Mie Goreng XO Sederhana

15 Mar

Wah lagi lagi postingannya tentang mie. Beberapa minggu ini aku lagi kerajinan buat homemade noodle. Bermula dari Papa Mertua yang ngajakin bikin homemade noodle eh akhirnya malah aku yang penasaran untuk bisa membuat homamade noodle ini. Pada hari senin yang lalu aku membuat homemade noodle untuk kedua kalinya. Kali ini menggunakan takaran loh hahaha…

Bahan yang digunakan untuk membuat homemade kali ini adalah :

* 500 gr terigu protein tinggi.

* 4 pcs telur

* 1 sdt garam

* 50 – 60 cc air. Disesuaikan ya dengan adonan.

(Keempat bahan diatas diulen sampai rata, setelah itu pindahkan adonan ke wadah dan tutup wadah dan diamkan selama 15 menit).

* Sagu untuk taburan mie.


Nah gini deh jadinya homemade buatanku untuk yang kedua kalinya. Tekstur mie ini agak kenyal jika rebusnya kurang lama. So better di rebus lebih lama dibandingkan mie yang biasa dibeli di pasar atau supermarket. Homemade noodle buatanku tidak benyek/ hancur karena kelamaan di rebus. Yaa jangan kelamaan juga rebusnya, coba dulu teksturnya apakah sudah pas sebelum mie diangkat. Setelah di rebus, mie siap disajikan dengan kuah kaldu atau mau digoreng dengan saus XO juga bisa.


IMG_4563

Kali ini aku mencoba membuat mie goreng Xo. Simple dan cepat banget deh masaknya hehehe… Kebetulan di rumah lagi ada saus Xo, entah dimana Papa mertua membelinya.

Cara memasak mie XO ini sederhana banget.

1. Ambil 2 sdm saus Xo dan panaskan wajan.

2. Masukan mie yang sudah di rebus, aduk-aduk dengan sumpit sampai mie tercampur rata dengan saus XO.

3. Tambahkan kecap asin, kecap manis dan merica.
(Oh ya jika mau lebih enak lagi bisa menambahkan kocokan telur yang diaduk pada mie sebelum diberi kecap). Pas terakhir aku masak mie xo dengan tambahan telur, rasanya lebih enak ternyata.

IMG_4569

Tapi yang jelas saus XO ini sangat membantu dikala aku sedang kelaparan dan butuh makanan dalam waktu cepat. Dibandingkan memasak mie instant, aku lebih memilih memasak mie Xo ini saja karena praktis dan tentunya lebih baik untuk kesehatan. Rasa mie goreng XO ini tidak seenak indomie goreng. Tapi oke juga kok untuk disajikan dikala kepingin makan mie, lebih enak lagi kalau pakai telur. Dan yang pastinya habis dimasak, langsung dihabiskan ya karena kalau sudah dingin rasanya kurang nikmat.

IMG_4568Lihat fotonya mirip ya seperti indomie goreng? hehehe…. Tapi ini bukan indomie kok… ini mie goreng XO buatanku.

IMG_4571

Biasanya aku suka memasak nasi goreng menggunakan saus Xo. Tapi suami kurang suka dengan saus XO karena ada ikan teri nya, padahal dulu waktu dia ga tau ada ikan teri dia suka aja makan nasi goreng dengan saus XO, tapi setelah tau isinya malah dia jadi rada reseh hehehe…

Hm,… senang juga dengan hadirnya saus XO, jadinya aku bisa membuat masakan simple dan cepat, dan rasanya juga lumayan oke untuk mengganjal perut disaat urgent hehhe😛

Happy Cooking
aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: