Lapis Kukus

14 Feb

Membuat lapis kukus ini merupakan hal yang sangat memmmmbosankan karena harus dimasak satu persatu. Selain menghabisakan banyak waktu, tentunya juga menghabiskan banyak gas karena kali ini aku menggunakan metode kukus🙂

Untuk membuat lapis kukus ini membutuhkan waktu yang cukup lama, untuk 1 lapisnya aku membutuhkan waktu 5 – 10 menitan, belum lagi saat menambah adonan untuk lapisan berikutnya cukup membuat tangan kepanasan kena hawa uap air kukusan. Harusnya sih loyang dikeluarkan saja ya saat mau nambah adonannya… heheheh😛 salahku sendiri kenapa loyangnya ga dikeluarin.. Tapi perjuangan ini ga sia-sia karena ternyata hasilnya enak juga. Mama mertua dan suami juga suka, bahkan pembantuku juga yang gak gitu suka makan manis-manis malah suka juga makan lapis ini.

IMG_4205Ya walaupun penampilannya tidak cantik, tapi percaya deh rasanya enak juga loh….

Resep untuk lapis kukus ini aku dapat dari seorang teman yang lagi jalan-jalan ke toko buku dan pas liat-liat buku resep masakan, temanku tertarik dengan resep ini, lalu alhasil difotonya lah resep dari buku tersebut dan temanku pun mempraktekannya dan ternyata menurutnya hasilnya enak juga. Lalu aku minta deh resepnya untuk kupraktekin juga.

IMG_4204

Untuk membuat lapis kukus ini diperlukan bahan bahan sebagai berikut :

Oh ya aku hanya membuat 1/2 resep dari resep yang aku share berikut ini ya….

Bahan I  :

* 12 pcs telur

* 5 kuning telur

* 500 Gr gula pasir (aku pakai gula halus)

* 1/2 sdt garam

* 20 gr ovalet / SP

* 1/2 sdt vanili bubuk

Bahan II :

* 285 Gr terigu

* 60 Gr susu bubuk

* 1 sdt baking powder

Bahan III : Kocok sampai mengembang

* 175 gr mentega (aku pake unsalted butter + wisjman)

* 200 Gr margarine (Cukup pake blueband aja)

* 3 sdm Susu kental manis

* Pewarna telur sedikit (Aku pakai warna kuning 2 tetes)

Bahan IV :

* Bubuk coklat

* 1 sdt spikuk (aku skip bahan ini karena pada ga suka bau spikuk)

CARA MEMBUAT :

1. Campur dan kocok bahan I sampai mengembang dan mengental.

IMG_4187

2. Masukan bahan II sedikit demi sedikit sampai habis. Aduk sampai rata.

3. Masukan bahan III yang telah dikocok sampai mengembang. Aduk rata dengan spatula sampai tercampur rata.

4. Siapkan loyang yang telah dioles dengan margarine dan lapis dengan kertas roti.

5. Ambil 2 sendok sayur adonan, ratakan pada loyang dan ayak & tabur coklat bubuk. Kalau aku sih ga pakai tabur, tapi aku bagi adonan menjadi 2 bagian. Yang satu adonan tanpa coklat bubuk dan yang satu ditambahkan coklat bubuk dan pasta coklat secukupnya.

IMG_4189Harusnya adonan di tabur coklat bubuk sampai bagian atasnya tercover dengan coklat bubuk semuanya. Gambar diatas hanya contoh aja dan aku ga pakai cara tersebut.

IMG_4191Nah ini adonan yang sudah aku bagi menjadi 2 bagian. Yang kiri adalah yang sudah dicampur coklat bubuk dan yang kanan merupakan adonan biasa yang belum dicampur coklat bubuk.

6. Kukus selama 5 – 10 menit untuk setiap lapisnya. Lakukan sampai adonan habis.

IMG_4194Lapis kukus yang baru mateng dan masih panas banget. Sayang permukaan bawahnya jelek banget gara-gara kertas rotinya lecek heheh😛

7. Finishing : Untuk proses pematangan, kukus kembali kue selama 10 – 15 menit setelah semua adonan habis.

IMG_4198Pinggirannya ga rata dan berantakan banget deh… ga kayak kue lapis deh😦
IMG_4201Panas panas langsung dibelah 2 deh lapisnya.
IMG_4207Walau ketebalannya gak rata, tapi yang terpenting adalah rasanya enak heheheh….
IMG_4211Supaya gampang makannya aku langsung potong-potong deh kue lapisnya.

Oh ya lapis ini enaknya dimakan pas sudah dingin. Pas masih panas / hangat lapisnya terasa agak hambar, ga manis, tapi setelah dingin eh ternyata enak loh.

Pas sincia kemarin aku banyak nyetok kue lapis di rumah. Ada lapis dari eaton, lapis legit ala Ny. Hui, lapis legit khas bangka dan juga lapis kukus buatanku. Wah banyak banget dehhh lapisnya. Aku kebanyakan makan lapis sampe muncul jerawat 2 biji deh di wajah. Soalnya pembuatan lapis biasanya cukup memakan telur dan mentega yang cukup sadisssss banyaknya. Tapi untuk lapis kukus ini masih tergolong sedang deh penggunaan telurnya, jadi ya masih cukup aman di konsumsi. Next time aku mau coba buat yang versi Bangka punya. Tapi ga dalam waktu cepat tentunya soalnya stock kue sincia di rumah masih seabreg-abreg..😛

Buat yang mau coba buat lapis kukus ini, soook silahkan dicoba ya… Smoga suka dengan rasanya…

Happy baking
aja aja fighting
God bless you

 

Leave a Reply

