Mie kuah sederhana

21 Mar

Wahhh kenapa postinganku selalu mengenai mie ya belakangan ini?

Beberapa minggu ini, aku memang sedang ketagihan membuat homemade noodle, makanya di rumah sering kali aku memasak mie dengan berbagai cara, ya siapa tau aja nanti bisa menghasilkan racikan mie yang lezatos hehehe….

Resep kali ini sangatlah mudah untuk dibuat dan ga perlu banyak waktu juga. Soalnya kemarin aku sedang kelaparan dan butuh mengisi perut dengan segera, jadinya aku buat aja deh mie sederhana ini.

IMG_4596

Resep mie ini pernah aku share sebelumnya, hanya penggunaan mie nya saja yang berbeda.

Bahan :

* Mie (aku pakai homemade noodle buatanku).
* minyak sayur untuk menumis
* 2 – 3 Siung bawang putih cincang (Jika yang suka bawang putih boleh menambahkan sesuai selera).
* 2 Siung bawang merah, iris
* Daging ayam, potong kecil kecil.
* Cabe Rawit utuh (sesuai selera)
* Sawi hijau5-6 lembar.
* Telur ayam 1 butir
* Kecap Asin secukupnya (aku pakai kecap asin bangka yang ada gambar gajah).
* Mecin atau kaldu bubuk
* Lada secukupnya
* Garam secukupnya (Sesuai selera asin masing-masing dan disesuaikan dengan merk kecap). Tiap kecap memiliki kadar asin yang berbeda.
* Air seckupnya. Aku suka mie dengan kuah yang banyak, jadi aku suka menggunakan air yang cukup banyak.

IMG_4599

CARA MEMASAK :

1. Rebus Mie , tapi jangan sampai terlalu matang, beri minyak selama merebus mie supaya mie tidak menyatu / lengket. lalu tiriskan. Sisihkan.

2.  Panaskan minyak untuk menumis, setelah itu masukan bawang putih dan merah dan tumis sampai kuning dan harum.

3. Masukan air dan biarkan mendidih.

4. Masukan daging yang sudah dipotong kecil, cabe rawit dan sawi, matangkan sebentar. Biasnya cabe rawitnya aku pecahkan saat akan dimakan. Aku haluskan cabe rawit dengan menggunakan sendok saja.

5. Beri kecap asin, garam dan kaldu bubuk / mecin dan kaldu bubuk. Oh ya kecap asinnya aku pakai yang ada gambar gajahnya dan merupakan produksi Bangka asli yaaaa. 

6. Kocok telur dan masukan dalam kuah. matangkan.

7. Masukan mie rebus dan masak kembali sampai mie matang.

8. Cicipi rasa kuah apa sudah sesuai dengan selera. Jika belum asin bisa ditambahkan kecap asin. Warna kuahnya aku lebih suka terlihat agak coklat, makanya aku mengurangi penggunaan garam supaya rasa kecapnya bisa terasa. Tapi jangan kebanyakan kecap juga nanti malah jadi rasa kecap smua, hmm… susah ngejelasinnya sih soalnya aku masak jarang pakai takaran, tapi selalu dengan dicicip sampai mendapatkan rasa yang sesuai. Oh ya ingat ya, aku pakai kecap asin Bangka. Aku belum tau apakah dengan kecap merk lain bisa menghasilkan rasa yang sama ya? Yang jelas pakai kecap angsa kurang nikmat untuk memasak mie ini.

9. Angkat dan sajikan.

IMG_4596

Mie sederhana ini aku dapatkan dari Mama-ku. Biasanya Mama suka memasak mie ini tanpa bawang merah dan tanpa telur. Tapi jika menggunakan telur, rasanya lebih enak lagi. Jika sedang ada toge, aku juga suka menambahkan toge atau daun bawang.

Di rumah kami tidak menggunakan mecin, jadi sebagai gantinya aku menambahkan sedikit gula supaya ada sedikit rasa tambahan. Tapi rasa gula tidak bisa menggantikan rasa mecin yang membuat masakan menjadi gurih.

IMG_4597

Walau mie ini sederhana banget, tapi rasanya enak juga loh, apalagi dimakan hangat-hangat disaat hujan turun.. apa hubungannya coba? ahahha…. Ya ini merupakan cara keluargaku menikmati mie, untuk menghindari terlalu banyak mengkonsumsi mie instant. Rasa mienya dengan kuah asin dan rasa pedas dari rawit menambah selera makan. Mama n Papa n Koko-ku sangat suka memakan mie sederhana ini, dan aku juga senang karena membuatnya sangatlah mudah.

IMG_4651

Nah ini adalah versi mie kuah yang aku campur dengan bihun, hehehe…. Lebih enak sieh menggunakan mie aja, tapi sayang tadi pas rebus mie dan bihunnya agak kematangan jadinya pas aku masukan ke kuah ga bisa dimasak terlalu lama lagi. Harusnya tadi masaknya 1/2 matang aja untuk menghilangkan lendir di mie dan pas dimasukan ke kuah yang sudah dibuat bisa dimasak lebih lama supaya rasanya lebih meresap.

IMG_4648

Oh ya kali ini kecapnya aku menggunakan campuran kecap angsa, kecap Bangka dan kecap kikkoman hehehe… banyak banget campurannya dan kuahnya terlihat lebih coklat kan? dan aku menambahkan sejumput gula sebagai pengganti mecin.  Oh ya aku juga menambahkan bawang bombay dan 4 cabai rawit tadi, ternyata pake bombay juga enak, lebih manis rasa kaldunya dan pedasnya rawit terasa maknyus saat kegigit dan kuah yang melimpah jadi seger banget deh bikin ngantuk jadi ilang hehhe. Aku senang bisa menghabiskan kuah dari mie ini karena aku tahu bahan-bahan yang digunakan. Kalau makan mie instant kuah, pasti aku ga berani menghabiskan seluruh kuahnya, jadi ga seruh makannya. Tapi kalau mie buatan sendiri mau dimakan sampai tetes terakhir kuahnya ga akan jadi masalah, karena pastinya bahannya sehat dan bersih.

Untuk daging, biasanya aku menggunakan daging babi, tapi kali ini aku pakai daging ayam. Lebih enak sieh emang pake daging babi ya hhhee…. Tapi pake daging ayam juga oke kok, tapi kalo pake daging sapi aku belum pernah sieh, soalnya aku ga suka daging sapi heheh…. Jadi jangan heran ya kalo di postinganku kalian ga menemukan masakan dari daging sapi. Tapi next time aku akan belajar memasak daging sapi, karena suamiku suka banget sama daging sapi.  Aku dan suami memiliki selera yang berbeda dalam makanan. Suamiku suka daging sapi, aku enggak. Aku suka seafood tapi suami malah ga doyan, jadi pusing juga kadang mau masak apa buat si Hubby…

IMG_4646

Semoga resep ini sesuai dengan selera kalian ya… Selamat mencoba…

 

Happy Cooking
aja aja fighting
God bless you

4 Responses to “Mie kuah sederhana”

  1. Shade Rahmawati December 26, 2014 at 10:10 am #

    Sip mbak! Udah ku praktekkan, tapi dg bahan seadanya, heehe… kecap asin ku ganti kecap manis krn sy suka yg cenderung manis, daging nya ku ganti ayam. hasilnya maknyusss… terima kasih…🙂

    • Shin Hyo Ae December 27, 2014 at 2:34 am #

      Wah senang deh kl cocok selera nya….🙂

  2. Aziza Amalina January 2, 2016 at 9:42 am #

    Mau tanya dong. Itu daging ayamnya di masukkan mentah aja atau diapain dulu ya? Ga perlu dikasih apa2 dulu kah sblmnya? Thanks yaaaa

    • Shin Hyo Ae January 4, 2016 at 5:26 am #

      ini versi simple bgt n waktu singkat aja jdnya ga usa bny persiapan. daging ayamnya mentah aja cm di potong kecil2 saja. Kl mslnya bs di tambah tulang ayam pas bikin kaldu lbh enak lg rasanya. Sy sk buat kaldu dr tulang ayam n saya buat kuahnya pk kaldu ayamnya jd lbh berasa gurihnya n saya blm pernah sih coba pakai kecap lain ya rasanya sama atau ga. Dl pernah pk kecap bangka jg merk mawar kl ga salah dan rasanya jd ga sama sih..

Leave a Reply

