Archive | Ikan RSS feed for this section

Ikan Masak Kecap

10 Oct

Ikan masak kecap ini merupakan masakan yang Mama-ku suka buat, entah ini masakan khas bangka atau masakan ala si Mama. Masakan ini tergolong sederhana, tapi kami sekeluarga menyukai masakan ini, terutama si Papa yang suka sekali makan bumbu, tomat dan daun bawangnya.

Ikan yang digunakan adalah ikan tenggiri, jika diganti dengan ikan lainnya harusnya juga bisa, cuma karena si Mama ini pecinta ikan tenggiri jadinya ya dibuatnya dengan ikan tenggiri deh.

IKAN MASAK KECAP

sd

Bahan :

* Ikan tenggiri ( 2 – 3 potong)

* Tomat merah 2 – 3 pcs, belah menjadi 4 sampai 6 bagian. Jika suka, tomat bisa ditambahkan lagi.

* Cabe keriting merah, iris miring

* Bawang putih 3 pcs, iris

* Bawang merah 6 -8 pcs, iris

* Daun bawang, iris menyamping aga tebal (aku ga ada daun bawang jadi aku skip)

* Kecap asin (aku pakai kecap asin Bangka cap gajah). Karena ini masakan buatan si Mama jadi tiap masak harus pakai kecap khas Bangka deh 🙂

* Mecin

* Merica

* Garam

CARA MEMBUAT :

ds

1. Goreng ikan tenggiri sampai coklat, angkat dan sisihkan.

2. Tumis bawang putih, bawang merah sebentar, masukan cabe iris, tumis sampai wangi dan kecoklatan.

3. Masukan tomat dan tumis sebentar.

4. Masukan air secukupnya.

5. Beri kecap asin bangka, garam, mecin dan merica secukupnya. Cicipi apakah rasa asinnya sudah pas atau belum.

6. Masukan irisan daun bawang. Masak sebentar sebelum diangkat.

7. Angkat dan sajikan.

HAVE A BLESSED DAY
GOD BLESS YOU
AJA AJA FIGHTING !!

Siomay Tenggiri dan Ayam

13 Sep

Postingan pertama dibulan September… 😉 karena belakangan mulai bosan nge blog hahaha….

Belakangan ini aku lagi kepingin banget makan siomay. Beli siomay di Abang-abang, kita ga tau ikannya masih fresh atau tidak yang dipakai and kalau beli siomay Cuplis atau yang di Mall harga per pcs 8 ribu sayang banget, makannya ga puas kalau cuma makan 2 atau 3pcs hehehe, so akhirnya aku putuskan membuat siomay ikan tenggiri dan ayam. ihiiiiyyyyyy…..

Yuk kita bahas bahan dan prosesnya….

SIOMAY IKAN & AYAM

Mau1

Bahan :

* 250 gr ikan tenggiri

* 300 gr daging ayam

* 4 Bawang putih

* 6 Bawang merah

* 1 sdt garam

* 1-1/2 –  2 sdm Gula pasir

* Merica bubuk secukupnya

* 1 sdm kecap ikan

* 120 – 150 Gr labu siam, parut dan tiriskan

* 1 sdm minyak sayur

* 2 pcs telur ukuran besar atau 3 pcs kecil

* 225 – 250 gr sagu

CARA MEMBUAT :

1. Haluskan daging ikan dan ayam (jika bisa di giling).

2. Blender bawang merah, bawang putih dan beri kecap ikan dan minyak goreng supaya pas di blender bisa halus.

3. Masukan bumbu halus ke daging dan tambahkan merica, garam, kaldu, gula pasir. Aduk rata semua bahan.

4. Masukan labu siam, aduk rata. Masukan telur sedikit demi sedikit dan aduk rata.

5. Masukan sagu, aduk rata sampai kalis. Adonan agak lembek, jangan terlalu keras.

6. Bentuk-bentuk adonan dan taruh di dandang kukusan yang sudah di oles minyak.

2

SAUS KACANG :

1. 250 gr kacang tanah, goreng dan haluskan.

