Archive | Pizza RSS feed for this section

Pizza Roti Tawar alias PRT

15 Apr

Hmm… dalam minggu ini aku kepengen makan pizza tp ga mau beli PHD karena budget buat makan-makan sudah menipis. Walau kepengen makan pizza, tapi malas banget bikin adonan rotinya and maunya yang simple and ga makan waktu, so aku iseng membuat pizza roti tawar.

Ya namanya juga pizza-pizza an, so rasanya ga mungkin senikmat kalau beli, tapi ya setidaknya bisa memuaskan keinginan untuk menikmati sajian yang mirip-mirip roti pizza. AKu membuat 2 versi PRT.

ROTI TAWAR PIZZA

2

Versi 1 : PRT saus bolognaise

Ini adalah versiku dalam membuat saus pizza. Ya kurang lebih seperti ini resepnya.

Bahan :

1. Roti tawar, aku pakai yang ada kulit supaya saat keluar dari oven akan lebih terasa garing.

2. Sosis / smoked beef

3. Bawang bombay 1 pcs, iris

4. Paprika (aku kebetulan lg ga ada paprika, jd ga pakai)

5. Daging ayam / sapi di tumis sebentar.

6. Jamur kaleng, iris (kebetulan ga pakai juga).

7. Mozarella cheese.

Bahan saus :

1. Saus bolognaise (aku pakai delmonte)

2. Saus tomat

3. Bawang putih (1 – 2 pcs), cincang

4. garam, gula

CARA MEMBUAT :

1. Siapkan bahan untuk saus. Cincang bawang putih lalu tumis sampai harum, masukan irisan bawang bombay. Tumis sampai agak layu.

2. Masukan jamur kaleng dan daging cincang dan sosis / smoked beef. Masak sampai daging berubah warna.

3. Masukan saus bolognaise dan saus tomat. (yang aku gunakan untuk membuat saus ini skitar 3-4 sdm bolognaise dan 3/4 – 1 sdm saus tomat, kurang lebih seperti itu perbandingannya). Aduk rata. Jika ingin dimasak lebih lama sampai daging lebih matang, maka bisa ditambahkan sedikit air.

4.  Bumbui dengan garam, gula, sedikit lada halus (lada hitam juga oke).

5. Cicipi rasa saus apakah sudah pas manis, asam dan asin nya.

Finishing :

1. Siapkan roti tawar dan tata di loyang untuk oven.

2. Oles saus yang sudah dibuat keatas roti dan beri taburan oregano jika suka untuk menambah warna. Aku sih ga pakai karena kelupaan.

3. Beri taburan mozarella parut.

4. Panggang di oven sampai keju meleleh dan permukaan roti agak sedikit garing. (Skitar 15 menit suhu 150 celcius).

5. Angkat dan potong roti menjadi dua bagian bentuk segitiga.

6. Pizza ala rumahan siap disantap, ditambah saus botol supaya aga pedas juga nikmat.

Untitled-1

Versi 2 : PRT saus BBQ

Untuk resep ini aku adaptasi dari resep Diahdidi yang sedikit aku ubah.

Bahan :

1. Roti Tawar, aku pakai yang ada kulit supaya saat keluar dari oven akan lebih terasa garing.

2. Sosis / smoked beef

3. Bombay 1 pcs, iris

4. Paprika (skip jika tidak ada bahan)

5. Jamur kaleng (bisa di skip)

6. Daging ayam / sapi cincang.

Bahan Saus :

1. Saus BBQ (Delmonte)

2. Saus tomat

3. Mozarella cheese (bahan wajib)

4. Bawang putih 1 pcs, cincang halus

CARA MEMBUAT :

1. Siapkan bahan untuk saus. Cincang bawang putih lalu tumis sampai harum, masukan irisan bawang bombay. Tumis sampai agak layu.

2. Masukan sosis / smoked beef dan daging cincang dan jamur. Tumis sampai daging  berubah warna.

2. Masukan saus BBQ Delmonte 3 sdm dan 3/4 sdm saus tomat, jika suka asam bisa ditambahkan saus tomatnya. Aduk sebentar. Jika ingin dimasak lebih lama sampai daging lebih matang, maka bisa ditambahkan sedikit air. Masak sampai saus kental.

Finishing :

1. Siapkan roti tawar dan tata di loyang untuk oven.

2. Oles saus yang sudah dibuat keatas roti, tambahkan saus botol dan oles merata. Beri taburan oregano jika suka untuk menambah warna. Aku sih ga pakai karena kelupaan.

3. Beri taburan mozarella parut.

4. Panggang di oven sampai keju meleleh dan permukaan roti agak sedikit garing. (Skitar 15 menit suhu 150 celcius).

5. Angkat dan potong roti menjadi dua bagian bentuk segitiga.

6. Pizza ala rumahan siap disantap.

Oh ya jika mau ditambah paprika, sebaiknya paprika di panggang dulu di oven sampai layu (setelah di potong kotak2). Itu sih cara aku ya.. setelah paprika layu, baru ditabur diatas roti bersama dengan saus yang sudah dibuat dan setelah itu baru diberi keju parut mozarella.

Walau terkesan simple, tapi jika dihitung-hitung, bahan untuk membuat pizza ini tergolong lumayan mahal. Bahan yang paling mahal tentunya adalah keju mozarella nya dan untuk saus bolognaise atau BBQ sih ga sampai 20rb dan Ditambah sosis /smoked beef, daging dan paprika juga membuat budget semakin besar. Tapi dengan pengeluaran sebanyak itu kita bisa membuat 3-4x Pizza Roti Tawar, jadi dibanding beli pasti harganya jauh lebih murah, tapi rasanya tentunya juga berbeda dalam kepuasannya hahaha.. tapi ga ada salahnya mencoba membuat pizza roti tawar ini untuk camilan di rumah. Anak-anak pastinya juga suka.. selain lebih hemat, pizza buatan rumahan pastinya lebih higienis dan terjamin bahan-bahannya. So selamat mencoba.

Happy Cooking
aja aja fighting
God bless you

Advertisements

Chicken mushroom and mozzarella cheese Pizza

26 Dec

안녕하세요 chingudeul…

Ini adalah kali keduanya aku membuat Pizza. Menimbang pas bikin pizza kemarin ternyata disukai sama suami dan mertua, wah jadinya aku tertarik membuat pizza lagi. Lagi pula masih ada sisa mozzarella cheese di kulkas yang belum habis, jadi daripada nanti kebuang karena expire, so better dimanfaatkan aja deh.

Kali ini aku menambahkan daging ayam pada pizza-nya. Dan jamur yang kugunakan adalah jamur yang berbeda dari yang sebelumnya, tapi rasa jamurnya kurang lebih ya sama aja sieh.. Untuk sausnya aku tetap menggunakan saus spagethy yang delmonte + saus tomat dan bumbu lainnya seperti merica, gula, garam, pala bubuk, ga pake takaran, tapi pake feeling aja sih.. asal dicicip sudah pas rasanya, ya sudah deh…

Pz1

Untuk 175 Gr tepung yang kugunakan, kali ini aku mendapatkan cukup banyak pizza nya. Kali ini pizza nya kugilas lebih tipis dari sebelumnya, jadi lebih banyak dari yang sebelumnya.Untuk topping isinya juga lebih banyak, karena aku menambahkan daging ayam di topping.

Bahan yang digunakan :

Untuk adonan roti aku ubah sedikit adonan tepungnya dikarenakan tepung segitiga birunya tinggal dikit and mau dibuat cake nantinya.

* 150 gr tepung komachi

* 25 Gr tepung segitiga biru

* Ragi 1 sdt

* 100 Ml air hangat

* 1/2 Sdt gula

* Sedikit garam

* Baker bonus 1 sdt

* Canolla oil / olive oil   1,5 sdm

CARA MEMBUAT :

1. Campur ragi, gula dan air hangat. Diamkan selama 10 menit sampai ragi  berbusa.

2. Campur tepung terigu + baker bonus, aduk rata dan buat lubang ditengahnya utnuk dituangi air ragi.

3. Aduk rata adonan dengan tangan. Lalu tambahkan minyak dan sedikit garam ke dalam adonan dan ulen kembali adonan sampai kalis.

4. Bulatkan adonan dan diamkan selama 45 menit –  1 jam sampai mengembang.

TOPPING :

Woooow topping nya tampak menggiurkan ya…. 😛

Pz5

Berikut bahan yang digunakan untuk membuat topping diatas :

* 1 siung bawang putih cincang + irisan  1 bawang bombay di tumis sampai wangi. Lalu masukan jamur dan ayam, masak sebentar. Untuk kali ini aku menggunakan bombay lebih banyak, soalnya aku cukup menyukai bombay. Jika ditambah paprika akan lebih enak lagi deh.

oh ya jamur yang kugunakan adalah jamur kaleng merek  ini.

pz3

* Setelah itu, masukan saus bolognaise(aku pakai delmonte ) sekitar 4 – 5 sdt + 1  sdm saus tomat. Aku tambahkan sedikit air supaya saus tidak terlalu kental.

* aku tambahkan 2-3 sdt gula dan sedikit garam, lada hitam dan lada putih, oregano kering. Untuk takaran aku pakai kira-kira. Sebentar-sebentar aku icip apakah rasa sudah sesuai belum manis, asin dan asam saus tomatnya. Setelah pas baru deh aku angkat.

* Dinginkan sebentar toppingnya.

FINISHING :

* Pipihkan adonan untuk pizza setebal 1/2 cm.

* setelah itu baru berikan topping pada adonan yang sudah pipih. Pertama-tama aku taruh saus yang sudah dibuat lalu ditabur keju, setelah itu keju di timpa kembali dengan saus dan ditutup lagi dengan keju. Setelah siap baru siap di panggang.

* Panggang selama 15 – 20 menit.

Ini adalah tampilan adonan pizza yang sudah diberi topping dan sebelum di panggang.

pz4
Jadi juga degh pizza nya. Untuk adonan rotinya cukup lembut juga dan bawahnya agak garing. Adonan kali ini sedikit lebih padat dari adonan sebelumnya, tapi rasanya lebih mirip rasa pizza yang asli. Kalau yang kemarin kubuat rotinya lembut dan seperti roti pizza.
Tadinya aku kira adonan pizza ini akan keras, karena saat pertama kali diulen, adonannya agak kurang air dan aku terpaksa menambahkan air lagi pada adonan. Untungnya adonan berhasil dibuat sesuai dengan yang diinginkan. Saat pizza dikeluarkan dari oven, langsung deh aku potong setelah didinginkan sebentar. Habis itu ya langsung di comot deh, ternyata rasanya enak juga loh… Senang sekali rasanya.

Pz2

Untuk proses membuat pizza ini membutukan waktu sekitar 1.5 jam. Yang membuat lama persiapannya adalah karena harus menunggu proses pengembangan adonan selama 45 menit sampai 1 jam. Kebetulan tadi karena topping yang kubuat masih panas, jadinya adonan aku diamkan sampai 1 jam. Toppingnya kubuat saat adonan sedang didiamkan. Jadi tidak terlalu makan waktu, dan proses pendinginan topping aku pakai cara dengan di anginkan didepan kipas angin hehhe… alhasil jadi lebih cepat dingin toppingnya.
Jadi ga sabaran menunggu suami pulang dan ingin beliau mencicipi pizza buatanku. Semoga pizza kali ini juga disukai sama keluarga tercinta.

Oh ya berhubung moment Natal, buat para pembaca blog ini, aku mau ucapkan :

Merry Christmas 2012
&
Happy New Year 2013

Have a blessed New Year, new blessing and new prosperity… All the best for all of us.

God bless you

My First Homemade PIZZA…..

27 Nov

안녕하세요 chingudeul…

Wah udah 2 mingguan ga berkreasi di dapur rasanya kangen banget. Kangen pengen nyemil kali ya tepatnya hahaha….

Sabtu kemarin sebenarnya aku agak malas membuat pizza. Mozarella cheese untuk membuat pizza sudah kubeli dari beberapa bulan yang lalu, tapi entah kenapa males aja membuat pizza ini, rasanya ribet dan takut gagal nantinya. Tapi karena sudah ada bahan-bahannya ya sudah kubulatkan saja niat untuk membuat pizza ini.

Bahan yang digunakan :

Untuk adonan roti aku pakai resep mbak Ricke dan aku tambahkan baker bonus supaya roti lembut.

* 125 gr tepung cakra atau komachi (aku pakai komachi)

* 50 Gr tepung segitiga biru

* Ragi 1 sdt  (aku pake fermipan)

* 100 Ml air hangat

* 1/2 Sdt gula

* Sedikit garam

* Baker bonus 1/2 sdt

* Canolla oil / olive oil   1 sdm

CARA MEMBUAT :

1. Campur ragi, gula dan air hangat. Diamkan selama 10 menit sampai ragi  berbusa.

2. Campur tepung terigu + baker bonus, aduk rata dan buat lubang ditengahnya utnuk dituangi air ragi.

3. Aduk rata adonan dengan tangan. Lalu tambahkan minyak dan sedikit garam ke dalam adonan dan ulen kembali adonan sampai kalis.

4. Bulatkan adonan dan diamkan selama 1 jam sampai mengembang.

TOPPING :

* 1 siung bawang putih cincang + irisan  1/2 bawang bombay di tumis sampai wangi. Lalu masukan jamur dan masak sebentar.

* Setelah itu, masukan saus bolognaise(aku pakai delmonte ) sekitar 5 sdt + 1 /2 sdm saus tomat. Aku tambahkan sedikit air supaya saus tidak terlalu kental.

* aku tambahkan 2-3 sdt gula dan sedikit garam, lada hitam dan lada putih, oregano kering. Untuk takaran aku pakai kira-kira. Sebentar-sebentar aku icip apakah rasa sudah sesuai belum manis, asin dan asam saus tomatnya. Setelah pas baru deh aku angkat.

* Dinginkan sebentar toppingnya.

FINISHING :

* Pipihkan adonan untuk pizza setebal 1/2 cm. Kalau pizza buatanku lebih dari 1/2 cm karena susah juga adonannya ga mau tipis hehehe…

* setelah itu baru berikan topping pada adonan yang sudah pipih.

* Panggang selama 15 – 20 menit.

Nah ini adonan pizza yang baru dipipihkan dan sudah diberi sedikit topping.

Untuk toppingnya supaya ga repot aku pakai bolognaise yang sudah jadi punya saja dan aku tambahkan jamur kaleng cincang dan bawang bombay iris. Isi toppingnya ga terlalu banyak sih, ga ada daging karena saat itu memang dirumah ga ada daging cincang.

Setelah diberi topping, aku beri taburan mozarella cheese diatasnya. Agak berantakan mozarella cheesenya, soalnya abis aku parut aku taruh di kulkas eh yang ada malah ngegumpal jadinya… Fiuuuh….

Untuk topping aku pakai double topping, maksudnya abis aku beri topping saus yang sudah kubuat, aku beri keju, lalu beri saus dan tutup lagi dengan keju. Bahan isian yang cuma berupa jamur dan bawang bombay ketutup semua deh sama kejunya. Aku menggunakan 1/3 keping keju mozarella untuk 1 pizza ukuran sedang ini. Agak kebanyakan sih kejunya, apalagi buat yang lagi mau diet hehhee…..

Setelah di panggang sekitar 15 – 20 menit akhirnya matang juga pizza nya. Rasanya ga sabaran deh pengen mencoba pizza buatanku. Aku penasaran, apakah pizza ini bisa dimakan atau enggak.. hehehe….

Saat keju masih lumer, langsung pizza ini aku potong. Pisau pizza ku kekecilan hehehe, tapi yang penting bisa dipakai deh. Uhhh sambil ngeblog, aku jadi ngiler pengen makan pizza ini lagi… tapi sayangnya uda habis huhuhuu….

Walau tanpa daging, ternyata hasilnya maksimal juga. Yang penting pembuatan sausnya enak… Aku juga ngak nyangka kalau pizza ku akan berhasil. Tadinya sempat kuatir bakalan gagal, eh ternyata setelah dimakan.. uh,… yummy, rotinya juga lembut dan  MAKNYOSSS lah intinya !!.. Senang deh kalau semua suka dengan  pizza buatanku… Yeeaaaayy….

Happy Baking !!!
God love you
Aja aja fighting…