Donat kentang

25 Mar

Donat,… kue coklat yang tengahnya ini bulat selalu aja nikmat buat disajikan dengan topping ataupun non topping. Dari donat tradisional sampai donat yang udah agak modern kayak J-co atau Dunkin Donuts, semua selalu enak untuk disantap. Dari yang tua, muda bahkan anak-anak pun menyukai donat.

Pada minggu yang lalu, aku sudah mencoba resepnya Ncc untuk membuat donat almon, tapi jika sudah menginap besoknya rada keras (tapi ga keras banget loh, masih oke kok, cuma kurang lembut aja), jadinya aku tertarik mencoba resep donat kentang yang katanya akan tetap empuk walau sudah 24 jam. Nah karena penasaran, makanya kemarin saat pulang ke Pondok Gede (Tempat Papa dan Mamaku, aku menyempatkan diri membuat donat kentang untuk disajikan buat keluargaku yang lagi pada kumpul kumpul).

Dan yuk kita bahas aja gimana eksperimen kali ini berjalan.. Yang pasti aku puas deh dengan hasilnya🙂

IMG4Nyam nyam… donatnya empukkkkkk….

Untuk resep donat kali ini aku masih menggunakan resep dari NCC. Wah thanks banget buat Bu Fatma yang sudah men-share resep resepnya yang nikmat buat dicoba sama kami-kami yang masih amatir di dapur.

Bahan yang digunakan :
(Bisa dapat lebih dari 40 pcs donat ukuran cetakan yg sedang).

* 500 gr tepung terigu protein tinggi. (Aku pakai cakra aja sih kali ini).

* 50 Gr susu bubuk full cream

* 11 Gr ragi instant (aku pakai 1 bungkus ragi merk SAF)

*200 Gr kentang, kukus dan haluskan. Aku sih di rebus aja kentangnya dan timbangan ga sampe 200 gr juga. Yg jelas aku pakai 1 kentang aja yang ukuran agak sedang.

* 100 Gr gula pasir. (Buat yang mau buat donat tanpa topping apa-apa, gulanya bisa ditambahkan. Soalnya jika tanpa topping, rasa donatnya masih kurang manis).

* 75 gr mentega, aku pakai blueband margarine.

* 1/2 sdt garam

* 4 pcs kuning telur

* 100 ml air es

Cara Membuat :

1. Rebus kentang sampai matang, setelah itu lumatkan kentang. Aku sih cukup menggunakan garpu saja waktu melumatkan kentang. Dinginkan.

2. Campur terigu, gula, susu, bubuk ragi. Aduk rata semua bahan.

3. Masukan kentang yang sudah dilumatkan. Aduk rata sebentar, lalu masukan telur dan air es. Ulen semua bahan sampai setengah kalis.

4. Masukan blue band dan garam. Ulen adonan sampai kalis. Diamkan selama 15 menit.

5. Giling adonan setebal 1 cm saja dan bentuk adonan menggunakan cetakan donat dan letakan di wadah yang sudah dioles margarine + tabur dengan tepung. Oh ya saat bentuk donatnya, cetakannya juga harus diberi sedikit tepung supaya ga lengket.

Tutup wadah dengan serbet basah dan bersih, diamkan selama 2o menit sampai adonan mengembang.
Karena adonan yang dihasilkan cukup banyak, hanya 1 loyang adonan saja yang kututup dengan serbet basah, yang lain aku tutup dengan tutup panci saja,

IMG2Bentuk donatnya jelek sekali ya, ga karuan hehehe… Salah satu kekuranganku adalah tidak bisa membuat sajian yang cantik… Huhhh…. kenapa bentuknya malah jadi bulat ga beraturan begitu sig??

6. Goreng donat di minyak panas dengan api kecil sampai kuning kecoklatan. Jangan kelamaan ya gorengnya karena donat ini cepaat skali gosongnya. So jangan lupa untuk menggunakan api kecil saat menggorengnya ya….🙂

7. Dinginkan donat dan beri topping.

IMG3Donatnya banyak kan dapatnya untuk 500 gr, itu aja uda dikurangin dengan yang dicomot sama anggota keluargaku. Kalau untuk keluarga kecil cukup buat 250 gram saja tepungnya.

Donat segambreng begitu setengahnya abis dalam sekejap walau belum diberi topping.. Hahaha… keluargaku memang lumayan pada doyan nyemil-nyemil dan Mamaku juga suka membuatkan makanan yang enak-enak saat setiap hari minggu kami pulang ke rumah di Pondok Gede.

IMG_4669

Walau bentuknya ga secantik donat J-co, tapi aku yakin donat buatanku pastinya lebih sehat bahan-bahannya dibandingkan dengan buatan J-co hehehe. Oh ya aku penasaran, apakah bisa donat ini ditambahkan pelembut baker bonus untuk melembutkan adonannya ya? Aku tidak berani menambahkannya dikarenakan donat ini kan digoreng, bukan dibakar, jadinya ya tetap pada resep aslinya saja deh.

Tapi sih memang hasilnya ga mengecewakan walau tanpa baker bonus. Adonannya lembut banget saat selesai di goreng dan setelah dingin pun tetap lembut, walau tidak selembut saat masih panas. Ya memang tidak selembut J-co punya, tapi empuknya sudah cukup kok. Kalau kata Mama-ku, donat yang terlalu lembut nantinya jadi seperti makan angin, terasa kopong dan ga seruh. Menurut Papa mertua-ku juga sudah enak, lembutnya pas walau sudah menginap semalam. So… donat kentang ini direkomendasikan deh buat para pecinta donat. Ya sayangnya sih, aku ga bisa membuat topping seenak J-co punya😦

Donat3

Aku hanya bisa menambahkan topping dengan butter yang telah dihaluskan dan ditambahkan gula halus + pasta coklat, lalu kutabur dengan mesis. Donat tradisional banget ya? hahaha… walau tradisional kan yang penting enak. Hmmm… siapa ya yang punya resep untuk topping donatnya J-co? kepingin banget deh nyobain buat sendiri toppingnya,…

Donat2

Penasaran dengan donat kentang ini? yuk buruan buat sendiri. Bahan-bahannya mudah didapat dan mengulennya juga ga repot. Walau ga punya mixer yang untuk roti, tapi buatan tangan ga kalah kok sama buatan mesin.

Hubby…. beliin dunk mixer bosch nya…. huhuhuhu…… kenapa harganya bisa semahal itu ya mixernya ? hikkzzz…. karena uda ga kerja lagi, so sekarang aku harus melupakan keinginan untuk memiliki mixer bosch nya deh… Smoga aja passion ku di dunia kuliner nantinya bisa menghasilkan sesuatu yang bisa menghasilkan uang untuk menghidangkan sesuap nasi dan segenggam berlian😛, buat masa depan aku dan suami, dan calon anak-anak kami saat nanti Tuhan mempercayakan kami untuk bisa menjadi orang tua yang baik.

Have a blessed days….
aja aja fighting
God bless you

 

Leave a Reply

