Donat almond

21 Mar

Hi semua….. buat teman-teman yang gak ada kerjaan seperti saya dan ga tau mau ngapain,  nah saya punya ide neh enaknya ngapain kalo lagi ga ada kerjaan. Hm…. selain bahannya mudah ditemukan, caranya juga gak terlalu ribet.

Pagi ini kepingin banget deh buat sesuatu di rumah. Soalnya da sebulanan di rumah tapi gak tau mau ngapain selain masak-masak, nonton atau browsing2. Nah setelah mengingat kembali bahan apa aja yang ada di kulkas, eh aku keinget kalo masih ada stock coklat putih dan almond yang uda dibeli tapi belum dipakai. Akhirnya kepikiran buat bikin donat almon ala J-co. YA tapi jangan diharap hasilnya bisa sama seperti di J-co ya hehehhe…. Ga mungkin bisa lah hahaha….

IMG_4642Donat buruk rupa ala dapur Shin Hyo Ae…😛

Almon yang kubeli di pasar muara karang ini sudah dalam bentuk potongan, tapi potongannya agak tebal. Rasa almon ini juga agak ada rasa sedikit pahit, entah bener ini kacang almon atau kacang jenis lainnya aku ga ngerti juga deh. Kata yang jual sih ini kacang almon… smoga aja ga salah.

Resep donat ini aku peroleh dari NCC. Untuk 1 resep ini bisa mendapatkan 13 pcs donat. Untuk bahannya adalah sebagai berikut:

IMG_4619

Bahan I :

* 250 Gr tepung terigu protein tinggi (aku pakai komachi)

* 50 Gr gula pasir (aku campur dengan gula halus)

* 6 gr ragi instant

* 2 pcs kuning telur

* 100 ml air

Bahan II :

* 50 Gr mentega

* 1/2 sdt garam

Bahan III :

* White Cooking Chocolate

* Almond slice, di panggang dulu sebelumnya.

IMG_4631

CARA MEMBUAT :

1. Aduk bahan I sampai rata, uleni sampai menyatu, lalu masukan bahan II. Uleni sampai kalis. Oh ya mengulen adonan donat ini sangat mudah. Adonannya sangat lembut, jadi mudah banget deh ngulennya, ga seperti mengulen adonan mie.

2. Bulatkan adonan, potong adonan seberat masing-masing @ 40 gr. Istirahatkan selama 10 menit.

3. Bulatkan mulus adonan. Tata dalam loyang yang sudah dioles mentega dan ditabur terigu. Diamkan kembali selama 20 menit.

4. Setelah 20 menit, bentuk donat dan beri lubang di tengahnya.

IMG_4623Jelek banget ya adonan buatanku, maklum masih amatir banget dan ini merupakan donat perdana-ku.

5. Goreng donat sampai kuning kecoklatan, jangan terlalu coklat tentunya. Punyaku agak kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Dinginkan.

IMG_4626

6. Lelehkan coklat putih dan setelah itu celupkan donat ke lelehan coklat putih dan beri taburan kacang almon. Dinginkan sampai coklat membeku. Donat siap disajikan.

IMG_4629

Adonan donatnya sangat lembut saat baru matang, tapi setelah dingin menjadi lebih sedikit keras (tidak selembut pertama di goreng). Tapi tenang, tidak keras kayak batu kok. Hanya tidak seperti donat di J-co lembutnya.

IMG_4643Hadoo kenapa bentuk donatnya jelek banget ya dan karena coklat putihnya belum sempurna meleleh, jadinya terlihat kasar banget deh.. Hahahah… karena kurang sabaran jadi aneh deh donat buatanku.

Oh ya kalau berdasarkan info dari Mama mertua, supaya donatnya lembut, lebih baik diberi kentang supaya setelah dingin donatnya bisa menjadi tetap lembut. Mungkin next time aku akan mencoba cara ini.

Untuk pengunaan gula pada resep diatas, rasanya kurang manis. Jadi jika kita mau membuat donat tanpa topping mungkin bisa ditambahkan sedikit gula ke dalam adonan. Tapi dengan penggunaan topping coklat putih yang sudah manis, penggunaan gula cukup  mengikuti jumlah di resep, atau jika mau yang lebih manis boleh ditambah sedikitttt lagi gula.

IMG_4640

Have a blessed day
aja aja fighting
God bless you

2 Responses to “Donat almond”

  1. Andika Yoga Pratama January 21, 2015 at 11:33 am #

    Hallo mba, tau ga bahan2 saos yang dipakai di donut jco. Kabarnya tu saos/toping smua barang import ya… Di jkt beli/pesen dimana ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: