Archive | April, 2013

Bolu Kukus Mekar

24 Apr

Bolu kukus…

Lembut, manis dan waooowww nikmat sekali kue satu ini. Biasanya aku suka membeli kue bolu kukus ini di Abang-Abang atau di toko kue tradisional. Bolu kukus ini memang salah satu favoritku. Selama ini kalau kepingin biasanya aku selalu membeli, tapi dikarenakan sekarang aku sudah memiliki banyak waktu luang, jadinya aku akan lebih memilih untuk membuat sendiri sajian satu ini. Tadinya sih sempat malas membuatnya, soalnya takut bolunya ga mekar, tapi dikarenakan resepnya yang simple banget, jadinya ga ada salahnya deh dicoba. Oh ya pembantu kami di rumah cukup menguasai membuat bolu kukus ini, so tadi sambil buat sajian ini aku juga sempat sedikit bertanya-tanya mengenai prosesnya.

Oh ya dalam membuat bolu kukus ini, ternyata ga semuanya berjalan sesuai dengan harapan. Dandang untuk mengukus yang ada di rumah ternyata terlalu pendek dan membuat bolu yang ingin mekar tertahan dan malah jadi rata, bukannya mekar 🙂 walahhhh…. untungnya aku membuat bolu kukus versi kecil juga dan hokinya yang kecil mekar dengan sempurna dan cantikkk… senangnyaaa….

BOLU KUKUS MEKAR

IMG_5272Warnanya agak numpuk hehehe,.. but nanti di next exsperimen aku akan membuat yang lebih bagus lagi.

Bahan yang digunakan :

* 250 gr terigu segitiga biru

* 220 Gr gula pasir (jika suka manis bisa dibuat 250 gr)

* 3/4 sdm SP

* 1/4 sdt baking powder

* 2 pcs telur, suhu ruangan

* 150 cc sprite atau air soda

* Vanili bubuk secukupnya

* Pasta coklat dan pandan, atau bisa menggunakan pewarna lainnya.

CARA MEMBUAT :

Yang paling pertama yang harus disiapkan adalah menyiapkan loyang bolu kukus dan diberi kertas roti di dalamnya. Setelah semua siap, so selanjutnya proses dibawah ini bisa dilakukan.
Untuk resep diatas kira-kira bisa mendapatkan sekitar 15 pcs bolu kukus.

IMG_5255

1. Siapkan dandang untuk mengukus, tutup dengan serbet bersih tutup dandangnya. Panaskan dandang sampai mendidih airnya.

2. Kocok telur, gula pasir, sp dan baking powder sampai mengembang dan kental. Adonan akan terlihat kental sekali soalnya penggunaan gula lebih banyak daripada penggunaan telurnya.

IMG_5256

3. Beri vanilli dan kocok lagi sebentar dengan menggunakan mixer.

4. Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit (Di ayak). Selingi bergantian dengan memasukan air sprite sampai semua bahan habis. Aduk rata semua bahan.

5. Ambil sedikit adonan dan beri pasta coklat atau pasta pandan. Beri pasta / warna sesuai dengan warna yang diinginkan. Aduk rata.

6. Tuang adonan putih ke dalam loyang bolu kukus (Sudah diberi kertas roti) sampai hampir penuh, lalu penuhi sisa space-nya dengan menaruh adonan berwarna. (Tadi seharusnya adonan sebelum di kukus harusnya di aduk dulu menggunakan tusuk gigi atau tusuk sate supaya bisa menghasilkan warna yang bagus, tapi karena kepikirannya setelah kuenya masuk loyang, ya sudahlah heheh…)

IMG_5260Adonannya mirip ice cream ya hehehe,… Aku suka dengan warna hijaunya seperti ice cream rasa alpukat. Karena ada kelebihan adonan, so aku taruh di loyang kecil dan kertas cupcake aja deh sisanya hehee….

7. Kukus selama 10 – 15 menit.

8. Keluarkan bolu kukus dari loyangnya dan sajikan.

Senang deh rasanya bolu kukusnya bisa berhasil dibuat dengan baik. Walau ya da sebagian besar bolunya ga bisa mekar gara-gara kepentok sama tutup loyangnya, tapi setidaknya rasanya sudah enak dan teksturnya lembut, sesuai dengan yang biasa aku makan, senang banget dehhhh…. 🙂

bolkusGa mekar Vs mekar, keduanya maknyosss…

So tips hari ini adalah : perhatikan tinggi dandang yang kita gunakan supaya nanti hasilnya tidak seperti ini hehhee…

IMG_5263

Untuk bolu yang bagus-bagus, baru aja bolunya keluar dari dandang, eh sudah diambil sama Mama mertua and dipakai untuk sembayang (Chinese tradition). Yahhh padahal belum sempat aku foto kue yang paling cantik yang kubuat hari ini hehehe,…. Tapi ya sudah lah yang penting aku cukup puas dengan eksperimen hari ini.

Selamat mencoba dan semoga sukses dengan resepnya

IMG_5271

IMG_5338

Aja Aja Fighting
Have a blessed days
God Bless You… 

 

Advertisements

Homemade Mie Hijau

19 Apr

Lagi lagi ngebahas artikel mengenai mie… ga ada habisnya deh hehehe…. Ya iyalah soalnya keluarga kami pecinta bakmi. Tapi kali ini aku lagi belajar membuat bakmi hijau, tanpa pewarna buatan dan alami terbuat dari sayuran. Pastinya menyehatkan lah heheh karena bebas dari bahan kimia (Tapi sama aja boong karena sayurannya uda ga alami hehehhe). Oh ya untuk warna hijaunya aku menggunakan air blenderan daun bayam. Aku ga pakai daun bayam organik, karena biasa bayam organik warnanya ga begitu hijau, jadinya pada selasa lalu aku membeli sayur bayam non organik di pasar muara karang.

Oh ya untuk membuat mie kali ini aku menggunakan terigu merk kerang yang waktu lalu aku beli di pameran food and Hotel di PRJ sabtu lalu. Harganya murah juga, sebungkus hanya 10.000 dan kualitasnya katanya diatas cakra. Hmm… ya karena aku masih orang awam, jadinya ga bisa membedakan kualitas mie yang aku buat tadi.

Oh ya tadi saat membuat mie hijau hampir aja gagal deh, tapi ya setelah diakalin akhirnya mie nya berhasil di selamatkan.. senangnya 😛
Saat aku menambahkan air hasil blender daun bayam, aku menaruh kebanyakan air. Karena uda kebiasaan pembantu yang ulen, eh jadinya tadi aku membuat adonannya selembek adonan donat hehehe… makanya aku heran juga sih kok tumben kali ini mengulen mie nya gampang banget, eh taunya aku menaruh kebanyakan air. Hasilnya saat aku mau membentuk mie nya yang ada malah jadi pada lengket dan pas keluar dari alatnya malah jadi ga lurus bentuknya dan karena mie nya nempel-nempel aku kesal jadinya aku bejek-bejek and tadinya mau kubuang, eh tapi aku coba aja akalin lagi dengan menambahkan tepung lagi. Dengan penuh perjuangan mengulen adonan yang sudah jadi, aku harus mengeluarkan tenaga extra membuat terigu tambahannya bisa tercampur rata dengan adonan yang sudah jadi. Ya walau harus rada berkeringat mengulen adonan mie hijaunya untungnya adonan tersebut bisa dipakai, jadinya ga sia-sia perjuanganku 🙂

MIE HIJAU

IMG_5248

Oh ya kali ini aku membuat resep yang berbeda dari yang sebelumnya. Dari yang sebelumnya aku bereksperimen, aku menyimpulkan bahwa membuat mie jika tidak mau terlalu kenyal, maka harus ditambahkan tepung segitiga biru. Dan penggunaan telur putih yang lebih sedikit juga bisa mengurangi tingkat kekenyalan mie.

Bahan yang digunakan :

* 450 gr tepung cap kerang atau cakra kembar

* 50 gr terigu segitiga biru

* Air blenderan daun bayam (Sekitar 80 – 100 cc) –> aku pakai 1.5 ikat bayam, ambil daunnya saja.

* Garam 1/2 sdt

* Air abu 1 sdt (optional)

* 2 pcs telur, kocok

* 3 sdm takar minyak sayur

CARA MEMBUAT :

1. Campur semua bahan diatas. Tambahkan air blenderan bayam dimasukan sedikit demi sedikit. Yang harus diingat adalah adonan yang dihasilkan ga boleh terlalu basah, harus sedikit keras adonannya dan tidak terlalu lembab saat di ulen (saat hasil akhirnya). Jika adonan terlalu banyak air nantinya saat masuk di gilingan mie nya dan pas keluar bentuknya ga bagus dan lengket.

2. Ulen bahan diatas sampai rata dan kalis.

3. Taruh adonan dalam wadah dan tutup dengan serbet basah dan bersih.

4. Istirahatkan adonan selama 15 – 20 menit.

IMG_5226Nah adonan ini sempat gagal, lihat aja licin banget kan adonan yang kubuat. Maklum sudah lama ga mengulen mie dan biasanya pembantu di rumah yang mengulen, jadi aku tidak menyadari tingkat kekenyalan adonan. Dan karena uda kebiasaan mengulen adonan donat, jadinya aku membuat adonan mie ini menjadi adonan donat hahaha

5. Adonan mie siap dibuat. Masukan adonan dalam gilingan mie dan jadi deh mie hijaunya. Setelah itu tabur mie dengan sagu supaya tidak lengket satu sama lain.

IMG_5235

Pertama-tama adonan di tipiskan dulu dan setelah itu baru masukan ke gilingan mie. Btw itu tangan pembantuku yg di foto loh, bukan tanganku hehehe….

IMG_5237Mie yang sudah diberi sagu supaya tidak lengket.

Jadi sudah deh mie hijau perdana buatanku. Walau sempat gagal di awalnya, tapi akhirnya berhasil kuselamatkan adonannya. Oh ya warnanya aslinya tidak segelap itu, tapi karena hasil foto yang kurang bagus jadinya kelihatan agak pucat deh warnanya.

IMG_5247

Setelah di rebus mie nya dan dicampur dengan bumbu-bumbu jadinya warnanya begoitu deh, tapi setelah di rebus warnanya cantik banget loh hehehe aku senang banget melihat mie hijau ini. Rasanya enak, ga kayak makan bayam tapi tetap berasa mie. kekenyalannya pas dan proses merebusnya juga ga perlu makan waktu lama. Berbeda dengan hasil membuat mie dengan tepung cakra tanpa ada tambahan tepung segitiga biru, hasilnya kenyal banget.

Oh ya untuk membuat mie seharusnya menggunakan air abu, tapi karena aku buat konsumsi di rumah, jadinya aku skip air abunya. Walau tanpa air abu, hasilnya masih cukup bagus. Jika menggunakan air abu, nanti mie nya akan lebih kering jadinya, so biasanya penjual mie pasti selalu menggunakan air abu.

IMG_5239

Penasaran dengan mie hijau ini? Buat anak yang ga suka makan sayuran, mie hijau ini boleh juga menjadi pilihan supaya anak bisa mengkonsumsi sayuran dengan cara lain. Selain enak, rasa mie ini juga nikmat. Senang banget deh ternyata mie hijau buatanku berhasil dibuat dengan baik. Aku suka banget melihat warna mie ini sehabis baru di rebus, hijaunya cantik banget.
Selamat mencoba membuat mie hijau ini ya dan semoga berhasil dengan baik… aja aja fighting !!!

Happy Cooking 
Aja Aja Fighting..
God Bless You…

Wedang Ronde Ubi dan Kentang

14 Apr

Pada minggu pagi ini aku jadi membahas tentang wedang ronde deh, gara-gara si Hubby semalam ga bisa tidur jadinya aku ga ke Gereja deh hari ini… uhuhuhuu… 😦

Sebenarnya aku aga bingung meng-kategorikan wedang ronde ini masuk snack atau dessert ya hehhe, jadi karena bingung jadi aku masukan ke keduanya saja deh.

Untuk membuat wedang ronde sebenarnya tidak terlalu sulit, cuma prosesnya ribet karena harus membulat-bulatkan adonan, dan jika menggunakan pewarna, maka adonan harus dibagi-bagi lagi. Oh ya untuk resep kali ini aku ga pakai takaran ya, soalnya aku ga ingat dengan berapa banyak sagu yang aku pakai dan gula, soalnya kan susah banget kasih takaran jika ukuran kentang atau ubi yang kita pakai kan besarnya beda-beda. Tapi aku dulu pas pertama kali mencoba membuat wedang ronde ini ternyata berhasil loh walau dengan resep tanpa takaran. Oh ya aku juga akan memberikan beberapa tips supaya wedang ronde-nya tidak gagal seperti yang sebelumnya pernah aku buat. Yuk kita bahas aja

WEDANG RONDE

IMG_4973Wedang ronde warna warni buatanku.. cantik ya warnanya… Yang merah dan orange terbuat dari ubi dan yang hijau terbuat dari kentang.

Bahan yang digunakan :

* 1 pcs ubi kuning sedang

* 2 pcs kentang

* Sagu, secukupnya

* Gula merah

* Gula pasir

* Jahe

* Air

CARA MEMBUAT :

Buat air jahe :

1. Tumbuk jahe kasar (Jangan terlalu halus ya). Aku mengunakan 1 jahe ukuran tidak terlalu besar dengan air 1 panci kecil.

2. Rebus air sampai mendidih dan masukan jahe tumbuk.

3. Masukan gula merah (aku pakai 3/4 gula merah bulat dan ceper)  dan sedikit gula pasir.

4. Cicipi apakah air jahenya sudah pas rasa manisnya.

5. Saring air jahenya.

Membuat adonan bola -bola :

1. Rebus ubi dan kentang (dalam wadah yang terpisah).

2. Setelah matang, lumatkan ubi dan kentang (tetap dipisah ya pas dilumatkan, jangan dicampur).

IMG_4956

3. Setelah ubi dan kentang halus. masukan air sisa rebusan ubi / kentang sebabnyak 3 sdm (atau sesuai kebutuhan), tambahkan sagu sampai adonan pas. Oh ya penggunaan sagu cukup banyak juga. (oh ya ini perkiraan saja ya, untuk 1 ubi ukuran sedang besar, kemarin aku menggunakan 5 – 6 sdm sagu). Soalnya jika sagunya terlalu sedikit nanti malah kentang / ubi nya malah hancur pas di rebus. Jadi pastikan kalau ubi dan kentangnya tidak kekurangan sagu.

* Oh ya untuk wedang ronde yang kentang yang kemarin kubuat bisa dibilang agak gagal, soalnya aku membuat adonan yang ubi dan pembantu-ku membuat adonan yang kentang. Dalam adonan kentang tersebut aku taruh 2 sdm sagu saja dan aku minta pembantuku yang mengulen dan menambahkan sagu sampai adonan agak sedikit keras (tapi tidak terlalu keras dan kering ya… kalau terlalu kering nanti pas dibentuk malah jadi hancur adonannya. Tapi jika kalian terlanjur menaruh terlalu banyak sagu, maka tambahkan air saja sedikit demi sedikit. Untuk air yang digunakan, bisa juga menggunakan air sisa rebusan ubi atau kentang tadi.
Karena aku sibuk dengan adonan ubi-ku, so aku ga memperhatikan adonan kentang yang dibuat pembantu, walau hanya dengan sedikit sagu tapi adonan tetap bisa dibentuk, tapi pas di rebus nantinya akan menjadi mudah hancur dan saat dimakan terasa lembek atau tidak kenyal. Dasarnya pembantu, sudah dikasih tau, tapi ya tetap aja ga mau belajar, ya sudah deh.

* Jika kalian ingin memberikan warna pada adonan, maka tambahkan sedikit pewarna sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi seperti warna yang diinginkan. Untuk warna hijaunya kemarin aku menggunakan air daun suji + pandan yang di blender + sedikit pasta pandan.

4. Setelah adonan di bulat-bulatkan, rebus adonan di air mendidih dan matangkan. Tanda adonan sudah matang adalah jika adonan sudah mengapung saat di rebus. Nah setelah adonan mengapungkalau bisa biarkan saja direbus dulu sampai 2 – 3 menitan.

IMG_4958Bola-bola ubi dan kentang-nya sudah mengapung, tandanya sudah matang.

5. Setelah adonan bola-bola matang, angkat, tiriskan dan masukan ke air jahe yang sudah dibuat.

6. Wedang ronde siap disajikan.

IMG_4961Karena air jahenya belakangan kubuat, jadinya aku harus menaruh bola-bola ubi n kentangnya dalam mangkuk berisi air.

Berikut aku bahas ya tips and tips supaya wedang ronde yang kelihatan mudah ini nantinya tidak gagal :

1. Buat air jahe terlebih dahulu.

Yang pertama harus dilakukan adalah membuat air jahenya terlebih dahulu. Kemarin aku membuat kesalahan, aku membuat air jahenya belakangan, jadi saat adonan sudah matang aku harus menaruhnya di mangkuk. Dan karena adonannya lengket, makanya adonan menjadi menempel satu sama lain, jadi aku harus menaruh air di mangkuk supaya adonan tidak menempel. Jika air jahe sudah jadi, kan nantinya adonan tinggal di cemplung di air jahe saja deh.

2. Penggunaan sagu.

Penggunaan sagu pada adonan ubi / kentang tidak boleh terlalu sedikit, seperti yang aku sebut diatas, jika terlalu sedikit nanti saat di rebus adonan akan menjadi mudah hancur. So pastikan adonan yang kita buat tidak kekurangan sagu. Namun ternyata jika sudah terlanjur menaruh terlalu banyak sagu, so kalian bisa menambahkan air sedikit demi sedikit supaya adonan tidak terlalu kering.

Sudah 2x aku membuat wedang ronde dan kekurangan sagu dan hasilnya tidak memuaskan. Jadi bisa dibilang gagalnya membuat wedang ronde adalah karena pembantu hahahha….
Padahal saat pertama kali aku buat wedang ronde tanpa ada bantuan dari pembantu eh malah berhasil adonannya. Eh saat minta bantuan pembantu malah jadinya gagal.
^ Yang pertama adalah hampir 2 tahun lalu pembantuku yang lama bilang jika sagu-nya dikurangi maka nantinya akan lebih enak hasilnya, so karena dulu aku ga punya banyak pengalaman dalam membuat wedang ronde dan tertarik juga untuk membuat adonan yang enak, jadinya aku coba tips-nya eh ternyata pas di rebus terdapat banyak remah-remah ubi/ kentang (alias hancur dan bulatnya jadi jelek). Setelah kejadian itu aku mendapat pelajaran bahwa  penggunaan sagu tidak boleh terlalu sedikit.

^ Yang kedua adalah pembantu yang sekarang juga membuat kesalahan yang sama. Aku sudah menjelaskan padanya kalau penggunaan sagu tidak boleh terlalu sedikit, eh karena aku ngak memperhatikan malah ternyata pembantuku ga membuat adonan sesuai instruksi yang kuberikan. Jadinya adonan yang hijau hasilnya kurang memuaskan, saat dimakan jadinya lembek dan tidak kenyal, jadinya merusak rasa wedang ronde.

3. Jangan memasukan adonan 1/2 matang ke dalam air jahe.

Kesalahan yang kubuat yang selanjutnya adalah karena aku mau menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, so ada beberapa adonan kentang yang 1/2 matang yang dibuat pembantuku, aku angkat dan celupkan ke dalam air jahe dan aku rebus kembali bersama dengan air jahe sekitar 5 menitan. Hasulnya air jahenya rasanya agak berubah dari sebelum aku masukan adonan bola-bola ke dalamnya.

Kesalahan pastinya ga akan terjadi jika kalian membuat adonan dengan penggunaan sagu yang tepat, jika adonan tersebut sudah matang dan mau di rebus sebentar lagi dalam air jahenya, tentunya hal tersebut tidak akan jadi masalah.
Tapi berdasarkan pengalaman kemarin, aku lebih suka mencemplungkan adonan yang sudah matang ke dalam air jahe, tanpa perlu di rebus kembali. Jadinya rasa air jahenya tidak akan banyak berubah.

IMG_4965

Hmmm…. apalagi ya tipsnya… ? apakah kalian pernah membuat kesalahan yang sama denganku? Ummm,… karena belum sarapan otak-ku jadinya belum begitu bekerja nih, nanti akan aku pikirkan kembali ya jika ada tips tambahan dan akan aku update kembali (jika ada tambahan) hehehe….

Sekian dulu pembahasan mengenai wedang ronde ini, suami-ku baru bangun dan kami mau siap-siap dulu mengunjungi rumah orang tua-ku di Pondok Gede. Kita lanjut lagi ya nanti dalam pembahasan yang lainnya. Mohon saran dan tips nya jika kalian ada masukan untukku, seorang pemula yang tidak terlalu pintar dalam memasak, namun memiliki keinginan yang besar untuk belajar. Semoga tips-tips dariku bisa berguna ya ….

Happy Sunday
Have a blessed days
God Bless You… 

Tortila Pizza

10 Apr

Tortilla,….

Aku kepikiran untuk membuat tortilla ini setelah menonton variety show “Happy Together” di KBS dengan bintang tamu Jin Goo yang waktu di acara late night cafetaria membuatkan kimchi & cheese tortilla. Dalam acara tersebut semua peserta menyukai kimchi & cheese tortilla yang dibuat oleh Jin Goo. Nah karena penasaran , jadinya di waktu luangku aku sempatkan membuat tortilla (aku baru resign, eh gak baru juga sih, sudah 2 bulanan aku resign hehehe). Aku tertantang untuk membuat tortilla ini.

Tortilla yang aku buat adalah tortilla pizza, kenapa aku sebut begitu? karena isian untuk tortilla ini aku pakai topping pizza yang biasa aku buat, jadinya aku sebut saja ini sebagai tortilla pizza 😛

Oh ya untuk resep tortilla ini, waktu itu aku dapat dari youtube, tapi aku lupa sumbernya, jadinya ya mohon maaf tidak bisa menyebutkan sumbernya ya..

TORTILLA  PIZZA

IMG_4948

Bahan yang digunakan :

* 225 gr terigu segitiga biru

* 1 sdt baking powder

* 2 sdm blue band, jika kurang kalis adonannya, tambahkan 1 sdt lagi.

* 1/2 sdt garam

* 125 cc air hangat (bisa juga diganti dengan susu cair)

CARA MEMBUAT :

1. Campur terigu, baking powder, garam. Aduk rata semua bahan.

2. Tambahkan margarine, ulen adonan sampai rata.

3. Masukan air sedikit demi sedikit, ulen terus sampai adonan kalis. Jika adonan terlalu basah tambahkan sedikit tepung. Ulen adonan selama 10 – 15 menit.

4. Istirahatkan adonan selama 45 menit – 1 jam.

5. Bagi adonan menjadi 6 bagian yang sama, timbang sekitar 60 gr.

6. Bulatkan adonan dan giling berbentuk bulat.

7. Panaskan pan anti lengket, oles dengan margarine atau dengan minyak goreng. Bakar tortilla diatas pan dengan api sedang masing masing sisi selama kurang lebih 1 menit.

8. Tortilla siap digunakan untuk membuat sajian nikmat, atau jika mau disimpan di kulkas jangan lupa melapisi setiap tortilla dengan plastik supaya tidak lengket.

IMG_4926Tortilla buatanku. Bentuknya kurang bulat.

Oh ya untuk isian tortilla ini kalian bisa lihat di resep pizza buatanku. Kurang lebih bahan yang kugunakan adalah sama. Oh ya untuk keju sebaiknya menggunakan mozarella, karena rasanya lebih enak dibandingkan dengan keju kraft yang quick melt.

Untuk adonan tortilla ini, cara membuatnya cukup mudah karena adonannya lembut, tidak keras. Daripada disuruh membuat adonan mie, aku lebih memilih mengulen adonan tortilla atau adonan donat hehehe… Untungnya pembantu di rumah kami tenaganya cukup kuat, jadi setiap membuat mie, dia selalu kebagian untuk mengulen hehhee…

IMG_4930Ratakan bahan isian dan beri parutan keju mozarella… yummy…

Kali ini aku menggunakan wortel dan bombay sebagai isian untuk tortilla ini. Tadinya sih mau pakai jamur, tapi karena ga ada stock di rumah, jadinya ya pakai wortel aja deh. Sausnya tetap menggunakan saus bolognaise delmonte yang untuk membuat spaghetti, ditambah saus tomat, gula, garam, dll. Detail untuk membuat isinya silahkan lihat di :

https://shinhyoaeippeo.wordpress.com/2012/11/27/my-first-homemade-pizza/

IMG_4934

Setelah tortilla diberi isian, tutup kembali dengan tortilla. Setelah itu panggang di oven sekitar 10 – 15 menit sampai keju meleleh, lalu angkat tortilla dan potong-potong seperti gambar di bawah ini. Siap deh disantap tortilla-nya…

IMG_4936

Kepingin ngemil, tapi males keluar rumah atau ga tau mau makan apa? yuk ambil aja bahan-bahan simple diatas dan segera gerakan jari-jari tangan dan lengan kalian. Keringatan sedikit dan berolah raga untuk mengulen adonan dan setelah itu mulut ikut olahraga (setelah tortilla matang, mulutnya yang akan olah raga, ngemil terus sampai badan melar ke kanan dan ke kiri.. wah tumbuh harusnya ke atas, bukan ke samping hehehehe….)

Have a nice day !!!
God love you
Aja aja fighting…

Simply Mashed Potato

10 Apr

2 hari ini si Hubby lagi demen banget sama mashed potato. Jadinya uda 2 hari ini si doi minta dibuatkan mashed potato buat sarapan dia di kantor. Hmm… mungkin ada yang kepikiran kenapa sarapannya ga di rumah aja? (siapa tau aja ada yg  kepikiran hehhee… ). Soalnya setiap pagi, yang pertama masuk ke dalam perut kami adalah 1 perasan air lemon kecil dan setelah 1 jam, barulah kami boleh sarapan. Jadinya kalau harus tunggu 1 jam baru sarapan keburu si Hubby telat sampe ke kantornya.

Lemon dikenal memiliki khasiat yang sangat baik, terutama untuk yang memiliki sakit maag. Terbukti sieh dari minum air lemon setiap pagi, maag kami jarang banget sakit. Tapi yang jelas, habis minum lemon tidak boleh makan apapun ya, kalau minum ya boleh asal air putih saja. Dan selain itu lemon juga katanya bisa mengurangi kolestrol, so jadinya sudah hampir setahun ini kami selalu mengkonsumsi lemon tiap pagi. Lah kok jadi ngebahas lemon seh? hahaha…. tenang bukan lemon yang akan saya bahas disini. Yang akan kita bahas adalah membuat mashed potato yang simple banget dan pastinya semua pasti bisalah, wong gampang kok buatnya.

MASHED POTATO


IMG_5038Ini mashed potato yang aku buat kemarin pagi. Masih panas dan terlihat basah.

Bahan yang digunakan :

Resep ini bisa untuk 2- 3 mangkuk kecil.

* Kentang 500 gr (setelah di kupas / tanpa kulit)

* Unsalted butter 20 – 25 gr

* 35  gr keju cheddar, parut (jika mau lebih juga boleh)

* 150 gr susu UHT (timbang)

* 1/4 sdt garam

* 1-1/4 sdt atau 1-1/2 sdt gula

* 1/4 sdt Merica

* 1/4 sdt pala bubuk

* Oregano secukupnya

CARA MEMBUAT :

1. Kupas kentang, potong menjadi beberapa bagian. Rebus sampai lunak.

2. Lumatkan kentang sampai halus. Aku melumatkan kentang dengan garpu saja, atau bisa juga di tumbuk, atau jika memiliki blender hakashima akan lebih mudah lagi tentunya dan ga makan waktu.

IMG_5036

3. Rebus susu UHT dan unsalted butter sampai mendidih dan butter meleleh. Masukan garam, gula, merica, pala bubuk.

4. Masukan keju, aduk sampai keju agak meleleh.

5. Masukan kentang yang sudah halus. Aduk rata sampai semua bahan menyatu.

6. Sebelum diangkat, masukan taburan oregano. Masak sebentar saja sampai adonan meletup letup.

7. Angkat dan sajikan.

IMG_5043Jika sudah dingin, mashed potato-nya akan terlihat sedikit kering.

Jadi sudah deh mashed potato buatanku, proses pembuatannya sangat mudah dan rasanya juga enak. Jadinya gak sulit deh membuatkan sarapan buat suami tercinta. Oh ya makan mashed potato ini rada bikin eneg, jadi makannya jangan banyak-banyak ya, rasa susu dan kejunya cukup terasa, enak, eneg dan pastinya kenyang juga lah.. dan selain itu, aku suka aroma butter, keju dan susunya. Yang jelas sih rasanya enak.

Oh ya untuk membuat mashed potato ini aku menggunakan unsalted butter, soalnya aromanya lebih enak dibanding blue band. Jika kalian mau menggunakan blue band, mungkin jumlah garam bisa dikurangi atau disesuaikan, soalnya blue band kan rasanya sudah agak asin. Jadi disesuaikan saja tingkat keasinannya. Buat yang suka asin bisa menggunakan blue band, tapi buat yang ingin mengurangi asin bisa menggunakan unsalted butter. Aku lebih suka menggunakan unsalted butter, soalnya aromanya beda dengan margarine.

Oh ya dalam membuat mashed potato ini kalau kentangnya sudah dimasukan dalam susu, jangan lupa ya untuk mengaduk kentangnya terus sampai meletup-letup, baru matikan apinya. Untuk mencampur kentang yang lengket dan susu serta bahan lainnya cukup sedikit ribet dan tidak boleh terlalu lama soalnya kalau kelamaan nanti keburu susunya kering . Saat pertama kali diangkat, kentangnya akan terlihat sedikit basah, tapi setelah didiamkan beberapa saat nantinya akan menjadi lebih kering karena susunya meresap ke kentangnya. Tapi tenang saja, rasanya tetap enak kok.

IMG_5066

Mudah kan membuat mashed potato-nya? Silahkan dicoba ya resepnya… Oh ya resepnya aku adaptasi dari mashed potato with cheese by okefood.com dan aku olah sesuai dengan seleraku. Silahkan dicoba ya… Enjoy

Happy Cooking 
Aja Aja Fighting..
God Bless You…