Archive | Gorengan RSS feed for this section

Jamur Enoki Goreng

10 Oct

Belakangan ini aku sudah cukup lama ngak meng-update blog ini 🙂
Postingan terakhir di upload pada 23 April dan baru today sempat ngepost lagi PR lama yang tertunda.

Memang belakangan aku sedang mengurangi aktivitas dan sudah hampir 6 bulan ini jadinya aku tidak masak-masak. Dan selama masa istirahat ini aku banyak meluangkan waktu di rumah Mama-ku, kebetulan disana kami tidak berlangganan internet, jadinya ga bisa posting2 lagi deh sementara ini dan yang aktif hanya bisa membalas comment yang masuk.

Minggu ini kebetulan aku lagi balik ke rumah, jadinya aku bisa internetan sepuasnya. Karena lagi bosan nonton K-drama jadinya aku posting aja deh PR lama yang tertunda.

JAMUR ENOKI GORENG

asa

Jamur enoki goreng ini merupakan favorit-nya si Hubby. Kalau tidak menimbang banyaknya minyak dan kolestrol, pastinya tiap hari sudah aku sediakan deh tiap hari buat Hubby makan. Selain karena prosesnya yang simple banget dan harga yang murah dan rasa yang nikmat, pastinya aku bakalan sering buat jamur goreng ini kalau makanan ini menyehatkan, sayangnya makanan ini tidak menyehatkan hihihi

Untuk membuat jamur goreng ini mudah banget karena aku menggunakan tepung instant saja.

Bahan yang di butuhkan :

* Jamur enoki

* Telur ayam untuk olesan

* Tepung bumbu kobe (aku pakai yang kemasan warna putih)

* Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :

1. Cuci bersih jamur enoki dan tiriskan.

2. Lumuri jamur di kocokan telur.

3. Gulingkan jamur pada tepung.
Pada proses ini jamur mudah menempel, jadi biasanya aku di bantu oleh asisten rumah tangga untuk memisahkan jamur ini supaya tidak lengket (menggumpal) dan aku tinggal mengaduk selama proses penggorengan.

asasas

4. Goreng sampai jamur berwarna coklat keemasan.

5. Angkat dan tiriskan. Nikmatnya di santap selagi panas dan garing. Jika tidak habis, setelah jamur kering bisa disimpan di wadah tertutup, tapi rasanya tidak akan segaring pertama kali di goreng.

6. Sajikan dengan saus sambal atau mayonaise.

Mudah banget kan membuat jamur enoki goreng ini. Pertama kali kami memakan jamur ini adalah di restoran Tawan. Dasarnya pecinta gorengan jadinya walaupun hanya jamur tapi kalau sudah ketemu saus sambal botol pastinya tambah nikmat deh…

HAVE A BLESSED DAY
GOD BLESS YOU
AJA AJA FIGHTING !!

 

Advertisements

Mushroom katsu

26 Mar

 

 

Terkadang aku bingung juga membuatkan bekal makan siang buat suami. Makanan yang diutamakan adalah yang cepat dimasak dan ga terlalu ribet prosesnya dikarenakan aku hanya memiliki waktu satu jam saja untuk menyelesaikan bekal buat si Hubby.

Kemarin ini aku kepingin membuat chicken katsu don buat si Hubby, eh tapinya ayamnya masih keras membeku didalam lemari es. Saat kutengok isi kulkas eh ternyata ada si jamur tiram putih yang kalau di goreng akan memberikan rasa yang mirip dengan daging, so tanpa ragu aku mencoba membuat katsu dengan versi vegetarian.

Untuk resepnya sama dengan chicken katsu don yang pernah aku share sebelumnya, yang beda hanya penggunaan ayam diganti dengan jamur. Selain rasanya enak, tentunya akan lebih jauh hemat juga.

Resepnya silahkan lihat ke link dibawah ya :

https://shinhyoaeippeo.wordpress.com/2012/01/11/chicken-katsu-don/

mushroom katsu

Mushroom katsu tanpa telur. Dari segi bentuk dan rasa cukup mirip dengan ayam, sampe-sampe si Hubby pun pas pulang bilang kalau dia suka dengan masakan ini dan rasanya mirip dengan ayam, heheh senang deh.

mushroom katsu2

 

Versi kedua adalah mushroom katsu don, yang membedakan adalah hanya adanya tambahan telur saja. Enaknya mushroom katsu ini dimakan selagi hangat. Walau sudah tidak garing lagi karena sudah dimasak dengan menggunakan campuran kecap, mirin, dashi, gula dan air, dll tapi rasa kenyal pada jamur ini yang membuatnya mirip dengan tekstur daging.

So buat yang lagi kehabisan ide memasak, silahkan mencoba membuat mushroom katsu atau mushroom katsudon ini deh,….

HAPPY COOKING
GOD BLESS YOU
AJA AJA FIGHTING !!

 

Spicy Tempe mendoan

24 Jan

안녕하세요 chingudeul…

Makan gorengan tuh seruh banget ya, susah banget berhentinya kalo uda ngemil gorengan. Tapi bahayanya kebanyakan makan gorengan dan kurang minum malah nantinya jadi panas dalam, sariawan dan susah BAB. Tapi walau uda tau resikonya, tetap aja ada godaan untuk menyantap gorengan yang nikmat.

IMG_4042

Sebenarnya aku gak terlalu doyan tempe. Tapi jika dibuat mendoan atau dibacem, aku suka banget. Kalau beli gorengan di abang-abang, aku gak pernah membeli goreng tempe, pasti yang kubeli adalah tahu goreng dan bakwannya doang. Tapi kalo tempe goreng mendoan sih aku suka hehehe….. Tapi di abang-abang jarang yang jual tempe goreng mendoan ini. Bagus lah jadinya aku bisa jarang beli gorengan abang.

Tempe mendoan

Bahan Yang digunakan :

* Tempe, potong tipis sekitar 0.5 cm.

Adonan untuk mendoan :

Bisa dipakai untuk menggoreng 1/2 potong tempe dan 1 tahu. Jadi kalau mau buat salah satunya saja, silahkan dikurangi takarannya.

* 5 Sdm tepung segitiga biru

* 2 sdt maizena

* Daun bawang 3 buah yang ukuran daun bawang kecil. Iris tipis.

* Cabe keriting merah 2-3 pcs, iris tipis

* Cabe keriting hijau 1- 2 pcs, iris tipis. Jika mau pedas pake cabe rawit saja.

* Paprika bubuk 1 sdt, bisa juga dikasih cabe bubuk.

* 1 sdt ketumbar bubuk

* 3 siung bawang putih cincang atau jika bisa di tumbuk halus lebih bagus lagi.

* 1 sdt kaldu bubuk

* 1/2 sdt garam

* Air secukupnya (tambahkan sedikit demi sedikit saja sampai adonan menjadi kental, tapi tidak kelewat encer). Aku lupa memfoto adonan yang sudah kubuat tadi…

* Minyak untuk menggoreng. Agak banyak biar bisa deep fried.

IMG_4040

Siapkan nasi hangat, sajikan tempe mendoan dengan cocolan saus sambal atau sambal kecap manis pedas juga enak. Aku suka sekali dengan tampilan warna merah dari cabe keriting membuat tempe mendoannya terlihat lebih menarik. Buat yang hobi makan pedas, cabe keriting bisa digantikan dengan cabe rawit supaya bisa memberikan rasa pedas yang menambah selera makan. Selamat mencoba…

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

Spicy Tahu Mendoan

24 Jan

안녕하세요 chingudeul…

Yang namanya makan gorengan, pasti semua usia mau anak-anak sampe kakek-kakek gigi ompong pasti semua pada doyan sama yang namanya gorengan. Nah pada kesempatan kali ini aku mencoba membuat tahu mendoan, heheheh awalnya sih cuma mau digoreng aja tahunya, tapi karena masih ada sisa bumbu dari goreng tempe mendoan yang sayang kalau dibuang, jadinya ya aku coba bikin tahu mendoan aja deh. Eh ga tau nya si Hubby malah doyan dan bilang “Kalau makan tahu mendoan ini ga akan bosan alias bisa nambah-nambah terus” hehehe… senangnya kalau si Hubby suka dengan masakanku. Resep mendoan ini aku buat berdasarkan adonan yang biasa aku buat bakwan goreng, ya cuma beda dikit diisinya aja. Aku suka banget makan bakwan goreng, jadinya aku sering bikin bakwan goreng. Tapi karena sudah mulai harus jaga makanan, belakangan sudah aku kurangin membuat gorengan.

tahu mendoan

Membuat tahu mendoan simple saja dan kalau makan bisa bikin ketagihan. Mau dimakan pakai nasi atau dimakan gitu aja tetap nikmat. Ditambah cabe rawit dan sambal kacang atau sambal kecap manis, cabe dan bawang merah juga nikmat. Yuk kita bahas cara membuatnya.

Bahan Yang digunakan :

* 1 buah tahu putih, potong sesuai selera yang diinginkan. Kalau aku sih, dibagi 2 dan dipotong kecil-kecil.

Adonan untuk mendoan :

Bisa dipakai untuk menggoreng 1/2 potong tempe dan 1 tahu. Jadi kalau mau buat salah satunya saja, silahkan dikurangi takarannya.

* 5 Sdm tepung segitiga biru

* 2 sdt maizena

* Daun bawang 3 buah yang ukuran daun bawang kecil. Iris tipis.

* Cabe keriting merah 2-3 pcs, iris tipis

* Cabe keriting hijau 1- 2 pcs, iris tipis. Jika mau pedas pake cabe rawit saja.

* Paprika bubuk 1 sdt, bisa juga dikasih cabe bubuk.

* 1 sdt ketumbar bubuk

* 3 siung bawang putih cincang atau jika bisa di tumbuk halus lebih bagus lagi.

* 1 sdt kaldu bubuk

* 1/2 sdt garam

* Air secukupnya (tambahkan sedikit demi sedikit saja sampai adonan menjadi kental, sedikit encer tapi tidak kelewat encer). Aku lupa memfoto adonan yang sudah kubuat tadi…

* Minyak untuk menggoreng.

IMG_4044

CARA MEMBUAT :

1. Cuci bersih tahu, keringkan dan potong sesuai selera. Sisihkan sebentar.

2. Adonan : campur tepung terigu, tepung maizena, dan bumbu lainnya. Aduk rata.

3. Masukan daun bawang, bawang putih cincang dan cabe iris. Aduk rata kembali.

4. Cicipi rasa adonan apakah sudah sesuai dengan selera.

5. Masukan tahu ke dalam adonan mendoan yang sudah dibuat. Gunakan sendok supaya tahu tidak hancur. Soalnya permukaan tahu yang lembut sesudah dimasukan dalam adonan malah jadi susah dikeluarkan dan mudah pecah. Jadi supaya aman gunakanlah sendok.

6. Goreng di minyak panas dan banyak sampai berwarna kuning keemasan.

7. Angkat dan tiriskan. Taruh diatas tissue dapur supaya minyak terserap di tissue.

8. Pindahkan ke piring. Nikmati selagi hangat.

20130124_110050

Tambahan cabe merah pada mendoan yang kubuat mempercantik sajian. Warna hijau dan merah mewarnai tahu mendoannya. Menggugah selera untuk segera dinikmati. Si Hubby doyan banget sama tahu mendoan buatanku hehehe… Cuma karena kami berdua sudah sama sama gembul, so kami harus jaga makanan yang kami konsumsi hehehe….  So tertarik membuat tahu mendoan ini, walaupun simple dan murah meriah, tapi sajian tahu mendoan ini ga kalah kok dengan yang dijual di abang-abang hehhee

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

Bakwan Goreng

18 Jan

Bakwan goreng…

Sajian dari tepung yang dicampur sayuran ini memang selalu mantap untuk disajikan baik buat dicampur nasi maupun di makan begitu saja. Baik orang tua, anak-anak maupun remaja suka banget deh jajan bakwan goreng terutama yang di abang-abang. Membuat bakwan goreng tidaklah sulit, tapi untuk bisa menghasilkan bakwan goreng yang nikmat dan crispy seperti yang di abang-abang, nah itu aku belum ketemu ilmunya. Ya jika kita berani menggunakan penyedap rasa yang banyak dan juga dengan tambahan plastik (gosip yang tersebar sih gitu, untuk mendapatkan rasa garingnya, tukang gorengan menambahkan plastik putih di minyaknya supaya bisa menghasilkan bakwan super crispy). Ya memang sih ga semua penjual gorengan melakukan kecurangan seperti itu, tapi ada teman yang menyaksikan langsung bahwa plastiknya ikut di masak bersama gorengannya, sejak itu temanku tobat makan gorengan abang. Kalau aku sih masih suka nyolong beli sesekali.. 😛

IMG_3982

Aku sering sekali membuat bakwan belakangan ini, tapi aku lebih sering membuatnya dengan menggoreng kering (gak deep fried). Jadi aku hanya menggunakan 1 – 2 sdm minyak saja untuk menghasilkan bakwan versi Korea. Ya kurang lebih bahannya sama dan hanya beda di cara penggorengannya saja. Untuk rasa sih ya pastinya lebih enak digoreng deep fried, tapi untuk kesehatan ya lebih baik dimasak dengan metode minyak sedikit saja dan menggukan pan anti lengket.

Bahan yang digunakan untuk membuat Bakwan diatas :

Biasanya untuk membuat bakwan aku menggunakan wortel, kol. tapi karena di kulkas lagi ga ada kol, jadinya aku pakai bahan yang ada saja deh.

* Daun bawang, aku pakai daun bawang yang kecil. Baby green onion kali ya hhehe….

* Wortel 1 pcs di parut atau potong korek api.

* Bombay (Aku pakai 1/2 pcs yang sedang).

IMG_3975

Cara membuat adonan tepung bakwan :

* tepung terigu (aku tidak menggunakan takaran, kira2 sih 1 cup)

* air secukupnya. (air ditambah sedikit demi sedikit sampai membentuk adonan yang tidak terlalu kental & tidak terlalu encer)

* 1 – 2 siung bawang putih cincang.

* Garam

* Penyedap rasa

* Aku tambahkan sejumput gula supaya manis. Aku suka ada sedikit rasa manis pada bakwan buatanku.

IMG_3976

CARA MEMBUAT :

1. Campur sayuran ke dalam adonan tepung yang sudah dibuat. Aduk sampai rata dan sayuran tercover tepung.

IMG_3978

2. Goreng di minyak panas dengan api sedang saja. Ambil sekitar 1 sendok makan adonan yang sudah dicampur dan kemudian goreng sampai berwarna coklat keemasan. Jangan sampai gosong ya.

IMG_3980

Dengan proses yang simple akhirnya jadi juga sajian yang nikmat untuk bersantap bersama keluarga. Membuat masakan sendiri tentunya akan jauh lebih sehat dan bersih ketimbang kita beli di abang-abang. Bahan yang digunakan pun lebih terjamin dan keluarga pun akan menjadi lebih sehat. Selamat mencoba…

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you