Simply Mashed Potato

10 Apr

2 hari ini si Hubby lagi demen banget sama mashed potato. Jadinya uda 2 hari ini si doi minta dibuatkan mashed potato buat sarapan dia di kantor. Hmm… mungkin ada yang kepikiran kenapa sarapannya ga di rumah aja? (siapa tau aja ada yg  kepikiran hehhee… ). Soalnya setiap pagi, yang pertama masuk ke dalam perut kami adalah 1 perasan air lemon kecil dan setelah 1 jam, barulah kami boleh sarapan. Jadinya kalau harus tunggu 1 jam baru sarapan keburu si Hubby telat sampe ke kantornya.

Lemon dikenal memiliki khasiat yang sangat baik, terutama untuk yang memiliki sakit maag. Terbukti sieh dari minum air lemon setiap pagi, maag kami jarang banget sakit. Tapi yang jelas, habis minum lemon tidak boleh makan apapun ya, kalau minum ya boleh asal air putih saja. Dan selain itu lemon juga katanya bisa mengurangi kolestrol, so jadinya sudah hampir setahun ini kami selalu mengkonsumsi lemon tiap pagi. Lah kok jadi ngebahas lemon seh? hahaha…. tenang bukan lemon yang akan saya bahas disini. Yang akan kita bahas adalah membuat mashed potato yang simple banget dan pastinya semua pasti bisalah, wong gampang kok buatnya.

MASHED POTATO


IMG_5038Ini mashed potato yang aku buat kemarin pagi. Masih panas dan terlihat basah.

Bahan yang digunakan :

Resep ini bisa untuk 2- 3 mangkuk kecil.

* Kentang 500 gr (setelah di kupas / tanpa kulit)

* Unsalted butter 20 – 25 gr

* 35  gr keju cheddar, parut (jika mau lebih juga boleh)

* 150 gr susu UHT (timbang)

* 1/4 sdt garam

* 1-1/4 sdt atau 1-1/2 sdt gula

* 1/4 sdt Merica

* 1/4 sdt pala bubuk

* Oregano secukupnya

CARA MEMBUAT :

1. Kupas kentang, potong menjadi beberapa bagian. Rebus sampai lunak.

2. Lumatkan kentang sampai halus. Aku melumatkan kentang dengan garpu saja, atau bisa juga di tumbuk, atau jika memiliki blender hakashima akan lebih mudah lagi tentunya dan ga makan waktu.

IMG_5036

3. Rebus susu UHT dan unsalted butter sampai mendidih dan butter meleleh. Masukan garam, gula, merica, pala bubuk.

4. Masukan keju, aduk sampai keju agak meleleh.

5. Masukan kentang yang sudah halus. Aduk rata sampai semua bahan menyatu.

6. Sebelum diangkat, masukan taburan oregano. Masak sebentar saja sampai adonan meletup letup.

7. Angkat dan sajikan.

IMG_5043Jika sudah dingin, mashed potato-nya akan terlihat sedikit kering.

Jadi sudah deh mashed potato buatanku, proses pembuatannya sangat mudah dan rasanya juga enak. Jadinya gak sulit deh membuatkan sarapan buat suami tercinta. Oh ya makan mashed potato ini rada bikin eneg, jadi makannya jangan banyak-banyak ya, rasa susu dan kejunya cukup terasa, enak, eneg dan pastinya kenyang juga lah.. dan selain itu, aku suka aroma butter, keju dan susunya. Yang jelas sih rasanya enak.

Oh ya untuk membuat mashed potato ini aku menggunakan unsalted butter, soalnya aromanya lebih enak dibanding blue band. Jika kalian mau menggunakan blue band, mungkin jumlah garam bisa dikurangi atau disesuaikan, soalnya blue band kan rasanya sudah agak asin. Jadi disesuaikan saja tingkat keasinannya. Buat yang suka asin bisa menggunakan blue band, tapi buat yang ingin mengurangi asin bisa menggunakan unsalted butter. Aku lebih suka menggunakan unsalted butter, soalnya aromanya beda dengan margarine.

Oh ya dalam membuat mashed potato ini kalau kentangnya sudah dimasukan dalam susu, jangan lupa ya untuk mengaduk kentangnya terus sampai meletup-letup, baru matikan apinya. Untuk mencampur kentang yang lengket dan susu serta bahan lainnya cukup sedikit ribet dan tidak boleh terlalu lama soalnya kalau kelamaan nanti keburu susunya kering . Saat pertama kali diangkat, kentangnya akan terlihat sedikit basah, tapi setelah didiamkan beberapa saat nantinya akan menjadi lebih kering karena susunya meresap ke kentangnya. Tapi tenang saja, rasanya tetap enak kok.

IMG_5066

Mudah kan membuat mashed potato-nya? Silahkan dicoba ya resepnya… Oh ya resepnya aku adaptasi dari mashed potato with cheese by okefood.com dan aku olah sesuai dengan seleraku. Silahkan dicoba ya… Enjoy

Happy Cooking 
Aja Aja Fighting..
God Bless You…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: