Homemade Noodle ala Papa Mertua

7 Mar

Karena hobby banget makan mie, makanya makin lama badanku makin melar aja deh hahaha…. mau mie abang, mie encek, mie instan, mie jepang (ramen) atau jenis jenis mie yang lain semua slalu aja menggugah selera. Kali ini aku mau membahas mengenai homemade Noodle. Tadinya sudah lama mau mencoba membuat noodle sendiri, tapi dikarenakan belum ada keinginan yang begitu kuat untuk menguasainya, makanya aku ga cari-cari deh resepnya sampe Papa Mertua akhirnya ngajakin aku bikin homemade noodle and it’s so fun and easy ternyata.

Bahan yang digunakan untuk membuat noodle juga masih simple dan mudah dicari. Kalau punya alat untuk membentuk mienya, pasti kalian bisa degh buat mie sendiri. Selain sehat pastinya bersih dan terjamin kualitasnya.

antitled-1

Bahan yang digunakan :

* 3 cup tepung cakra kembar

* 3 pcs telur ayam

* air secukupnya, disesuaikan dengan adonan

* Garam 1/2 sdt

Cara Membuat :

1. Kocok telur sampai kuning dan putihnya rata.

2. Masukan ke terigu. Masukan sedikit demi sedikit. Aduk sampai rata.

3. Tambahkan air yang sudah dicampur dengan garam. Banyaknya air disesuaikan dengan adonan, jadi susah menentukan berapa banyaknya air yang digunakan.

4. Ulen adonan sampai tercampur rata sempurna. Wah butuh perjuangan untuk mengulen adonan ini, karena kerasnya bukaaaan main. Aku saja sampai berkeringat dan bercucuran hehehe

5. Setelah adonan rata dan kalis, taruh adonan di wadah dan tutup dengan serbet basah dan bersih.

6. Diamkan 15 – 20 menit. Adonan akan menjadi lebih lembut nantinya.

7. Giling adonan menjadi mie.

8. Taburkan tepung sagu supaya mie ridak menempel satu sama lain.

9. Simpan mie dalam wadah tertutup dan masukan ke kulkas. Mie bisa tahan beberapa hari.

Untitled-a

Setelah adonan lembut, aku potong adonan menjadi beberapa bagian supaya mudah dimasukan ke alat giling mienya. Pertama-tama adonan digiling rata dulu sebelum dipotong menjadi mie.

Untitled-sjpg

Setelah adonan rata, baru deh masukan ke gilingan mienya, dan beginilah jadinya.

Untitled-a1

Bagus kan hasil dari homemade noodle buatan Papa Mertua, aku, pembantu di rumah dan suamiku yang membantu memutar alat gilingnya hehhe…

Untitleds-1

Senangnya saat melihat mie buatan kami jadi. Setelah mie jadi aku ga sabaran ingin segera memasaknya untuk mengetahui hasilnya. Akhirnya cara termudah adalah membuat mie goreng, alhasil aku ambil saja saus Xo dan aku masak mie-nya dengan tambahan kecap manis dan asin saja. Jadi sudah deh mie-nya. Saking excited-nya aku malah lupa memfoto mie saat sudah selesai di rebus dan dimasak. Yang ada malah sisa sesuap aja mie yang sempat di foto. jadinya di foto di bawah ini mienya kelihatan gede banget ya.. padahal aslinya ga segede itu loh mie-nya.

Tekstur dari mie yang kami buat sabtu yang lalu saat di goreng agak kenyal. Tapi bukan karena adonan yang salah, tapi karena aku rebus mie-nya kurang lama jadinya mie-nya masih agak kenyal. Tapi saat keesokannya mie tersebut dibuat menjadi mie kuah, ternyata teksturnya pas, tidak sekenyal saat dibuat mie goreng. Senangnya proses membuat mie kali ini bisa berhasil dan besok-besok aku akan mencoba membuat mie hijau ah,…

Untitled-1

Happy Cooking
aja aja fighting
God bless you

 

Leave a Reply

