Lontong Sayur

7 Jan

Dapat menikmati lontong sayur dengan kuah santan yang nikmat merupakan sebuah kepuasan tersendiri, tapi sayangnya makanan ini mengandung banyak kolestrol dan juga banyak minyak yang dihasilkan dari santan. Tapi kalau sudah makan lontong sayur dengan kepedasan yang super dan ditambah dengan semur daging dan sambal tauco, wah mantap deh, apalagi kalau ada kerupuk merahnya… ihhh asoy geboy…

Untuk lontong biasanya kami membelinya di pasar Muara Karang, namun setelah bisa membuat sendiri, so lebih baik memasak sendiri aja, selain lebih hemat, makannya pun lebih puas karena ga usa di irit-irit makannya hahaha. Harga lontong di pasar muara karang per pcs nya bisa mencapai 30.000 dengan ukuran besar banget.  Biasa kami membeli 2 pcs untuk makan sekeluarga, tapi nanti ke depan tidak akan membeli lagi deh lontongnya, lebih baik bikin sendiri aja deh.

5

LONTONG

Membuat lontong ini cara-caranya aku pelajari dari asisten / pembantu di rumah kami.

Bahan : 

* Daun pisang, jika keras biasa di kukus dulu sebentar

* Lidi potong kecil dan runcingkan ujungnya

* Beras, di cuci bersih

* Gilingan kayu bulat (untuk membuat lontong sama besar).

1

CARA MEMBUAT :

1. Bersihkan daun pisang dan jika daun keras, kukus dulu daunnya sampai daun menjadi layu dan lebih elastis untuk di bentuk.

2. Lilitkan daun pisang pada gilingan kayu (seperti gambar di kanan atas).
Lipat ujung-ujungnya dan sematkan lidi supaya daun pisang tidak terbuka.

3. Keluarkan gilingan kayu dari daun pisang (gambar kiri bawah).
Isi daun pisang yang sudah dilipat bawahnya dengan beras yang sudah di cuci bersih. Isi setengah lebih sedikit, jangan sampai
full karena jika beras matang nantinya akan mengembang.

4. Lipat kembali bagian atas daun pisang yang sudah diisi beras. Memang agak susah membuatnya apalagi jika daunnya keras. Jangan sampai daun pecah atau robek karena nasi akan keluar dan menjadi berantakan.

5. Siapkan panci besar dan susun lontong yang akan di rebus nantinya. Isi air pada panci sampai seluruh lontong terendam air. Masak lontong sampai matang. Pematangan membutuhkan proses yang agak lama. Kemarin aku merebusnya hampir selama 2 jam dan jangan lupa cek apakah air sudah mengering dan tambahkan air jika lontong belum matang.

2Setelah matang dan siap untuk di santap.
Rasa lontong ini pas banget. Tidak terlalu keras atau terlalu lembek. Sesuai keinginan.

Setelah selesai membuat lontongnya, sekarang saatnya kita membuat sayur untuk menemani lontong. Kalau mertua aku menyebutnya sayur lodeh, tapi aku bingung mau sebut apa, aku taunya lontong sayur🙂
Oh ya aku membuat semur dan sambal tauco untuk menemani makan lontong sayur yang aku buat.

LONTONG SAYUR

Untuk resep dari lontong sayur ini, resepnya aku adaptasi dari mertua dan dipadukan dengan resep Mbak Endang Jtt.

Bahan :

* 1/2 ekor ayam, potong kecil – kecil

* 15 untai kacang panjang

* 2 labu siam, potong memanjang

* 1250 cc – 1500 cc santan  encer (sisa dari memeras santan kental dari 2 pcs kelapa)

* 400 -500 cc santan kental (aku pakai 2 kelapa, tapi tidak semua santan kentalnya aku gunakan. Aku hanya menggunakan 400 – 500 cc santan kentalnya dan sebagian aku simpan santan kentalnya dan disimpan dikulkas untuk di bekukan dan saat akan digunakan baru dikeluarkan).

* 10 Tahu goreng (yang segitiga). Belah 2 tahunya.

* 1 batang petai (optional).

Bumbu Halus :

* 8-10 Bawang Merah

* 5 bawang putih

* 10 cabai merah keriting

* 6 – 8 pcs cabai kering. Cabai kering menghasilkan warna merah yang bagus pada kuah santan.

* 10 rawit merah (jika tidak suka pedas, kurangi penggunaan cabai).

* Kemiri 5 pcs, sangrai terlebih dahulu.

* Minyak untuk menumis.

Bumbu lainnya :

* 5 lembar daun salam

* 3 lembar daun jeruk

* 2 ruas lengkuas, geprek

* Rawit merah utuh secukupnya

* 2 batang serai, geprek

* 2 – 3 sdt garam (Sesuaikan dengan selera asin masing-masing).

* 2 – 2.5 sdm gula merah, sisir  (sesuaikan dengan selera manis masing2).

* 1 – 2 sdt gula pasir (sesuaikan dengan selera manis masing2).

* 1 maggie kaldu blok atau kaldu bubuk atau mecin.

CARA MEMBUAT :

1. Cuci labu dengan garam untuk menghilangkan getahnya. Potong labu bentuk korek api besar dan sedikit lebih tebal. Asinkan 15 – 30 menit dengan garam dan cuci bersih.

2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, lengkuas, serai sampai harum.

3. Masukan potongan ayam, aduk sampai ayam berubah warna.

4. Beri santan cair dan masak sampai ayam empuk.

5. Masukan tahu goreng yang sudah dibelah 2.

6. Masukan kacang panjang dan masak sampai kacang panjang agak layu.

7. Masukan labu siam & petai. Penggunaan petai hanya untuk menambah aroma di masakan. Jika tidak suka petai silahkan skip bahan ini. Aku memang bukan penggemar petai, tapi aku cukup menyukai sedikit aroma petai pada masakan tertentu.

8. Tuang santan kental. dan masak sampai santan mengeluarkan minyak.

9. Beri garam, gula, dan kaldu bubuk. Cicipi apakah rasa asin, manisnya sudah pas. Cek juga apakah sayur sudah pas teksturnya. Kacang panjang harus agak lembek dan sudah tidak garing lagi dan labu juga sudah layu. Jika rasa kuah terlalu manis atau asin, tambahkan air dan masak kembali sampai mendidih. Untuk penggunaan air, aku agak susah menyebutkan takarannya, karena tiap kali memasak takaran airnya tidak pasti. Trick-nya jika keasinan atau kemanisan ya aku hanya menambahkan air dan memasaknya kembali dan mencicipinya terus menerus sampai menemukan rasa yang pas.

10. Angkat dan sajikan dengan lontong. Tabur bawang goreng jika suka dan beri kerupuk merah.  Cuma kemarin berhubung stok kerupuk merah tidak ada jadi aku ga pakai deh.

6

Semur daging sapi dan tahu + telur rebus adalah teman yang cocok untuk menemani makan lontong sayur. Jika tidak mau terlalu bersantan, maka kuah santan bisa dipadukan dengan kuah semur, rasanya enak loh. Dan selain dengan semur perpaduan lontong sayur dan sambal tauco juga merupakan pilihan yang tepat deh. Oh ya di sambal taoco aku tambahkan udang dan tahu lagi, mantap deh. Hasil dari memasak lontong sayur ini menghasilkan porsi untuk dimakan dalam 2 hari hahaha karena aku masaknya cukup banyak.

Untuk resep tahu taoco pernah aku share disini ya, silahkan dibuka link nya.
https://shinhyoaeippeo.wordpress.com/?s=tahu+taoco&submit=Search

Untuk semur dagingnya nanti menyusul ya resepnya. Semoga info ini bermanfaat ya…

HAPPY COOKING
GOD BLESS YOU
AJA AJA FIGHTING !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: