Susu Kacang

27 Mar

Hari ini aku lagi kepingin minum susu kacang. Bongkar-bongkar lemari eh taunya ketemu ada kacang kedelai, dan akhirnya aku coba aja deh buat susu kacang sendiri. Hehhee ini adalah pertama kalinya aku membuat susu kacang hehehe. Jadi sebelum aku membuat Sucang-nya, aku terlebih dahulu harus menelphone ke Mama untuk menanyakan cara membuatnya, maklum namanya juga dadakan dan belum ada ide giman cara buatnya, apakah kedelainya dimasak dulu baru di blender atau sebaliknya. Setelah menelphone ke Mama langsung deh aku bersiap membuat sucangnya…🙂

Oh ya untuk pertama-tama, aku rendam dulu kacang kedelainya sampai mengembang.

IMG_4745Cantik ya kacang kedelainya kalo uda mengembang begitu.

Kok kacang kedelainya kelihatan seperti asinan atau manisan gitu sieh? Hahahha…

IMG_4747

Habis direndam sampe kacangnya membengkak, eh mengembang maksudnya, aku blender kacang kedelainya sampai halus.

IMG_4754Tadinya aku sempat menaruh kacang kedelai yang sudah dihaluskan ini ke kain putih, tapi karena kainnya kecil, jadinya keluar semua deh serbuknya. Repottt euy…  Akhirnya aku saring menggunakan saringan yang kawat yang biasa aja deh.

Setelah di blender, aku saring kacang kedelainya menggunakan saringan biasa dulu. Setelah lumayan bersih dari ampas, baru aku saring menggunakan kain putih. Maklum aku ga punya kain putih yang lebar, masa aku harus menggunakan selampe bekas si Hubby sie hahaha ga mungkin lah ntar rasa sucangnya asin-asin keringat/ ingus hehehe…

IMG_4758Ini setelah disaring menggunakan saringan kawat, baru aku saring menggunakan kain putih. Aku pakai saringan kecil aja dibawah kain putihnya, jadi cuma bisa menyaring sedikit demi sedikit.

Jika disaring dengan kain putih, sarinya jadi lebih bebas dari serbuk-serbuk kacang kedelai. Oh ya jangan didiamkan aja ya sampai airnya menetes sendiri, karena kain putih kan jaring-jaringnya super kecil-kecil, jadi ampas kacang kedelainya membuat air susah menetes, jadinya ya aku harus memerasnya supaya prosesnya bisa cepat.

IMG_4763

Setelah air kedelainya disaring, so aku masak air blenderan tersebut dengan 2 lembar daun pandan yang aku belah menjadi @ 2 bagian. Oh ya kata Mamaku saat memasak susu kacang kedelai ini, kita harus sering mengaduk airnya supaya ga mengeras permukaan atasnya katanya. Nah setelah 1/2 mendidih, aku mulai tambahkan gula ke susu kacang buatanku. Setelah itu, aku cicipi apakah rasa manisnya sudah pas. Aku ga membuat susu kacang ini terlalu manis karena aku ga mau terlalu banyak menkonsumsi gula.

IMG_4770Jadi sudah deh Sulai-nya (susu kedelai)😛

Gampang kan membuat susu kacang ini? oh ya karena menggunakan pandan, susu kedelai buatanku warnanya tidak seputih yang biasa suka dijual-jual dipasaran. Sayangnya tadi aku agak sedikit kebanyakan menaruh airnya, jadinya agak kurang kental dikit deh susu kacangku, menurutku loh ya hehehe…

Selamat Mencoba
Aja Aja Fighting..
God Bless You…

Leave a Reply

