Homemade Okonomiyaki

4 Apr

Okonomiyaki salah satu makanan Jepang kesukaanku, tapi yang pastinya lebih suka sushi sieh hehehe… Awalnya aku tau okonomiyaki adalah dari restoran Kinnotaki. Dulu aku pernah bekerja di head office nya juga sieh, jadinya kalau ke Resto-nya aku suka di kasih makan sama Distric Manager setempat, dan kami para karyawan juga suka menyempatkan diri makan di salah satu otlet Kinnotaki, yang pastinya kami bayar, tapi dikasih diskon 20% harga karyawan (Boss nya pelit sieh hehehe….), untung Manager disana baik, mereka suka memberikan jatah mereka buat kami. Oh ya selain okonomiyaki di Kinno, aku juga suka dengan okonomiyaki di Zenbu, keduanya sama-sama enak.

Sebenarnya sudah lama juga aku kepingin membuat okonomiyaki, tapi karena ngerasa ga yakin, jadinya aku ga pernah membuatnya. Tapi setelah mendapat resep dari sajiansedap.com eh aku iseng aja deh pengen coba, walau hasilnya pasti ga akan sama dengan yang di Resto punya, tapi ga ada salahnya di coba kan? Resepnya aku ubah sedikit sesuai dengan eksperimenku.

Pengen tahu bahan apa aja yang digunakan? yuk kita bahas…

 

Homemade Okonomiyaki

IMG_4917

Bahan yang digunakan :

* Ayam fillet, iris agak tipis beberapa potong

* 90 gr terigu segitiga biru

* 1 siung bawang putih cincang

* 2 – 3 lembar kol, iris tipis

* Bihun rebus sedikit, potong-potong (100 gr)

* 1/2 pcs wortel besar, parut

* 1 pcs bombay kecil

* air 90 ml

* telur 2 pcs

* 1 sdm kecap inggris

* 1/4 – 1/2 sdt merica bubuk

* 1/2 sdt garam

Pelengkap :

* sambal Botol

* Saus tomat

* Mayonaise

CARA MEMBUAT :

1. Masak ayam dengan 1 sdm minyak panas diatas pan anti lengket. Angkat dan sisihkan.

2. Campur terigu, air, telur, garam, kecap inggris dan merica. Aduk rata. Jika adonan bergerindil, maka saring adonan menggunakan saringan. Adonan jangan sampai ada yang bergerindil.

3. Masukan irisan kol, bombay, bihun dan wortel ke dalam adonan tepung. Aduk rata semua bahan.

4. Panaskan pan anti lengket yang sudah diberi sedikit minyak / oles mentega. Beri 1/2 adonan yang sudah dibuat, ratakan. Beri potongan ayam fillet yang sudah matang diatas adonan okonomiyaki yang sedang dimasak. Bakar sampai okonomiyaki berwarna coklat dan matang. Balik kembali adonan.

IMG_4912ini okonomiyaki loh, bukan telur dadar atau fu yung hai hehehe

5. Angkat okonomiyaki yang sudah matang. Oles dengan saus tomat, sambal botol dan beri mayonaise. Jika di rumah kalian memiliki bonito flakes, maka pastinya akan lebih enak lagi deh hasilnya.

IMG_4922Andai ada bonito flakes, pastinya okonomiyaki nya akan lebih sempurna neh…

Sayang aku ga punya saus okonomiyaki neh, kepingin banget deh bikin yang model di resto getooo… Hmmm tapi kudu browsing resep aslinya dulu neh. Upppss…. bukan berarti resep diatas gak enak loh ya, cobain deh, rasanya enak kok, tapi ga mirip dengan yang rasa di Resto maksudnya, ya iyalah, lah wong bahannya ga lengkap, ga ada bonito flakes dan saus okonomiyaki nya. Ya walaupun begitu, aku cukup puas kok, karena membuat homemade okonomiyaki ini ga ribet, mirip seperti membuat Korean Pancake, hanya beda di ingredient aja dikit.

IMG_4918

Penasaran ingin mencoba resep diatas, buruan cari bahannya dan untuk daging bisa juga diganti dengan daging sapi, daging udang ataupun yang lainnya, atau kalau mau buat versi vegetarian pastinya juga bisa. Selamat mencoba…

Happy Cooking 
Aja Aja Fighting..
God Bless You…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: