Sayur Asam

20 Jul

안녕하세요………

Wah uda sebulan nih ga nge-post… gara-gara hari ini kebangun gara-gara si Hubby setel TV suaranya mengganggu jadinya aku kebangun dari tidur and ga bisa tidur lagi karena lagi batuk dan pilek juga. Dan karena ga bisa tidur jadinya bingung deh mau ngapain, akhirnya aku putuskan untuk nge-blog aja deh hahaha…..

Belakangan ini kok malah jadi semakin malas nge-blog ya… hahaha… padahal PR nya dr yang dulu2 sudah lumayan banyak menumpuk, salah satu PR yang mau diselesaikan kali ini adalah mengenai sayur asam. Walau makanan ini tergolong simple, tapi proses pembuatannya ga se-simple yang diduga loh, soalnya untuk menghasilkan sayur asam yang super yummy and tanpa menggunakan bumbu jadi / bumbu instant yang dijual di pasaran, ternyata butuh sedikit usaha untuk menghasilkannya dan yang pastinya karena sayur asamnya dibuat dengan bahan yang cukup alami, so kuahnya bisa diseruput sampai habis, sampai tetes terakhir. Kenapa saya bilang sedikit ribet? karena kalo dalam otak saya, kalau memasak sayuran itu kan biasanya hanya tumis-tumis saja, nah tapi untuk membuat sayur asam yang 100% menggunakan sayuran (tanpa daging) ini ada beberapa proses yang harus dilakukan, seperti menumbuk kacang tanah dan merebus buah asamnya. Ingat ya saya menggunakan buah asam loh, bukan asam jawa…

Oh ya untuk resep sayur asam andalan ini, aku dapat resepnya dari Mamaku tercinta. Resep ini adalah modifikasi ala beliau. Dan sayur asam ala Mama ini merupakan salah satu masakan kesukaanku + ditambah ikan asin sedappppppp…. nasi sebakul tau-tau ludes semua heheehe….

SAYUR ASAM

Ala Mama saya

Edit

Yuk mari kita lihat bahan-bahannya :

* 8 pcs bawang merah

* Cabai keriting secukupnya (boleh ditambah rawit jika suka pedas)

* Lengkuas 4cm, keprek

* Kacang tanah 1/2 genggam, tumbuk kasar

* Terasi 1/2 sdt

* Buah asam 3-4 pcs (rebus sampai lembek)

* Pepaya muda atau bisa diganti labu siam

* Nangka (rebus sebentar untuk membuang getahnya)

* Jagung (potong-potong)

* Kacang panjang

* Daun melinjo

* Gula Merah

* Gula

* Garam

* Mecin 1/4 sdt (optional) –> jika mau lebih alami silahkan skip bahan ini, tapi untuk menambah gurih masakan aku menambahkan sedikit mecin atau kaldu bubuk jamur supaya masakan lebih nikmat.

Oh ya jika kalian menyukai melinjo, boleh juga masukan melinjo didalamnya, tapi berhubung saya ga suka melinjo, so saya skip bahan tersebut. Untuk resep diatas bisa menghasilkan 1 panci sayur asam nyam nyam.

edit2

CARA MEMBUAT :

1. Tumbuk kasar bawang merah dan cabai.

2. Masukan kacang tanah tumbuk & terasi

3. Rebus air dan masukan bumbu halus dan lengkuas.

4. Setelah air mendidih masukan pepaya muda.

5. Masukan nangka setelah beberapa menit pepaya muda dimasukan.

6. Masukan air rebusan asam (remas-remas buah asam rebusnya, peras dan saring). Jika kurang asam maka tambahkan air lagi (tanpa perlu direbus) dan remas-remas lagi buah asamnya dan ambil airnya.

7. Masukan gula merah, gula pasir, garam dan mecin

8. Masukan jagung dan kacang panjang.

9. Setelah semua bahan diatas hampir matang, proses terakhir adalah memasukan daun melinjo.

10. Cicipi rasanya apakah sudah pas asam, manis dan asinnya.

11. Angkat dan sajikan.

Jadi sudah deh sayur asam lezatosnya…🙂

Oh ya maaf ya lagi-lagi untuk penggunaan bumbunya saya tidak bisa menshare resepnya, seperti yang sering saya katakan, masakan ala Mama pastinya selalu menggunakan insting atau kira-kira, so jadinya saya kudu banyak mencicipi kuahnya sayur asam ini deh. Yang jelas penggunaan gula pasir dalam pembuatan sayur asam ini cukup banyak, so jadi walau masakan ini tergolong dalam kategori sayuran, tapi tetap saja masakan ini mengandung cukup banyak karbohidrat, so tidak dianjurkan buat yang sedang berdiet. Oh ya tambahan untuk memasukan sayurannya juga jangan langsung dimasukan semuanya ya karena proses pematangan setiap sayuran kan beda-beda dan tambahan info lainnya neh kacang panjangnya lebih baik dimasaknya agak lamaan sampai sedikit lembek dan baru nikmat dehhhhh. Kalau mau lebih nikmat lagi, setelah sayur asamnya matang, segera goreng ikan asin.. ummmm kok subuh subuh gini malah jadi ngiler and jadi  craving for food.

Sekian dulu resep sayur asamnya ya… Tadinya sih rencananya saya sudah mau menelantarkan saja blog ini karena belakangan saya aga malas membuat postingan, tapi melihat viewer yang mampir ke blog ini sudah mencapai 80.000 an jadinya sayang juga kalau tidak dilanjutkan..🙂

Semoga ke depan saya tetap bisa men-share informasi2 seputar masakan, k-drama, kreativitas,  make up, vacation atau curahan hati (uneg-uneg)….

Happy Cooking
Aja aja fighting
God love you…

Leave a Reply

