Archive | February, 2013

Sagu Keju

23 Feb

Hiiiii……

Resep sagu keju ini sudah aku buat draft-nya dari 2 minggu lalu dalam bahasa Inggris. Tapi karena gak terlalu PD, jadinya aku ulang lagi deh postingan ini dalam bahasa Indonesia 😛 hahaha,…. padahal aku sudah menghabiskan waktu yang cukup lama untuk memikirkan istilah yang aku pakai, tapi ya sudah lah hehehe akhirnya aku memutuskan untuk tetap membuat versi indonesia aja deh.. heheheh

Sajian sagu keju ini merupakan kue yang aku buat saat sincia 10 February lalu. Sagu keju ini merupakan kue favorit-ku dan juga kesukaan kakak iparku. Beberapa tahun ini, sagu keju ini menjadi sajian wajib disaat sincia 🙂 hahahah soalnya belum menguasai banyak kue, jadi buat yang bisa aja deh hahaha

IMG_4168

Kue sagu keju ini rasanya lebih ke manis dan asin. Begitu masuk ke mulut kuenya akan langsung lumer dan krenyes-krenyes di mulut, wahhh nikmat deh. Menurut salah satu temanku, rasa kue ini kurang terasa asin, tapi memang dalam sajian kali ini, aku memang lebih ingin menonjolkan ke rasa manisnya (versi-ku ya….). Jika kalian mau lebih terasa ke asin, mungkin bisa mengurangi sedikit gulanya dan kalau buat keluargaku sih rasanya sudah pas rasanya. Soalnya jika dibuat asin nantinya lebih seperti kaastangel rasanya.

IMG_4153

Adonan ini aku taruh dalam semprotan kue yang ujungnya aku beri corong bergerigi. Jika bisa adonan ini sebaiknya langsung segera dibentuk, karena jika dibiarkan terlalu lama nantinya malah jadi keras dan susah untuk dibentuk.

IMG_4152

Oh ya resep sagu keju ini aku dapatkan dari Tanteku.
Untuk resepnya, berikut aku share ya….

Ingredients :

* 1 pcs whole egg (Telur)

* 2 pcs yolk (2 kuning telur)

* 200 gr  margarine

* 200 gr granulated white sugar ( 200 gr gula halus)

* 500 gr sago (500 gr sagu, sangrai sampai agak kering sagunya, sebentar saja dengan api kecil)

* 50 – 75 gr Cheddar cheese ( 50 gr – 75 gr keju cheddar, aku pakai keju kraft)

* 100 Gr edam ( 100 gr keju edam) –> jika mau lebih banyak keju lagi juga boleh ditambahkan jadi 120 gr.

CARA MEMBUAT :

Sangrai sagu sampai menjadi kering. Hal ini dilakukan supaya sagu kue yang dibuat nantinya akan menjadi lebih renyah dan lebih kering. Tapi jika mau di skip juga tidak masalah.

IMG_4143Aku sangrai sagu selama 5 menitan dalam api kecil.

1. Kocok margarine dan gula halus sampai halus dan krimy.
Beat the margarine and granulated sugar until smooth and creamy.

2. Tambahkan telur satu persatu dan kocok kembali sampai rata.
Adding the eggs one at a time and beat again until  incorporated.

3. Tambahkan keju dan aduk sampai rata.
Adding the cheese, Mix until incorporated.

4. Tambahkan sagu dan aduk kembali.
Adding the sago and mix it again.

5. Siapkan loyang dan oles sedikit mentega / margarine.
Prepared a baking pan and apply some margarine / butter

6. Bentuk kue menggunakan semprotan.
Shape the cookie with the spray.

7. Bakar selama 10 – 15 menit sampai kue terlihat sedikit kuning keemasan.
Bake for approximately 10-15 minutes or until the cookies are a little golden brown.

8. Keluarkan dari oven dan dinginkan kue.
Remove from oven and let cookies cool.

9. Simpan di toples dan kue bisa dinikmati. 🙂
Store in a jar and you can enjoy the cookies. 🙂

IMG_4159

Aku suka dengan kriuk kriuk keju yang garing saat digigit. Adonan kue-nya langsung lumer saat dimakan dan memberikan rasa manis dan saat keju digigit akan memberikan rasa asin dan perpaduan rasa asin dan manisnya sungguh nikmat deh. Aku suka banget dengan sajian sagu keju ini. Di rumah yang paling cepat habis adalah kue nastar dan sagu keju.

IMG_4158

Oh ya dalam proses pemanggangan jangan sampai warna kuenya gosong ya. Warna kue ini adalah seperti broken white. Kalau kecoklatan nantinya malah jadi kurang cantik. Jadi perhatikan agar kue tidak kelamaan di panggang ya,…

IMG_4167

Senangnya Sincia tahun ini aku bisa membuatkan kue untuk Mama-ku. Dan yang lebih menyenangkan lagi ternyata kue buatanku cukup sukses dan tidak banyak yang warnanya terlalu coklat. Yang pasti sieh gak gosong, tapi hanya sedikit coklat aja sieh.

Smoga resep ini bermanfaat ya buat kalian semua….

Happy baking
aja aja fighting
God bless you

Advertisements

Tom Yum Suki ala Hyo Ae

22 Feb

Hmmm uda 2 minggu stay di rumah tapi malah banyak PR yang belum dikerjain neh…
Kue sincia kemarin banyak banget yang belum aku buat postingannya… 😛

Giliran banyak waktu malah ditunda-tunda dan uda numpuk banyak deh PR nya… huuhuh….

Oh ya hari ini aku mau bahas mengenai Tomyum. Biasa aku dan keluarga suka makan di Xo Suki atau di Itasuki, tapi kalau makan disana pasti aku selalu memakan sup tomyum-nya, yang kaldu jarang banget jadi pilihanku, aku lebih suka yang tomyum.

Siang tadi habis belanja di Pasar Muara Karang, langsung aja deh aku buat sup tomyum dengan campuran macam – macam bakso yang aku beli di pasar. Harga baksonya dari 1500 – 2500 an / pcs nya. Jadi aku tidak membeli terlalu banyak, hanya beli secukupnya aja dan aku tambahkan pangsit dan bakso udang + ayam buatan sendiri.

IMG_4363Kuahnya kelihatan merah banget, padahal aslinya ga segitu merah loh

Proses pembuatan tomyum suki ini cukup mudah, karena aku menggunakan bumbu jadi. So, aku hanya tinggal menambahkan beberapa bumbu pelengkapnya aja deh. Mudah banget deh.

IMG_4338Merk bumbu tomyum yang aku pakai adalah yang ini.

Oh ya jika kalian mau menggunakan daging udang atau cumi + ikan fillet atau yang lainnya juga bisa. Tapi kali ini aku lebih suka menggunakan bakso yang aku beli di pasar MK aja deh.

Bumbu yang diperlukan :

* Bumbu Tomyum siap pakai, aku pakai 2 sdm

* 2 siung serai. Aku belah 2 atau boleh juga di geprek

* 1 ruas jari lengkuas, geprek atau belah 2

* 1 pcs tomat besar atau 2 pcs yang kecil

* Daun jeruk 2 lembar, robek-robek.

* Bawang putih 4 pcs, iris

* 6 pcs bawang merah, iris

* Daun salam 2 lembar

* Gula 2- 2,5 sdt

* Garam 1/4 –  1/2 sdt

* Magie kaldu blok (optional)

* Air untuk kuah

* Jika kurang asam bisa ditambahkan air perasan jeruk nipis / lemon.

IMG_4329Aku masak sup ini selama 30 menit sampai aroma bumbu terasa wanginya.

Cara Membuat :

1. Rebus air dan masukan bumbu pelengkap ( bawang putih, bawang merah, serai, lengkuas, dll). Biarkan mendidih dan diamkan sampai aroma bumbu keluar. Aku diamkan selama 10 menitan.

2. Tambahkan bumbu jadi tomyum, gula, garam, magie kaldu blok.

3. Masak kembali bumbu selama 10 – 15 menit dengan api kecil saja supaya aroma sup keluar.

4. Cicipi apakah rasa sup sudah sesuai dengan selera.

5. Rebus bakso-bakso di air mendidih dan tiriskan. Kalau bisa bakso di rebus terpisah, baru dicelup pada sup tomyum supaya rasa rebusan baksonya tidak merusak rasa sup tomyum yang sudah dibuat. Kalau aku sih bakso dan kuah aku pisahkan, saat mau dimakan baru aku masukan bakso ke dalam sup yang sudah dibuat. Ambil sup tomyum seperlunya , lalu didihkan dan setelah mendidih baru masukan baksonya. Karena bakso sudah di rebus terlebih dahulu, jadi setelah sup tomyum mendidih masukan bakso dan diamkan sebentar, lalu siap disajikan deh.

Masak seperlunya saja dan baksonya tidak akan menjadi bengkak karena kelamaan direndam. Aku menggunakan crab stick dan pangsit, jadi aku pisah supaya gak hancur karena kelamaan direndam atau berulang kali di hangatkan. Makan sup tomyum gini enaknya selagi panas / hangat.

IMG_4334Aneka macam bakso udang, ikan, ayam, kepiting.

Rasa sup tomyum ini cenderung lebih ke asam, tapi jika yang suka manis bisa menambahkan lebih banyak gulanya. Bumbu tomyum jadi ini rasanya sudah cukup asam, jadi aku tidak perlu menambahkan perasan air jeruk lagi.  Tapi bagi yang suka asam bisa tambahkan air perasan jeruk ke dalam supnya.

IMG_4351Kalau sup tomyum yang ini aku tambahkan cabai bubuk supaya lebih pedas, tapi sayang rasa pedasnya sama sekali gak berasa. Harusnya tambah potongan cabe rawit aja 🙂
IMG_4340Aku merebus bakso dan kuah tomyum seperlunya saja dan sisanya bisa disimpan di kulkas dan dimasak kembali saat akan dimakan. Dengan begitu bisa menjaga rasa sup supaya tetap nikmat dan enak.
IMG_4361Sup tomyum yang di mangkuk kecil ini lebih sedikit bening aslinya, tapi efek fotonya malah jadi merah. Aku buat 2 versi sup tomyum hari ini, Yang menggunakan cabe bubuk dan yang tidak. hehehe tapi ternyata yang tidak pake cabe bubuk lebih enak supnya.

Untuk membuat rasa sup tomyum ini mirip seperti yang di resto-resto, aku mencoba membuat saus untuk cocolan bakso-baksonya. Tapi jangan harap rasanya bisa mirip yang di resto punya ya hehehe,… karena jujur aku ga tau resepnya dan belum sempat googling, alhasil aku pake aja resep dari Mama waktu membuat saus tauco untuk mpek-mpek. Rasanya ada sedikiiiiiit mirip dengan saus di hanamasa heheheh 😛

IMG_4366Saus taoco ala saya

Untuk membuat saus taoco ini aku menggunakan bahan :

Cara membuat saus ini, blender saja semua bahan.

* 2 sdm tauco, dicuci dengan air bersih supaya gak terlalu asin

* 2 pcs bawang putih

* 5 – 7 pcs cabe merah keriting

* 2 pcs cabe rawit jika mau pedas.

* Gula 2 sdt. (Jika lebih ingin manis bisa tambahkan lagi gulanya).

* Cuka sedikit saja.

Nah jadi sudah deh sup tomyum suki ala dapur Hyo Ae. Ya walau rasanya belum semantap di Xo suki atau Itasuki, tapi sup buatan rumah pastinya lebih sehat karena kita tahu persis bahan yang digunakan dan pastinya lebih bersih dan rasanya juga oke kok.

Cara makannya bisa dicocol dengan saus taoco yang sudah dibuat. Rasa saus tauco yang kubuat lebih cenderung ke manis untuk menutupi rasa kuah tomyum yang asam. Semoga suka ya dengan resep ini….

IMG_4361

Enjoy….. 🙂

Happy cooking 🙂
aja aja fighting
God bless you

Corn flakes cookie

14 Feb

Resep corn flakes cookie ini aku dapatkan dari Mama-ku tercinta. Kalau berdasarkan Mama-ku untuk membuat kue resepnya sama saja, yang membedakan hanya pada isiannya, misalnya nastar diisi selai nanas, kalo corn flakes cookie ini hanya ditambah corn flakes dan kalau mau buat kue coklat hanya tinggal tambah coklat bubuk (tapi sesuaikan juga dengan penggunaan tepungnya).

Berdasarkan saran dari si Mama adalah seperti itu cara beliau membuat kue-kue yang nikmat. Tapi sayangnya kalau sama si Mama resepnya terigunya pake kira-kira, jadi ga ada takaran yang pasti, tapi pake feeling. Buat seorang pemula sepertiku, pastinya hal tersebut bakalan lumayan membuatku bingung, tapi ya dicoba aja deh hehehe…. 🙂

IMG_4130Lagi lagi tampilan cookie buatanku keliatan ga menggoda, tapi rasanya sama dengan yang Mama-ku buat loh. Kriuk kriuk renyah…

Wah sincia merupakan tantangan terbesar sepanjang tahun nieh, gimana mau langsing kalau di meja terpapar kue kue yang nikmat + sajian lontong ala mama mertua yang enak dan babi hong, udang masak tauco pedas, sup sirip ikan hiu yang dicampur kepiting, abalon (tapi aku ga makan abalonnya sieh hehehe), ditambah lagi sajian minuman soft drink yang bikin mulut terus ingin makan, minum, makan dan minum lagi… wahhhh naik lagi deh timbangan… huaa…aa….aa 😦

Daripada ngobrol kelamaan yuk kita bahas resep dari Mama-ku.

Bahan :

* Corn flakes 150 – 200 gr (sesuaikan banyaknya sesuai selera masing-masing).

IMG_4116

* 250 Gr margarine (Aku campur mentega + margarine)

* Gula 200 Gr

* 4 pcs telur

* Vanili secukupnya

* Susu bubuk 4 sdm

* Maizena 100 Gr

* Terigu secukupnya

* Baking powder 1/2 sdt

CARA MEMBUAT :

IMG_4117Aku mencampur margarine dan mentega

1. Hancurkan corn flakes / tumbuk kasar. Jangan sampai terlalu halus supaya bisa menghasilkan rasa garing.

IMG_4113

2. Kocok telur sampai rata, masukan gula dan aduk sampai rata.

IMG_4118

3. Masukan margarine, kocok dan aduk sampai rata.

4. Masukan tepung susu dan aduk rata.

5. Masukan maizena dan baking powder. (sebelumnya maizena dan baking powder sudah kuaduk duluan).

6. Masukan corn flakes.

7. Masukan terigu secukupnya. Nah bagian ini yang paling susah deh soalnya harus pakai kira-kira. Aku sih masukan terigunya sedikit demi sedikit saja sampai kira-kira menghasilkan adonan yang tidak terlalu lengket untuk dibentuk dan juga tidak terlalu keras. Hmmmm susah deh menjelaskannya….

8. Bentuk bulat lalu pipihkan. Jika mau menghasilkan ukuran yang sama lebih baik ditimbang saja. Tapi kalau aku sih besarnya ga sama rata hehehe….

IMG_4122

9. Panggang dalam oven. Kemarin sih aku menggunakan suhu 150 c dan dengan api atas bawah. Sesekali aku balik posisi loyang supaya bisa menghasilkan kematangan yang merata. Soalnya bagian belakang biasanya lebih cepat coklat dibanding yang depan.

IMG_4123

Corn flakes cookie buatanku banyak retak dimana-mana, sepertinya sih karena agak kebanyakan terigu kali ya hehehe… Tapi untungnya rasa manisnya pas dan kriuk kriuknya bikin kuenya jadi enak. Garing dan corn flakesnya berasa.

IMG_4125

Bagian terpenting dari membuat corn flakes cookie ini salah satunya adalah jangan membuat corn flakesnya terlalu hancur. Soalnya kalau kelewat hancur nantinya malah akan jadi ga kriuk kriuk lagi pas dimakan. Kalau corn flakesnya agak kasar nanti jadinya lebih enak dan lebih garing pastinya.

IMG_4126

Happy baking
aja aja fighting
God bless you

Lapis Kukus

14 Feb

Membuat lapis kukus ini merupakan hal yang sangat memmmmbosankan karena harus dimasak satu persatu. Selain menghabisakan banyak waktu, tentunya juga menghabiskan banyak gas karena kali ini aku menggunakan metode kukus 🙂

Untuk membuat lapis kukus ini membutuhkan waktu yang cukup lama, untuk 1 lapisnya aku membutuhkan waktu 5 – 10 menitan, belum lagi saat menambah adonan untuk lapisan berikutnya cukup membuat tangan kepanasan kena hawa uap air kukusan. Harusnya sih loyang dikeluarkan saja ya saat mau nambah adonannya… heheheh 😛 salahku sendiri kenapa loyangnya ga dikeluarin.. Tapi perjuangan ini ga sia-sia karena ternyata hasilnya enak juga. Mama mertua dan suami juga suka, bahkan pembantuku juga yang gak gitu suka makan manis-manis malah suka juga makan lapis ini.

