Kentang + Ayam kecap

15 Mar

Wah satu per satu berusaha menyelesaikan PR untuk postingan yang harusnya uda dibuat malah ketunda terus gara-gara nonton K-variety show atau k-drama dan lagi asik-asiknya scrapbook-an😛
Sekarang saatnya mulai menyelesaikan postingan yang tertunda satu per satu.

Oh ya kali ini aku mau share mengenai kentang + ayam masak kecap. Masakan ini mungkin bisa dibilang mirip semur gitu, tapi aku tau masakan ini dari Mama-ku yang biasa memasak kentang menggunakan daging babi atau ayam. Buat yg ga makan babi, sbagai gantinya bisa pakai ayam atau sapi.  Kali ini aku menggunakan ayam fillet.

IMG_4312

Oh ya untuk resep aku ga bisa kasih detailnya soalnya aku pake kira. Soalnya kalau belajar masak sama Mama pastinya smua pake kira-kira deh dan ga ada takaran pastinya. Tapi ya walau kira-kira, setidaknya aku masih bisa mencobanya walau harus berpuluh kali mencoba mencicipi kuahnya hehehe

Bahan :

* Kentang (aku pakai 2 – 3 pcs)

* 1 dada ayam fillet, potong.

* Bawang merah (kalau aku suka pakai 5 siung bawang merah – 7 siung tergantung besarnya)

* Bawang Putih (2 siung aja)

* Kecap asin (aku pakai kecap asin Bangka)

* Kecap manis

* Garam

* Gula

* Mecin

* Minyak untuk menumis

* Air secukupnya

IMG_4307

Cara Memasak :

1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.

2. Masukan daging dan masak sebentar sampai daging berubah warna.

3. Masukan kentang yang sudah dipotong dan masak sebentar.

4. Masukan air, aduk rata.

5. Beri kecap manis, kecap asin, gula, garam dan mecin. Didihkan.

6. Cicipi rasanya apakah sudah pas. Rasa cenderung ke manis, asin sedikit. Masak sampai kuah sisa sedikit dan sampai kentang matang dan daging ayam cukup empuk. Jika air sudah kering sebelum kentang matang, maka bisa tambahkan air lagi dan masak kembali.

IMG_4315

Walau kelihatan simple, tapi aku belum bisa membuat masakan ini seenak masakan Mama, tapi bukan berarti masakanku ga enak loh hahaha… tp belum seenak masakan Mama. Mungkin karena aku ga pakai mecin kali ya, tapi pake kaldu bubuk merk knoor atau Totole yang terbuat dari jamur. Kata Mama sih kalo masak ga pakai mecin rasanya hambar, tapi tidak usah terlalu banyak mecinnya nanti ga baik untuk kesehatan.

Walau resep ini simple banget dan ga ada takaran tepatnya, smoga tetap bisa memberikan ide untuk memasak ya…

Happy Cooking
aja aja fighting
God bless you

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: