Bakmi aYam

27 Mar

Bakmi ayam…

Kenapa ya kalo makan mie itu ga ada bosan-bosannya hahaha….
Ga ada ide gimana caranya menghilangkan addicted terhadap makanan satu ini. Mau diolah sesederhana apapun tetap aja aku doyan makan mie hahha… Padahal mie itu gampang banget bikin badan jadi melar, ya tapi emang sudah melar sieh hahaha…

Kali ini aku ga bahas mengenai resep, soalnya aku buatnya tanpa takaran dan main tambah bumbu aja tanpa ditakar. Mie kali ini hasilnya lebih enak dari yang sebelumnya, karena kali ini aku menggunakan mecin (Ga banyak sih, tapi secukupnya aja), aku banyakin di dagingnya saat membuat kaldu dan aku masak agak lamaan biar kaldunya makin nikmat.

Senang banget deh mie kali ini rasanya lebih meningkat dibandingkan yang sebelumnya hahaha… Yang lalu-lalu rasanya agak hambar walau sudah ditambah ini itu, tapi kali ini rasanya sudah enak walau tidak perlu tambahan kecap lagi.


IMG_4780

Untuk cabenya, aku hanya menggunakan cabe rawit, bawang putih, garam dan sedikit gula. Untuk cabenya aku buang sbagian bijinya, soalnya di rumah pada ga kuat makan pedas. Habis itu smua bahan tersebut aku blender deh.

IMG_4777

Sayang banget aku kelupaan membeli kulit pangsit. Membuat mie ini diluar rencana, jadinya aku buat tanpa banyak persiapan, mie nya pun aku buat sendiri hehehe. Ada kebanggaan sendiri bisa makan hasil buatan sendiri dan meyajikannya buat keluarga.

IMG_4778

Oh ya ayamnya aku masak menggunakan tumisan bawang merah dan putih, kecap manis, kecap asin dan lada. Diracik kira-kira sampe menghasilkan rasa yang sesuai dan enak. Jadi susah deh men-share resepnya, karena aku membuat mie ini saat kemarin melihat Mamaku membuatnya, jadi ya kubuat saja sekiranya yang sesuai dengan apa yang kulihat dengan takaran kira-kira.

IMG_4782

Wah senang deh bisa menikmati mie tanpa harus beli diluar. Ya memang makan proses sieh untuk membuat mie ayam ini, karena kaldunya harus dimasak beberapa jam sampai terasa enak. Kalau mau lebih enak bisa 6-8 jam, tapi kalau aku sieh cukup 2 jam saja deh, heheh sayang abis gas-nya.


Mie

Nah, selain dibuat kuah, mie ini bisa juga dibuat jadi mie goreng, caranya mudah aja. Taruh 1 sdm minyak bawang (Bawang putih dan merah yang digoreng dengan minyak sampai kecoklatan dan wangi), kecap asin n kecap manis secukupnya (Palingan 1 sdt saja, jika suka asin banyakin kecap asinnya dan kalau suka manis banyakin kecap manisnya, sesuaikan dengan jumlah mie nya juga ya untuk taruh kecapnya). Setelah itu beri sedikit mecin jika mau lebih enak (aku skip mecinnya) dan beri lada bubuk juga. Nah aduk-aduk deh bumbunya, lalu masukan mie yang baru di rebus dan beri cabe dan aduk rata. Setelah itu beri daging kecap yang sudah dimasak dan beri sedikit daun bawang jika suka, aduk kembali dan mie gorengnya siap disantap. Uhhh nyam nyam…

IMG_4790

Biasanya Mama-ku suka membuat versi yang daging B2 dan rasanya memang lebih enak menggunakan daging B2 heheh😛

Tapi yang rasa ayam juga oke kok….

Happy Cooking
aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: