Gulai Daun Singkong Ala Mama

28 Mar

Gulai daun singkong merupakan menu favorit saya, tapi ya dikarenakan dimasak menggunakan santan jadinya saya ga bisa sering memasak gulai daun singkong deh. Dulu sebelum nikah si Mama suka memasak gulai daun singkong dan kalau sudah makan gulai daun singkong aku bisa lupa diri kadang hehehe… Gulai daun singkong buatan Mama soalnya enak dan pas aku masak gulai daun singkong versi Mama di rumah, pembantu di rumah pas nyicip kuahnya malah bilang kok ini enak sih, biasa dia suka masak gulai daun singkong juga tapi rasanya berbeda dengan gulai daun singkong ala Mama. Perbedaan pada gulai daun singkong ala Mama dan ala pembantu di rumah masak adalah penggunaan ebi dan terasi. Suamiku ga suka dengan ebi jadinya kalau masak ya jarang pakai ebi, kalaupun pakai ebi pastinya dia ga akan makan. Tapi kali ini dia bilang oke walau ada bau ebi-nya.

GULAI DAUN SINGKONG

Gulai daun singkong   Bahan :

* 4 ikat daun singkong (ambil yang muda dan daunya masih lembut).

Bumbu Halus : 

* Bawang merah 7-8 pcs yang aga sedang.

* Cabai keriting & rawit sesuai dengan selera pedas.Kalau aku sih aku tambah dengan cabai kering.

* Kunyit 1 ruas

* 1 serai ambil putihnya saja

* Terasi 1 sdt full

* Ebi 1-2 sdm, cuci bersih. (karena suami ga sk ebi, kemarin aku hanya pakai 1 sdm saja).

 

Tambahan :

* Lengkuas 1 ruas, geprek

* 1 serai di geprek (optional). aku suka wangi serai jadi aku tambahkan 1 lagi.

* Santan setengah kental secukupnya.

* Garam

* Gula

* Mecin

 

CARA MEMBUAT :

1. Rebus daun singkong sampai agak lembut (beri garam + sedikit air abu (optional), angkat dan cuci dengan air dingin. Peras dan buang air sisa rebusan daun singkong, lalu potong- potong daun singkong yang telah di peras.

2. Tumis bumbu halus, lengkuas dan serai sampai wangi.

3. Masukan air santan. Aduk-aduk supaya santan tidak pecah.

4. Jika sudah mendidih, beri garam, gula dan mecin, cicipi rasanya apakah sudah pas asin dan manisnya.

5. Masukan daun singkong yang telah di potong-potong.

6. Masak sampai daun singkong menjadi lembek sesuai selera.

7. Angkat dan sajikan. Nikmat….

Nah mudah kan membuat gulai daun singkong? ga seribet yang dibayangkan ternyata dan hasilnya juga maknyus… So buat yang ingin mencoba memasak gulai daun singkong di rumah, silahkan mencoba resep ala Mama-ku.

 

HAPPY COOKING

GOD BLESS YOU

AJA AJA FIGHTING !!

 

Leave a Reply

