Tortila Pizza

10 Apr

Tortilla,….

Aku kepikiran untuk membuat tortilla ini setelah menonton variety show “Happy Together” di KBS dengan bintang tamu Jin Goo yang waktu di acara late night cafetaria membuatkan kimchi & cheese tortilla. Dalam acara tersebut semua peserta menyukai kimchi & cheese tortilla yang dibuat oleh Jin Goo. Nah karena penasaran , jadinya di waktu luangku aku sempatkan membuat tortilla (aku baru resign, eh gak baru juga sih, sudah 2 bulanan aku resign hehehe). Aku tertantang untuk membuat tortilla ini.

Tortilla yang aku buat adalah tortilla pizza, kenapa aku sebut begitu? karena isian untuk tortilla ini aku pakai topping pizza yang biasa aku buat, jadinya aku sebut saja ini sebagai tortilla pizza😛

Oh ya untuk resep tortilla ini, waktu itu aku dapat dari youtube, tapi aku lupa sumbernya, jadinya ya mohon maaf tidak bisa menyebutkan sumbernya ya..

TORTILLA  PIZZA

IMG_4948

Bahan yang digunakan :

* 225 gr terigu segitiga biru

* 1 sdt baking powder

* 2 sdm blue band, jika kurang kalis adonannya, tambahkan 1 sdt lagi.

* 1/2 sdt garam

* 125 cc air hangat (bisa juga diganti dengan susu cair)

CARA MEMBUAT :

1. Campur terigu, baking powder, garam. Aduk rata semua bahan.

2. Tambahkan margarine, ulen adonan sampai rata.

3. Masukan air sedikit demi sedikit, ulen terus sampai adonan kalis. Jika adonan terlalu basah tambahkan sedikit tepung. Ulen adonan selama 10 – 15 menit.

4. Istirahatkan adonan selama 45 menit – 1 jam.

5. Bagi adonan menjadi 6 bagian yang sama, timbang sekitar 60 gr.

6. Bulatkan adonan dan giling berbentuk bulat.

7. Panaskan pan anti lengket, oles dengan margarine atau dengan minyak goreng. Bakar tortilla diatas pan dengan api sedang masing masing sisi selama kurang lebih 1 menit.

8. Tortilla siap digunakan untuk membuat sajian nikmat, atau jika mau disimpan di kulkas jangan lupa melapisi setiap tortilla dengan plastik supaya tidak lengket.

IMG_4926Tortilla buatanku. Bentuknya kurang bulat.

Oh ya untuk isian tortilla ini kalian bisa lihat di resep pizza buatanku. Kurang lebih bahan yang kugunakan adalah sama. Oh ya untuk keju sebaiknya menggunakan mozarella, karena rasanya lebih enak dibandingkan dengan keju kraft yang quick melt.

Untuk adonan tortilla ini, cara membuatnya cukup mudah karena adonannya lembut, tidak keras. Daripada disuruh membuat adonan mie, aku lebih memilih mengulen adonan tortilla atau adonan donat hehehe… Untungnya pembantu di rumah kami tenaganya cukup kuat, jadi setiap membuat mie, dia selalu kebagian untuk mengulen hehhee…

IMG_4930Ratakan bahan isian dan beri parutan keju mozarella… yummy…

Kali ini aku menggunakan wortel dan bombay sebagai isian untuk tortilla ini. Tadinya sih mau pakai jamur, tapi karena ga ada stock di rumah, jadinya ya pakai wortel aja deh. Sausnya tetap menggunakan saus bolognaise delmonte yang untuk membuat spaghetti, ditambah saus tomat, gula, garam, dll. Detail untuk membuat isinya silahkan lihat di :

https://shinhyoaeippeo.wordpress.com/2012/11/27/my-first-homemade-pizza/

IMG_4934

Setelah tortilla diberi isian, tutup kembali dengan tortilla. Setelah itu panggang di oven sekitar 10 – 15 menit sampai keju meleleh, lalu angkat tortilla dan potong-potong seperti gambar di bawah ini. Siap deh disantap tortilla-nya…

IMG_4936

Kepingin ngemil, tapi males keluar rumah atau ga tau mau makan apa? yuk ambil aja bahan-bahan simple diatas dan segera gerakan jari-jari tangan dan lengan kalian. Keringatan sedikit dan berolah raga untuk mengulen adonan dan setelah itu mulut ikut olahraga (setelah tortilla matang, mulutnya yang akan olah raga, ngemil terus sampai badan melar ke kanan dan ke kiri.. wah tumbuh harusnya ke atas, bukan ke samping hehehehe….)

Have a nice day !!!
God love you
Aja aja fighting…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: