Telur putih kukus wortel + green onion

14 Feb

Wah bingung mau kasih judul apa buat masakan ini. Dikarenakan banyaknya sisa telur putih waktu membuat kue buat sincia, akhirnya ya aku coba-coba aja deh nambahin sayuran yang ada di kulkas buat dicampur di telur putih ini supaya bisa menghasilkan warna yang cantik dan menambah rasa telur putih ini biar ga flat.

Hasil membongkar kulkas kali ini aku cuma menemukan wortel, daun bawang kecil dan cabe keriting. Alhasil ya aku masukan aja bahan yang ada di kulkas untuk mempercantik penampilan dari telur putih ini. Harusnya sih ditambah bombay supaya makin enak dan juga supaya ada manis-manis dan wangi juga.

IMG_4139

Untuk membuat telur putih ini resepnya masih sama dengan yang sebelumnya. Yang beda hanya isiannya saja. 

Bahan yang diperlukan :

* Telur putih

* Garam secukupnya

* Mecin / kaldu bubuk secukupnya

* Lada seujung jari. Aku tambahkan supaya agak wangi.

* Wortel (Parut dan cincang kecil-kecil)

* Daun bawang kecil

* Sedikit gula, seujung jari saja untuk memberikan sedikit rasa manis

Cara Membuat

1. Kocok telur putih dan masukan wortel cincang, cabe keriting cincang dan daun bawang cincang. Aku pakai baby daun bawang yang kecil kecil loh.

IMG_4133Wortel dan cabe yang aku masukan dalam telur putihnya malah jatuh ke bawah dan yang kelihatan hanya daun bawangnya saja.
IMG_4134Kalau diaduk baru kelihatan deh wortelnya.

2. Tambahkan garam dan mecin pada telur dan kocok rata. Tambahkan lada dan kocok kembali.

3. Kukus telur putih selama 10 – 15 menit sampai matang. Sesuaikan dengan panas kompor masing-masing.

Pada proses pengukusan ini supaya wortel dan cabenya bisa terlihat, aku pakai trick mengaduk adonan putih telur ini saat 1/2 matang. Jadi saat adonan masih 1/2 matang, aku aduk-aduk sampai wortel dan daun bawangnya bisa muncul ke atas. Setelah itu baru dilanjutkan mengukus sampai semua bahan matang.

IMG_4137

4. Angkat dan sajikan dengan saus kecap dan cabe rawit.

IMG_4140Lihat, cantik kan warna telur putih kukusnya.

Senang juga setelah mencoba resep iseng-iseng ini, akhirnya aku ga perlu membuang sisa putih telur lagi. Bosan deh dengan telur putih dadar yang biasa aku buat. Aku lebih menyukai telur putih kukus ini dan selain itu penyajian dengan dikukus jauh lebih sehat dan tidak perlu menggunakan minyak, so telur putih kukus + sayuran ini akan menjadi pilihanku saat ada stock putih telur

Telur putih kukus ini enaknya dimakan dengan sambal kecap asin + cabe rawit. Usahakan telur putihnya jangan terlalu asin jika ingin dimakan dengan sambal kecap asinnya. Atau jika mau kecapnya ga terlalu asin, bisa ditambahkan sedikit air matang pada kecapnya.

Untuk kecap cabe rawit ini aku buat dengan menggunakan :

IMG_4101

* Kecap asin (aku pakai cap angsa)

* Potongan cabe rawit secukupnya

* Bawang putih di cincang halus ( 1- 2 pcs tergantung banyaknya kecap)

* Jeruk limo, atau jeruk lemon secukupnya.

* Gula 1/2 – 1 sdt (tergantung selera suka mau lebih manis atau asam)

Yang terpenting adalah rasanya jadi rasa dari kecap ini tidak terlalu asin, sedikit asam dan manis + pedas tentunya.

Selamat mencoba ya resepnya… semoga bermanfaat ya resep simple kali ini.

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

