Archive by Author

Gado Gado Bangka

24 Jul

109827082_292556528864592_7607187658072647282_n

 

ada yang pernah cobain gado2 Bangka kah?
ini beda dr gado2 pengantin atau gado2 bumbu kacang ulek…
yg bkn gado2 ini beda adalah krn bumbu kacangnya tuh dimasak dgn santan, kebayang kan enaknyaa?

Resep ini Mache pelajari lgsg dari Mama. Untuk kacang enaknya di giling sih, bukan di blender. wl hasilnya sm tp prosesnya aga beda yah.. keluarga kami sk banget dgn gado2 ini, soalnya rasanya enak, gurih, dan nagih deh… nulis captionnya aja bkn ak berliur2 ngebayanginnya 😂😂 yg tpenting tuh kl racik pemakaian gula, garam, asamnya pas pst uenak dah…

Gado Gado Bangka
by @mache_kitchen

Bahan
1/² kg kacang tanah, sangrai / goreng
bawang merah 1 ons
cabe merah ( 1 – 1.5 ons) buang biji
200 ml santan kental dr 1/2 kelapa
santan cair sckpnya unt tambahan.
terasi 2 sdt ( tdk usa di bakar)

gula pasir
gula merah
garam
asam jawa sckpnya cairkan dgn air
micin sdkt

Bahan sayuran
selada iris
timun iris jgn tll tipis
tauge rebus
daun kol, iris tipis

Cara Membuat
1. Giling kacang, kl blender jgn smp kelewat halus.

2. Blender bamer dan cabe dgn air santan kental sckpnya saja, lalu tumis bumbu halus smp wangi n matang dgn menggunakan santan kental saja ( jgn tuang smua ya santan kental pas menumis). tujuan tumis pk santan kental tuh spy ga menghasilkan bny minyak. Masukan terasi 2 sdt, terasinya di hancur2in ya spy menyatu dgn bumbu

3. Masukan kacang tanah gilingnya. Aduk merata spy kacang giling tdk menggumpal.

4. Masukan air asam jawa, gula, gulamerah, garam, micin secukupnya. Masukan sisa santan kental, santan cair. penggunaan santan disesuaikan ya spy kacangnya jg bs dimatangkan.

5. Masak smp kuah aga menyusut dan sesuaikan rasa manis, asin dan asamnya. Masak smp kuah aga kental.

6. Dinginkan dl kuah kacangnya dan siap disajikan bersama sayurannya dan jangan lupa kerupuknya juga ya..

bila sisa kuah kacang msh bny bs disimpan dl dlm kulkas, bila mau pakai tgl dikukus sbntar saja.

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

Lempah Kulat Pelawan

24 Jul

115750302_180179706819146_5569175442644287413_n

 

Ada yg pernah denger jamur Pelawan kah, kl org Bangka shrusnya sih tau ya…
kl kata Mama harga jamur Pelawan bisa mencapai diatas 1juta per kg nya krn ktnya jamur ini tmsk jrg ada, staun skli br ada n kl lg ga musim bs dijual dgn hrg diatas 3 – 5 jt per kg nya loh.. wow bangt ya unt harga jamur aja..

bbrp waktu lalu ada Om kami dtg dr bangka n bawain jamur yg mirip jamur Pelawan, namanya jamur Se’ket …
Pas hr mgg kmrn Mama Bday, Mache dtg pagian ke rumah Mama unt masak brg Mama n sekalian d blajar dr Mama lgsg..

Lempah Kulat Pelawan
by @mache_kitchen (resep Mama)

Bahan
* 1 ons jamur pelawan ( ak pk jamur se’ket). Jamur di rendam n cuci bilas berkali2 smp aga bening airnya .
* 1/2 ekor ayam kampung ukrn kecil aja

Bumbu halus
* bamer 10 pcs
* serai 2 pcs
* lengkuas seruas
* kunyit 1ruas
* cabe secukupnya
* terasi mentah 2 sdt
* santan dr setengah buah kelapa secukupnya

Cara Membuat :
🌼 Rendam jamur pelawan / se’ket dan cuci. Rendam dan ganti air sering2 smbl di cuci, cuci smp air aga menjadi bening, bila tdk nanti hasil masakan akan menjadi gelap kuahnya. Ada skitar 20x gnt air unt membersihkan jamurnya. Bila sdh bersih tiriskan dl dan rebus jamurnya sbntar saja unt mengurangi aroma jamurnya dan agar warna kuah ga tll gelap jg tujuan di rebus

🌼 Tumis bumbu halus smp wangi n matang. Masukan terasi dan aduk rata. Tumisnya pakai santan kental aja, ga usa pakai minyak spy ga bny makan minyak.

🌼 Masukan ayam dan masak smp ayam matang n aga empuk

🌼 Masukan jamurnya dan masak smp jamur aga lunak, batang jamur akan tetap garing2 kenyal, tp bagian payungnya ga tll kenyal.

🌼 Bumbui Garam, gula, mecin, lada. Cicipi apakah rasa sdh pas asinnya n sdkt saja manis spt rasa gulai.

🌼 Siap disajikan deh.. enak..

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

SAMBAL SAKIONG (KENCUR)

24 Jul

109807237_763793864424370_6856748342521458000_n(1)

 

hari ini aku mau share resep yang unik, yang mungkin temen2 blum pernah cobain.. namanya sambal sakiong alias sambal kencur .. dr smua temen2 diluar orang Bangka sih ga banyak yg ga tau sambal ini n ak ingat dl ada teman masa skul cobain sambal ini dgn ayam rebus n temenku  dia blg enak bgt n si Mama smp skrg msh ingat kl masakannya disukai ama temanku itu.. ☺️☺️ mgkn temanku sdh lupa dgn kjadian itu, tp Mama msh ingat krn dia mgkn happy krn masakannya disukai olh temanku..

Senang deh bisa mempelajari resep simple ini yg diturunkan oleh Nenek nya Mache ke Mamanya Mache n skrg Mache bs bkn sndiri juga d…

Sambal sakiong ini cocok disajikan bareng ayam rebus ya dan kmrn sambal ini aku prlajari cr masaknya dr yg punya resepny lgsg.. kebetulan hr mgg kmrn Mama bday n anak2nya kmpl di rmh Mama stlh skian lama ga kmpl2..

Sambal Sakiong
By @mache_kitchen ( resep Mama)

Bahan
#50 gr kencur
#daun kencur ( ak lg ga pk krn lg ga ada. tp kl ada daun kencur, so penggunaan kencur bs di krgin n pake daunnya lbh banyakan).
#baput 2 pcs
#cabe rawit merah scukupnya ( 5 pcs)
#kecap asin
#mecin sdkt
#kaldu dr rebusan ayam

Cara Membuat
🌼 Tumbuk kencur daun kencur, cabe, bawang putih. Jangan di blender ya..tp di tumbuk smp aga halus

🌼 Tumis bumbu ulek smp wangi dgn api kecil sedang.

🌼 Bila sudah wangi beri air rebusan kaldu ayam sckpnya saja, nanti akan di masak smp sdkt kental.

🌼 Bumbui dgn kecap asin n sdkt garam sj smp rasa asinnya cukup pas dan beri sdkt saja mecinnya spy ada lbh gurih.

🌼 Bila suka manis bs ksh seediiikittttt saja kecap manisnya , cm 1/² sdt saja sih.. soalnya rasa hrs cenderung lbh ke asin. Masak smp agak mengental.

🌼 Sajikan sambal ini sbg cocolan ayam rebus ya..
buat ak ini sdh enak bgt krn dr kecil km sdh biasa makan sajian ala si Mama .. ..

 

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

Puding Kembang Tahu

24 Jul

Puding Kembang Tahu

Kalau ke pasar PiK ada 1 toko yg menjual kembang tahu dgn kuah jahe, Mache sk beli disana…
eh pas baca2 buku cie @juwitacc ternyata ada resep puding kembang tahu n kmrn sore Mache coba bkn aja deh krn kbtlan Mache skluarga suka banget dgn olahan kedelai, pas baca resep eh bahannya simple banget.. ya sdh lah Mache lgsg bkn aja n stlh dingin, lgsg di kulkasin pudingnya n malamnya lgsg di makan, wuih berbunga2 deh hati Mache ternyata hasilnya sesuai dgn yg di harapkan, lembut, lumer, kuah jahenya pas banget rasanya.. wl cm puding kembang tahu tp ini sesuai bgt dgn resep yg pengen Mache buat slm ini…
Ud brp kotak yang Mache makan sdh ga tau lg deh.. Bneran Mache suka banget.. kapan2 kl ke tmp Mama, mau bawain ini ah.. Mama Papa pasti suka banget… Thx Cie Juwita unt resep2nya yg ciamik.. buat temen2 yg blm punya bukunya ayo dibeli..bs unt ide jualan jg loh…

Kembang Tahu
by @juwitacc

Bahan
2.6 kg air susu kedelai tawar
1 bgks agar2

Bahan kuah
350 gr gula merah
400 ml air
250gr jahe geprek aja

cara membuat
1. campur bahan puding, aduk rata spy tpung agar ga nyatu. Masak smp mendidih smbl terus diaduk spy ga gosong.

2. Tuang ke cetakan n dinginkan. Simpan dl ke kulkas

Kuah :
Masak smua bahan dan masak smp didih.kecilkan api dan masak slm 20 mnt smp sari jahe kluar. saring

sajikan puding kembang tahu dgn kuah siramannya.. uenak dehhhh

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU

Kentang Mustofa

21 Jul

KentangMustofa

Kentang mustofa .. salah satu cemilan renyah tapi bisa jd lauk untuk menemani makan nasi. khususnya buat bocah, pasti suka, asal bikinnya jgn terlalu pedas, so nanti biji cabe di buang dulu dan siram dgn air mengalir dl cabenya spy pedasnya kaburrrr…

Kentang Mustofa
by @mache_kitchen

Bahan (hasil bny)
1.5 kg kentang, parut dan cuci bersih
daun kari 3 batang (bukan 3 lembar ya)

Bumbu halus
8 bawang merah
6 bawang putih
cabe merah kriting 10 pcs
cabe rawit bila suka
lengkuas, iris atau geprek
daun salam 3 pcs

asam jawa, cairkan
gula merah 1 sdt
gula pasir sckpnya
garam sckpnya
royco 1/2 sdt

Cara Membuat
🌼 parut kentang, cuci bersih smp air tdk keruh ( 3x cuci). Rendam air kapur sirih slm 30 mnt, tiriskan

🌼 goreng kentang smp kecoklatan n garing. Ak bagi jd 4 smp 4x goreng. Daun kari juga di goreng bersama kentangnya yq, nanti jd garing daunnya n wangi n enak.

🌼 Bumbu :
tumis bumbu halus, lengkuas, daun salam smp wangi dan matang. Beri sdkt air dan bumbui gula merah, gula pasir, garam, royco n air asam jawa. cicipi apakah manis asin asam sdh pas. Masak smp bumbunya kering. Matikan api kompor

🌼 masukan kentang goreng ke bumbu dan aduk rata.
Dinginkan dan simpan dlm toples

nb bila Kentang tdk kriuk, di ovenin aja dgn suhu kecil 10 – 15mnt.

 

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU