Sagu Keju

23 Feb

Hiiiii……

Resep sagu keju ini sudah aku buat draft-nya dari 2 minggu lalu dalam bahasa Inggris. Tapi karena gak terlalu PD, jadinya aku ulang lagi deh postingan ini dalam bahasa Indonesia😛 hahaha,…. padahal aku sudah menghabiskan waktu yang cukup lama untuk memikirkan istilah yang aku pakai, tapi ya sudah lah hehehe akhirnya aku memutuskan untuk tetap membuat versi indonesia aja deh.. heheheh

Sajian sagu keju ini merupakan kue yang aku buat saat sincia 10 February lalu. Sagu keju ini merupakan kue favorit-ku dan juga kesukaan kakak iparku. Beberapa tahun ini, sagu keju ini menjadi sajian wajib disaat sincia🙂 hahahah soalnya belum menguasai banyak kue, jadi buat yang bisa aja deh hahaha

IMG_4168

Kue sagu keju ini rasanya lebih ke manis dan asin. Begitu masuk ke mulut kuenya akan langsung lumer dan krenyes-krenyes di mulut, wahhh nikmat deh. Menurut salah satu temanku, rasa kue ini kurang terasa asin, tapi memang dalam sajian kali ini, aku memang lebih ingin menonjolkan ke rasa manisnya (versi-ku ya….). Jika kalian mau lebih terasa ke asin, mungkin bisa mengurangi sedikit gulanya dan kalau buat keluargaku sih rasanya sudah pas rasanya. Soalnya jika dibuat asin nantinya lebih seperti kaastangel rasanya.

IMG_4153

Adonan ini aku taruh dalam semprotan kue yang ujungnya aku beri corong bergerigi. Jika bisa adonan ini sebaiknya langsung segera dibentuk, karena jika dibiarkan terlalu lama nantinya malah jadi keras dan susah untuk dibentuk.

IMG_4152

Oh ya resep sagu keju ini aku dapatkan dari Tanteku.
Untuk resepnya, berikut aku share ya….

Ingredients :

* 1 pcs whole egg (Telur)

* 2 pcs yolk (2 kuning telur)

* 200 gr  margarine

* 200 gr granulated white sugar ( 200 gr gula halus)

* 500 gr sago (500 gr sagu, sangrai sampai agak kering sagunya, sebentar saja dengan api kecil)

* 50 – 75 gr Cheddar cheese ( 50 gr – 75 gr keju cheddar, aku pakai keju kraft)

* 100 Gr edam ( 100 gr keju edam) –> jika mau lebih banyak keju lagi juga boleh ditambahkan jadi 120 gr.

CARA MEMBUAT :

Sangrai sagu sampai menjadi kering. Hal ini dilakukan supaya sagu kue yang dibuat nantinya akan menjadi lebih renyah dan lebih kering. Tapi jika mau di skip juga tidak masalah.

IMG_4143Aku sangrai sagu selama 5 menitan dalam api kecil.

1. Kocok margarine dan gula halus sampai halus dan krimy.
Beat the margarine and granulated sugar until smooth and creamy.

2. Tambahkan telur satu persatu dan kocok kembali sampai rata.
Adding the eggs one at a time and beat again until  incorporated.

3. Tambahkan keju dan aduk sampai rata.
Adding the cheese, Mix until incorporated.

4. Tambahkan sagu dan aduk kembali.
Adding the sago and mix it again.

5. Siapkan loyang dan oles sedikit mentega / margarine.
Prepared a baking pan and apply some margarine / butter

6. Bentuk kue menggunakan semprotan.
Shape the cookie with the spray.

7. Bakar selama 10 – 15 menit sampai kue terlihat sedikit kuning keemasan.
Bake for approximately 10-15 minutes or until the cookies are a little golden brown.

8. Keluarkan dari oven dan dinginkan kue.
Remove from oven and let cookies cool.

9. Simpan di toples dan kue bisa dinikmati.🙂
Store in a jar and you can enjoy the cookies.🙂

IMG_4159

Aku suka dengan kriuk kriuk keju yang garing saat digigit. Adonan kue-nya langsung lumer saat dimakan dan memberikan rasa manis dan saat keju digigit akan memberikan rasa asin dan perpaduan rasa asin dan manisnya sungguh nikmat deh. Aku suka banget dengan sajian sagu keju ini. Di rumah yang paling cepat habis adalah kue nastar dan sagu keju.

IMG_4158

Oh ya dalam proses pemanggangan jangan sampai warna kuenya gosong ya. Warna kue ini adalah seperti broken white. Kalau kecoklatan nantinya malah jadi kurang cantik. Jadi perhatikan agar kue tidak kelamaan di panggang ya,…

IMG_4167

Senangnya Sincia tahun ini aku bisa membuatkan kue untuk Mama-ku. Dan yang lebih menyenangkan lagi ternyata kue buatanku cukup sukses dan tidak banyak yang warnanya terlalu coklat. Yang pasti sieh gak gosong, tapi hanya sedikit coklat aja sieh.

Smoga resep ini bermanfaat ya buat kalian semua….

Happy baking
aja aja fighting
God bless you

2 Responses to “Sagu Keju”

  1. W.H. January 23, 2016 at 2:27 am #

    Granulated sugar = gula pasir, BUKAN gula halus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: