Mochi ala Mama

15 Jan

Kemarin aku makan malam bersama keluarga di Resto sup buntut ibu henny. Dan sambil mengisi waktu kami membeli mochi-mochi yang ada di lantai 1 Mega MAll. Suami memang suka sekali dengan kue mochi, tapi sayang harganya bisa terbilang mahal. Per pcs nya saja mencapai Rp. 5.000,- dan 2x gigit sudah habis.

1521483_10151846396021516_1100607977_n

Mama-ku juga suka membuat mochi isi kacang, dan sudah lama juga aku menanyakan resepnya dan Mama hanya menjawab kalau dia tidak tahu takarannya dan takut nantinya aku salah buat.
Dulu sih sebelumnya aku pernah membuat mochi gunting dengan cara di masak santan dan tepung ketannya dengan cara diaduk terus menerus sampai menjadi adonan yang siap di pakai, hanya saja cara demikian makan waktu banyak dan melelahkan. Akhirnya waktu pertama kali mencoba, hasil adonan yang sudah cape-cape dimasak dengan tenaga akhirnya harus dibuang karena terlalu lembek dan lengket. Nah kalau resep ala si Mama ini cukup mirip dengan mochi sukabumi gitu deh.. rasanya juga enak kok…

Nah berhubung aku tidak memiliki resep dengan takaran, so aku hanya menshare proses pembuatannya saja ya. Mudah kok.. buat yang sudah biasa membuat kue pasti bisa deh..

1. Campur adonan tepung ketan dan santan kental sampai membentuk adonan yang tidak terlalu kering tapi tidak terlalu basah juga. (Maaf ya aku tidak ada takaran karena menggunakan kira-kira saj). Taruh adonan dalam wadah yang sudah di oles minyak

Untitled-1

2. Kukus adonan sampai matang, angkat adonan dan taruh dalam kantung plastik putih. Ulen adonan panas-panas sampai menjadi adonan yang kalis dan mudah dibentuk. Lapisi tangan dengan kain supaya tidak terlalu panas saat mengulen.

qaTampilan adonan setelah matang

3. Bentuk adonan bulat kecil, lalu pipihkan dan berikan isian untuk mochi (bisa isi tausa, kacang ijo, kacang tanah, dll). Tutup rapat ujung-ujungnya supaya isi tidak keluar.

4. Guling mochi yang sudah dibuat ke tepung beras atau sagu yang sudah di sangrai terlebih dahulu.

5. Mochi siap disantap dan Yummy…

1464630_10151846396556516_1783760285_n

Senangnya saat mochi ini ternyata berhasil kubuat dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Walau hanya pakai resep kirakira, tapi hasilnya tidak sia-sia…🙂

Ternyata membuat mochi tidak terlalu sulit dan jikalau malas, maka isian bisa membeli yang instant. Sama seperti yang kulakukan hehehe😛 kebetulan di rumah ada tausa sisa membuat bakpao, jadinya bisa aku pakai deh untuk membuat mochi.

SELAMAT MENCOBA
GOD BLESS YOU
AJA AJA FIGHTING !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: