Archive | Daging RSS feed for this section

Ayam Bakar Santan Asam Manis

4 Apr

Hayooo siapa yang ga doyan makan ayam bakar? Biasanya ayam bakar disajikan dalam bumbu yang manis dan pedas, atau bersantan seperti ayam bakar Padang. Nah kali ini aku memberikan sajian yang berbeda dari ayam bakar biasa, yaitu ayam bakar santan asam manis. Resepnya kupelajari dari Mama mertua yang belakangan suka banget membuat ayam bakar versi ini dan yang terpenting adalah si Hubby juga doyan, jadinya aku belajar aja deh supaya bisa menyajikan ayam bakar ini buat si Hubby.

Cara memasak ayam bakar ini ada beberapa tahap, yaitu dimasak sampai kuahnya mengering, lalu di bakar di happy pan supaya lebih terasa lebih kering ayamnya, dan terakhir aku masukan ke oven supaya ayamnya menjadi lebih kering. Tapi buat yang suka lebih berbumbu atau agak basah-basah gitu, ga perlu masukan ke oven, cukup bakar di happy pan saja sampai bumbu mengering, cuma kalau kelamaan bakar di happy pan nantinya jadi gosong ayamnya. Nah supaya tidak terlalu gosong, aku coba deh keringkan dengan dibakar di oven, kurang lebih selama 10 menit saja sieh.

AYAM BAKAR SANTAN ASAM MANIS

IMG_4840

Bahan yang digunakan :

* 1 ekor ayam negri, bersihkan dengan air jeruk nipis dan garam. Sayat sayat supaya bumbu bisa meresap ke daging.

* Santan 300 – 350 cc ( Jika lebih kental lebih enak).

Bumbu halus (Blender) :

* Bawang merah 6 – 8 siung

* Bawang putih 3 siung

* kemiri 2 – 3 pcs

* 1 ruas kunyit

* Cabai rawit / cabai merah keriting secukupnya (optional). Mama mertua ga pake soalnya.

Tambahan :

* Daun jeruk 2 – 3 lembar

* Daun salam 2 – 3 lembar

* 1 batang serai, iris menyamping sekitar panjang 5 cm

* 1 pcs lemon kecil

* Kecap manis

* Gula

* Garam

* Merica Bubuk

* Magie kaldu blok

CARA MEMASAK :

1. Blender bumbu halus, lalu tumis dengan sedikit minyak sampai bumbu menjadi wangi, masukan juga daun jeruk, daun salam dan serai.

2. Masukan perasan air lemon dan santan. Aduk rata.

3. Beri bumbu : kecap manis, garam, gula, merica dan magie kaldu blok. Cicipi apakah rasa asin, manis dan asamnya sudah pas.

4. Jika rasa bumbu sudah pas, masukan ayam dan masak dengan air santan. Jika mau ayam lebih lembut, bisa tambahkan air santan supaya kuah lebih meresap lagi ke daging ayamnya.

IMG_4809

5. Masak sampai bumbu meresap ke daging ayam dan sampai kuah ayam sedikit mengering.

IMG_4812

6. Bakar ayam menggunakan happy pan atau pan anti lengket. Masukan juga sisa bumbu supaya bisa diresapkan ke daging ayamnya. Oh ya aku menambahkan cabai rawit butiran juga supaya jika kurang pedas, maka cabe rawitnya bisa dimakan bareng ayamnya dan nasi juga dunk tentunya.

IMG_4816

7. Sebelum ayam terlalu gosong, aku pindahkan ayam ke oven supaya bisa dikeringkan di oven dan dibakar sampai bumbu mengering.

IMG_4827

8. Setelah ayam agak coklat dan kering, keluarkan ayam dari oven.

9. Ayam siap disantap dengan nasi dan jika mau ditambahkan dengan daun singkong masak santan juga enak. Jika masih ada sisa kuah, bisa juga kuahnya disiram ke ayam atau ke nasi supaya lebih enak lagi.

nah jadi sudah deh ayam bakar buat keluarga tercinta. Enaknya dimakan saat ayamnya masih panas dan dicampur dengan nasi hangat dan makan bersamaan dengan cabai rawit nya juga.. yuuumyyy

IMG_4840

Happy Cooking 
Aja Aja Fighting..
God Bless You…

Advertisements

Rolade Ayam

3 Apr

Aku kepikiran membuat rolade ayam ini ketika teringat kalau Kakak iparku suka membuat rolade. Aku sering makan rolade, tapi ga pernah tau kalau yang dimaksud dengan rolade adalah yang telur gulung diiisi daging hehehe…

Di rumah, kami sering membuat daging cincang untuk di goreng saja atau dibungkus kulit tahu. Nah kali ini, daging cincangnya aku bungkus dengan telur dadar saja supaya jadi rolade.

Untuk telur dadarnya aku menggunakan happy pan, supaya telurnya berbentuk segi empat. So pastinya akan lebih mudah untuk membungkusnya. Aku ingin menghasilkan telur dadar yang tipis saja, tapi ternyata susah juga ya, untuk 1 gulung rolade minimal aku butuh 1 telur dan dengan 270 gram daging giling aku mendapatkan 5 gulung rolade, ya pastinya pakai 5 telur untuk membungkusnya.

Makan rolade ini pastinya akan lebih enak jika di goreng tepung hehehe… tapi ya masa tiap hari harus makan gorengan. Jadi walau aku tertarik untuk membuat versi goreng tepung, aku kembali lagi ke resep yang asli aja deh. Next time baru aku coba buat goreng tepung, untuk saat ini karena kemarin-kemarin kami sekeluarga sudah kebanyakan makan gorengan, so kali ini harus mulai jaga lagi deh.

ROLADE AYAM

IMG_4866

Bahan yang digunakan :

Telur Dadar :

Resep untuk 1 telur : tambahkan sejumput kaldu bubuk, garam dan merica. Aku pakai kira-kira saja supaya rasa telurnya ga hambar.

Isian untuk daging :

* 27o gr daging ayam fillet, cincang halus. Daging bisa juga menggunakan daging sapi giling jika suka.

* 1 pcs telur ayam

* 1/2 bombay besar, cincang

* 1/2 pcs wortel atau 1 buah yang kecil. Parut dan cincang.

* 1 – 1.5 sdm sagu tani

* Sejumput garam dan sedikit kecap asin

* 1 – 2 sdm sesame oil.

* Kaldu bubuk.

* 1/4 sdt ketumbar bubuk

IMG_4854

CARA MEMBUAT :

1. Kocok telur dengan bumbu lainnya, dadar. Sisihkan.

2. Campur daging cincang dengan bahan isian daging yang lain. Aduk rata. Jika bisa di cicip dulu apakah rasanya sudah pas asinnya.

IMG_4858Untuk 1 loyang telur dadar ini, aku belah menjadi 2 telurnya.

3. Taruh daging yang sudah dicampur bumbu diatas telur, ratakan. Sisakan sekitar 2.5 – 3 cm diujung atas dan bawah supaya telur bisa digulung. Oh ya untuk 1 loyang happy pan tersebut, aku bagi menjadi 2 telurnya supaya tidak susah menggulungnya.

IMG_4861

4. Bungkus rolade dengan alumunium foil rapat-rapat dan setelah itu kukus selama 15 – 20 menit. Jika mau lebih lama juga boleh supaya dagingnya lebih matang. Tapi 20 menit saja sudah cukup kok, dagingnya pasti matang.

IMG_4863

5. Dinginkan rolade sebelum dibuka, karena saat panas, telur dadarnya akan sangat menempel di alumunium foilnya. Hati-hati ya saat membuka alumunium foilnya supaya permukaan telurnya ga hancur.

6. Potong – potong rolade dan sajikan dengan sausnya atau bisa juga dengan saus sambal.

SAUS untuk Rolade.

Bahan :

* 1 sdm Margarine untuk menumis.

* 1/2 bombay sedang, iris panjang atau cincang kasar.

* 250 – 300 cc air

* Sagu sedikit , larutkan dengan sedikit air.

* 2 siung bawang putih, cincang

* Merica bubuk

* 1 sdt kecap inggris

* Kecap manis, sekitar 1 – 1,5 sdm

* Kecap asin 1 – 2 sdt.

* Kaldu bubuk

* Sejumput garam

* Gula 1 sdt

IMG_4845

CARA MEMBUAT :

1. Tumis bawang bombay dengan mentega, biarkan sampai sedikit layu, masukan bawang putih dan tumis kembali sampai wangi dan sedikit kecoklatan.

2. Masukan sisa bumbu lainnya, oh ya untuk penggunaan kecap asin, manis, gula garam harap disesuaikan dengan rasa masing-masing ya. Intinya sih diicip dulu sebelum menambahkan bahan lainnya, soalnya selera manis dan asin tiap orang kan tidak sama dan sewaktu memasak aku juga ga terlalu ingat detailnya berapa banyak bumbu yang aku masukan, jadi pas menuliskan blog ini aku pakai andalan memory pas masak tadi.

3. Setelah rasanya pas, masukan larutan tepung sagu. Didihkan sebentar dan angkat.

4. Sajikan saus dengan rolade ayam.

IMG_4871

Jika ingin menyajikan rolade dengan cara lain, bisa juga rolade-nya di goreng dengan 1 – 2 sdm minyak yang sudah dipanaskan dalam pan anti lengket. Nah goreng sisi atas dan bawah rolade sampai agak kecoklatan. Tadi pagi aku melakukan cara tersebut untuk menghangatkan rolade yang sudah disimpan di kulkas semalaman. Nah rolade nya tadi pagi aku sajikan dengan spaghetti buat bekal si Hubby ke kantor hari ini.

Happy Cooking 
Aja Aja Fighting..
God Bless You…