Mie Tek Tek Hokkian

15 Mar

Mie tek-tek Hokkian… kenapa aku sebut begitu? soalnya cara memasaknya menggunakan ala mie goreng tek-tek tapi menggunakan hokkian noodle. Biasa aku menggunakan hokkian noodle untuk membuat mie tomat, tapi kali ini aku ingin mencoba menggorengnya dengan ala mie tek-tek soalnya kepingin makan mie tarik lekker saat itu. Walau rasanya ga seperti mie lekker, tapi mie hokkien ternyata enak juga dimasak dengan ala tek-tek gitu.

Tekstur mie hokkian ini kalau langsung di goreng nantinya akan sedikit keras, so lebih baik sebelum dimasak, lebih baik di rebus sebentar saja sampai mie lembut seperti yang diinginkan. Kalau mertua-ku suka menambahkan air saat memasak mie hokkian supaya mienya lebih lembut, tapi nanti mie jadinya agak lengket. Tapi untuk membuat mie tek-tek hokkian ini, aku lebih suka merebus mie sebentar baru memasaknya.
Tapi jika mau mie tidak terlalu lembut, cukup rendam mie di air bersih selama 10 – 15 menit sebelum dimasak. Keluargaku suka makan mie yang sudah lembut / lembek, makanya aku biasakan untuk merebusnya atau menambahkan air saat memasak mie hokkian. Smua kembali ke selera masing – masing aja deh…

IMG_4295

Hmmm… mohon maaf lagi-lagi aku ga pakai takaran ya, soalnya aku pakai kira-kira. Jadi untuk mencicipi apakah rasa mie sudah pas atau belumnya, aku harus berkali-kali mencicipi rasa mienya sebelum disajikan. Untungnya mienya ga abis untuk diicip doang ya hahhaa….

Bahan :

* 1 bungkus mie hokkian

* 2 pcs telur + kecap asin dan merica (kocok) di dadar dulu sampai agak kecoklatan dan wangi.

* Sawi hijau / sawi putih / kol.

* Bawang merah secukupnya 4 – 6 pcs

* Bawang putih 2 pcs

* Kecap manis

* Kecap asin (aku pakai kikkoman + kecap angsa)

* Angciu

* Merica hitam bubuk secukupnya.

* Kaldu bubuk

* Minyak untuk menumis

* Bawang Goreng

* Tambahan : sambel kecap dan cabe rawit iris.

IMG_4288

CARA MEMASAK :

1. Dadar telur, potong kecil dan taruh di piring, sisihkan.

2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi dan kecoklatan. Jika ingin ditambah bombay / cabe juga boleh.

3. Masukan sawi / kol. Masak sampai sayuran agak layu.

4. Masukan mie yang sudah di rebus sebentar. Masukan telur yang sudah di dadar juga.

5. Tambahkan kecap asin, kecap manis, angciu, dan kaldu bubuk serta merica, aduk rata.

6. Cicipi apakah rasanya sudah pas dengan selera.  Sebelum diangkat, coba juga apakah tekstur mie sudah cukup lembut atau masih keras. Jika masih keras, tambahkan sedikit air dan siram diatas mie dan masak kembali sampai air kering.

7. Angkat dan sajikan. Taburkan bawang goreng diatas mie dan sajikan juga dengan cabe potong yang dicampur dengan kecap asin.

IMG_4287

Wah melihat foto mie yang kemarin kemarin aku buat malah bikin aku jadi kepingin makan mie lagi. Mie memang ga ada matinya deh,… Ya tapi sayangnya mie membuat badan cepat melar, jadinya aku harus membatasi makan mie, ga boleh terlalu sering, soalnya suami tercinta suka komplen kalau aku sering makan mie.

Happy Cooking
aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

