Martabak dengan pan anti lengket

7 Jun

Martabak… mayoritas pastinya tau dunk dengan martabak… Kue yang enak, cheesy dan berlemak ini memang sangat enak untuk disantap selagi hangat atau keesokanya setelah menginap juga masih aja enak untuk dinikmati. Salah satu favorit kami adalah martabak pisang keju yang dijual di daerah Pluit. Untuk mendapatkan 1 loyang martabak minimal kita harus merogoh kocek sekitar hampir 50ribu rupiah untuk mendapatkan martabak pisang yang enak.

Ya dengan upaya yang seadanya dikarenakan aku ga punya loyang martabak, akhirnya aku mencoba versi simple saja dan aku bakar menggunakan pan anti lengket. Ya tentunya rada tricky juga karena kalau api terlalu besar pastinya martabak akan menjadi gosong. Sebelumnya aku pernah mencoba membuat martabak dan gagal and akhirnya harus membuang adonan yang sudah cape kubuat. Namun kali ini aku menggunakan resep yang aku peroleh dari Papa-ku yang katanya dapat resep ini dari tukang martabak.

HOMEMADE MARTABAK

IMG_5126

Bahan yang digunakan :

* 250 gr tepung terigu

* 40 Gr gula pasir

* Garam

* Vanilli

* Telur  1 pcs

* Susu Bubuk 1/2 sdm

* Air 1/4 gayung

* 1/4 sdt Soda Kue

Cara Membuat :

1. Campur semua bahan (Kecuali soda kue). Diamkan selama 1 jam di suhu ruangan.

2.  Campur 1/4 sdt soda kue + 1 pcs telur (tambahan), kocok. Masukan ke adonan diatas setelah didiamkan 1 jam. Diamkan kembali selama 15 menit.

3. Panaskan pan yang sudah dioles mentega. Setelah pan panas masukan adonan yang sudah dibuat.

Karena dibakar menggunakan pan anti lengket, usahakan jangan menaruh terlalu banyak adonan dalam pan karena nantinya malah tidak bisa matang dan jadi gosong. Gunakan api kecil saja dan setelah itu tutup pan dengan tutup panci dan masak sampai matang adonannya dan ada lubang atau rongga.

IMG_5124

Finishing :

1. Angkat martabak yang sudah jadi. Oles dengan margarine atau wisjman (sesuai selera).

2. Beri susu kental manis, keju, mesis, atau kacang atau wijen, kreasikan sesuai dengan selera masing-masing.

Ya walau hasilnya tidak seperti martabak umumnya, tapi homemade martabak ini cukup nikmat disajikan disaat kantung sedang jebol alias sedang banyak pengeluaran. Dikarenakan dimasak menggunakan pan anti lengket, jadinya martabak ini ga bisa menghasilkan kulit yang garing seperti normalnya sebuah martabak. Tapi tidak ada salahnya dicoba kok, rasanya cukup enak walau kalau dibilang rasanya agak mirip dengan pancake hehehhe…. Tapi next aku akan mencoba kembali membuat martabak ini.

Selamat Mencoba !!
Aja Aja Fighting..
God Bless You…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: