Archive | June, 2013

Yang Nyum Tong Dak 2

19 Jun

안녕하세요 chingudeul

Yang Nyum Tong Dak ini sudah pernah kuulas sebelumnya, tapi karena foto pertama yang jelek, akhirnya aku ulang lagi deh ulasan ini. Untuk resep kali ini aku tidak 100% mengikuti resep dari Maangchi, jadi resep aku ubah sesuai dengan bahan yang ada saja.

Sore ini aku masak yang nyum tong dak untuk disajikan buat keluargaku. Oh ya jika memasak ayam dengan cara ini baiknya menggunakan ayam negeri saja, soalnya kalau pake ayam kampung nantinya malah jadi keras dagingnya. Hehehe, aku menggunakan ayam kampung soalnya di rumah stok ayam negeri lagi ga ada, jadinya aku pake ayam kampung aja deg walau rada alot pas di gigit, tapi rasanya bumbu manis asam nya membuat ayam yang keras ini tetap yummy untuk dinikmati. Tapi ya suggest aku better pake ayam negeri aja kalau bisa.

Oh ya enaknya makan ayam goreng ini pas baru diangkat dan masih garing. Bumbunya yang manis, asam enak deh dimakan gitu aja atau disajikan dengan nasi. Aku suka dengan masakan satu ini karena bumbunya terasa maknyos.

YANG NYUM TONG DAK

IMG_5604

 

Bahan :
* 1 Ekor ayam negeri, potong
* Garam 1/2 – 1 sdt
* Lada hitam
* Maizena
* Terigu segitiga biru
* 1 Bungkus gula tropikana slim.
* 1 Pcs telur ayam
* baking soda 1/2 sdt
* Minyak Goreng
* 4 siung bawang putih
* Saus tomat 1/3 cup
* Gochujang 1/4 cup
* Madu 1/3 cup
* Cuka apel 1 – 1.5 sdm

CARA MEMBUAT :

  1. Bersihkan ayam dan tiriskan/ keringkan.

  2. Tambahkan 1 sdt lada hitam dan 1 sdt garam. Aduk rata ayam dengan bumbu garam dan lada hitam. Diamkan 30 menit.
  3. Siapkan tepung maizena, tepung terigu, (aku pakai lebih banyak terigu daripada maizena), 1 sachet tropikana slim,  sedikit baking soda. Aduk rata tepung.
  4. Kocok telur ayam dan celupkan ayam ke dalam kocokan telur dan lumuri ayam dengan tepung.
  5. Goreng ayam sampai kecoklatan dalam minyak panas (deep fried).
  6. Angkat dan tiriskan.

FINISHING :

  1. Masukan 1 sdm minyak untuk menggoreng dan masukan 4 buah bawang putih cincang ke pan yang telah dipanaskan.
  2. Masukan saus yang telah dibuat ( 1/3 cup saus tomat, 1/3 cup madu , 1/4 cup gochujang, 1 Sdm cuka apel, dan masak campuran bahan tersebut sebentar. –> Kalau aku sih, sausnya aku buat dulu dan aku cicip apakah rasanya sesuai dengan seleraku, setelah oke baru deh sausnya aku masukan ke ayam.
  3. Masukan ayam goreng ke dalam saus dan aduk rata sampai ayam terbalut dengan saus.
  4.  Angkat ayam dan sajikan di piring, taburkan biji wijen yang telah di sangrai.
  5. Sajikan selagi panas atau hangat.

Happy Cooking …
God love you

Aja Aja Fighting !!!

Advertisements

Martabak dengan pan anti lengket

7 Jun

Martabak… mayoritas pastinya tau dunk dengan martabak… Kue yang enak, cheesy dan berlemak ini memang sangat enak untuk disantap selagi hangat atau keesokanya setelah menginap juga masih aja enak untuk dinikmati. Salah satu favorit kami adalah martabak pisang keju yang dijual di daerah Pluit. Untuk mendapatkan 1 loyang martabak minimal kita harus merogoh kocek sekitar hampir 50ribu rupiah untuk mendapatkan martabak pisang yang enak.

Ya dengan upaya yang seadanya dikarenakan aku ga punya loyang martabak, akhirnya aku mencoba versi simple saja dan aku bakar menggunakan pan anti lengket. Ya tentunya rada tricky juga karena kalau api terlalu besar pastinya martabak akan menjadi gosong. Sebelumnya aku pernah mencoba membuat martabak dan gagal and akhirnya harus membuang adonan yang sudah cape kubuat. Namun kali ini aku menggunakan resep yang aku peroleh dari Papa-ku yang katanya dapat resep ini dari tukang martabak.

HOMEMADE MARTABAK

IMG_5126

Bahan yang digunakan :

* 250 gr tepung terigu

* 40 Gr gula pasir

* Garam

* Vanilli

* Telur  1 pcs

* Susu Bubuk 1/2 sdm

* Air 1/4 gayung

* 1/4 sdt Soda Kue

Cara Membuat :

1. Campur semua bahan (Kecuali soda kue). Diamkan selama 1 jam di suhu ruangan.

2.  Campur 1/4 sdt soda kue + 1 pcs telur (tambahan), kocok. Masukan ke adonan diatas setelah didiamkan 1 jam. Diamkan kembali selama 15 menit.

3. Panaskan pan yang sudah dioles mentega. Setelah pan panas masukan adonan yang sudah dibuat.

Karena dibakar menggunakan pan anti lengket, usahakan jangan menaruh terlalu banyak adonan dalam pan karena nantinya malah tidak bisa matang dan jadi gosong. Gunakan api kecil saja dan setelah itu tutup pan dengan tutup panci dan masak sampai matang adonannya dan ada lubang atau rongga.

IMG_5124

Finishing :

1. Angkat martabak yang sudah jadi. Oles dengan margarine atau wisjman (sesuai selera).

2. Beri susu kental manis, keju, mesis, atau kacang atau wijen, kreasikan sesuai dengan selera masing-masing.

Ya walau hasilnya tidak seperti martabak umumnya, tapi homemade martabak ini cukup nikmat disajikan disaat kantung sedang jebol alias sedang banyak pengeluaran. Dikarenakan dimasak menggunakan pan anti lengket, jadinya martabak ini ga bisa menghasilkan kulit yang garing seperti normalnya sebuah martabak. Tapi tidak ada salahnya dicoba kok, rasanya cukup enak walau kalau dibilang rasanya agak mirip dengan pancake hehehhe…. Tapi next aku akan mencoba kembali membuat martabak ini.

Selamat Mencoba !!
Aja Aja Fighting..
God Bless You…

Kreasi Kimbab

7 Jun

Hmm….

Gara-gara lagi banyak koleksi K-drama baru, jadinya waktuku banyak terluang buat nonton deh hehehhe… baik yang nonton melalui serial di KBS World atau dari hasil download.

K-drama yang saat ini sedang aku gandrungi adalah :
* Fugitive of Joseon (Mandate of Heavens) yang diperankan Lee Dong Wook dan Song Ji Hyo. Di Korea sendiri drama ini baru tayang awal Mei lalu, saat ini aku baru menyelesaikan 14 episode drama tersebut dan seruh banget pastinya.

* Jang OK Jong (live in love) diperankan Kim Tae Hee dan Yoo Ah In. Drama ini juga masih bercerita mengenai kehidupan di Kerajaan. K-drama ini juga ga kalah seruh dengan Mandate of Heaven. Aku suka kedua drama tersebut.

* Sam Saeng i, k-drama ini diperankan oleh Hong Ah Rum dan Ji Il Joo. K-drama ini ada 120 episode yang sangat panjang dan jalan ceritanya cukup menarik untuk disimak. Karena drama ini aku setiap hari harus bangun pagi supaya tidak kelewatan setiap episode yang ditayangkan di KBS World jam 7.30 pagi dan siaran ulangnya ada di jam 12.30. Ya karena aku selalu penasaran dengan episode berikutnya, aku pasti selalu menonton di jam yang pagi dan kadang saat tayangan ulang, aku suka mengulang kembali k-drama satu ini.

* You are the best yang diperankan oleh IU dan Jo Jung Suk. K-drama ini aku tonton di KBS World setiap hari jumat setelah drama Sam Saeng i.

Eh mau bahas kimbab kok malah jadi bahas drama sih… hahaha…. melenceng deh… 😛

Oh ya pada beberapa waktu yang lalu aku iseng membuat kreasi kimbab, sudah cukup lama juga sih aku buatnya cuma belum di posting saja. Oh ya keisengan ini muncul gara-gara terinspirasi oleh picnic box yang dibuat oleh Son Ho Young (pemenang Master Chef Selebriti Korea). Oh ya bicara mengenai Son Ho Young, saat ini beliau sedang dalam masalah dikarenakan kekasihnya bunuh diri pada beberapa waktu yang lalu dan katanya beliau juga sempat mencoba membunuh diri juga namun gagal. Eh kok jadi ngegosip sih wakakakkaka…

Nah berikut ini kreasi kimbab yang aku buat dengan bentuk love yang aku cetak menggunakan cetakan agar-agar.

IMG_5184

Kalau yang ini bentuknya kotak. Simple tapi cukup menarik kan? hehehe… Ternyata membuat kreasi kimbab itu tidak semudah yang aku bayangkan.

Kimbab

Nah cara mencetak nasinya aku menggunakan cetakan es batu dan juga cetakan agar-agar, ternyata jadi juga deh walau cukup ribet juga prosesnya.

IMG_5191

Penasaran ingin membuat kreasi kimbab atau sushi? Dicoba aja yuk… ga ada salahnya kan sesekali meluangkan waktu untuk berkreasi, walau harus memakan cukup banyak waktu dibanding biasanya.

Selamat Mencoba !!
Aja Aja Fighting..
God Bless You…