Mie kuah sederhana (tanpa daging & kuah kaldu)

10 Aug

Hi… buat teman – teman yang bingung mau masak apa buat si kecil. Kalau kasih makanan instant ke anak kan kasihan anaknya, tapi kalau masak yang ribet ribet suka malas banget deh rasanya… Nah kali ini aku mau share resep masakan mie kuah sederhana versi aku.. Aku biasanya suka masakin mie kuah ini buat si kecil di kala lagi malas masak.. Oh ya tapi ini versi non halal ya…

Pertama – tama yang harus kalian punya adalah : minyak babi .. whattt? …. iya minyak babi,… ga salah tulis kok … 😀
Apakah aman memasak dengan minyak babi? tenang aja, kita kan pakai hanya untuk menumis dan berdasarkan yang aku baca2 dr mr. google sih minyak babi memiliki khasiat juga kok untuk tubuh.. so selama masih dalam batasan aman (gak tiap hari dan ga dalam jumlah yang banyak) harusnya sih gak masalah ya..
Buat yang ga punya lemak babi, mungkin bisa di ganti ke lemak ayam.. Caranya dengan mengumpulkan lemak dan kulit ayam dan di masak di pan anti lengket sampai keluar minyak2nya.. (tentunya unt mendapatkan jumlah minyak yang banyak perlu banyak juga lemak dan kulit ayamnya, jadi bisa di kumpulkan dulu kulit dan lemak ayam dan dibekukan sampai dapat jumlah yang banyak baru deh ambil minyaknya, jangan lupa kasih sedikit minyak goreng juga ya, jadi ga 100% pure minyak ayam / babi).

 

Nah itu gambar minyak babi yang sudah aku kulkasin jadinya agak mengendap.. Cara bikin minyak babi cukup mudah. Hanya perlu mengumpulkan kulit babi yang banyak lemaknya dan kemudian di panaskan di pan anti lengket sampai keluar minyak2nya dan kemudian tambahkan minyak goreng secukupnya dan kemudian masak lagi sampai kulit babi aga kering , beri sedikit garam ya saat di goreng. Biasanya sih minyak goreng yang aku tambahkan lebih banyak dari pada minyak babinya sendiri, jadi ga sepenuhnya minyak babi semua deh…

MIE KUAH SEDERHANA & SIMPLE BANGET

IMG_20180809_183015

Bahan :

1 siung bawang putih, geprek n cincang halus (Kalau aku di parut br cincang kecil)

1 lembar mie kering (aku pakai mie burung dara yang pipih)

1 telur ayam

1 sdm minyak babi

1.5 – 2 sdm kecap angsa

Garam secukupnya, sesuaikan asinnya karena uda ada kecap angsa

sejumput mecin (dikiiiit aja ya, tp kl banyak pst lbh enak, tp buat anak2 mah asal ada gurih dkt aja uda enak).

merica secukupnya

air secukupnya

IMG_20180809_183002

CARA MEMASAK :

  1. Rebus mie jangan terlalu matang, angkat dan tiriskan dulu. Biasa aku siram mie dengan air kran supaya mendingin dulu sekalian hilangin bekas air rebusan mie.
  2. Panaskan 1 sdm minyak babi dan masukan bawang putih cincang. Tumis sampai wangi dan kecoklatan.
  3. Beri secukupnya air (1 gelas dulu saja), kalau kurang baru di tambah lg belakangan.
  4. Masukan kecap, garam, mecin dan cicip dulu rasa asinnya apakah sudah pas.
  5. Masukan telur dan aduk2 telurnya
  6. Masukan mie dan masak sampai mie kenyal dan lembut (untuk anak2)
  7. Beri merica
  8. Bila kuah kurang bisa ditambahkan air lagi dan jangan lupa di sesuaikan rasa asinnya lagi kalau sudah di tambahkan air ya..
  9. Angkat dan siap disajikan

Kalau anaknya suka sayuran bisa ditambahkan sawi setelah menambahkan air di tumisan bawang putih dan daun bawang juga bisa di tambah 1 menit sebelum mie diangkat. Bila suka cabe juga bisa di tambah barengan dengan sawi. Simple banget kan dan ga pakai lama dan rasanya juga lumayan kok (Yah jangan di bandingkan dengan mie ayam dengan daging dan mecin banyak). Tapi buat masakan tanpa daging dan kuah kaldu sih boleh lah aku bilang nilainya 7 … 😀
Semoga resep ini bisa mempermudah bu ibu dalam memasak di dapur yahhh…

 

NB :

Aku belum pernah mencoba versi dengan minyak ayam, tapi dulu aku pernah bikin mie ayam daging dengan menggunakan minyak ayam untuk tumis bawangnya, dan rasanya lumayan juga, makanya aku suggest yang ga pakai minyak babi bisa coba ke minyak ayam.

 

Oke deh sekian dulu ya resep mie kuah sederhana ala saya yang lagi malas masak dan suka kehabisan ide masak. So saya suka yang simple aja deh

 

 

HAPPY COOKING
God Bless You All

Advertisements

2 Responses to “Mie kuah sederhana (tanpa daging & kuah kaldu)”

  1. Shin Hyo Ae February 5, 2019 at 4:05 pm #

    Kalau ga ada minyak babi, aku kdg sk bkn dengan daging babinya langsung dan rasanya enak juga, kl pakai kulit babi harusnya juga enak, tapi masak kuahnya agak lamaan sampai keluar rasa kaldunya pasti lbh enak. Enaknya pakai minyak babi ini, ga usa pakai daging pun rasa kuah kaldunya sudah mantap lah istilahnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: