Telur Putih Kukus

5 Feb

안녕하세요 chingudeul…

Pada hari sabtu kemarin, aku menginap di Pondok Gede, di rumah Mamaku. Menjelang sincia ini, pastinya si Mama bakalan sibuk membuat kue untuk disuguhkan ke tamu-tamu yang nantinya akan berkunjung ke rumah. Nah kebetulan setiap hari Sabtu aku tidak bekerja (ya lusa nanti akan menjadi hari pertamaku jobless karena aku sudah melayangkan surat resign untuk memulai program hamil. Smoga saja semua pengorbanan ini bisa membuahkan hasil yang baik.. amin….

 IMG_4098

Oh ya alasan aku menginap di Pondok Gede kemarin juga dikarenakan si Hubby lagi ke Puncak bersama teman kantornya, jadi beliau menyuruhku menginap dan menemani Mama di rumah. Senangnya bisa pulang ke rumah dan menghabiskan waktu bersama Papa dan Mama lagi…. Love them so much…

Oh ya dari hasil membuat nastar tersebut masih tersisa telur putih yang tidak tau mau diapakan. Biasanya kalau di rumah mertua sih telur putih di kukus. Nah tadinya telur tersebut mau di dadar, tapi aku teringat dengan telur putih kukus ini. Akhirnya aku memutuskan membuat telur putih kukus saja. Proses dan bahan yang diperlukan sangatttttt lah simple saja, tapi rasanya oke juga loh…

Yukkk kita bahas cara membuatnya

Bahan yang diperlukan :

* Telur putih 4 buah

* Garam 1/3 –  1/2 sdt

* Mecin 1/4 sdt

* Lada seujung jari. Aku tambahkan supaya agak wangi.

Cara Membuat

1. Kocok telur putih sebentar sampai agak encer dan sedikit berbusa. Tujuannya sih supaya telur putih jadi lebih cair dan tidak terlalu seperti lendir. (Ini adalah caraku sendiri loh hehehe….. mungkin dengan begitu telurnya bisa lebih lembut, menurutkuuu hehhe).

 IMG_4088

2. Tambahkan garam dan mecin pada telur dan kocok rata.

3. Kukus telur putih selama 10 – 15 menit sampai matang. Sesuaikan dengan panas kompor masing-masing.

4. Angkat dan sajikan dengan saus kecap dan cabe rawit.

IMG_4101

Untuk kecap cabe rawit ini aku buat dengan menggunakan :

* Kecap asin (aku pakai cap angsa)

* Potongan cabe rawit secukupnya

* Bawang putih di cicang halus ( 1- 2 pcs tergantung banyaknya kecap)

* Jeruk limo, atau jeruk lemon secukupnya.

* Gula 1/2 – 1 sdt (tergantung selera suka mau lebih manis atau asam)

Yang terpenting adalah rasanya jadi rasa dari kecap ini tidak terlalu asin, sedikit asam dan manis + pedas tentunya.

IMG_4097Wah totol-totolannya seperti kotor, tapi ini bukan kotor loh, melainkan lada yang di kukus bareng telur, butirannya muncul keatas.

Proses yang simple banget kan untuk membuat telur putih kukus, tapi hasilnya oke juga loh…  Telur putihnya ini tidak terlalu lembek karena aku gak menggunakan tambahan air pada telur putihnya. Saat disendokan sih permukaannya agak keras seperti jelly, tapi saat dikunyah rasanya cukup lembut. Rasa dari telur putih kukus ini mirip dengan telur putih rebus, tapi dikarenakan ada tambahan garam, mecin, lada jadinya rasa telur ini sedikit asin dan wangi lada.

IMG_4098

Sebenarnya ini adalah pertama kalinya aku membuat telur putih kukus, ternyata dari iseng dan coba-coba aja bisa menghasilkan rasa yang oke juga untuk menemani makan siang sabtu lalu. Jika ingin hasil yang lebih lembut, bisa ditambahkan sedikit air pada telur putihnya.

Nanti aku mau coba membuat telur putih kukus ini dengan menggunakan garam yang lebih banyak, lalu dicacah telur putihnya dan dimasukan dalam bubur putih, hehehe ini baru ide saja loh. Nanti jika ternyata rasanya oke, baru deh akan aku share kembali.

Semoga resep simple ini bisa membantu teman-teman semua untuk bisa memanfaatkan putih telur dengan baik. Walau mungkin kelihatannya resep ini sudah sangat biasa, tapi buatku yang baru belajar masak setelah menikah, masakan ini masih belum begitu asing di keluargaku.😛 so aku lumayan senang saat Mama-ku ternyata menyukai olahan putih telur ini hihiihh….

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you

Leave a Reply

