imeii buat resepnya

  1. BAHAN :

    500 gram babi cincang, yang ada lemaknya
  2. 100 ml madu
  3. 2 sdm kecap ikan (ak pakai stgh saja krn tkt bau)
  4. 1 sdm minyak wijen
  5. 1 sdt five spice powder
  6. 1 sdm hoisin sauce
  7. 1 sdm rice wine, arak China
  8. 1/2 sdt angkak bubuk atau bisa diganti dengan 1 roll san char (snack warna merah jaman dulu)
  9. 1 sdt merica bubuk
  10. 1 sdt bubuk bawang putih

CARA MEMBUAT :

  1. Campur semua bahan dalam mangkok, aduk rata, biarkan beberapa jam di kulkas, tutup wadahnya.

  2. Untuk tes rasa, ambil 1 sdt adonan daging dan panggang dalam wajan panas bolak balik. Sesuaikan rasanya, kurang manis atau asin bisa di sesuaikan. Untuk kecap ikan aku gnt dgan kecap angsa.

  3. Ambil selembar kertas baking dan susun di loyang dan beri daging diatasnya, tutup bagian atas daging dengan selembar kertas baking lagi, giling adonan sampai setipis mungkin dengan ketebalan yang sama.

  4. Pnggang dalam oven dgn suhu 175 DC selama 30 sampai 40 menit, sering2 di cek ya. Bila sudah matang, daging akan menyusut, keluarkan daging dari loyang dan potong segi empat.

  5. Untuk mendapatkan efek gosong, ak oles bak kwa dengan margarine dan aku bakar di pan anti lengket sebentar saja. Siap disajikan.

     

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

Tim Tahu Telur Daging

10 Apr

92245647_2851447711629242_7328919581385268951_n
pagi tadi buka fb and liat postingan sadudara lagi masak tim tahu telur. kebetulan lagi ada stok tahu tapi belum di pakai, ya sudah di bikin tim tahu telur daging aja deh dengan resep kira2 aja…
Masak ini ga pakai lama dan terbilang cukup mudah. Enaknya di makan selagi hangat, bila tidak habis bisa di kukus lagi sebelum di makan.

Tim Tahu Telur Daging…
bahan
1 tahu putih
2 pcs telur kocok
bawang merah
bawang putih
daging cincang
kecap manis
kecap asin
kecap ikan
saus tiram
gula merah
garam
mecin
daun seledri
daun bawang

Cara membuat :
1. Taruh tahu di piring, siram telur kocok (bumbui garam, lada dan beri bawang daun iris). Tim dengan api kecil sampai telur matang. lanjut ke proses stlhnya
2 dalam wajan, Tumis bawang merah, bawang putih sampai wangi dan kecoklatan.

3. Masukan daging cincang (daging cincang biar lembut bisa di kasih maizena sedikit dan aduk rata dengan tangan). Tumis daging cincang sampai berubah warna, beri kecap asin, kecap manis, kecap ikan, saun tiram. Aduk rata

4. Masukan air dan didihkan, beri sedikit gula merah/ gula. Cicipi rasa nya kurang apa, sesuaikan dengab gula, garam dan beri lada dan mecin. Masak sampai air aga mengering, sisa sedikit saja.. 5. Siram tumisan daging cincang ke tim tahu telur kukusnya. Beri irisan daun seledri dan tim lagi 5 menitan.
6. Angkat dan sajikan. Panas lebih nikmat.