Wedang Ronde Ubi dan Kentang

14 Apr

Pada minggu pagi ini aku jadi membahas tentang wedang ronde deh, gara-gara si Hubby semalam ga bisa tidur jadinya aku ga ke Gereja deh hari ini… uhuhuhuu…😦

Sebenarnya aku aga bingung meng-kategorikan wedang ronde ini masuk snack atau dessert ya hehhe, jadi karena bingung jadi aku masukan ke keduanya saja deh.

Untuk membuat wedang ronde sebenarnya tidak terlalu sulit, cuma prosesnya ribet karena harus membulat-bulatkan adonan, dan jika menggunakan pewarna, maka adonan harus dibagi-bagi lagi. Oh ya untuk resep kali ini aku ga pakai takaran ya, soalnya aku ga ingat dengan berapa banyak sagu yang aku pakai dan gula, soalnya kan susah banget kasih takaran jika ukuran kentang atau ubi yang kita pakai kan besarnya beda-beda. Tapi aku dulu pas pertama kali mencoba membuat wedang ronde ini ternyata berhasil loh walau dengan resep tanpa takaran. Oh ya aku juga akan memberikan beberapa tips supaya wedang ronde-nya tidak gagal seperti yang sebelumnya pernah aku buat. Yuk kita bahas aja

WEDANG RONDE

IMG_4973Wedang ronde warna warni buatanku.. cantik ya warnanya… Yang merah dan orange terbuat dari ubi dan yang hijau terbuat dari kentang.

Bahan yang digunakan :

* 1 pcs ubi kuning sedang

* 2 pcs kentang

* Sagu, secukupnya

* Gula merah

* Gula pasir

* Jahe

* Air

CARA MEMBUAT :

Buat air jahe :

1. Tumbuk jahe kasar (Jangan terlalu halus ya). Aku mengunakan 1 jahe ukuran tidak terlalu besar dengan air 1 panci kecil.

2. Rebus air sampai mendidih dan masukan jahe tumbuk.

3. Masukan gula merah (aku pakai 3/4 gula merah bulat dan ceper)  dan sedikit gula pasir.

4. Cicipi apakah air jahenya sudah pas rasa manisnya.

5. Saring air jahenya.

Membuat adonan bola -bola :

1. Rebus ubi dan kentang (dalam wadah yang terpisah).

2. Setelah matang, lumatkan ubi dan kentang (tetap dipisah ya pas dilumatkan, jangan dicampur).

IMG_4956

3. Setelah ubi dan kentang halus. masukan air sisa rebusan ubi / kentang sebabnyak 3 sdm (atau sesuai kebutuhan), tambahkan sagu sampai adonan pas. Oh ya penggunaan sagu cukup banyak juga. (oh ya ini perkiraan saja ya, untuk 1 ubi ukuran sedang besar, kemarin aku menggunakan 5 – 6 sdm sagu). Soalnya jika sagunya terlalu sedikit nanti malah kentang / ubi nya malah hancur pas di rebus. Jadi pastikan kalau ubi dan kentangnya tidak kekurangan sagu.

* Oh ya untuk wedang ronde yang kentang yang kemarin kubuat bisa dibilang agak gagal, soalnya aku membuat adonan yang ubi dan pembantu-ku membuat adonan yang kentang. Dalam adonan kentang tersebut aku taruh 2 sdm sagu saja dan aku minta pembantuku yang mengulen dan menambahkan sagu sampai adonan agak sedikit keras (tapi tidak terlalu keras dan kering ya… kalau terlalu kering nanti pas dibentuk malah jadi hancur adonannya. Tapi jika kalian terlanjur menaruh terlalu banyak sagu, maka tambahkan air saja sedikit demi sedikit. Untuk air yang digunakan, bisa juga menggunakan air sisa rebusan ubi atau kentang tadi.
Karena aku sibuk dengan adonan ubi-ku, so aku ga memperhatikan adonan kentang yang dibuat pembantu, walau hanya dengan sedikit sagu tapi adonan tetap bisa dibentuk, tapi pas di rebus nantinya akan menjadi mudah hancur dan saat dimakan terasa lembek atau tidak kenyal. Dasarnya pembantu, sudah dikasih tau, tapi ya tetap aja ga mau belajar, ya sudah deh.

* Jika kalian ingin memberikan warna pada adonan, maka tambahkan sedikit pewarna sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi seperti warna yang diinginkan. Untuk warna hijaunya kemarin aku menggunakan air daun suji + pandan yang di blender + sedikit pasta pandan.

4. Setelah adonan di bulat-bulatkan, rebus adonan di air mendidih dan matangkan. Tanda adonan sudah matang adalah jika adonan sudah mengapung saat di rebus. Nah setelah adonan mengapungkalau bisa biarkan saja direbus dulu sampai 2 – 3 menitan.

IMG_4958Bola-bola ubi dan kentang-nya sudah mengapung, tandanya sudah matang.

5. Setelah adonan bola-bola matang, angkat, tiriskan dan masukan ke air jahe yang sudah dibuat.

6. Wedang ronde siap disajikan.

IMG_4961Karena air jahenya belakangan kubuat, jadinya aku harus menaruh bola-bola ubi n kentangnya dalam mangkuk berisi air.

Berikut aku bahas ya tips and tips supaya wedang ronde yang kelihatan mudah ini nantinya tidak gagal :

1. Buat air jahe terlebih dahulu.

Yang pertama harus dilakukan adalah membuat air jahenya terlebih dahulu. Kemarin aku membuat kesalahan, aku membuat air jahenya belakangan, jadi saat adonan sudah matang aku harus menaruhnya di mangkuk. Dan karena adonannya lengket, makanya adonan menjadi menempel satu sama lain, jadi aku harus menaruh air di mangkuk supaya adonan tidak menempel. Jika air jahe sudah jadi, kan nantinya adonan tinggal di cemplung di air jahe saja deh.

2. Penggunaan sagu.

Penggunaan sagu pada adonan ubi / kentang tidak boleh terlalu sedikit, seperti yang aku sebut diatas, jika terlalu sedikit nanti saat di rebus adonan akan menjadi mudah hancur. So pastikan adonan yang kita buat tidak kekurangan sagu. Namun ternyata jika sudah terlanjur menaruh terlalu banyak sagu, so kalian bisa menambahkan air sedikit demi sedikit supaya adonan tidak terlalu kering.

Sudah 2x aku membuat wedang ronde dan kekurangan sagu dan hasilnya tidak memuaskan. Jadi bisa dibilang gagalnya membuat wedang ronde adalah karena pembantu hahahha….
Padahal saat pertama kali aku buat wedang ronde tanpa ada bantuan dari pembantu eh malah berhasil adonannya. Eh saat minta bantuan pembantu malah jadinya gagal.
^ Yang pertama adalah hampir 2 tahun lalu pembantuku yang lama bilang jika sagu-nya dikurangi maka nantinya akan lebih enak hasilnya, so karena dulu aku ga punya banyak pengalaman dalam membuat wedang ronde dan tertarik juga untuk membuat adonan yang enak, jadinya aku coba tips-nya eh ternyata pas di rebus terdapat banyak remah-remah ubi/ kentang (alias hancur dan bulatnya jadi jelek). Setelah kejadian itu aku mendapat pelajaran bahwa  penggunaan sagu tidak boleh terlalu sedikit.

^ Yang kedua adalah pembantu yang sekarang juga membuat kesalahan yang sama. Aku sudah menjelaskan padanya kalau penggunaan sagu tidak boleh terlalu sedikit, eh karena aku ngak memperhatikan malah ternyata pembantuku ga membuat adonan sesuai instruksi yang kuberikan. Jadinya adonan yang hijau hasilnya kurang memuaskan, saat dimakan jadinya lembek dan tidak kenyal, jadinya merusak rasa wedang ronde.

3. Jangan memasukan adonan 1/2 matang ke dalam air jahe.

Kesalahan yang kubuat yang selanjutnya adalah karena aku mau menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, so ada beberapa adonan kentang yang 1/2 matang yang dibuat pembantuku, aku angkat dan celupkan ke dalam air jahe dan aku rebus kembali bersama dengan air jahe sekitar 5 menitan. Hasulnya air jahenya rasanya agak berubah dari sebelum aku masukan adonan bola-bola ke dalamnya.

Kesalahan pastinya ga akan terjadi jika kalian membuat adonan dengan penggunaan sagu yang tepat, jika adonan tersebut sudah matang dan mau di rebus sebentar lagi dalam air jahenya, tentunya hal tersebut tidak akan jadi masalah.
Tapi berdasarkan pengalaman kemarin, aku lebih suka mencemplungkan adonan yang sudah matang ke dalam air jahe, tanpa perlu di rebus kembali. Jadinya rasa air jahenya tidak akan banyak berubah.

IMG_4965

Hmmm…. apalagi ya tipsnya… ? apakah kalian pernah membuat kesalahan yang sama denganku? Ummm,… karena belum sarapan otak-ku jadinya belum begitu bekerja nih, nanti akan aku pikirkan kembali ya jika ada tips tambahan dan akan aku update kembali (jika ada tambahan) hehehe….

Sekian dulu pembahasan mengenai wedang ronde ini, suami-ku baru bangun dan kami mau siap-siap dulu mengunjungi rumah orang tua-ku di Pondok Gede. Kita lanjut lagi ya nanti dalam pembahasan yang lainnya. Mohon saran dan tips nya jika kalian ada masukan untukku, seorang pemula yang tidak terlalu pintar dalam memasak, namun memiliki keinginan yang besar untuk belajar. Semoga tips-tips dariku bisa berguna ya ….

Happy Sunday
Have a blessed days
God Bless You… 

Leave a Reply

