Archive | Cake RSS feed for this section

Birthday Cake for my beloved Hubby and nae sarang Appa

16 May

Birthday cake….

Proses pembuatan memakan banyak waktu. Sesederana apapun modelnya, tapi ternyata ga semudah yang dibayangkan untuk menghiasnya, apalagi saat meratakan cream nya… walahhhhhh stressssssss deh. Walau hasinya ga terlalu bagus, tapi ya sudah yang penting cake-nya enak dan bisa dimakan hehehe….

IMG_5384

Model yang paling simple kayak gini aja bikinnya susah sekali. Apalagi cream nya cair sekali padahal whipping cream yang cairnya uda aku campur dengan whip cream bubuk, Hikzz…. mau kasih yang terbaik buat si Hubby malah hasilnya ga maksimal. Untung sih si Hubby suka sama cake nya…

IMG_5387

White forest sederhana dengan topping white coklat dan taburan cantik manis warna warni.

IMG_5414

Nah kalo ini merupakan birthday cake yang aku buat untuk HUT si Papa ke 61. Heheheh walau kayak anak-anak hiasannya, tapi sejauh ini, ini adalah cake terbaik yang bisa aku buat hehehe… Oh ya hiasan bentuk kuda nya itu juga modal waktu itu dapat cupcake dari manyue 30 hari kelahiran anak dari teman Papa mertua ku, jadinya aku simpan aja deh hiasannya and pas mau dipakai baru dikluarkan dari kulkas hehehe…

Untitled-1

Untuk kue buat Papa, aku menggunakan butter cream untuk menghiasnya. Ternyata menghias dengan butter cream sedikit lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan whip cream. Oh ya supaya pinggirannya terlihat rapih, aku beri stick coklat di pinggirnya dan diikat dengan pita. Untuk bagian atas tadinya mau aku beri taburan coklat, tapi karena saat itu coklatnya lupa aku keluarkan dari kulkas ya akhirnya aku tabur dengan cantik manis lagi deh.

Untitled-2

Cakenya ternyata cukup diminati oleh keluarga yang hadir di acara makan-makan saat birthday si Papa. Wah senang deh kuenya ternyata berhasil dibuat dengan baik. Tadinya sih sempat ragu takut rasanya kurang enak, but praise God ternyata  kata saudara-saudara yang hadir cake nya enak.

Papa bday

Oh ya foto diatas merupakan foto saat acara makan bareng keluarga di Resto ayam dan ikan bakar Cianjur @ Mall Artha Gading. Foto keluarga besar akhirnya berhasil juga deh di abadikan. Walau ga semua bisa hadir di acara makan makan bareng keluarga besar di HUT Papa, tapi setidaknya kami tetap kompak. Kalau semua bisa hadir pastinya bakalan lebih seruh lagi deh, tapi selebihnya yang pasti aku cuma berharap supaya Papa bisa diberikan kesehatan dan umur panjang, bahagia selalu dan diberkati dalam segala yang dikerjakannya. We love you Papa,… aku berharap bisa memberikan yang lebih baik lagi buat Papa dan Mama.

Appa saranghae…. !!!

Aja Aja Fighting
Have a blessed days
God Bless You… 

Advertisements

Bolu Kukus Mekar

24 Apr

Bolu kukus…

Lembut, manis dan waooowww nikmat sekali kue satu ini. Biasanya aku suka membeli kue bolu kukus ini di Abang-Abang atau di toko kue tradisional. Bolu kukus ini memang salah satu favoritku. Selama ini kalau kepingin biasanya aku selalu membeli, tapi dikarenakan sekarang aku sudah memiliki banyak waktu luang, jadinya aku akan lebih memilih untuk membuat sendiri sajian satu ini. Tadinya sih sempat malas membuatnya, soalnya takut bolunya ga mekar, tapi dikarenakan resepnya yang simple banget, jadinya ga ada salahnya deh dicoba. Oh ya pembantu kami di rumah cukup menguasai membuat bolu kukus ini, so tadi sambil buat sajian ini aku juga sempat sedikit bertanya-tanya mengenai prosesnya.

Oh ya dalam membuat bolu kukus ini, ternyata ga semuanya berjalan sesuai dengan harapan. Dandang untuk mengukus yang ada di rumah ternyata terlalu pendek dan membuat bolu yang ingin mekar tertahan dan malah jadi rata, bukannya mekar 🙂 walahhhh…. untungnya aku membuat bolu kukus versi kecil juga dan hokinya yang kecil mekar dengan sempurna dan cantikkk… senangnyaaa….

BOLU KUKUS MEKAR

IMG_5272Warnanya agak numpuk hehehe,.. but nanti di next exsperimen aku akan membuat yang lebih bagus lagi.

Bahan yang digunakan :

* 250 gr terigu segitiga biru

* 220 Gr gula pasir (jika suka manis bisa dibuat 250 gr)

* 3/4 sdm SP

* 1/4 sdt baking powder

* 2 pcs telur, suhu ruangan

* 150 cc sprite atau air soda

* Vanili bubuk secukupnya

* Pasta coklat dan pandan, atau bisa menggunakan pewarna lainnya.

CARA MEMBUAT :

Yang paling pertama yang harus disiapkan adalah menyiapkan loyang bolu kukus dan diberi kertas roti di dalamnya. Setelah semua siap, so selanjutnya proses dibawah ini bisa dilakukan.
Untuk resep diatas kira-kira bisa mendapatkan sekitar 15 pcs bolu kukus.

IMG_5255

1. Siapkan dandang untuk mengukus, tutup dengan serbet bersih tutup dandangnya. Panaskan dandang sampai mendidih airnya.

2. Kocok telur, gula pasir, sp dan baking powder sampai mengembang dan kental. Adonan akan terlihat kental sekali soalnya penggunaan gula lebih banyak daripada penggunaan telurnya.

IMG_5256

3. Beri vanilli dan kocok lagi sebentar dengan menggunakan mixer.

4. Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit (Di ayak). Selingi bergantian dengan memasukan air sprite sampai semua bahan habis. Aduk rata semua bahan.

5. Ambil sedikit adonan dan beri pasta coklat atau pasta pandan. Beri pasta / warna sesuai dengan warna yang diinginkan. Aduk rata.

6. Tuang adonan putih ke dalam loyang bolu kukus (Sudah diberi kertas roti) sampai hampir penuh, lalu penuhi sisa space-nya dengan menaruh adonan berwarna. (Tadi seharusnya adonan sebelum di kukus harusnya di aduk dulu menggunakan tusuk gigi atau tusuk sate supaya bisa menghasilkan warna yang bagus, tapi karena kepikirannya setelah kuenya masuk loyang, ya sudahlah heheh…)

IMG_5260Adonannya mirip ice cream ya hehehe,… Aku suka dengan warna hijaunya seperti ice cream rasa alpukat. Karena ada kelebihan adonan, so aku taruh di loyang kecil dan kertas cupcake aja deh sisanya hehee….

7. Kukus selama 10 – 15 menit.

8. Keluarkan bolu kukus dari loyangnya dan sajikan.

Senang deh rasanya bolu kukusnya bisa berhasil dibuat dengan baik. Walau ya da sebagian besar bolunya ga bisa mekar gara-gara kepentok sama tutup loyangnya, tapi setidaknya rasanya sudah enak dan teksturnya lembut, sesuai dengan yang biasa aku makan, senang banget dehhhh…. 🙂

bolkusGa mekar Vs mekar, keduanya maknyosss…

So tips hari ini adalah : perhatikan tinggi dandang yang kita gunakan supaya nanti hasilnya tidak seperti ini hehhee…

IMG_5263

Untuk bolu yang bagus-bagus, baru aja bolunya keluar dari dandang, eh sudah diambil sama Mama mertua and dipakai untuk sembayang (Chinese tradition). Yahhh padahal belum sempat aku foto kue yang paling cantik yang kubuat hari ini hehehe,…. Tapi ya sudah lah yang penting aku cukup puas dengan eksperimen hari ini.

Selamat mencoba dan semoga sukses dengan resepnya

IMG_5271

IMG_5338

Aja Aja Fighting
Have a blessed days
God Bless You… 

 

Lapis Kukus

14 Feb

Membuat lapis kukus ini merupakan hal yang sangat memmmmbosankan karena harus dimasak satu persatu. Selain menghabisakan banyak waktu, tentunya juga menghabiskan banyak gas karena kali ini aku menggunakan metode kukus 🙂

Untuk membuat lapis kukus ini membutuhkan waktu yang cukup lama, untuk 1 lapisnya aku membutuhkan waktu 5 – 10 menitan, belum lagi saat menambah adonan untuk lapisan berikutnya cukup membuat tangan kepanasan kena hawa uap air kukusan. Harusnya sih loyang dikeluarkan saja ya saat mau nambah adonannya… heheheh 😛 salahku sendiri kenapa loyangnya ga dikeluarin.. Tapi perjuangan ini ga sia-sia karena ternyata hasilnya enak juga. Mama mertua dan suami juga suka, bahkan pembantuku juga yang gak gitu suka makan manis-manis malah suka juga makan lapis ini.

IMG_4205Ya walaupun penampilannya tidak cantik, tapi percaya deh rasanya enak juga loh….

Resep untuk lapis kukus ini aku dapat dari seorang teman yang lagi jalan-jalan ke toko buku dan pas liat-liat buku resep masakan, temanku tertarik dengan resep ini, lalu alhasil difotonya lah resep dari buku tersebut dan temanku pun mempraktekannya dan ternyata menurutnya hasilnya enak juga. Lalu aku minta deh resepnya untuk kupraktekin juga.

IMG_4204

Untuk membuat lapis kukus ini diperlukan bahan bahan sebagai berikut :

Oh ya aku hanya membuat 1/2 resep dari resep yang aku share berikut ini ya….

Bahan I  :

* 12 pcs telur

* 5 kuning telur

* 500 Gr gula pasir (aku pakai gula halus)

* 1/2 sdt garam

* 20 gr ovalet / SP

* 1/2 sdt vanili bubuk

Bahan II :

* 285 Gr terigu

* 60 Gr susu bubuk

* 1 sdt baking powder

Bahan III : Kocok sampai mengembang

* 175 gr mentega (aku pake unsalted butter + wisjman)

* 200 Gr margarine (Cukup pake blueband aja)

* 3 sdm Susu kental manis

* Pewarna telur sedikit (Aku pakai warna kuning 2 tetes)

Bahan IV :

* Bubuk coklat

* 1 sdt spikuk (aku skip bahan ini karena pada ga suka bau spikuk)

CARA MEMBUAT :

1. Campur dan kocok bahan I sampai mengembang dan mengental.

IMG_4187

2. Masukan bahan II sedikit demi sedikit sampai habis. Aduk sampai rata.

3. Masukan bahan III yang telah dikocok sampai mengembang. Aduk rata dengan spatula sampai tercampur rata.

4. Siapkan loyang yang telah dioles dengan margarine dan lapis dengan kertas roti.

5. Ambil 2 sendok sayur adonan, ratakan pada loyang dan ayak & tabur coklat bubuk. Kalau aku sih ga pakai tabur, tapi aku bagi adonan menjadi 2 bagian. Yang satu adonan tanpa coklat bubuk dan yang satu ditambahkan coklat bubuk dan pasta coklat secukupnya.

IMG_4189Harusnya adonan di tabur coklat bubuk sampai bagian atasnya tercover dengan coklat bubuk semuanya. Gambar diatas hanya contoh aja dan aku ga pakai cara tersebut.

IMG_4191Nah ini adonan yang sudah aku bagi menjadi 2 bagian. Yang kiri adalah yang sudah dicampur coklat bubuk dan yang kanan merupakan adonan biasa yang belum dicampur coklat bubuk.

6. Kukus selama 5 – 10 menit untuk setiap lapisnya. Lakukan sampai adonan habis.

IMG_4194Lapis kukus yang baru mateng dan masih panas banget. Sayang permukaan bawahnya jelek banget gara-gara kertas rotinya lecek heheh 😛

7. Finishing : Untuk proses pematangan, kukus kembali kue selama 10 – 15 menit setelah semua adonan habis.

IMG_4198Pinggirannya ga rata dan berantakan banget deh… ga kayak kue lapis deh 😦
IMG_4201Panas panas langsung dibelah 2 deh lapisnya.
IMG_4207Walau ketebalannya gak rata, tapi yang terpenting adalah rasanya enak heheheh….
IMG_4211Supaya gampang makannya aku langsung potong-potong deh kue lapisnya.

Oh ya lapis ini enaknya dimakan pas sudah dingin. Pas masih panas / hangat lapisnya terasa agak hambar, ga manis, tapi setelah dingin eh ternyata enak loh.

Pas sincia kemarin aku banyak nyetok kue lapis di rumah. Ada lapis dari eaton, lapis legit ala Ny. Hui, lapis legit khas bangka dan juga lapis kukus buatanku. Wah banyak banget dehhh lapisnya. Aku kebanyakan makan lapis sampe muncul jerawat 2 biji deh di wajah. Soalnya pembuatan lapis biasanya cukup memakan telur dan mentega yang cukup sadisssss banyaknya. Tapi untuk lapis kukus ini masih tergolong sedang deh penggunaan telurnya, jadi ya masih cukup aman di konsumsi. Next time aku mau coba buat yang versi Bangka punya. Tapi ga dalam waktu cepat tentunya soalnya stock kue sincia di rumah masih seabreg-abreg.. 😛

Buat yang mau coba buat lapis kukus ini, soook silahkan dicoba ya… Smoga suka dengan rasanya…

Happy baking
aja aja fighting
God bless you

 

Pesanan pertama untuk Christmas Eve

26 Dec

Pada tanggal 24 Desember kemarin aku mendapatkan pesanan cake pertama untuk Christmas Eve. Seebnarnya sih aku belum siap untuk menerima pesanan, soalnya aku juga baru belajar baking belakangan ini. Masih perlu banyak belajar dan mencoba, apalagi dalam menghias walahhhh…. kacau banget hiasanku.

Karena pertimbangan yang mesen adalah teman baikku dan dia juga dalam masa menyusui, so dia kepingin makan homemade cake yang bebas dari pengawet dan cakenya juga di request tidak pakai coklat dan keju, tapi mesis sih boleh.. hehe…. Setelah beberapa kali diminta untuk membuatkan cake untuk Christmas eve, akhirnya aku terima saja deh pesanan tersebut, tapi aku ga mau terima bayaran, sebagai jasa cape nya aku minta dikasih kado Natal saja sama yang mesan. Mau dikasih boneka, permen, atau coklat atau apapun aku terima, asal jangan dikasih uang, soalnya aku masih belum PD dengan hiasan kue nya. Untuk rasa sih, aku cukup percaya diri.

Nah inilah hasil akhir kue buatanku. Walau simpleeee banget ya tapi inilah yang paling maksimal yang bisa aku buat.

P3

Untuk hiasannya dibantu sih sama mertuaku, karena beliau lebih berpengalaman dariku, tapi ya beliau juga bisanya yang standard saja. Berhubung yang mesan sudah tau kalo aku ga bisa hias, ya jadinya dia terima apa adanya kue buatanku. Walau simple aja, tapi dia stuju aja.

Oh ya karena terlalu sepi, sama mertua ditambah buah cherry. kebetulan di kulkas lagi ada buah cherry dan masih fresh juga hehehe,… jadinya ditambah deh cherry dibawahnya. p1

Oh ya untuk hiasan Natal kue ini sebenarnya ada hiasan santa dengan keretanya, yang ditaruh diatas tulisan Merry Christmas nya. Tapi sayangnya kardus untuk menaruh kuenya terlalu pendek, jadi hiasannya belum bisa ditusuk. Jadinya ya hiasannya aku berikan supaya yang mesen pasang sendiri pesanannya.

p4

Oh ya kue ini aku buat tanpa tambahan keju dan coklat sesuai dengan request yang pesan. Untuk penggunaan pengembang kue juga aku batasi, supaya nanti ibu yang sedang menyusui bisa memberikan asi yang lebih baik buat si baby. Untuk kali ini cakenya tidak selembut yang biasa aku buat. Tapi jika disesuaikan dengan yang biasa aku buat sih harusnya cakenya lebih lembut lagi.

P2

Oh ya ini bbm dari sahabat yang memesan kue buatanku. Ya puji Tuhan cake ini bisa memuaskan yang pesan.

318640_10151169184886516_874341437_n

Untuk ke depan aku akan belajar membuat cake lebih baik lagi. Di awal 2013 nanti aku akan resign untuk istirahat sejenak dan sambil menghabiskan waktu di rumah, aku akan belajar bereksperimen lebih lagi supaya ke depan aku bisa membuat kue yang lebih baik lagi.

Oh ya untuk cake diatas yang tadinya mau aku kasih free ke yang mesan, eh taunya malah dibayar 30 Singapore dolar… walah.. untuk kue pemula yang simple begitu sih harusnya harganya gak semahal itu. Tapi ya karena yang mesan mau bayar segitu ya sudah diterima saja berkatnya dan disalurkan kembali berkatnya.

dl

Happy baking
aja aja fighting
God bless you

Cake di lapis Butter + mesis

24 Dec

안녕하세요 chingudeul…

Natal sudah didepan mata… Suasana Natal sudah terasa di hati sejak memasuki bulan Desember lalu. Tapi sayangnya Natal menjadi tidak meriah karena di keluarga, tidak semua merayakan Natal. Ditambah tahun ini juga tidak ada acara Natal gabungan di gereja, wah malam Natal terasa agak sepi. Tapi yang terpenting dari semua itu adalah makna Natal, yaitu kelahiran Yesus Kristus sang juru selamat harus selalu ada dalam diri kita.

Oh ya untuk Natal tahun ini, aku mendapatkan pesanan cake untuk Christmas Eve. Hmmm sebenarnya aku belum PD membuat cake apalagi jika harus dihias, wahhhh berat banget deh pertimbangannya. Tapi karena ini special request dari salah satu teman baikku yang sedang dalamya masa menyusui anaknya, jadinya mau ga mau, aku coba bantu temanku untuk mendapatkan cake ala rumahan tanpa bahan pengawet.

Oh ya sebelum membuat kue tersebut, aku harus latihan dulu membuat cake buat dimakan bersama disaat acara kumpul keluarga pada tanggal 16 desember 2012 lalu. Awalnya sih kuenya mau dibuat untuk saudara yang sedang berulang tahun, tapi dikarenakan hiasan cuma modal cream dan mesis, eh kue nya dipotong sama si Mama dan disajikan buat keluarga. Alhasil saat kue dipotong, tau-tau langsung ludes aja kuenya.. hhehehe… thanks God kuenya laris manis.

1

Walau kue ini agak sederhana, tapi ternyata saudara-saudara pada suka. Aku diomelin bahkan karena buat cake nya kok cuma sedikit.. hahha….  siapa sangka kalo semua bakalan suka. Wahh jadi semakin semangat bereksperimen di dapur…

Aja aja fighting, saat ada kemauan, pasti ada jalan juga,… JIayoooou

2

Oh ya sewaktu ke Gereja, aku membawa cake tabur mesis ini untuk dibagikan ke teman-teman Gereja. Alhasil teman-teman pada suka, entah suka karena memang enak atau karena gratis ya? hahaha….. Tapi ada 1 teman yang kirim bbm dan bilang kue buatanku enak dan teman-teman lain juga pada bilang kuenya enak dan lembut, tapi sayang sih mereka bilangnya secara lisan jadinya ga bisa di screen grab deh hahahahha wkakaka…. 😛 . senang deh rasanya kalau makanan buatanku disukai.

Screen_20130303_144110Btw jangan heran ya kalau nama di BBm adalah Agustin, itu adalah nama asliku. Nama Shin Hyo Ae hanya digunakan untuk ngeblog aja siegh, soalnya rata2 temanku yang nge-blog pasti pada pake nama lain deh hahaha….

Merry Christmas everyone…
Aja aja fighting
God bless you