IMG_4205Ya walaupun penampilannya tidak cantik, tapi percaya deh rasanya enak juga loh….

Resep untuk lapis kukus ini aku dapat dari seorang teman yang lagi jalan-jalan ke toko buku dan pas liat-liat buku resep masakan, temanku tertarik dengan resep ini, lalu alhasil difotonya lah resep dari buku tersebut dan temanku pun mempraktekannya dan ternyata menurutnya hasilnya enak juga. Lalu aku minta deh resepnya untuk kupraktekin juga.

IMG_4204

Untuk membuat lapis kukus ini diperlukan bahan bahan sebagai berikut :

Oh ya aku hanya membuat 1/2 resep dari resep yang aku share berikut ini ya….

Bahan I  :

* 12 pcs telur

* 5 kuning telur

* 500 Gr gula pasir (aku pakai gula halus)

* 1/2 sdt garam

* 20 gr ovalet / SP

* 1/2 sdt vanili bubuk

Bahan II :

* 285 Gr terigu

* 60 Gr susu bubuk

* 1 sdt baking powder

Bahan III : Kocok sampai mengembang

* 175 gr mentega (aku pake unsalted butter + wisjman)

* 200 Gr margarine (Cukup pake blueband aja)

* 3 sdm Susu kental manis

* Pewarna telur sedikit (Aku pakai warna kuning 2 tetes)

Bahan IV :

* Bubuk coklat

* 1 sdt spikuk (aku skip bahan ini karena pada ga suka bau spikuk)

CARA MEMBUAT :

1. Campur dan kocok bahan I sampai mengembang dan mengental.

IMG_4187

2. Masukan bahan II sedikit demi sedikit sampai habis. Aduk sampai rata.

3. Masukan bahan III yang telah dikocok sampai mengembang. Aduk rata dengan spatula sampai tercampur rata.

4. Siapkan loyang yang telah dioles dengan margarine dan lapis dengan kertas roti.

5. Ambil 2 sendok sayur adonan, ratakan pada loyang dan ayak & tabur coklat bubuk. Kalau aku sih ga pakai tabur, tapi aku bagi adonan menjadi 2 bagian. Yang satu adonan tanpa coklat bubuk dan yang satu ditambahkan coklat bubuk dan pasta coklat secukupnya.

IMG_4189Harusnya adonan di tabur coklat bubuk sampai bagian atasnya tercover dengan coklat bubuk semuanya. Gambar diatas hanya contoh aja dan aku ga pakai cara tersebut.

IMG_4191Nah ini adonan yang sudah aku bagi menjadi 2 bagian. Yang kiri adalah yang sudah dicampur coklat bubuk dan yang kanan merupakan adonan biasa yang belum dicampur coklat bubuk.

6. Kukus selama 5 – 10 menit untuk setiap lapisnya. Lakukan sampai adonan habis.

IMG_4194Lapis kukus yang baru mateng dan masih panas banget. Sayang permukaan bawahnya jelek banget gara-gara kertas rotinya lecek heheh 😛

7. Finishing : Untuk proses pematangan, kukus kembali kue selama 10 – 15 menit setelah semua adonan habis.

IMG_4198Pinggirannya ga rata dan berantakan banget deh… ga kayak kue lapis deh 😦
IMG_4201Panas panas langsung dibelah 2 deh lapisnya.
IMG_4207Walau ketebalannya gak rata, tapi yang terpenting adalah rasanya enak heheheh….
IMG_4211Supaya gampang makannya aku langsung potong-potong deh kue lapisnya.

Oh ya lapis ini enaknya dimakan pas sudah dingin. Pas masih panas / hangat lapisnya terasa agak hambar, ga manis, tapi setelah dingin eh ternyata enak loh.

Pas sincia kemarin aku banyak nyetok kue lapis di rumah. Ada lapis dari eaton, lapis legit ala Ny. Hui, lapis legit khas bangka dan juga lapis kukus buatanku. Wah banyak banget dehhh lapisnya. Aku kebanyakan makan lapis sampe muncul jerawat 2 biji deh di wajah. Soalnya pembuatan lapis biasanya cukup memakan telur dan mentega yang cukup sadisssss banyaknya. Tapi untuk lapis kukus ini masih tergolong sedang deh penggunaan telurnya, jadi ya masih cukup aman di konsumsi. Next time aku mau coba buat yang versi Bangka punya. Tapi ga dalam waktu cepat tentunya soalnya stock kue sincia di rumah masih seabreg-abreg.. 😛

Buat yang mau coba buat lapis kukus ini, soook silahkan dicoba ya… Smoga suka dengan rasanya…

Happy baking
aja aja fighting
God bless you

 

Telur putih kukus wortel + green onion

14 Feb

Wah bingung mau kasih judul apa buat masakan ini. Dikarenakan banyaknya sisa telur putih waktu membuat kue buat sincia, akhirnya ya aku coba-coba aja deh nambahin sayuran yang ada di kulkas buat dicampur di telur putih ini supaya bisa menghasilkan warna yang cantik dan menambah rasa telur putih ini biar ga flat.

Hasil membongkar kulkas kali ini aku cuma menemukan wortel, daun bawang kecil dan cabe keriting. Alhasil ya aku masukan aja bahan yang ada di kulkas untuk mempercantik penampilan dari telur putih ini. Harusnya sih ditambah bombay supaya makin enak dan juga supaya ada manis-manis dan wangi juga.

IMG_4139

Untuk membuat telur putih ini resepnya masih sama dengan yang sebelumnya. Yang beda hanya isiannya saja. 

Bahan yang diperlukan :

* Telur putih

* Garam secukupnya

* Mecin / kaldu bubuk secukupnya

* Lada seujung jari. Aku tambahkan supaya agak wangi.

* Wortel (Parut dan cincang kecil-kecil)

* Daun bawang kecil

* Sedikit gula, seujung jari saja untuk memberikan sedikit rasa manis

Cara Membuat

1. Kocok telur putih dan masukan wortel cincang, cabe keriting cincang dan daun bawang cincang. Aku pakai baby daun bawang yang kecil kecil loh.

IMG_4133Wortel dan cabe yang aku masukan dalam telur putihnya malah jatuh ke bawah dan yang kelihatan hanya daun bawangnya saja.
IMG_4134Kalau diaduk baru kelihatan deh wortelnya.

2. Tambahkan garam dan mecin pada telur dan kocok rata. Tambahkan lada dan kocok kembali.

3. Kukus telur putih selama 10 – 15 menit sampai matang. Sesuaikan dengan panas kompor masing-masing.

Pada proses pengukusan ini supaya wortel dan cabenya bisa terlihat, aku pakai trick mengaduk adonan putih telur ini saat 1/2 matang. Jadi saat adonan masih 1/2 matang, aku aduk-aduk sampai wortel dan daun bawangnya bisa muncul ke atas. Setelah itu baru dilanjutkan mengukus sampai semua bahan matang.

IMG_4137

4. Angkat dan sajikan dengan saus kecap dan cabe rawit.

IMG_4140Lihat, cantik kan warna telur putih kukusnya.

Senang juga setelah mencoba resep iseng-iseng ini, akhirnya aku ga perlu membuang sisa putih telur lagi. Bosan deh dengan telur putih dadar yang biasa aku buat. Aku lebih menyukai telur putih kukus ini dan selain itu penyajian dengan dikukus jauh lebih sehat dan tidak perlu menggunakan minyak, so telur putih kukus + sayuran ini akan menjadi pilihanku saat ada stock putih telur

Telur putih kukus ini enaknya dimakan dengan sambal kecap asin + cabe rawit. Usahakan telur putihnya jangan terlalu asin jika ingin dimakan dengan sambal kecap asinnya. Atau jika mau kecapnya ga terlalu asin, bisa ditambahkan sedikit air matang pada kecapnya.

Untuk kecap cabe rawit ini aku buat dengan menggunakan :

IMG_4101

* Kecap asin (aku pakai cap angsa)

* Potongan cabe rawit secukupnya

* Bawang putih di cincang halus ( 1- 2 pcs tergantung banyaknya kecap)

* Jeruk limo, atau jeruk lemon secukupnya.

* Gula 1/2 – 1 sdt (tergantung selera suka mau lebih manis atau asam)

Yang terpenting adalah rasanya jadi rasa dari kecap ini tidak terlalu asin, sedikit asam dan manis + pedas tentunya.

Selamat mencoba ya resepnya… semoga bermanfaat ya resep simple kali ini.

Happy Cooking..
Aja aja fighting
God bless you