2. Haluskan Bawang putih 5 pcs + 2 bawang merah + Cabe merah secukupnya, jika mau tambah rawit juga boleh.

3. Sobek 2 – 3 lembar daun jeruk

4. 1 sdm garam

5. 3 sdm gula + kecap manis secukupnya

6. 1/2 air perasan jeruk nipis

7. Air secukupnya.

CARA MEMBUAT SAUS :

1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai wangi.

2. Masukan air dan aduk rata.

3. Masukan kacang yang sudah dihaluskan.

4. Beri gula, garam dan kecap manis dan air jeruk nipis. Aduk rata dan cicipi rasanya apakah sudah pas asin dan manisnya.

5. Masak sampai kental dan keluar minyak dari kacang.

Nah panjang ya prosesnya. Tapi setelah dijalani ga terlalu susah kok cara buatnya. Oh ya buat pelengkapnya bisa juga pakai telur rebus, kol dan pare yang diisi dengan daging siomay. Rasanya oke juga kok…

Pengen kan makan siomay sampai puas? Ayo buruan siapin bahan-bahannya ya….

Aja Aja Fighting
Have a blessed days
God Bless You… 

Ikan Saus Padang

28 May

Setelah sebulan ga posting resep akhirnya hari ini kesampaian juga nieh ngeblog lagi. Belakangan semenjak ngak kerja jadinya aku lebih banyak menghabiskan waktu untuk browsing atau nonton k-drama atau buat kue baik untuk keluarga yang birthday atau pesanan hehehe.. Akhirnya aku coba-coba aja terima pesanan kue kecil dari teman kantor Suami. Awalnya sih aku cuma bawain si Hubby kue kecil waktu imlek lalu untuk dibagi ke teman-temannya, eh malah ada yang doyan and minta pesan kuenya. Ya akhirnya aku coba aja deh buatkan pesanan tersebut dan praise God dalam bulan ini aku sudah dapat pesanan 6 toples sagu keju, dan ada juga beberapa toples lidah kucing rainbow. Awalnya sih belum berminat terima pesanan, tapi kalau ada rejeki ya sudah dijalanin saja deh sambil dibawa dalam doa juga hehehe….

Oh ya kali ini aku mau share resep mengenai ikan saus padang. Untuk resep ini sih aku dapat dari dapurnya justtryandtaste (JTT) tapi sudah aku ubah sedikit.

Hmm karena fotonya pada jelek-jelek akhirnya cuma satu ini aja deh yang bisa aku posting 😛

IKAN SAUS PADANG

IMG_5057Lagi lagi aku ga bisa menghasilkan foto yang bagus negh… huuuuufff

Bahan yang digunakan :

* Ikan, bersihkan dan sayat – sayat.

Bahan I (Haluskan) :

*6 pcs Cabai merah keriting

* 4 Rawit merah

* 5 Bawang merah

* 5 bawang putih

* Minyak untuk menumis

Bumbu Lainnya :

* 2 ruas jahe, geprek

* 4 sdm saus tomat

* 1/2 sdt merica

* 1 sdm saus tiram

* 1 sdm gula

* 1/4 sdt garam

* 1/2 sdt kaldu bubuk

* 1/2 pcs tomat cincang kecil

CARA MEMBUAT :

1. Goreng ikan sampai kecoklatan, kemudian angkat dan tiriskan.

2. Tumis bumbu halus, gunakan api kecil. Tumis sampai wangi.

3. Masukan bumbu tambahan lainnya. Aduk rata.

4. Masukan tomat cincang dan beri air sekitar 200 cc.

5. Masak sampai saus mengental dan matang.

6. Masukan ikan dan aduk sebentar.

7. Cicipi rasanya apakah sudah pas dan angkat, lalu sajikan.

Jadi sudah degh ikan saus padangnya. Proses pembuatannya tergolong gak terlalu ribet and cukup simple dan selain itu rasanya juga maknyosss. Kuahnya sedap banget dimakan bareng nasi hangat hangat. Aku cukup menyukai rasa ikan saus Padang ini, cuma sayangnya si Hubby engga suka makan ikan kalau belum diolah menjadi mpek-mpek atau otak-otak, jadinya aku ga bisa terlalu sering masak ikan atau seafood deh.. huhuhu

Happy Cooking 
Aja Aja Fighting..
God Bless You…

 

Ikan Asam Manis

21 Mar

Wahh…

Ini merupakan pertama kalinya aku mem-post masakan dari ikan. Sebelumnya aku pernah memasak masakan khas Bangka yaitu ikan lempah nanas, tapi sayangnya aku ga sempat mengabadikan foto tersebut. Sekarang karena lagi mau program hamil, jadinya aku ga berani makan nanas lagi, walah hamil ga hamil aku menghindari nanas. So mungkin nanti aku akan membuat masakan ikan lempah nanas disaat datang tamu bulanan 😛

IMG_4374Maaf fotonya agak berantakan dan penyajiannya kurang memuaskan 😦

Oh ya resep ikan asam manis ini aku pelajari dari Mama tercinta. Aku belajar resep ini langsung dari Mama-ku. Proses memasaknya cukup mudah, ga seribet yang aku bayangkan. Hanya ada beberapa bahan yang aku gunakan sedikit berbeda dari Mama, yaitu penggunaan mecin yang aku ganti dengan kaldu bubuk dari jamur dan cuka yang kuganti dengan lemon.

Bahan :

IMG_4371Ini bahan yang sudah aku potong. Bawang merah lebih banyak dari bawang putihnya.

Bahan : 

* Ikan, aku pakai bawal. Biasa Mamaku menggunakan ikan karang merah yang kecil, tapi sudah carinya karena kebanyakan besar-besar.

* Jahe 1 ruas, iris tipis

* 4 – 5 pcs cabe keriting merah, iris menyamping

* 1/2 potong bawang bombay

* 6 pcs bawang merah

* 2 – 3 pcs bawang putih

* Kecap asin (aku pakai yang Bangka lagi heheh )

* Gula

* Garam

* Mecin atau kaldu bubuk

* Cuka sekitar 1/2 – 1 sdt atau air perasan lemon sekitar 3/4 – 1 sdm. (Aku kira2 yahhh)

* Air, secukupnya.

* 1 sdt maizena dilarutkan sedikit air

CARA MEMASAK :

1. Goreng ikan dengan minyak panas. Jika mau lebih garing bisa digoreng kering.

IMG_4373

2. Tumis jahe sebentar sampai wangi.

3. Masukan bawang merah, bawang putih, cabe, dan bombay. Tumis sampai wangi dan kecoklatan.

4. Beri air secukupnya.

5. Beri kecap asin, gula, lemon / cuka, penyedap rasa, dan sedikit garam. Cicipi apakah rasa kuah sudah sesuai manis, asin dan asamnya. Jika mau ditambah sedikit kecap manis juga boleh untuk menambah rasa manis. Tapi jangan terlalu banyak kecap manisnya, 1 sdt saja sudah cukup untuk membuat kuah terlihat lebih coklat.

6. Jika kuah sudah sesuai dengan rasa yang diinginkan, masukan larutan air maizena dan aduk sampai kuah agak mengental.

7. Siram kuah ke ikan yang sudah di goreng, atau jika mau bumbu lebih meresap bisa juga ikan dimasukan ke dalam kuah yang sudah dibuat dan dimasak sebentar saja baru diangkat dan disajikan.

IMG_4377

Walau penampilan ikan asam manis buatanku agak kurang cantik, tapi rasanya oke loh. Aku lebih suka menggunakan asam dari lemon dibandingkan dengan asam cuka. Tapi semua sih sesuai selera masing-masing ya.. Kalau Mama-ku memasak menggunakan cuka dan rasanya juga enakkkk,… aku suka makan ikan ini dengan kuah dan bumbu-bumbunya. Bumbunya dimakan pakai nasi saja sudah enak kok hehee…

Oh ya aku senang banget pas kemarin masak ikan asam manis ini dan disukai oleh mertua-ku. Katanya rasanya pas hehehe… beliau gak tau kalau untuk menghasilkan rasa yang pas tersebut aku harus mencicipi rasa kuahnya lebih dari 10x. Kalau ditaruh dicangkir mungkin sudah lebih dari 1/4 cangkir yang kuhabiskan untuk mencicipi kuahnya heheh… untungnya mereka suka dengan masakanku.

Happy Cooking
aja aja fighting
God bless you