Archive | Daging RSS feed for this section

Bolognese Pie

21 Jul

BolognesePie

Masih dalam edisi bikin cemilan yang mengenyangkan buat si kecil and berhubungan dgn makanan kesukaan si kecil juga..
salah st kesukaan si kecil adalah spaghetti, so Mache coba bkn spaghetti yg di kreasikan pada pie ..

Kreasi ini aku buat untuk ikutan lomba dlm rangka menyambut hari anak nasional yg diadakan oleh
@sahabatkulinerinterflour
@ayoe_widya83

Yah namanya mencoba peruntungan gak apa2 yah, kl hoki ya bs menang, kl ga menang ya sdh nanti akan ada kesempatan di lomba lainnya ya… Yg terpenting kita terus berusaha melakukan yang terbaik dalam hidup kt

♥️Bolognese Pie♥️

by @mache_kitchen

♥️Bahan Kulit Pie
125 gr terigu kawan baru
70 gram butter
1/² pcs telur
garam sdkt
susu bubuk 1 sdm
—> campur semua bahan tersebut smp merata, lalu cetak di cetakan pie.

panggang selama 15- 20menit

♥️Bolognaese sauce:
daging sapi giling 200 gr
1 sosis cincang
1 bgks l@font* bolognese sauce
1/2 bombay
keju parut
1 baput besar
1 sdm butter
oregano
pala bubuk
garam
gula

macaroni rebus

—>
panaskan butter, masukan baput n bombay cincang,masak smp wangi. Masukan daging sapi giling, masak smp berubah warna dan masukan sosisnya.

Masukan saus bolognese dan aduk rata.

Beri air secukupnya, beri keju parut secukupnya, bumbui garam, gula, pala bubuk, oregano. Masak smp menyisakan kuah sdkt.

Finishing
ambl 1 kulit pie panggang,! beri bbrp pcs macaroni rebus ukuran kecil.Lalu beri bolognese sausnya. Beri taburan keju diatasnya ( ak mau mskin keju quick melt tp malah keju biasa tnyata yg msk), maklum stok keju di rmh ada bbrp tp ga ada kemasan smua. Gara2 tiap bli brg pst kemasan kerdus sll dibuang unt menghindari covid.

–> Panggang lagi di oven slm bbrp menit, bila di ksh crust diatasnya, panggang 15mnt, bila ga pakai crust panggang 5 mnt saja.

oh ya sisa bolognese sauce nya nanti di.makan aja brg macaroni rebusnya.

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

 

 

 

Homemade Nugget

17 Jun

Nugget P

salah satu makanan kesukaan anak2… biasanya Mache suka buat unt isian sushi unt si kecil… tp x ini nugget nya di bikin sendiri ya.. dagingnya bs pakai daging ayam, sapi ataupun daging b2.. disesuaikan aja… anak aku suka …

NUGGET

by @mache_kitchen
bahan
400 gram daging cincang
1/² bombay besar cincang
1 wortel parut / potong kotak kecil
3 baput, haluskan
daun bawang iris
1 telur
2 sdm tp tapioka
1 sdm tp terigu
garam
gula
lada
kaldu jamur

pencelup
telur kocok
tepung panir
Cara Membuat
campur semua bahan nugget, aduk rata.

masukan nugget ke loyang anti lengket, oles dgn minyak dl loyangnya.

kukus adonan nugget selama 25 – 30 mnt

Dinginkan adonan nugget, bila bs simpan dl di kulkas smp daging jd keras, jd nanti gampang potongnya. krn ak ga sabaran, sblm bner2 dingin sdh ak potong dl n jdnya hancur d, terpaksa di bentuk dgn tangan aja d nuggetnya… celup adonan nugget ke telur kocok dan balur dgn tp panir

Goreng nugget di minyak panas smp kecoklatan.
Bila blm mau di goreng, stlh di balur tp panir, nugget bs di simpan di freezer ya

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

Soto Sapi Kuah Santan

25 Apr

93860804_275634196763385_5559746934184896314_n(1)

pagi2 bangun buat bkn soto sapi buat bekal si Hubby yang hari ini kerja.. walau aslinya Mache bukan pecinta daging sapi, tp ga anti dengan daging sapi, kalo bakso2an saya masih suka makan kalau ga terlalu bau aroma sapinya.. dapat resep soto ini dari hopeng Mache dari masa kecil.. kata si Hubby enak sotonya, dagingnya lembut..

 

  • BAHAN :
  • 500 gr daging sapi yang ada lemak
  • Bumbu Halus :
  • 8 Bawang merah
  • 5 bawang putih
  • jahe secukupnya, 2 – 3 cm saja kl aku
  • 3 kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt jinten
  • Bahan Tambahan :
  • Lengkuas 4 – 5 cm di geprek
  • 3 pcs daun jeruk
  • 5 pcs daun salam
  • 2 serai sedang di geprek
  • garam, gula, kaldu jamur / mecin
  • Santan dari kelapa
  • Pelengkap
  • tomat
  • acar
  • emping goreng
  • bawang goreng
  • jeruk limo atau nipis
  • kecap manis
  • kentang potong kotak dan goreng

 

CARA MEMBUAT :

Potong daging sesuai bentuk yang diinginkan (kotak atau iris sedang). Rebus daging sapi sebentar (10 menit) dan buang airnya karena daging yang aku pakai masih ada darahnya, lalu presto daging sampai lembut. Aku presto kasih air sedikit asal terandam saja, soalnya nanti mau di tambah air santan.

 Jinten dan ketumbar di sangrai dulu diatas pan tanpa minyak. Lalu di blender bersama bumbu halus lainnya.

Tumis bumbu halus sampai wangi dan matang, masukan air santan.

Bila daging sudah empuk matikan api dan setelah jarum presto turun dan tutup presto siap di buka, masukan air tumisan bumbu dan santannya. Lalu masak kembali daging dan bumbu kuahnya, bumbui dengan garam, gula, kaldu jamur / mecin, lada sedikit. Cicipi rasa apakah sudah pas, bila sudah pas makan sajikan soto dengan bumbu pelengkapnya ya

Untuk cabe : aku blender 5 cabe keriting merah + 3 rawit merah dan bawang putih 1 pcs yang besar. Blender dengan menggunakan minyak, jangan pakai air putih. lalu tumis cabe dan baput sebentar, bumbui garam dan sedikit mecin. Jangan sampai kering ya cabenya dan minyak agak banyakan pas numis. Sambal cabe siap disajikan.

Finishing : sajikan soto daging dengan emping, kentang goreng, bawang goreng, emping, tomat iris, kucuran air jeruk nipis / limo dan beri kecap manis dan sambal cabe dan jangan lupa nasi hangatnya..

 

 

SELAMAT MENCOBA DAN GOD BLESS YOU

Mache Kitchen

Lapis Sapi Goreng

15 Apr

92914657_217761232833071_3410691681460989342_n(1)

Lapis tapi kok pake daging sapi ya? 😁😊 dari yang Mache dapat info dr Mr. google katanya sih lapis sapi ini masakan khas daerah Surabaya.. Rasanya mirip rendang walau ga pakai santan. Biasanya masakan ga pakai goreng, tp sm Mache jadi di goreng😊☺️ (niatnya mau bkn balado eh di ganti jd bkn lapis sapi☺️☺️) .. _

Resep asli by Susi Agung di cookpad
recook dan dimasak ala Mache

Lapis Sapi
500gr daging sapi
3 daun salam
5 daun jeruk
1 serai geprek ukuran besar
kayu manis 2 cm
3 – 4 cengkeh
air asam jawa
gula merah
garam
kecap manis
secukupnya air

Bumbu Halus :
6 bawang merah
3 baput
cabe keriting secukupnya
lengkuas muda 1 ruas sedang
kunyit 1/² ruas
1 sdm ketumbar sangrai
2 kemiri goreng
Biji pala 1/²
lada halus

nb : kunyit, ketumbar bubuk, kemiri ak iris dan bakar dulu di atas pan. kebetulan aku punyanya ketumbar bubuk. setelah itu baru masukan bersama bahan bumbu halus lainnya dan di blender.

Cara Membuat :
1. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukan daun salam, serai, daun jeruk, cengkeh, kayu manis, aduk rata.
Masukan daging dan masak sampai berubah warna

2. Bumbui daging dengan garam, gula merah, air asam, kecap manis secukupnya. Aduk rata dan beri air secukupnya. Masak sampai daging mengering dan empuk.

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YA

Tim Tahu Telur Daging

10 Apr

92245647_2851447711629242_7328919581385268951_n
pagi tadi buka fb and liat postingan sadudara lagi masak tim tahu telur. kebetulan lagi ada stok tahu tapi belum di pakai, ya sudah di bikin tim tahu telur daging aja deh dengan resep kira2 aja…
Masak ini ga pakai lama dan terbilang cukup mudah. Enaknya di makan selagi hangat, bila tidak habis bisa di kukus lagi sebelum di makan.

Tim Tahu Telur Daging…
bahan
1 tahu putih
2 pcs telur kocok
bawang merah
bawang putih
daging cincang
kecap manis
kecap asin
kecap ikan
saus tiram
gula merah
garam
mecin
daun seledri
daun bawang

Cara membuat :
1. Taruh tahu di piring, siram telur kocok (bumbui garam, lada dan beri bawang daun iris). Tim dengan api kecil sampai telur matang. lanjut ke proses stlhnya
2 dalam wajan, Tumis bawang merah, bawang putih sampai wangi dan kecoklatan.

3. Masukan daging cincang (daging cincang biar lembut bisa di kasih maizena sedikit dan aduk rata dengan tangan). Tumis daging cincang sampai berubah warna, beri kecap asin, kecap manis, kecap ikan, saun tiram. Aduk rata

4. Masukan air dan didihkan, beri sedikit gula merah/ gula. Cicipi rasa nya kurang apa, sesuaikan dengab gula, garam dan beri lada dan mecin. Masak sampai air aga mengering, sisa sedikit saja.. 5. Siram tumisan daging cincang ke tim tahu telur kukusnya. Beri irisan daun seledri dan tim lagi 5 menitan.
6. Angkat dan sajikan. Panas lebih nikmat.