Archive | Masak masak yuuuk RSS feed for this section

Sup Hiwan (bakso Ikan)

27 Jul

Bakso Ikan

 

Hr ni Mache krg fit gara2 kecapean n klamaan main di dapur krn seruh dgn resep2 br, hari ini kepengen makan sup yg seger nikmat aja deh… kebetulan liat di ig cie @juwitacc ada resep sup Hiwan… biasa Mama mertua suka beli bakso ikan begini di pasar m warnanya putih banget n Mache ga ksh si kecil makan bakso ikan yg dijual di pasaran, lbh suka ksh yg homemade aja..

kebetulan food processor di rumah sdh di benerin n akhirnya Mache bs bikin bakso ikannya.. Baksonya enak banget, kenyal, garing , pokoknya happy bgt deh Mache ktm resep ini.. super duper happy rasanya… bsk2 ga usa beli lagi baksonya di pasar ☺️☺️

Sup Hiwan (bakso Ikan)
resep cie @monnaang
source @juwitacc
made by @mache_kitchen

Bahan
500 gr daging ikan tenggiri
es batu 140 gr
garam 20 gr
kaldu jamur 4 gr
putih telur 60 ml
sagu tani 90 gr
bawang putih 2 siung

cara membuat
🌼 masukan ikan, es batu dala. food processor, tekan pulse bbrp x smp es batunya hancur.

setelah es batu hancur, blend bahan dgn kecepatan tgg, masukan garam n blend lg. Masukan putel, lalu blend lg smp bner2 halus adonannya

🌼 masukan sagu, mix smp rata saja. dan pindahkan adonan ke baskom dan aduk sbntar dgn tangan

🌼 lumur tangan dgn sdkt minyak dan bentuk2 adonan bakso. Ulangi smp adonan habis

🌼 setiap adonan yg sdh di bulatkan, bisa dimasukan dalam wadah berisi air n es batu yg banyak.

🌼 lalu balur tangan dgn minyak dan bentuk lagi bakso / hiwan smp licin. dan cemplungkan bakso ke air mendidih. rebus slm 10 mnt smp bakso nya matang

🌼 bakso siap diolah sesuai selera

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

Leng Hong Kien

24 Jul

LengHongKien

hari ini aku recook resep masakan dr ig Cie Juwita saja deh… resep ini sdh ak simpan tp baru hari ini di eksekusi, and rasanya enak .. bakalan sering bikin deh nantinya…

Leng Hong Kien
resep @juwitacc
made by @mache_kitchen
ak bkn stgh resep menyesuaikan bahan di rumah

Bahan
250 gr udang kupas, bersihkan dan tiriskan
250 gr daging ayam
putel dingin 2 gr
baput cincang halus 4 pcs
saus tiram 2 sdt
sesame oil 2 sdt
maizena 20 gr
sagu 20gr
garam secukupnya
merica secukupnya

Cara
🌼haluskan daging dgn chopper daging ayamnya, lalu masukan udang. Masukan putih telurnya. haluskan lagi

🌼 pindahkan adonan ke wadah. Campur semua sisa bahan dan aduk rata dgn sendok / spatula

🌼 Panaskan minyak dlm pan. Stlh panas, kcilkan api kompornya

🌼 bentuk memanjang spt leng hong kien sambil di bantu dgn spatula unt membentuk. Bila lengket, tangan boleh dibalur minyak.

🌼 goreng leng hong kien smp matang.

nb : bila udang aga basah, bisa ditambahkan maizena sdkt lagi. Penggunaan garam disesuaikan krn saus tiram sdh ada asinnya.

Saus Mayonaise : mayonaise + skm + perasan jeruk lemon atau nipis secukupnya. Aku pakai kira2, di tambah n cicip n sesuaikan rasanya.

Finishing
Tata Leng Hong Kien di piring dan beri taburan saus mayonaise dan beri taburan wijen sangrai.

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

Gado Gado Bangka

24 Jul

109827082_292556528864592_7607187658072647282_n

 

ada yang pernah cobain gado2 Bangka kah?
ini beda dr gado2 pengantin atau gado2 bumbu kacang ulek…
yg bkn gado2 ini beda adalah krn bumbu kacangnya tuh dimasak dgn santan, kebayang kan enaknyaa?

Resep ini Mache pelajari lgsg dari Mama. Untuk kacang enaknya di giling sih, bukan di blender. wl hasilnya sm tp prosesnya aga beda yah.. keluarga kami sk banget dgn gado2 ini, soalnya rasanya enak, gurih, dan nagih deh… nulis captionnya aja bkn ak berliur2 ngebayanginnya 😂😂 yg tpenting tuh kl racik pemakaian gula, garam, asamnya pas pst uenak dah…

Gado Gado Bangka
by @mache_kitchen

Bahan
1/² kg kacang tanah, sangrai / goreng
bawang merah 1 ons
cabe merah ( 1 – 1.5 ons) buang biji
200 ml santan kental dr 1/2 kelapa
santan cair sckpnya unt tambahan.
terasi 2 sdt ( tdk usa di bakar)

gula pasir
gula merah
garam
asam jawa sckpnya cairkan dgn air
micin sdkt

Bahan sayuran
selada iris
timun iris jgn tll tipis
tauge rebus
daun kol, iris tipis

Cara Membuat
1. Giling kacang, kl blender jgn smp kelewat halus.

2. Blender bamer dan cabe dgn air santan kental sckpnya saja, lalu tumis bumbu halus smp wangi n matang dgn menggunakan santan kental saja ( jgn tuang smua ya santan kental pas menumis). tujuan tumis pk santan kental tuh spy ga menghasilkan bny minyak. Masukan terasi 2 sdt, terasinya di hancur2in ya spy menyatu dgn bumbu

3. Masukan kacang tanah gilingnya. Aduk merata spy kacang giling tdk menggumpal.

4. Masukan air asam jawa, gula, gulamerah, garam, micin secukupnya. Masukan sisa santan kental, santan cair. penggunaan santan disesuaikan ya spy kacangnya jg bs dimatangkan.

5. Masak smp kuah aga menyusut dan sesuaikan rasa manis, asin dan asamnya. Masak smp kuah aga kental.

6. Dinginkan dl kuah kacangnya dan siap disajikan bersama sayurannya dan jangan lupa kerupuknya juga ya..

bila sisa kuah kacang msh bny bs disimpan dl dlm kulkas, bila mau pakai tgl dikukus sbntar saja.

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

Lempah Kulat Pelawan

24 Jul

115750302_180179706819146_5569175442644287413_n

 

Ada yg pernah denger jamur Pelawan kah, kl org Bangka shrusnya sih tau ya…
kl kata Mama harga jamur Pelawan bisa mencapai diatas 1juta per kg nya krn ktnya jamur ini tmsk jrg ada, staun skli br ada n kl lg ga musim bs dijual dgn hrg diatas 3 – 5 jt per kg nya loh.. wow bangt ya unt harga jamur aja..

bbrp waktu lalu ada Om kami dtg dr bangka n bawain jamur yg mirip jamur Pelawan, namanya jamur Se’ket …
Pas hr mgg kmrn Mama Bday, Mache dtg pagian ke rumah Mama unt masak brg Mama n sekalian d blajar dr Mama lgsg..

Lempah Kulat Pelawan
by @mache_kitchen (resep Mama)

Bahan
* 1 ons jamur pelawan ( ak pk jamur se’ket). Jamur di rendam n cuci bilas berkali2 smp aga bening airnya .
* 1/2 ekor ayam kampung ukrn kecil aja

Bumbu halus
* bamer 10 pcs
* serai 2 pcs
* lengkuas seruas
* kunyit 1ruas
* cabe secukupnya
* terasi mentah 2 sdt
* santan dr setengah buah kelapa secukupnya

Cara Membuat :
🌼 Rendam jamur pelawan / se’ket dan cuci. Rendam dan ganti air sering2 smbl di cuci, cuci smp air aga menjadi bening, bila tdk nanti hasil masakan akan menjadi gelap kuahnya. Ada skitar 20x gnt air unt membersihkan jamurnya. Bila sdh bersih tiriskan dl dan rebus jamurnya sbntar saja unt mengurangi aroma jamurnya dan agar warna kuah ga tll gelap jg tujuan di rebus

🌼 Tumis bumbu halus smp wangi n matang. Masukan terasi dan aduk rata. Tumisnya pakai santan kental aja, ga usa pakai minyak spy ga bny makan minyak.

🌼 Masukan ayam dan masak smp ayam matang n aga empuk

🌼 Masukan jamurnya dan masak smp jamur aga lunak, batang jamur akan tetap garing2 kenyal, tp bagian payungnya ga tll kenyal.

🌼 Bumbui Garam, gula, mecin, lada. Cicipi apakah rasa sdh pas asinnya n sdkt saja manis spt rasa gulai.

🌼 Siap disajikan deh.. enak..

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

SAMBAL SAKIONG (KENCUR)

24 Jul

109807237_763793864424370_6856748342521458000_n(1)

 

hari ini aku mau share resep yang unik, yang mungkin temen2 blum pernah cobain.. namanya sambal sakiong alias sambal kencur .. dr smua temen2 diluar orang Bangka sih ga banyak yg ga tau sambal ini n ak ingat dl ada teman masa skul cobain sambal ini dgn ayam rebus n temenku  dia blg enak bgt n si Mama smp skrg msh ingat kl masakannya disukai ama temanku itu.. ☺️☺️ mgkn temanku sdh lupa dgn kjadian itu, tp Mama msh ingat krn dia mgkn happy krn masakannya disukai olh temanku..

Senang deh bisa mempelajari resep simple ini yg diturunkan oleh Nenek nya Mache ke Mamanya Mache n skrg Mache bs bkn sndiri juga d…

Sambal sakiong ini cocok disajikan bareng ayam rebus ya dan kmrn sambal ini aku prlajari cr masaknya dr yg punya resepny lgsg.. kebetulan hr mgg kmrn Mama bday n anak2nya kmpl di rmh Mama stlh skian lama ga kmpl2..

Sambal Sakiong
By @mache_kitchen ( resep Mama)

Bahan
#50 gr kencur
#daun kencur ( ak lg ga pk krn lg ga ada. tp kl ada daun kencur, so penggunaan kencur bs di krgin n pake daunnya lbh banyakan).
#baput 2 pcs
#cabe rawit merah scukupnya ( 5 pcs)
#kecap asin
#mecin sdkt
#kaldu dr rebusan ayam

Cara Membuat
🌼 Tumbuk kencur daun kencur, cabe, bawang putih. Jangan di blender ya..tp di tumbuk smp aga halus

🌼 Tumis bumbu ulek smp wangi dgn api kecil sedang.

🌼 Bila sudah wangi beri air rebusan kaldu ayam sckpnya saja, nanti akan di masak smp sdkt kental.

🌼 Bumbui dgn kecap asin n sdkt garam sj smp rasa asinnya cukup pas dan beri sdkt saja mecinnya spy ada lbh gurih.

🌼 Bila suka manis bs ksh seediiikittttt saja kecap manisnya , cm 1/² sdt saja sih.. soalnya rasa hrs cenderung lbh ke asin. Masak smp agak mengental.

🌼 Sajikan sambal ini sbg cocolan ayam rebus ya..
buat ak ini sdh enak bgt krn dr kecil km sdh biasa makan sajian ala si Mama .. ..

 

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU