Homemade Mie Hijau

19 Apr

Lagi lagi ngebahas artikel mengenai mie… ga ada habisnya deh hehehe…. Ya iyalah soalnya keluarga kami pecinta bakmi. Tapi kali ini aku lagi belajar membuat bakmi hijau, tanpa pewarna buatan dan alami terbuat dari sayuran. Pastinya menyehatkan lah heheh karena bebas dari bahan kimia (Tapi sama aja boong karena sayurannya uda ga alami hehehhe). Oh ya untuk warna hijaunya aku menggunakan air blenderan daun bayam. Aku ga pakai daun bayam organik, karena biasa bayam organik warnanya ga begitu hijau, jadinya pada selasa lalu aku membeli sayur bayam non organik di pasar muara karang.

Oh ya untuk membuat mie kali ini aku menggunakan terigu merk kerang yang waktu lalu aku beli di pameran food and Hotel di PRJ sabtu lalu. Harganya murah juga, sebungkus hanya 10.000 dan kualitasnya katanya diatas cakra. Hmm… ya karena aku masih orang awam, jadinya ga bisa membedakan kualitas mie yang aku buat tadi.

Oh ya tadi saat membuat mie hijau hampir aja gagal deh, tapi ya setelah diakalin akhirnya mie nya berhasil di selamatkan.. senangnya😛
Saat aku menambahkan air hasil blender daun bayam, aku menaruh kebanyakan air. Karena uda kebiasaan pembantu yang ulen, eh jadinya tadi aku membuat adonannya selembek adonan donat hehehe… makanya aku heran juga sih kok tumben kali ini mengulen mie nya gampang banget, eh taunya aku menaruh kebanyakan air. Hasilnya saat aku mau membentuk mie nya yang ada malah jadi pada lengket dan pas keluar dari alatnya malah jadi ga lurus bentuknya dan karena mie nya nempel-nempel aku kesal jadinya aku bejek-bejek and tadinya mau kubuang, eh tapi aku coba aja akalin lagi dengan menambahkan tepung lagi. Dengan penuh perjuangan mengulen adonan yang sudah jadi, aku harus mengeluarkan tenaga extra membuat terigu tambahannya bisa tercampur rata dengan adonan yang sudah jadi. Ya walau harus rada berkeringat mengulen adonan mie hijaunya untungnya adonan tersebut bisa dipakai, jadinya ga sia-sia perjuanganku🙂

MIE HIJAU

IMG_5248

Oh ya kali ini aku membuat resep yang berbeda dari yang sebelumnya. Dari yang sebelumnya aku bereksperimen, aku menyimpulkan bahwa membuat mie jika tidak mau terlalu kenyal, maka harus ditambahkan tepung segitiga biru. Dan penggunaan telur putih yang lebih sedikit juga bisa mengurangi tingkat kekenyalan mie.

Bahan yang digunakan :

* 450 gr tepung cap kerang atau cakra kembar

* 50 gr terigu segitiga biru

* Air blenderan daun bayam (Sekitar 80 – 100 cc) –> aku pakai 1.5 ikat bayam, ambil daunnya saja.

* Garam 1/2 sdt

* Air abu 1 sdt (optional)

* 2 pcs telur, kocok

* 3 sdm takar minyak sayur

CARA MEMBUAT :

1. Campur semua bahan diatas. Tambahkan air blenderan bayam dimasukan sedikit demi sedikit. Yang harus diingat adalah adonan yang dihasilkan ga boleh terlalu basah, harus sedikit keras adonannya dan tidak terlalu lembab saat di ulen (saat hasil akhirnya). Jika adonan terlalu banyak air nantinya saat masuk di gilingan mie nya dan pas keluar bentuknya ga bagus dan lengket.

2. Ulen bahan diatas sampai rata dan kalis.

3. Taruh adonan dalam wadah dan tutup dengan serbet basah dan bersih.

4. Istirahatkan adonan selama 15 – 20 menit.

IMG_5226Nah adonan ini sempat gagal, lihat aja licin banget kan adonan yang kubuat. Maklum sudah lama ga mengulen mie dan biasanya pembantu di rumah yang mengulen, jadi aku tidak menyadari tingkat kekenyalan adonan. Dan karena uda kebiasaan mengulen adonan donat, jadinya aku membuat adonan mie ini menjadi adonan donat hahaha

5. Adonan mie siap dibuat. Masukan adonan dalam gilingan mie dan jadi deh mie hijaunya. Setelah itu tabur mie dengan sagu supaya tidak lengket satu sama lain.

IMG_5235

Pertama-tama adonan di tipiskan dulu dan setelah itu baru masukan ke gilingan mie. Btw itu tangan pembantuku yg di foto loh, bukan tanganku hehehe….

IMG_5237Mie yang sudah diberi sagu supaya tidak lengket.

Jadi sudah deh mie hijau perdana buatanku. Walau sempat gagal di awalnya, tapi akhirnya berhasil kuselamatkan adonannya. Oh ya warnanya aslinya tidak segelap itu, tapi karena hasil foto yang kurang bagus jadinya kelihatan agak pucat deh warnanya.

IMG_5247

Setelah di rebus mie nya dan dicampur dengan bumbu-bumbu jadinya warnanya begoitu deh, tapi setelah di rebus warnanya cantik banget loh hehehe aku senang banget melihat mie hijau ini. Rasanya enak, ga kayak makan bayam tapi tetap berasa mie. kekenyalannya pas dan proses merebusnya juga ga perlu makan waktu lama. Berbeda dengan hasil membuat mie dengan tepung cakra tanpa ada tambahan tepung segitiga biru, hasilnya kenyal banget.

Oh ya untuk membuat mie seharusnya menggunakan air abu, tapi karena aku buat konsumsi di rumah, jadinya aku skip air abunya. Walau tanpa air abu, hasilnya masih cukup bagus. Jika menggunakan air abu, nanti mie nya akan lebih kering jadinya, so biasanya penjual mie pasti selalu menggunakan air abu.

IMG_5239

Penasaran dengan mie hijau ini? Buat anak yang ga suka makan sayuran, mie hijau ini boleh juga menjadi pilihan supaya anak bisa mengkonsumsi sayuran dengan cara lain. Selain enak, rasa mie ini juga nikmat. Senang banget deh ternyata mie hijau buatanku berhasil dibuat dengan baik. Aku suka banget melihat warna mie ini sehabis baru di rebus, hijaunya cantik banget.
Selamat mencoba membuat mie hijau ini ya dan semoga berhasil dengan baik… aja aja fighting !!!

Happy Cooking 
Aja Aja Fighting..
God Bless You…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: