Kangkung Cah Belacan

7 Mar

Wah kalo baca judulnya, mungkin teman-teman bakalan mikir “ga penting banget sih ini postingan” hehehe… Tapi walau simple tapi pembantuku belum tau cara memasak kangkung dengan cara ini loh hehehe…. soalnya pas aku sedang mengulek bumbunya dia tanya ” itu mau dipakai untuk masak apa?” hehhee…
So, buat teman-teman yang sudah biasa dengan masakan ini, mungkin bisa dibagi tips-tipsnya jika ada yang kurang dari postingan kangkung cah belacan yang saya share ini, bagi yang belum pernah memasak dengan cara ini, silahkan dicoba resepnya…

Walau membuat kangkung cah belacan / terasi memang cukup simple, tapi ini merupakan salah satu favoritku. Salah satu sayuran yang paling aku suka adalah kangkung, apalagi dimasak pake belacan. Tapi sayangnya suami ga begitu suka dengan bau terasi, jadi aku tidak boleh memakai terlalu banyak terasi dalam memasak kangkung cah belacan ini.

Untitleds1

Bahan yang digunakan :

* 1 bungkus kangkung organik (di rumah kami selalu membeli kangkung yang organik)

* Sedikit belacan. Aku pakai terasi Bangka, skitar 1 sendok teh.

* Bawang putih 5 pcs (Aku suka bawang putih yang agak banyak)

* 3 cabe keriting + 2 cabe rawit. Aku buang sebagian bijinya.

* Garam secukupnya, sesuaikan dengan keasinan terasinya.

* 1/2 sdt kaldu bubuk

* air secukupnya

* Minyak untuk menumis

Untitled-a

Cara Membuat :

1. Haluskan bawang putih, cabe dan terasi. Kalau aku sih dengan menggunakan ulekan.

2. Tumis bumbu ulek sampai wangi

3. Masukan kangkung yang sudah dicuci bersih. Masak sampai agak layu.

4. Beri air secukupnya (jangan terlalu banyak).

5. Beri garam dan kaldu bubuk. Cicipi apakah asinnya sudah pas.

6. Angkat dan sajikan.

Simple aja kan membuat kangkung cah belacan ini? hehehe…. Tapi walau simple, yang penting kan enak rasanya. Kalau Mamaku sih selalu memasak dengan cara ini. Tapi kalau mertuaku lebih sering memasaknya dengan di cah dengan bawang putih saja dan diberi garam dan kaldu bubuk saja. Keduanya sih sama-sama nyam nyam kalau dimakan pake nasi, tapi menurutku kalau dimasak belacan rasanya akan lebih menggugah selera dan wangi belacannya bisa bikin ngiler..😛

Untitled-1

Happy Cooking
aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: