Bibimbap ( 비빔밥 )

8 Apr

안녕하세요

Setelah beberapa waktu tidak bereksperimen di dapur dengan menu masakan Korea, akhirnya hari ini aku kesampaian juga membuat Bibimbap. Salah satu makanan yang terkenal di Korea selain kimbap adalah ya Bibimbap ini. Bisa dibilang bibimbap dan kimbap memiliki sedikit kesamaan, yaitu di dominasi oleh sesame oil dan garam, selain itu isi yang dipakai juga kurang lebih hampir sama. Dan yang pasti adalah masakan Korea jarang banget ketinggalan dengan yang namanya biji wijen.

Proses pembuatan dari bibimbap ini tergolong sedikit ribet karena sayurannya harus dimasak satu persatu, tapi cara memasaknya tidak sesulit yang dibayangkan. Berdasarkan resep asli sih, seharusnya bibimbap ini disajikan dalam mangkuk batu panas, jadi biasanya telurnya harusnya dimasak setengah matang, atau biasa kadang ada juga yang menaruh telur mentah diatas sayuran, lalu diaduk di mangkuk batu panas tersebut. Dikarenakan keterbatasan peralatan, so aku buat versi simple-nya ja deh. Oh ya untuk resep ini aku buat berdasarkan panduan dari http://www.maangchi.com dan juga dari dbento.com namun tidak kubuat persis resep asli, soalnya aku ga punya kosari.

Untuk bahan sebenarnya bisa saja diganti sesuai selera masing-masing, misalnya zuchini bisa diganti timun jepang atau ganti timun biasa. Untuk telur ceplok bisa diganti dengan telur dadar iris dan lainnya. Yuk kita lihat proses pembuatannnya.

BIBIMBAB

BibimbapBibimbap perdana, tapi rasanya lumayan mirip dengan yang pernah aku makan sewaktu di Korea.

Bahan yang digunakan :

Bahan untuk sekitar 2 porsi

* Nasi panas

* Tauge 1 – 2 genggam

* Bayam 1 gengam (setelah matang)

* Timun 1 pcs, potong korek api

* Jamur shitake 1 – 2 pcs, iris

* Daging ayam atau sapi cincang 60 – 70 gr

* Wortel 1 pcs kecil, potong korek api

* Telur, untuk di buat telur ceplok

Pelengkap :

* Gochujang

* Sesame oil

* Kecap asin (aku pakai yg merk Korea)

* Bawang putih cincang alus

* Minyak sayur untuk menumis

* Biji wijen, sangrai

CARA MEMBUAT : 

1. Masak nasi, usahakan nasi panas supaya saat dicampur dengan gochujang rasanya lebih enak.

2. Siapkan bahan sayur berikut :

Tauge –> Rebus sebentar, tiriskan. Campur dengan 1 siung bawang putih cincang, sejumput garam dan 1 – 2 sdt sesame oil.

Wortel –> Potong bentuk korek api. Aduk dengan garam sedikit, diamkan beberapa saat, lalu tumis dengan sedikit minyak selama 30 detik saja, atau jika suka lembek bisa dibuat lebih lama.

Bayam –> Rebus bayam, tiriskan dan siram air dingin, lalu peras airnya. Campur bayam dengan 1/2 – 1 sdt kecap asin, sejumput garam, 1 siung bawang putih cincang, dan 1-2 sdm minyak wijen. Aduk rata.

Timun –> Potong bentuk korek api dan buang tengahnya. Aduk dengan garam sedikit, diamkan beberapa saat, lalu tumis dengan sedikit minyak sampai timun menjadi layu. Timun bisa diganti dengan zucchini atau timun jepang. Karena aku ga ada timun jepang jadinya pake yang lokal aja deh.

Shitake –> Iris shitake yang telah direndam air panas (Jangan shitake kering). Tumis shitake dengan minyak sayur, beri 1 – 2 sdt kecap asin dan 1/2 – 1 sdt gula. Beri sedikit minyak wijen, Masak shitake selama kurang lebih 2 menit saja.

3. Daging ayam di cincang halus. Tumis dengan minyak sayur sebentar sampai berubah warna, masukan 2-3 siung bawang putih cincang, 1 sdt – 1,5 sdt kecap asin, 1/2 – 1 sdt gula, merica sedikit dan 1 sdt sesame oil. Aduk rata dan matangkan ayam.

4. Tata sayuran di piring. Atau jika mau langsung dimakan, maka sayur langsung ditata diatas nasi.

Bibimbap3Bahan yang aku buat hasilnya dapat segini.

5. Buat telur ceplok 2 pcs.

FINISHING

Cara penyajian bibimbap adalah seperti berikut ini :

Bibimbap2

1. Siapkan 2 mangkuk nasi panas.

2. Tata sayuran diatasnya. Siram 1 sdt minyak wijen diatas nasi, dan 1/2 sdt kecap asin, tabur biji wijen, lalu beri telur dan beri gochujang sekitar 1 – 1,5 sdt. Aduk rata semua bahan sampai gochujang meng-cover semua nasi. Cicipi apakah rasanya sudah asin, jika belum asin bisa ditambahkan kecap. Jika mau lebih pedas bisa ditambahkan gochujang, tapi jangan kebanyakan karena gochujang kalau kebanyakan bisa bikin eneg.

Bibimbap5

Wah senangnya aku bisa membuat bibimbap sendiri, rasanya hampir mirip dengan yang aku pernah makan sebelumnya. Dan yang paling senang adalah ternyata si Hubby yang makannya cerewet banget ternyata si doi suka juga dengan bibimbap buatanku. Berhasil juga deh bibimbap perdana buatanku.

Bibimbap4

Oh ya jika kalian suka sayur yang banyak, resepnya ditambah aja deh lebih banyak. Aku hanya buat sedikit karena aku takut gagal, makanya aku buat hanya untuk makan siang saja tadinya. Eh ternyata setelah dicoba rasanya enak juga, besok-besok deh baru aku buat lagi dengan sayuran yang lebih banyak lagi.

Selamat mencoba, semoga resep ini berguna menambah koleksi resep kalian ya… have a nice day…

Happy Cooking 
Aja Aja Fighting..
God Bless You…

6 Responses to “Bibimbap ( 비빔밥 )”

  1. Mysha April 8, 2013 at 4:52 pm #

    Hai salam kenal sis^^

    kupikir di sini cuma bahas kosmetik/skincare, ternyata bahas makanan juga #ngecessss
    nyari Gochujang di supermarket tapi ga nemu. pas gugling nemu blog tentang homemade Gochujang (tetep ga bisa bikinnya hehehehe).

    si Gochujang ini rasanya gimana, say?? pedes asem, pedes manis atau pedes asem manis???🙂

    • Shin Hyo Ae April 9, 2013 at 12:40 am #

      Hi Mysha… lam kenal juga.🙂

      Blog aku isinya lumayan banyak neh cakupannya hahaha, soalnya hobbi aku mayan banyak, jd ada kerajinan tangan yg aku buat, bahas drama korea atau variety show, makanan, dan kosmetik yg plg jarang aku bahas hehhee….

      Gochujang ada jual di lotte mart, Mu Gung Hwa, and aku pernah lihat juga di hero ciputra mall ada jual.

      Kalo mau lebih lengkap nyari produk korea bs lihat disini alamatnya:
      https://shinhyoaeippeo.wordpress.com/2012/02/28/jalan-jalan-ke-supermaket-korea-di-jakarta/

      Kl untuk homemade gochujang aku ga berani coba sih, soalnya aku pernah lihat di national geographic chaenal kalau gochujang itu habis dibuat di taruh dalam kendi gitu dalam musim apa aku lupa deh, trus abis itu baru di fermentasi sampe beberapa lama. Nah makanya aku ga berani deh untuk bikin homamade gochujang.

      Gochujang itu rasanya lebih ke manis, pedas, tapi kl buat aku sama sekali ga ada pedasnya. Aromanya juga khas.
      Kalau beli ada yg kecil harga 20rb an kok, tapi biasanya yg ukuran kecil banyakan adanya di Mu Gung Hwa. Kl yg kecil habis ada lagi yg 1 ukuran diatasnya harganya kisaran 37-40rb kalo ga salah ingat. Setau aku ada 3 atau 4 ukuran kotak gochujang yg aku tau hehhee… smg info ini membantu yaaa

      • Mysha April 10, 2013 at 12:33 pm #

        makasih atas infonya, sis. sangat membantu banget🙂

        mungkin kucari dulu di daerah Santa karena lebih deket dari rumah & di sana banyak orang korea. wish me luck ya, sis^^

        supaya lebih pedas mungkin ditambahin cabe rawit ya hehehehe.

        Bibimbap looks yummy & it’s definitely healthy🙂

  2. Shin Hyo Ae April 11, 2013 at 11:45 am #

    Yuppp🙂 sama2

    WAh kl banyak org Korea harusnya sih ada lah pastinya… hehehe…

    Bibimbap nya enak jg sieh, mirip yg pernah aku coba dan pastinya lah sehat hehehe

  3. ambutia March 23, 2015 at 9:57 am #

    Waaahh… Pengen nyoba juga biking bibimbap sendiri. Kalo beli gachujang nya dapet dari mana mbak? He he..

    • Shin Hyo Ae March 23, 2015 at 10:00 am #

      Aku beli di Mu Gung Hwa.. ak ada ulas mengenai Mu Gung Hwa juga dalam blog ini. thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: