Rolade Ayam

3 Apr

Aku kepikiran membuat rolade ayam ini ketika teringat kalau Kakak iparku suka membuat rolade. Aku sering makan rolade, tapi ga pernah tau kalau yang dimaksud dengan rolade adalah yang telur gulung diiisi daging hehehe…

Di rumah, kami sering membuat daging cincang untuk di goreng saja atau dibungkus kulit tahu. Nah kali ini, daging cincangnya aku bungkus dengan telur dadar saja supaya jadi rolade.

Untuk telur dadarnya aku menggunakan happy pan, supaya telurnya berbentuk segi empat. So pastinya akan lebih mudah untuk membungkusnya. Aku ingin menghasilkan telur dadar yang tipis saja, tapi ternyata susah juga ya, untuk 1 gulung rolade minimal aku butuh 1 telur dan dengan 270 gram daging giling aku mendapatkan 5 gulung rolade, ya pastinya pakai 5 telur untuk membungkusnya.

Makan rolade ini pastinya akan lebih enak jika di goreng tepung hehehe… tapi ya masa tiap hari harus makan gorengan. Jadi walau aku tertarik untuk membuat versi goreng tepung, aku kembali lagi ke resep yang asli aja deh. Next time baru aku coba buat goreng tepung, untuk saat ini karena kemarin-kemarin kami sekeluarga sudah kebanyakan makan gorengan, so kali ini harus mulai jaga lagi deh.

ROLADE AYAM

IMG_4866

Bahan yang digunakan :

Telur Dadar :

Resep untuk 1 telur : tambahkan sejumput kaldu bubuk, garam dan merica. Aku pakai kira-kira saja supaya rasa telurnya ga hambar.

Isian untuk daging :

* 27o gr daging ayam fillet, cincang halus. Daging bisa juga menggunakan daging sapi giling jika suka.

* 1 pcs telur ayam

* 1/2 bombay besar, cincang

* 1/2 pcs wortel atau 1 buah yang kecil. Parut dan cincang.

* 1 – 1.5 sdm sagu tani

* Sejumput garam dan sedikit kecap asin

* 1 – 2 sdm sesame oil.

* Kaldu bubuk.

* 1/4 sdt ketumbar bubuk

IMG_4854

CARA MEMBUAT :

1. Kocok telur dengan bumbu lainnya, dadar. Sisihkan.

2. Campur daging cincang dengan bahan isian daging yang lain. Aduk rata. Jika bisa di cicip dulu apakah rasanya sudah pas asinnya.

IMG_4858Untuk 1 loyang telur dadar ini, aku belah menjadi 2 telurnya.

3. Taruh daging yang sudah dicampur bumbu diatas telur, ratakan. Sisakan sekitar 2.5 – 3 cm diujung atas dan bawah supaya telur bisa digulung. Oh ya untuk 1 loyang happy pan tersebut, aku bagi menjadi 2 telurnya supaya tidak susah menggulungnya.

IMG_4861

4. Bungkus rolade dengan alumunium foil rapat-rapat dan setelah itu kukus selama 15 – 20 menit. Jika mau lebih lama juga boleh supaya dagingnya lebih matang. Tapi 20 menit saja sudah cukup kok, dagingnya pasti matang.

IMG_4863

5. Dinginkan rolade sebelum dibuka, karena saat panas, telur dadarnya akan sangat menempel di alumunium foilnya. Hati-hati ya saat membuka alumunium foilnya supaya permukaan telurnya ga hancur.

6. Potong – potong rolade dan sajikan dengan sausnya atau bisa juga dengan saus sambal.

SAUS untuk Rolade.

Bahan :

* 1 sdm Margarine untuk menumis.

* 1/2 bombay sedang, iris panjang atau cincang kasar.

* 250 – 300 cc air

* Sagu sedikit , larutkan dengan sedikit air.

* 2 siung bawang putih, cincang

* Merica bubuk

* 1 sdt kecap inggris

* Kecap manis, sekitar 1 – 1,5 sdm

* Kecap asin 1 – 2 sdt.

* Kaldu bubuk

* Sejumput garam

* Gula 1 sdt

IMG_4845

CARA MEMBUAT :

1. Tumis bawang bombay dengan mentega, biarkan sampai sedikit layu, masukan bawang putih dan tumis kembali sampai wangi dan sedikit kecoklatan.

2. Masukan sisa bumbu lainnya, oh ya untuk penggunaan kecap asin, manis, gula garam harap disesuaikan dengan rasa masing-masing ya. Intinya sih diicip dulu sebelum menambahkan bahan lainnya, soalnya selera manis dan asin tiap orang kan tidak sama dan sewaktu memasak aku juga ga terlalu ingat detailnya berapa banyak bumbu yang aku masukan, jadi pas menuliskan blog ini aku pakai andalan memory pas masak tadi.

3. Setelah rasanya pas, masukan larutan tepung sagu. Didihkan sebentar dan angkat.

4. Sajikan saus dengan rolade ayam.

IMG_4871

Jika ingin menyajikan rolade dengan cara lain, bisa juga rolade-nya di goreng dengan 1 – 2 sdm minyak yang sudah dipanaskan dalam pan anti lengket. Nah goreng sisi atas dan bawah rolade sampai agak kecoklatan. Tadi pagi aku melakukan cara tersebut untuk menghangatkan rolade yang sudah disimpan di kulkas semalaman. Nah rolade nya tadi pagi aku sajikan dengan spaghetti buat bekal si Hubby ke kantor hari ini.

Happy Cooking 
Aja Aja Fighting..
God Bless You…

Leave a Reply

