Corn flakes cookie

14 Feb

Resep corn flakes cookie ini aku dapatkan dari Mama-ku tercinta. Kalau berdasarkan Mama-ku untuk membuat kue resepnya sama saja, yang membedakan hanya pada isiannya, misalnya nastar diisi selai nanas, kalo corn flakes cookie ini hanya ditambah corn flakes dan kalau mau buat kue coklat hanya tinggal tambah coklat bubuk (tapi sesuaikan juga dengan penggunaan tepungnya).

Berdasarkan saran dari si Mama adalah seperti itu cara beliau membuat kue-kue yang nikmat. Tapi sayangnya kalau sama si Mama resepnya terigunya pake kira-kira, jadi ga ada takaran yang pasti, tapi pake feeling. Buat seorang pemula sepertiku, pastinya hal tersebut bakalan lumayan membuatku bingung, tapi ya dicoba aja deh hehehe….🙂

IMG_4130Lagi lagi tampilan cookie buatanku keliatan ga menggoda, tapi rasanya sama dengan yang Mama-ku buat loh. Kriuk kriuk renyah…

Wah sincia merupakan tantangan terbesar sepanjang tahun nieh, gimana mau langsing kalau di meja terpapar kue kue yang nikmat + sajian lontong ala mama mertua yang enak dan babi hong, udang masak tauco pedas, sup sirip ikan hiu yang dicampur kepiting, abalon (tapi aku ga makan abalonnya sieh hehehe), ditambah lagi sajian minuman soft drink yang bikin mulut terus ingin makan, minum, makan dan minum lagi… wahhhh naik lagi deh timbangan… huaa…aa….aa😦

Daripada ngobrol kelamaan yuk kita bahas resep dari Mama-ku.

Bahan :

* Corn flakes 150 – 200 gr (sesuaikan banyaknya sesuai selera masing-masing).

IMG_4116

* 250 Gr margarine (Aku campur mentega + margarine)

* Gula 200 Gr

* 4 pcs telur

* Vanili secukupnya

* Susu bubuk 4 sdm

* Maizena 100 Gr

* Terigu secukupnya

* Baking powder 1/2 sdt

CARA MEMBUAT :

IMG_4117Aku mencampur margarine dan mentega

1. Hancurkan corn flakes / tumbuk kasar. Jangan sampai terlalu halus supaya bisa menghasilkan rasa garing.

IMG_4113

2. Kocok telur sampai rata, masukan gula dan aduk sampai rata.

IMG_4118

3. Masukan margarine, kocok dan aduk sampai rata.

4. Masukan tepung susu dan aduk rata.

5. Masukan maizena dan baking powder. (sebelumnya maizena dan baking powder sudah kuaduk duluan).

6. Masukan corn flakes.

7. Masukan terigu secukupnya. Nah bagian ini yang paling susah deh soalnya harus pakai kira-kira. Aku sih masukan terigunya sedikit demi sedikit saja sampai kira-kira menghasilkan adonan yang tidak terlalu lengket untuk dibentuk dan juga tidak terlalu keras. Hmmmm susah deh menjelaskannya….

8. Bentuk bulat lalu pipihkan. Jika mau menghasilkan ukuran yang sama lebih baik ditimbang saja. Tapi kalau aku sih besarnya ga sama rata hehehe….

IMG_4122

9. Panggang dalam oven. Kemarin sih aku menggunakan suhu 150 c dan dengan api atas bawah. Sesekali aku balik posisi loyang supaya bisa menghasilkan kematangan yang merata. Soalnya bagian belakang biasanya lebih cepat coklat dibanding yang depan.

IMG_4123

Corn flakes cookie buatanku banyak retak dimana-mana, sepertinya sih karena agak kebanyakan terigu kali ya hehehe… Tapi untungnya rasa manisnya pas dan kriuk kriuknya bikin kuenya jadi enak. Garing dan corn flakesnya berasa.

IMG_4125

Bagian terpenting dari membuat corn flakes cookie ini salah satunya adalah jangan membuat corn flakesnya terlalu hancur. Soalnya kalau kelewat hancur nantinya malah akan jadi ga kriuk kriuk lagi pas dimakan. Kalau corn flakesnya agak kasar nanti jadinya lebih enak dan lebih garing pastinya.

IMG_4126

Happy baking
aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: