Ayam Bakar Santan Asam Manis

4 Apr

Hayooo siapa yang ga doyan makan ayam bakar? Biasanya ayam bakar disajikan dalam bumbu yang manis dan pedas, atau bersantan seperti ayam bakar Padang. Nah kali ini aku memberikan sajian yang berbeda dari ayam bakar biasa, yaitu ayam bakar santan asam manis. Resepnya kupelajari dari Mama mertua yang belakangan suka banget membuat ayam bakar versi ini dan yang terpenting adalah si Hubby juga doyan, jadinya aku belajar aja deh supaya bisa menyajikan ayam bakar ini buat si Hubby.

Cara memasak ayam bakar ini ada beberapa tahap, yaitu dimasak sampai kuahnya mengering, lalu di bakar di happy pan supaya lebih terasa lebih kering ayamnya, dan terakhir aku masukan ke oven supaya ayamnya menjadi lebih kering. Tapi buat yang suka lebih berbumbu atau agak basah-basah gitu, ga perlu masukan ke oven, cukup bakar di happy pan saja sampai bumbu mengering, cuma kalau kelamaan bakar di happy pan nantinya jadi gosong ayamnya. Nah supaya tidak terlalu gosong, aku coba deh keringkan dengan dibakar di oven, kurang lebih selama 10 menit saja sieh.

AYAM BAKAR SANTAN ASAM MANIS

IMG_4840

Bahan yang digunakan :

* 1 ekor ayam negri, bersihkan dengan air jeruk nipis dan garam. Sayat sayat supaya bumbu bisa meresap ke daging.

* Santan 300 – 350 cc ( Jika lebih kental lebih enak).

Bumbu halus (Blender) :

* Bawang merah 6 – 8 siung

* Bawang putih 3 siung

* kemiri 2 – 3 pcs

* 1 ruas kunyit

* Cabai rawit / cabai merah keriting secukupnya (optional). Mama mertua ga pake soalnya.

Tambahan :

* Daun jeruk 2 – 3 lembar

* Daun salam 2 – 3 lembar

* 1 batang serai, iris menyamping sekitar panjang 5 cm

* 1 pcs lemon kecil

* Kecap manis

* Gula

* Garam

* Merica Bubuk

* Magie kaldu blok

CARA MEMASAK :

1. Blender bumbu halus, lalu tumis dengan sedikit minyak sampai bumbu menjadi wangi, masukan juga daun jeruk, daun salam dan serai.

2. Masukan perasan air lemon dan santan. Aduk rata.

3. Beri bumbu : kecap manis, garam, gula, merica dan magie kaldu blok. Cicipi apakah rasa asin, manis dan asamnya sudah pas.

4. Jika rasa bumbu sudah pas, masukan ayam dan masak dengan air santan. Jika mau ayam lebih lembut, bisa tambahkan air santan supaya kuah lebih meresap lagi ke daging ayamnya.

IMG_4809

5. Masak sampai bumbu meresap ke daging ayam dan sampai kuah ayam sedikit mengering.

IMG_4812

6. Bakar ayam menggunakan happy pan atau pan anti lengket. Masukan juga sisa bumbu supaya bisa diresapkan ke daging ayamnya. Oh ya aku menambahkan cabai rawit butiran juga supaya jika kurang pedas, maka cabe rawitnya bisa dimakan bareng ayamnya dan nasi juga dunk tentunya.

IMG_4816

7. Sebelum ayam terlalu gosong, aku pindahkan ayam ke oven supaya bisa dikeringkan di oven dan dibakar sampai bumbu mengering.

IMG_4827

8. Setelah ayam agak coklat dan kering, keluarkan ayam dari oven.

9. Ayam siap disantap dengan nasi dan jika mau ditambahkan dengan daun singkong masak santan juga enak. Jika masih ada sisa kuah, bisa juga kuahnya disiram ke ayam atau ke nasi supaya lebih enak lagi.

nah jadi sudah deh ayam bakar buat keluarga tercinta. Enaknya dimakan saat ayamnya masih panas dan dicampur dengan nasi hangat dan makan bersamaan dengan cabai rawit nya juga.. yuuumyyy

IMG_4840

Happy Cooking 
Aja Aja Fighting..
God Bless You…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: