Bolu Kukus Mekar

24 Apr

Bolu kukus…

Lembut, manis dan waooowww nikmat sekali kue satu ini. Biasanya aku suka membeli kue bolu kukus ini di Abang-Abang atau di toko kue tradisional. Bolu kukus ini memang salah satu favoritku. Selama ini kalau kepingin biasanya aku selalu membeli, tapi dikarenakan sekarang aku sudah memiliki banyak waktu luang, jadinya aku akan lebih memilih untuk membuat sendiri sajian satu ini. Tadinya sih sempat malas membuatnya, soalnya takut bolunya ga mekar, tapi dikarenakan resepnya yang simple banget, jadinya ga ada salahnya deh dicoba. Oh ya pembantu kami di rumah cukup menguasai membuat bolu kukus ini, so tadi sambil buat sajian ini aku juga sempat sedikit bertanya-tanya mengenai prosesnya.

Oh ya dalam membuat bolu kukus ini, ternyata ga semuanya berjalan sesuai dengan harapan. Dandang untuk mengukus yang ada di rumah ternyata terlalu pendek dan membuat bolu yang ingin mekar tertahan dan malah jadi rata, bukannya mekar🙂 walahhhh…. untungnya aku membuat bolu kukus versi kecil juga dan hokinya yang kecil mekar dengan sempurna dan cantikkk… senangnyaaa….

BOLU KUKUS MEKAR

IMG_5272Warnanya agak numpuk hehehe,.. but nanti di next exsperimen aku akan membuat yang lebih bagus lagi.

Bahan yang digunakan :

* 250 gr terigu segitiga biru

* 220 Gr gula pasir (jika suka manis bisa dibuat 250 gr)

* 3/4 sdm SP

* 1/4 sdt baking powder

* 2 pcs telur, suhu ruangan

* 150 cc sprite atau air soda

* Vanili bubuk secukupnya

* Pasta coklat dan pandan, atau bisa menggunakan pewarna lainnya.

CARA MEMBUAT :

Yang paling pertama yang harus disiapkan adalah menyiapkan loyang bolu kukus dan diberi kertas roti di dalamnya. Setelah semua siap, so selanjutnya proses dibawah ini bisa dilakukan.
Untuk resep diatas kira-kira bisa mendapatkan sekitar 15 pcs bolu kukus.

IMG_5255

1. Siapkan dandang untuk mengukus, tutup dengan serbet bersih tutup dandangnya. Panaskan dandang sampai mendidih airnya.

2. Kocok telur, gula pasir, sp dan baking powder sampai mengembang dan kental. Adonan akan terlihat kental sekali soalnya penggunaan gula lebih banyak daripada penggunaan telurnya.

IMG_5256

3. Beri vanilli dan kocok lagi sebentar dengan menggunakan mixer.

4. Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit (Di ayak). Selingi bergantian dengan memasukan air sprite sampai semua bahan habis. Aduk rata semua bahan.

5. Ambil sedikit adonan dan beri pasta coklat atau pasta pandan. Beri pasta / warna sesuai dengan warna yang diinginkan. Aduk rata.

6. Tuang adonan putih ke dalam loyang bolu kukus (Sudah diberi kertas roti) sampai hampir penuh, lalu penuhi sisa space-nya dengan menaruh adonan berwarna. (Tadi seharusnya adonan sebelum di kukus harusnya di aduk dulu menggunakan tusuk gigi atau tusuk sate supaya bisa menghasilkan warna yang bagus, tapi karena kepikirannya setelah kuenya masuk loyang, ya sudahlah heheh…)

IMG_5260Adonannya mirip ice cream ya hehehe,… Aku suka dengan warna hijaunya seperti ice cream rasa alpukat. Karena ada kelebihan adonan, so aku taruh di loyang kecil dan kertas cupcake aja deh sisanya hehee….

7. Kukus selama 10 – 15 menit.

8. Keluarkan bolu kukus dari loyangnya dan sajikan.

Senang deh rasanya bolu kukusnya bisa berhasil dibuat dengan baik. Walau ya da sebagian besar bolunya ga bisa mekar gara-gara kepentok sama tutup loyangnya, tapi setidaknya rasanya sudah enak dan teksturnya lembut, sesuai dengan yang biasa aku makan, senang banget dehhhh….🙂

bolkusGa mekar Vs mekar, keduanya maknyosss…

So tips hari ini adalah : perhatikan tinggi dandang yang kita gunakan supaya nanti hasilnya tidak seperti ini hehhee…

IMG_5263

Untuk bolu yang bagus-bagus, baru aja bolunya keluar dari dandang, eh sudah diambil sama Mama mertua and dipakai untuk sembayang (Chinese tradition). Yahhh padahal belum sempat aku foto kue yang paling cantik yang kubuat hari ini hehehe,…. Tapi ya sudah lah yang penting aku cukup puas dengan eksperimen hari ini.

Selamat mencoba dan semoga sukses dengan resepnya

IMG_5271

IMG_5338

Aja Aja Fighting
Have a blessed days
God Bless You… 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: