Target 2017 (Berhasil DIET !!)

29 Dec

Hmmm… ga terasa tau2 kita sudah akan memasuki tahun yang baru lagi… setahun demi setahun berlalu begitu cepat and umur makin bertambah (artinya semakin tua dong)… 🙂

Tahun ini apa yang sudah aku kerjakan or hasilkan? Hmm… apa ya? susah jawabnya,… kalau aku Pak Ahok ya pastinya banyak deh jawaban yang bisa aku kasih,.. (salam 2 jari) ..Ups… tenang disini aku ga kan bahas soal politik kok.. tapi mau sharing pengalaman yang pastinya pernah dilalui banyak orang, ada yang gagal and ada yang berhasil juga. Buat kalian para cewek2, pastinya sangat mendambakan tubuh yang ideal dong? pastinya smua wanita di dunia ini sangat perduli dengan penampilan, tapi ada yang rajin menjaga penampilan and ada juga yang malas jaga penampilan seperti aku… hahaha jujur ya…

Aku ini salah satu orang yang paling susah untuk diet (karena hobby makan & ngemil juga). Dari jaman masih usia 20-an aja susah banget mau kurangin berat badan 2kg aja.. Boro2 diet, yang ada berat badan makin bertambah… Bukan hanya usia yang nambah, tapi berat juga semakin nambah seiring bertambahnya tahun 😀  😀

Berat terparah aku adalah saat hamil, yaitu mencapai 86kg an… Dengan tinggi 161kg and berat 86kg and perut buncit kebayang deh penampakannya seperti apa hihihi… Nah ini fotonya… gede banget ya perut aku ?? seperti hamil anak kembar, tapi aslinya mah enggak kok… anaknya yang lahir cm 1 aja n itu juga cm 3.5kg beratnya… sisanya berat di Maminya

imag0441
Di foto ini aku pakai legging warna senada dengan kulit ya… 

Udah jangan dipandang lama-lama ya fotonya, malu ah… (siapa jg ya kerajinan mau ngeliatin sampe lama hahahha…) mendingan pandangin foto Sandra Dewi or Luna Maya aja deh….

Lanjut ceritanya ya… Sehabis melahirkan berat aku berkurang 6kg and menjadi 80 Kg setelah baby nya keluar and aku harus memangkas 25kg untuk mendapatkan tubuh ideal.. Karena aku memberikan asi exclusive selama 1 tahun, berat badan aku sempat turun sampai ke 65 kg (horeeee) and tapinya setelah lepas asi karena ga dijaga, berat aku naik menjadi 73kg (buseet) and sempat turun lagi stabil di 70-71kg di penghujung September 2016.

Selama hampir 2 tahun aku sih enjoy aja dengan gaya makan aku, makan kapan saja di waktu yang di mau (ga ada aturan). Sehari makan nasi pastinya 3 porsi rutin and blum termasuk ngemil dll.. dulu mainset aku harus makan 3x nasi sehari karena takut kalau telat makan nanti maag kumat, padahal alasan aja sih.. walau belum lapar pasti aku akan makan di jam makan (itu nga termasuk ngemil nya lohhhh).. Ditambah 1 lagi alasan tidak diet adalah karena suami ga complain dengan penampilanku (soalnya dia juga endut hahah).. Kalo berani complain, gue complain balik istilahnya hahahha….

Nah sampai disatu titik, pas lagi nonton drama Korea uncontrollably fond yang diperankan oleh Kim Woo Bin, aku melihat sang aktor memiliki body yang begitu HOT and super keren and Suzy juga terlihat cantik banget. Dari nonton drakor itu kepengen sih untuk bisa memiliki penampilan yang keren, kalau beli baju Online ga harus ditambah kata “jumbo” and pastinya bisa lebih Pede lagi kan… And kebetulan Suami juga ajakin aku diet demi anak, supaya kami bisa sehat juga…

Aku mulai googling sana sini mengenai diet dan tapinya yang pasti aku mau diet dengan cara sehat, yang artinya diet tanpa harus menahan rasa lapar terus menerus & bikin lemas, bukan diet mayo or diet pisang, dll. Jujur aku ga pandai menahan lapar  dan aku juga sangat suka ngemil, makan daging, cake. Oh ya, aku juga ga mau pakai obat kurus yang pastinya, karena aku lebih suka yang natural aja… Aku hanya pernah mencoba menggunakan slimming gel mustika ratu saat awal diet, tapi 1 botol ga habis2 pakai karena malas and suka lupa dipakai pas berolahraga hahaha.

Pada akhir sept 2016, aku mulai mengurangi porsi makan aku. 1 porsi nasi aku kurangi menjadi 1/4 nya saja and aku banyakin di lauk and kalau lapar lebih ngemil ke buah and makan malam terakhir di jam 6 kurang. And pagi hari sebelum makan apa2 aku mengkonsumsi 1/2 buah perasan air lemon.  Hal itu berhasil membuat aku turun 3kg dalam 1 minggu … dahsyat ya… dr 71 kg akhirnya berhasil menjadi 68kg and tapi sempat stuck smingguan and ga turun2 lagi. Senang juga walau baru turun sedikit saja..

Per 8 Oktober 2016, akhirnya aku decide untuk berolahraga. Aku mulai bangun pagi untuk jalan kaki di sekitaran komplek saja selama 1 jam.. Pada hari pertama decide untuk olahraga jalan pagi juga merupakan hari yang ga akan terlupakan seumur hidup, soalnya pas lagi asik olahraga eh tau2 sepatu olahraga yang dulu beli di tahun 2012 and nganggur di lemari bertahun2 tau2 mangap minta makan.. Bukan cuma mangap, pas aku jalan pulang ke rumah karena malu juga karena banyak juga yang berolahraga, eh alas sepatu paling bawah tau2 copot begitu saja (OMG super memalukan)… Aku ambil alas sepatunya sambil berlari ke rumah sambil jalan tertatih-tatih (karena kaki sebelah pakai sepatu tapi alasnya cuma kaus kaki, ngeri sampai keinjek paku).. Sangat memalukan and unforgetable moment banget deh..

Nah abis itu siangnya aku ajak suami deh beli sepatu olahraga baru, horeee…. nah dari hari itu aku cukup rutin berjalan kaki 60 – 90 menit. Dalam 1 minggu minimal 1 hari aja yang di skip, tapi kalau pas berat mulai naik ya seminggu jalan kaki rutin tanpa libur and di tambah hulahoop an saat anak tidur minimal 30 – 60 menit sambil nonton Drakor.. Jadinya ga sia2 deh waktunya.

Oh ya saat berolahraga aku juga mulai menambah sedikit porsi makanku. Tadinya cuma 1/4 porsi nasi yang biasa aku makan, aku ubah jadi 1/2 porsi. Aku ga mau kurus tapi sakit-sakitan. Aku mau bisa menjadi langsing tapi tetap sehat. Pelan-pelan tapi ada hasilnya, karena kalau terlalu cepat kurusnya nanti kulit bisa menjadi kendor juga.

mtf_tfkrk_123-jpg

Nah itu emak2 pakai baju ungu itu aku, lihat perutnya berlipat pula. Mertua & kakak ipar aku masih pada  langsing, aku sendiri yang gempal huhuhu 😦 😦

Salah satu alasan aku untuk berusaha mengurangi berat badan adalah keinginan untuk hidup sehat. Belakangan aku banyak mendengar berita teman2 ku banyak yang sudah berpulang ke ” Rumah Tuhan ” di usia yang tergolong masih sangat muda. Dan 1 lagi yang jadi alasan aku ingin sehat adalah si bocah kesayangan, alias anak. Aku tidak ingin anakku kehilangan sosok ibu di usianya yang masih kecil.. Aku ingin lebih lama mendampinginya dan melihatnya bertumbuh.

img_20160617_104446

img_20160617_094021

Itu foto aku pas masih 72kg an, pipinya berisi banget ya.. Aku jarang berfoto semasa gemuk, itu foto pas lagi jalan-jalan aja jadinya sempat diabadikan. Beda banget ya dengan foto di profil aku? ya kan namanya usianya juga sdh nambah, dulu gadis and skrg uda emak2.. hhihihih…

endutttt

Super chubby 😛 hihihi… (sebelum kurusan)

Dari tadi kayaknya cuma cerita aja, mana nih tips dietnya? hahaha,… ya kan emang aku mau berbagi cerita , bukannya berbagi tips… hahahha minta di timpuk sama yang uda cape baca deh..

img_20161226_174926

Itu foto terbaru aku dengan berat 63kg, lumayan sdh susut 8 kg an. Aku masih perlu memangkas 5 – 8kg lagi nieh… Perlu waktu hampir 3 bulan untuk aku bisa membuang 8kg dari tubuhku, tapi aku tetap bisa makan apa saja dan tetap makan enak dalam porsi yang wajar. Sekarang aku sudah jarang ber-hulahoop saat anak bobo siang, karena sudah lumayan senang dengan hasilnya, tapi bukan berarti aku tidak berolahraga loh ya… itu WAJIB !!! Semoga aku bisa tetap menjaga berat badan jangan sampai naik lagi, bahayaaaa!!!
Senang banget rasanya sudah bisa menggunakan beberapa koleksi yang lama dan sayangnya baju2 yang lama kebanyakan sudah aku kasih ke orang, tapi beberapa yang favorit saja yang aku masih simpan dan berharap bisa digunakan kembali and akhirnya sekarang bisa dipakai lagi dan bahkan celana2 aku sudah pada kebesaran.. hihihi.. Tapi aku masih ada target lagi, aku ingin berat aku bisa menjadi 55 kg (jika bisa).. masih ada PR 8 kg lagi nieh,,, yah kalau tdk tercapai, bisa kembali ke 60 kg juga sudah senang… sudah sbulanan ini aku stuck di angka 63 kg karena aku agak mengendorkan dietnya, jangan sampai naik lagi lah intinya ya… smoga bisa turun lagi….

Nah sekarang rangkumannya nih buat yang ingin bisa mengurangi bobot (dari pengalaman pribadi ya, bukan kata pakar loooh ).

  1. Kurangi porsi nasi and banyakin di sayuran and buah-buahan. Jika bisa diganti ke beras merah. Aku juga sekarang sering mengkonsumsi beras merah. And pagi aku minum air perasan 1/2 lemon. Aku hanya rutin 2 – 3 mingguan pertama saja and blakangan sudah jarang lemon detox.
    Pas awal diet aku benar-benar membatasi mengemil, termasuk roti, boleh makan tapi hanya 1/2 saja and kalau mau makan keripik or kerupuk ya sekedar untuk mengingat rasanya saja, cuma ya kadang dari kepengen cuma icip beberapa keping jadinya ngemil benaran, so better di tahan2 kalau mampu sieh… Pas kepengen makan indomie, aku juga cuma makan 1/2 saja and di share sama embak yang di rumah. Itu pas awal2 diet ya, kalau sekarang sih kadang makan juga indomie 1 bungkus + telur pula, tapi ga pakai nasi..
    Oh ya aku juga kebanyakan mengkonsumsi sayuran yang di tumis or rebus saat diet, kadang aku makan 1 buah tahu putih supaya bisa menjadi lebih kenyang. Terkadang juga aku makan ayam goreng atau bakwan goreng, pergedel goreng, ya tapi jangan sering sering dan jangan banyak2 lah, nanti batuk “kata anakku” 😀 😀
  2. Aku hampir setiap hari mengkonsumsi buah naga merah supaya pencernaan lancar. Sangat terbantu banget dengan buah naga. Dalam setiap hari usahakan mengkonsumsi buah & sayuran berserat supaya  BAB lancar dan timbangan bisa lebih berkurang.
  3. Rajin berolahraga.. WAJIB. Ga perlu keluar uang or pergi ke tenpat fitness, setiap hari aku bangun jam 5am dan mulai jalan kaki di sekitaran komplek rumah. Kenapa harus jam 5 pagi? bukan karena apa2, tapi karena jam segitu anak masih bobo, kalau sudah bangun ya aku ga bisa ngapa2in dong hehehe… aku olahraga jalan pagi 60 – 90 menit and kadang di tambah hulahoop 30 – 60 menitan di siang hari saat anak bobo siang. Usahakan berolahraga dalam seminggu minimal 3-4x. Untuk awal2 ya bagusnya tiap hari dong.. Olahraga itu menyehatkan loh. oh ya kadang pas iseng aku juga suka naik turun tangga di rumah dan banyak beraktivitas seperti mengajak anak jalan2 di sekitaran rumah dan jangan lupa ya tidur juga harus cukup, minimal 5 – 6 jam per hari.
  4. Saat weekend (sabtu dan minggu) aku lebih bebas makan, supaya ga bosan dietnya. Malahan sekarang kadang aku suka ngemil sedikit di malam hari (Kadang yaaaa), kadang ya suka bablas juga and keesokannya berat naik and mulai memperketat diet lagi deh. Menurut aku kalau diet menahan ga makan ini itu, ya nantinya kita bisa menjadi bosan and pas balas dendam malah jadi kalap dan nantinya malah jadi makin menggendut deh. Diet ala aku sih tetap makan apa saja tapi dalam batas wajar.
  5. Rajin menimbang berat badan. PAs mulai naik, mulai diketatin makannya and pas aga turun boleh sedikit ngemil. Aku masih makan roti, makan mie, makan kripik or kerupuk sampai saat ini, tapi batasin jumlahnya, kurangi gorengan and minuman manis, tapi bukan sama sekali tidak mengkonsumsi gorengan and yang manis2 loh,… Dalam batas wajar masih oke selama diimbangi olahraga

Oh ya tambahan, jadwal makan aku biasanya seperti ini : kalau pagi aku suka mengkonsumsi oatmeal sebanyak 1 gelas and nanti jam 11 and jam 3 sore aku makan nasi 1/2 porsi dan jam 6 kurang aku makan buah and sering juga saat malam pas nge mall malah makan malam juga and pas nyuapin anak makan kadang ikut makan juga sih  blakangan ini… Tapi bagusnya memang sih stop makan malam setelah jam 6. Aku juga masih mengkonsumsi kopi setiap hari, biasanya sih hanya kopi kapal api dengan gula or nescaffe latte kaleng. Kalau yang nescaffe latte kaleng biasa suka aku bagi jadi 2x minm, jadi bisa untuk 2hari. Bukan karena irit ya, tapi biar ga banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh. Aku juga sudah jarang minum yang manis sperti Ch*time, Shar* tea, or minuman botol yang manis manis. Kalau kepingin yang manis, cukup minum kopi or teh manis aja.

Hmmm… sementara itu aja dulu ya sharingnya, soalnya anak sudah bangun nih dari bobok siang, jadinya saatnya balik ke rutinitas. Nanti pas sempat akan aku tambah2in lagi deh tips nya sambil diingat2 kembali apa aja usaha yang uda aku lakuin untuk membuang lemak di tubuh ini…

Buat yang punya saran or tips boleh juga share melalui comment dibawah ini ya…
Terima kasih sudah menyediakan waktu untuk membaca postingan saya… GBU all

Update per 19 January :

hari ini beratku sudah 62kg, walau cuma berkurang 1 kg dari yang lalu2 tapi cukup bikin hati senang.. ya tapi beratnya suka naik turun di kisaran 62 – 63kg sieh dan aku masih mencoba untuk bisa mengurangi berat badan sampai di angka 60kg, and kl sudah tercapai mau coba ke 55kg (mungkin ga ya????)

Nah ini foto pagi tadi di 62kg, lumayan wajah sudah tirusan and kulit wajah juga uda sdkt lebih kinclong hasil rajin merawat diri pakai pelembab.. (foto habis olahraga and pastinya sebelum mandi 😀 hahah)

16129197_10154146160541516_1749780902_o

walau aga lama kurusannya gpp deg, yah pelan2 saja lah asal ga naik lagi beratnya… amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: