Start 2014 with Korean food

1 Jan

Ga kerasa tau-tau tahun 2013 sudah berlalu dalam sekejab mata..

Sebelumnya aku mau mengucapkan “HAPPY NEW YEAR 2014 everyone….” khususnya buat para pembaca blog aku. Thanks atas kunjungan kalian ke blog ini. Walaupun dapur masakan saya masih amatir banget, apalagi dalam segi foto yang ga keren sama sekali, tapi ya inilah apa adanya yang bisa saya tampilkan dalam blog ini.

Dan untuk hal lainnya seperti Korean drama yang banyak banget nih belum di review and uda keburu basi… maaf ya… hahaha maklum walau nganggur ngeblog itu harus ada mood soalnya kan kita harus menulis dan merangkai kata2 untuk ditampilkan dalam blog hihihi 😛 ngelesss nya bisa aja deh…

Untuk kreatifitas, lain kali akan saya tampilkan bagaimana cara membuat kerajinan tangan yang sudah saya buat. Ya semoga dengan hadirnya blog ini bisa membantu memberikan informasi yang berguna bagi para pembaca sekalian dan semoga blog ini nantinya juga akan lebih diminati lagi… Amin

it’s 2014… new year… new hope… new destiny…
Semoga tahun ini akan diisi dengan kebahagian, sukacita, damai sejahtera, dan berkat-berkat yang baru. Dan semoga apa yang belum tercapai di tahun 2013 bisa dicapai di tahun yang baru ini… YES, AMIN!!!!
So everyone…. let’s start this year with something good and end this year with the accomplished goal. Amin

BIBIMBAP

1488064_10151820707596516_1679264109_n

Pagi di tahun baru ini aku membuat bibimbap yang sudah di request si Hubby beberapa hari yang lalu. Bibimbap merupakan makanan khas Korea dan dibuat dari sayuran dan ada dagingnya juga sih, dan yang terpenting untuk dimiliki dalam masakan ini adalah gochujang (pepper paste) dan sesame oil. Tanoa kedua bahan tersebut masakan bibimbap ini ga akan terealisasi.

Yang paling menarik dari Bibimbap ini adalah rasanya tidak terlalu kuat tapi aroma dari sesame oil nya sangat menggugah selera. Rasa yang lebih menonjol dalam bibimbap ini adalah asin, manis dan harusnya pedas, tapi buatku tidak ada rasa pedasnya sama sekali. Tapi salah satu temanku sudah mencoba membuat bibimbap dan praise God keluarganya menyukainya. Buat pecinta K-food jangan lupa cicipi masakan ini ya,…

Untuk resep bibimbap ini bisa di cek pada link dibawah ini. Aku sudah pernah men-share resep bibimbap ini sebelumnya.

Bibimbap ( 비빔밥 )

BULGOGI

1533933_10151807095981516_2048560302_nMaaf ya fotonya aku ambil dari Natal kemarin, tapi karena aku cukup menyukai rasanya maka aku buat kembali tapi tidak ada fotonya jadinya pakai foto yang Christmas lalu deh… 🙂

Bulgogi yang terbuat dari campuran buah Pear Korea (pear singo) ini rasanya enak dan setelah diberi ssamjang, wah mantap deh. Aku sekarang sedang menggandrungi masakan ini. Aku sudah 2x membuat masakan ini dalam semingguan terakhir. Aku suka dengan rasa daging yang manis hasil marinasi bumbu bumbu dan ditambah ssamjang yang asin dan dibalut dengan selada dan diberi sedikit nasi wah… maknyuss…..

Resep masakan ini aku dapat dari Maangchi.com dan sedikit aku ubah sesuai dengan versi aku. Berikut ya resepnya :

Bahan :

* 450 gram daging (aku pakai daging B2 atau ayam)

* 1/2 buah pear Korea

* 1/4 buah bombay sedang

* 4 bawang putih

* 1 sdt jahe

* 1 daun bawang iris

* 2 Sdm kecap asin (aku pakai yang merk Korea)

* 1 sdm gula merah

* 1,5 sdm madu (harusnya rice syrup)

* 1.5 sdm sesame oil

* Lada Hitam secukupnya

CARA MEMBUAT :

1. Blender pear, bombay, jahe, dan bawang putih sampai halus.

2. Campurkan hasil blenderan dengan daun baswang iris dan sisa bumbu yang lain.

3. Masukan potongan daging dan aduk merata. Marinasi selama beberapa jam untuk menghasilkan rasa yang nikmat. Aku marinasi dari malam dan pagi tinggal di bakar diatas pan anti lengket.

Oh ya untuk resep vegetarian, daging bisa digantikan dengan jamur shitake yang sudah di rendam. Potong jamur shitake tipis dan marinasi dengan bumbu yang sama dengan bumbu daging, hasilnya ga kalah enak dengan makan daging. Kenyal nya jamur dan manis nya terasa banget saat digigit. Sajikan selagi hangat, mamamia lezatos.

Untuk makan daging ini enaknya disajikan dengan ssamjang, atau sambal khas Korea gitu deh. Cara membuat ssamjang ini tergolong mudah. Berikut resepnya ya :

SSAMJANG

Bahan :

* 1/4 cup doenjang (soy bean paste).

* 1 sdm gochujang

* 1 batang daun bawang, cincang

* 1 siung bawang putih cincang

* 1/4 cup bombay

* 2 sdt madu atau lebih tergantung selera mau ke manis atau asin.

* biji wijen secukupnya yang sudah di sangrai.

* 2 sdt sesame oil.

Cara : Campur semua bahan diatas dan aduk rata. Rasa ssamjang ini seharusnya lebih dominan ke asin. Rasa daging sudah mania, jadi usahakan jangan terlalu banyak menggunakan madu. Rasa asin ssamjang ini untuk menetralisir rasa manis dari daging, jadi saat manis bertemu dengan asin akan menghasilkan perpaduan rasa yang perfecto 🙂

Demikian resep masakan Korea yang bisa saya share hari ini. Semoga kalian menyukainya ya,….

HAPPY NEW YEAR 2014
HAVE A BLESSED YEARS AHEAD
GOD BLESS YOU

Leave a comment