Singapore

20 Jul

안녕하세요………

Setelah 6 bulan tidak bekerja, akhirnya pada tanggal 6 – 11 Juli lalu aku di beri kesempatan untuk mengunjungi Singapura – Genting dan Kuala Lumpur bersama keluargaku. Ya intinya sih aku diajak supaya bisa memandu Mama, Pho-Pho, Tante dan anak-anaknya selama di Singapur dan Malaysia, padahal bahasa Inggris ku juga ga sangatlah jago🙂

Tapi ya daripada di rumah juga bosan, so aku decide untuk ikut dalam perjalanan tersebut. Sebenarnya aku aga malas berpergian tanpa suami, selain itu aku juga lagi dalam program mutihin kulit hahaa.. setelah 6 bulan gak banyak berjemur alhasil kulitku agak putihan, tapi dikarenakan 6 hari jalan-jalan eh sekarang kulitku malah jadi lebih hitam. Sunblock nya dibawa tapi malah lupa dipakai… hayaa… pulang pulang jadi hitaman deh kulitku, terutama daerah wajah dan leher jadinya belang sama badan… hikkkxxxxxx……….

Oh ya aku berada di Singapur hanya selama 2 hari saja, jadinya tidak terlalu banyak tempat yang aku kunjungi selama disana. Dan modal aku selama disana adalah peta MRT dan tanya-tanya orang keliling. Dan dengan modal itu di hari ke 1 akhirnya aku bisa mengunjungi Singapore river, merlion park, esplanade dan garden by the bay dan pada hari ke 2 kami mengunjungi orchard road – Lucky plaza dan Sentosa island. Kami tidak memiliki kesempatan untuk bermain di Universal Studio dikarenakan kami ke Singapur disaat weekend. Untung saja tiket USS nya belum kebeli, ga kebayang deh ngantrinya jika sudah kubeli tiketnya. Masuk sentosa island saja orang-orangnya sudah berjubel, apalagi yang masuk ke USS.. bisa stress antrinya deh.. huuuh…

Agak disayangkan sih sudah ke Singapur tapi ga bisa ke USS, tapi apa boleh buat karena rencana vacationnya dibuat agak dadakan jadinya ya sudah deh jadinya yang penting aku membawa mereka mengunjungi beberapa tempat wisata yang banyak dikunjungi orang-orang selama disana.

Berikut aku share peta MRT di Singapur yang aku dapatkan dari Mr. Google.

mrt_lrt_system_map_current_05-09

Cara membaca peta MRT ini tergolong mudah kok, contohnya nih waktu kemarin aku menginap di daerah Chinatown dan aku ingin mengunjungi Orchard Road dan Sentosa Island, maka dari Chinatown aku menaiki MRT jalur Ungu dan setelah melewati stasiun Clarke Quay dan Dhoby Ghaut, maka aku turun di Dhoby Ghaut (intersection) dan aku pindah ke jalur merah dan menuju ke Somerset dan Orchard. Setelah turun dari stasiun, maka kita tinggal membaca petunjuk yang ada didalam, cari saja arah exit dan setelah keluar MRT maka kita akan menemukan pusat perbelanjaan disepanjang Orchard Road. Tapi karena tujuan kami kesana bukan untuk belanja, so kami hanya lihat-lihat saja dan makan di Lucky Plaza.

Untuk menuju ke Sentosa. kami naik MRT jalur merah dari Orchard dan kembali ke Dhoby Ghuat, dan setelah itu kami pindah kembali ke jalur ungu (turun di stasiun Dhoby Ghuat) dan setelah itu menaiki MRT jalur ungu kami menuju ke Harbourfront (tempat perhentian jika ingin ke Sentosa Island). Dari Harbourfront kami turun dari MRT dan masuk ke Mall dan tinggal mencari petunjuk jalan menuju ke Vivo City. Kami berjalan kaki dari Mall menuju ke Vivo City, perjalanan cukup jauh tapi karena tempatnya bagus jadinya perjalanan terasa menyenangkan sekali. Setelah berjalan cukup jauh akhirnya kami membeli tiket masuk ke Sentosa seharga 1 dolar, atau bisa juga masuk ke daerah sentosa menggunakan kartu MRT Ez Link.

Oh ya ada pengalaman kurang menyenangkan saat akan masuk ke Sentosa. Karena aku tidak ada pengalaman, saat kami melihat counter tiket, so kami membeli tiket seharga 1 dolar tersebut. Dan dikarenakan bukan aku yang membeli tiket dan aku hanya diberikan struk senilai 10 dolar untuk 10 orang, so aku tidak tahu bahwa kami diberikan tiket kertas untuk masuk ke daerah Sentosa. Pikirku aku cukup menunjukan struk senilai 10 dolar tersebut ke penjaga, maka kami dapat masuk ke dalam. Tapi ternyata sesampainya disana, kami tidak menemukan penjaga. Dan setelah aku melihat banyak orang yang masuk ke dalam menggunakan Ez Link card, so aku mencobanya dan akhirnya kami berhasil masuk ke dalam. Setelah kami masuk ke dalam eh aku baru tahu jika kami diberikan karcis masuk, dan berhubung yang megang karcis tersebut tidak mendistribusikan tiket tersebut alhasil aku yang dimarahin deh gara-gara menyia-nyiakan 10 tiket masuk Sentosa yang belum terpakai.😦

6Sedikit gambaran mengenai Singapur.

Oh ya saat dari Bandara menuju Hotel, kami menggunakan taksi dikarenakan kami membawa banyak koper dan agak sulit membawanya jika harus menggunakan MRT. Eitss tapi bukan berarti kalian ga bisa menggunakan MRT dengan bawaan koper loh, hanya saja aku mencari cara yang lebih simple saja.

Tarif taksi dari Bandara menuju ke Chinatown sekitar 25$ Sing atau sekitar 200.000 rupiah (kami menginap di Santa Grand Lai Chun Yuen Hotel). Untuk 1 taksi hanya boleh untuk maksimal 4 orang dewasa, jika membawa anak-anak maka diijinkan untuk 5 orang dengan campuran anak-anak dan orang dewasa.

Pengalaman paling buruk saat tiba di Singapur adalah saat mencari Hotel. Supir taksinya membawa kami turun tidak di depan Hotelnya langsung dan juga menginfokan kami arah yang salah yang akhirnya membuat kami kudu mondar mandir keliling sambil membawa ransel. Penduduk Singapur cukup ramah, saat aku menanyakan arah Hotel, mereka dengan ramahnya membantu kami, bahkan sampai ada Uncle yang menelphone ke Hotel untuk menanyakan arahnya buat kami. Setelah kitar-kitar cukup lama akhirnya kami menemukan Hotel kecil tersebut. Walau kecil tapi tarif Hotel tersebut semalamnya menghabiskan sekitar 1jutaan. Kamarnya cukup sempit dan kurang nyaman, tapi pelayanan di Hotel tersebut cukup baik. Mungkin dikarenakan aku pergi saat high season, makanya harga kamarnya cukup mahal.

Saat mengunjungi Singapur, jangan lupa ya ke Garden by the bay… Disana adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat ke Singapur. Daerah garden by the bay sangat luas dan jika dijelajahi dengan berjalan kaki, dipastikan kaki anda akan gempor. Untuk masuk melihat-lihat taman saja kita tidak perlu membayar tiket, tapi jika mau masuk ke Flower Dome atau Cloud Forest maka kita harus merogoh uang yang cukup lumayan. Untuk masuk ke flower dome seorang dikenakan charge 16$ sing dan untuk anak-anak harganya lebih murah, tapi aku lupa tepatnya berapa (antara 11-13$ sepertinya).

4Bunga-bunga di flower dome.

Pemandangan di dalam flower dome ya isinya bunga-bunga yang cantik. Ya namanya saja sudah flower dome, isinya pastilah bunga hahha….. Setelah kami masuk ke flower dome, ada 1 lagi kesalahan yang kami lakukan. Yang ingin kami kunjungi adalah Cloud Forest, bukanlah flower dome. Kami berpikir bahwa flower dome dan cloud forest adalah 1 tempat yang tersambung dengan jembatan, eh ternyata malah tempat tersebut adalah 2 tempat yang berbeda. Ya dikarenakan kaki sudah pegal berjalan dan tenaga sudah cukup terkuras, akhirnya kami tidak jadi melanjutkan untuk masuk ke cloud forest.

Oh ya info tambahan, tadinya aku ingin mengunjungi taman avatar di garden by the bay. Lihat gambar sebelah kanan, diatas ada jembatan untuk melihat taman yang cantik. Sebaiknya jika ingin mengunjungi taman avatar bagusnya dilakukan pada malam hari saat lampu-lampu di taman tersebut dinyalakan. Berhubung di Singapur hari mulai gelap diatas pkl 19.40 an, so kami mengurungkan niat kami mengunjungi taman tersebut, lagi-lagi plan yang sudah kubuat menjadi gagal. Susahnya perjalanan membawa anak kecil ya begitu deh, jalan sedikit sudah lelah dan minta pulang, ya karena aku ga pergi sendiri jadinya ya sudah deh kami pulang ke Hotel juga sebelum perjalanan selesai. Sayang sekali sih aku ga sempat menyaksikan keindahan taman avatar tersebut di malam hari. Next time saja deh aku akan berkunjung kesana dengan si Hubby, tapi tentunya nanti setelah kami memiliki anak dulu.. hehe karena lagi mau program hamil, jadinya dalam waktu dekat tidak akan ada perjalanan keluar negeri lagi deh.

Oh ya untuk melihat-lihat daerah taman yang luas, jika dilakukan dengan berjalan kaki, maka pastinya kita ga akan sanggup, so disana ada shuttle car dengan harga 5$ seorangnya dan dengan harga tersebut kita akan dibawa selama 15-20 menit perjalanan keliling taman. Tamannya sih bisa dibilang masih kalah cantik dengan Taman Bunga Nusantara Puncak, tapi yang menjadi daya tariknya adalah taman avatar dan beberapa taman dalam ruangan yang terletak di dalam garden by the bay ini.

Oh ya letak garden by the bay letaknya tidaklah terlalu jauh dari Marina bay. Sebelum ke garden by the bay kami mengunjungi Singapore river terlebih dahulu dan ke merlion park dan esplanade. Dikarenakan kaki sudah cape juga jadinya dari esplanade kami menggunakan taksi menuju ke Garden by the bay. Walau dekat tarif taksinya berkisar 7$.

Kami sih tidak mengunjungi marina bay selama disana, kami hanya melihatnya dari kejauhan saja hehehe… Si Mama kepingin banget bisa naik ke puncak untuk melihat pemandangan diatas, tapi dikarenakan waktu yang terbatas jadinya kami belum sempat kesana.

Sebenarnya aku ga kepingin mempublish foto semasa aku lagi over weight. Tapi ya karena ada beberapa foto yang aga ga terlihat wajahnya jadinya aku publish aja deh hahaha….
Aku cukup kagum dengan negara Singapur yang bersih dan rapih. Jalanannya sangat menyenangkan untuk dilewati dengan berjalan kaki mengitari tempat wisata, hanya sayangnya udara disana sangat panas, sama juga sih kayak disini hahaha…. Andaikan Singapur memiliki udara kayak di Puncak atau Genting, pastinya lebih seruh deh jalan2nya hahaha…

Perjalanan hari ke 2 lebih banyak kami habiskan di Sentosa Island. Saat disana kami sempat minta seorang bule memfoto kami, eh karena bulenya cukup ramah malah aku jadi mengobrol dengannya dan yang lain malah minta foto dengannya hahah… Anak-anak Tanteku sudah duduk kecapean jadinya mereka sibuk-sibuk sendiri, sementara kami sibuk foto-foto.

Kalau ke Sentosa jangan lupa ya menyaksikan pertunjukan Song of The sea. Pertunjukan tersebut dimulai pukul 19.40 dan 20.40 (saat hari mulai gelap). Ini sedikit aku share mengenai gambaran song of the sea.

s-1

Menurutku pertunjukan Song of the sea keren banget. Harga tiket masuknya 10$ untuk yang standart dan 15$ untuk yang premier. Aku kurang tahu bedanya apa sih antara yang standard dan premier, soalnya saat masuk ke dalam aku mendapatkan posisi duduk di tengah dan paling depan pula… Hehehe… Oh ya yang menonton pertunjukan tersebut sangat ramai sekali, ada hampir 500 orang dalam 1x pertunjukan saat itu. Pertunjukan tersebut hanya berlangsung selama 20-25 menit saja. Sebentar sih tapi cukup seruh untuk disaksikan.

Selesai dari Sentosa, akhirnya kami kembali ke Hotel. Dan keesokannya pagi-pagi kami harus melanjutkan perjalanan dengan bus menuju ke Genting. Kami membeli tiket bus secara online dari startmart bus dengan harga 37.7$ seorangnya. Perjalanan dari Singapur menuju Genting membutuhkan waktu sekitar 7 jam 30 menitan. Lama sekali perjalanan dan ada 2x pengecekan imigrasi selama dalam perjalanan. Tapi untungnya tempat duduk di bus cukup nyaman, jadinya perjalanan tersebut tidaklah terlalu melelahkan dan bahkan Mamaku tidur nyenyak banget di Bus.

Sekian dulu sharingnya mengenai trip ke Singapur, nanti dilanjutkan lagi ya trip ke Genting dan Kuala Lumpur… hehehe…